6 Bahaya Mandi Sebelum Tidur yang Sering Anda Lakukan

Orang-orang tua jaman dulu pasti sering menegur anda ketika hendak mandi pada malam hari. Mereka beranggapan bahwa mandi malam berakibat buruk bagi kesehatan. Kita dapat terserang berbagai macam penyakit seperti asam urat dan lain sebagainya. Namun, bagaimana ketika aktivfitas kita baru selesai pada malam hari dan kita harus mandi pada malam hari?

Kami sarankan anda untuk berpikir ulang jika hendak mandi malam hari terutama sebelum tidur. Bahaya mandi sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Hal itu bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini yang wajib anda hindari. Meskipun mandi sebelum tidur juga memiliki manfaat untuk kesehatan anda, disarankan anda juga memperhatikan bahaya mandi sebelum tidur. Berikut akan kami sajikan artikel mengulas tentang 6 bahaya mandi sebelum tidur yang sering anda lakukan.

Menyebabkan Penuaan Dini

Air dingin pada malam hari dapat menggangu metabolisme tubuh anda. Hal ini dapat memberikan pengaruh besar pada kulit terutama menyebabkan kulit menjadi keriput. Selain menjadi sebab penuaan dini, mandi sebelum tidur juga menyebabkan kelainan pada proses metabolisme lemak.

Menyebabkan Paru-paru Basah

Anggapan tentang mandi sebelum tidur dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah ternyata benar adanya. Dengan suhu yang dingin dan juga air yang dingin dapat menyebabkan tubuh anda susah bernafas, batuk, berdahak, dan juga menggigil. Jika kondisi ini terus berlanjut dengan rutin mandi sebelum tidur maka kemungkinan besar akan membuat resiko anda terkena paru-paru basah semakin besar.

Menyebabkan Asam Urat

Memang tidak dipungkiri air dingin di malam hari memberikan efek segar bagi tubuh anda. Namun, apabila anda sering mandi sebelum tidur, anda akan mudah terkena penyakit asam urat. Karena air dingin tersebut membuat nyeri pada sendi.

Membuat Demam

Pada malam hari, suhu panas dalam tubuh anda sebenarnya meningkat. Hal ini yang turut membuat pori-pori pada tubuh terbuka. Apabila mandi menggunakan air dingin maka kondisi itu akan berbahaya bagi tubuh anda. Pori-pori yang terbuka dapat menyerap air dingin. Tubuh anda akan mengalami kondisi dimana suhu panas tubuh dan dingin bercampur menjadi satu dalam tubuh anda. Akibatnya kekebalan tubuh anda berkurang. Dan disitulah virus akan mudah masuk. Gejala utama masuknya virus ke dalam tubuh anda adalah anda akan merasakan demam.

Nyeri Otot

Bahaya mandi sebelum tidur yang selanjutnya adalah menyebabkan nyeri otot. Hal ini terjadi karena pori-pori dalam tubuh yang terbuka dan air dingin pada malam hari masuk melalui pori-pori tersebut. Akibatnya otot anda terasa sangat nyeri bahkan parahnya adalah asam urat.

Mengganggu Metabolisme Tubuh

Pada saat malam hari, suhu tubuh anda akan mulai lemah dan perlu istirahat. Jika mandi sebelum tidur maka anda harus berhati-hati karena dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dengan terganggunya metabolisme tubuh maka hal itu dapat memberikan peluang resiko untuk terserang berbagai penyakit lain. Selain itu, mandi pada malam hari juga dapat menyebabkan gangguan pada hormon tubuh karena air dingin yang masuk melalui pori-pori yang terbuka.

Demikianlah ulasan tentang 6 bahaya mandi sebelum tidur yang sering anda lakukan. Memang mandi pada malam hari membuat tubuh anda semakin segar namun bahaya mandi sebelum tidur siap untuk menimpa anda. Simaklah juga dampak bahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh anda, hal itu juga akan membuat anda berpikir ulang ketika ingin mandi sebelum tidur.

, , ,