Manfaat Buncis bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Untuk mengupas secara lebih dalam mengenai topik pembahasan kita pada kali ini maka penulis akan bagikan beberapa daftar pemuncak dari beragam jenis bahan makanan yang memiliki kandungan purin tertinggi sebagai penyebab penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh yang berimbas pada peradangan yang menimbulkan nyeri pada sekitar persendian penderita. Mari langsung saja kita simak daftarnya berikut ini ya:

Jenis Makanan Tinggi Purin :

  • Coklat

Pada umumnya kudapan berbahan dasar coklat sangatlah digemari berbagai kalangan masyarakat namun salah satu kudapan lezat berbahan biji buah kakao ini nyatanya memiliki senyawa kafein coklat yang dinamakan Teobromin yang di dalamnya terkandung senyawa purin dalam golongan tertinggi. Menurut sebuah penelitian di dalam kandungan 100 gram Teobromin terkandung zat purin pencetus limbah asam urat tubuh sebanyak 2300 mg. Akan sangat baik bagi penderita dengan keluhan gejala asam urat darah berlebih untuk sejenak menghindari jenis kudapan yang satu ini. (baca juga: makanan yang mengandung zat purin tinggi)

  • Jamur kuping

Pada umumnya segala olahan makanan berbahan dasar jamur kuping layaknya harus sejenak dihindari para penderita keluhan asam urat tinggi. Hal ini dikarenakan jamur kuping memasuki jajaran makanan dengan kandungan purin tertinggi. Yakni dapat ditemukan sebanyak 448 mg zat pemicu tumpukan asam urat darah dalam sampel jamur kuping sebanyak kurang lebih seratus gramnya.  (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)

  • Daun melinjo

Kandungan purin dalam daun melinjo memang sedikit lebih rendah jika dibanding dengan yang terdapat dalam jamur kuping. Akan tetapi tetap saja ini tak membuat daun melinjo keluar dari daftar sayuran berkandungan purin tertinggi. Dalam tiap sampel daun melinjo sekitar seratus gram akan ditemui zat purin sebanyak kurang lebih 366 mg. (baca juga: melinjo bagi penderita hipertensi)

  • Kangkung dan bayam

Untuk kedua jenis primadona sayuran ini di dalamnya terkandung sejumlah zat purin yang sama. Yakni jika diteliti masing-masing dari sampel sejumlah seratus gram maka akan ditemukan kandungan zat purin sebanyak 290 mg di dalamnya. Untuk itulah para penderita keluhan asam urat darah berlebih haruslah semakin teliti dan bijak dalam memilih sumber makanan harian mereka. (baca juga: kopi bagi penderita asam urat)

  • Biji melinjo

Selain daun melinjo yang dimanfaatkan untuk bahan kudapan sayuran maka biji melinjo pun digemari masyarakat untuk dikonsumsi pula dalam berbagai macam jenis makanan utamanya diproses untuk menjadi makanan ringan berjenis emping. Rasanya memanglah gurih dan lezat sangatlah cocok sebagai camilan bersantai dengan keluarga.


Namun sayangnya kandungan zat purin di dalamnya b,is,a dikatakan tinggi meskipun tidak sebanyak seperti yang terkandung dalam daun melinjo. Dalam sam,,el biji melinjo sebanyak kurang lebih seratus gram terkandung zat pemicu asam urat sebanyak 222 mg. (baca juga: bahaya emping melinjo)

  • Kacang-kacangan

Bagi para penggema,r kudapan jenis kacang-kacangan termasuk kedelai hendaklah berwaspada akan sejumlah kandungan purin di dalamnya. Setidaknya ada sekitar zat pemicu kadar asam urat normal sebanyak 190 mg dalam sampel kacang maupun kedelai sejumlah seratus gramnya.

  • Tempe

Tempe merupakan kudapan populer di kalangan masyarakat. Tempe bisa diolah menjadi camilan atau lauk dan juga sering dibuat menjadi bahan sayur sebagai teman makan nasi hangat supaya lebih lezat. Namun karena berbahan baku kedelai maka tempe pun tak luput pula masuk ke dalam kelompok makanan dengan kadar purin tinggi. Yakni terdapat zat purin kurang lebih sebanyak 141 mg dalam sampel tempe sekitar seratus gram. (baca juga: makanan untuk penderita darah tinggi dan asam urat)

  • Tahu

Hampir mirip dengan tempe karena pada dasarnya memiliki bahan baku yang tidak berbeda. Namun dalam proses pembuatan tahu yang cenderung lebih kompleks daripada tempe maka kandungan purin di dalamnya pun menjadi sedikit berkurang tidak setinggi kandungan purin yang terdapat di dalam tempe. Yakni terdapat zat purin sekitar 108 mg dalam rata-rata kandungan sampel tahu sebanyak seratus gram.Begitulah daftar bahan makanan utamanya yang terhubung dengan jenis nabati ataupun sayuran yang memiliki jumlah kandungan kadar zat purin tertinggi. Kita musti memakan kudapan dengan nutrisi seimbang dan gizi yang beragam. Kita dianjurkan untuk memenuhi segenap kebutuhan tubuh akan beragam asupan.


Buncis Bagi Penderita Asam Urat

Perlu diperhatikan yakni kita tak seharusnya mengkonsumsi jenis makanan secara berlebihan tanpa diimbangi dengan asupan untuk kebutuhan tubuh yang lain. Layaknya memakan sayuran buncis boleh saja dilakukan sekalipun oleh para penderita kadar penyebab asam urat tinggi. Namun hendaklah dikonsumsi dengan porsi secukupnya saja karena setiap hal yang berlebihan tentulah tak akan baik bagi kesehatan kita pada umumnya. Bahkan jika ditilik dari kandungan khasiatnya buncis ini sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh diantaranya pada penderita gejala diabetes. Kandungan sayuran buncis dapat serta merta memperbaiki kinerja insulin tubuh sehingga kandungan kadar gula darah dapat senantiasa lebih terjaga kendalinya.

Selain hal itu kandungan serar sayuran buncis pun sangat bagus bagi pengendalian penyebab obesitas dan juga gejala sembelit. Selain itu juga dapat membantu menekan kandungan kolesterol darah. Dan pastinya konsumsi sayuran buncis juga dianjurkan demi menjaga dan memaksimalkan kondisi ibu hamil dan janin dalam kandungannya dengan adanya kandungan omega 3 di dalam sayuran jenis satu ini.

Begitulah beberapa manfaat buncis bagi tubuh. Semoga kita senantiasa semakin sadar dengan pentingnya memiliki pengetahuan akan makanan sehat bagi kita sehingga keadaan tubuh kita bisa senantiasa dijaga agar tetap fit. Selamat menerapkan gaya hidup sehat demi investasi masa depan yang senantiasa terjaga ya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 02:18 Oleh :
Kategori : Asam Urat