5 Bahaya Kopi bagi Penderita Asam Urat Paling Menakutkan

8743

Asam urat atau penyakit rematik artikuler adalah penyakit yang dikarenakan tingginya jumlah zat purin yang berasal dari makanan yang menumpuk dan merusak sel sel tubuh sekitar persendian yang sebenarnya telah terjadi selama bertahun tahun. Asam urat banyak diderita oleh orang dewasa dan orang tua. Penyakit ini tidak menular dan bisa disebabkan karena pola gaya hidup yang buruk. Beberapa ciri asam urat adalah sebagai berikut.

  1. Sendi teras ngilu, sering kesemutan dan rasa nyeri yang kadang timbul kadang menghilang (baca juga: nyeri sendi lutut – penyebab, gejala, komplikasi dan pengobatannya)
  2. Sekitar persendian membengkak dan timbul peradangan yang sakit jika disentuh tangan
  3. Penderita mengalami kesulitan berjalan (baca juga: gejala chikungunya – penyebaran, pengobatan dan pencegahan)
  4. Rasa nyeri seperti sedang tertusuk tusuk jarum

Baca juga: ciri ciri asam urat tinggi dan pengobatannya – gejala asam urat tinggi – penyebab dan cara mengatasinya

Bahaya kopi bagi penderita asam urat seperti berikut ini :

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Minum kopi yang berlebihan dan dilakukan setiap hari selama bertahun tahun dapat mempercepat penumpukan asam urat. Kemudian tubuh akan mengalami pengendapan zat purin didalam ginjal sehingga fungsi ginjal menjadi tidak normal dan memicu penyakit ginjal. Efek kopi yang berlebihan sama dengan efek dari makanan yang mengandung zat purin tinggi. Ini adalah jenis makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh penderita asam urat.

Baca juga: gejala penyakit ginjal – pengobatannya – penyebabnya – penyebab penyakit ginjal kronis wajib di ketahui – faktor penyebab terjadinya gagal ginjal – cara menjaga agar ginjal tetap sehat secara alami

  1. Lemak Berlebihan

Kafein didalam kopi dapat menyebabkan tubuh memiliki jumlah lemak bebas yang cukup tinggi sehingga memicu munculnya asam urat yang berlebih disekitar persendian. Kondisi ini akan lebih buruk jika penderita juga sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sehingga bisa menyebabkan  bahaya lemak jenuh bagi kesehatan tubuh yang bisa meningkatkan resiko penyakit komplikasi seperti stroke dan diabetes.

Baca juga:  bahaya lemak di perut bagi tubuh – akibat kelebihan lemak dalam tubuh – contoh lemak jenuh pada makanan yang tidak sehat

  1. Kerusakan Sendi dan Jaringan Tulang Rawan

Kafein dan zat lain yang ada pada kopi mampu merusak jaringan tulang rawan sendi yang menyebabkan sendi terasa linu, nyeri seperti ditusuk tusuk jarum dan sulit digerakan. Kemudian penderita asam urat akan merasa sering sakit pinggang. Kerusakan tulang rawan pada sendi menjadi penyebab sakit pinggang pada pria dan wanita. Bahkan terkadang bisa menyebabkan penyakit tertentu seperti gangguan dari bahaya rematik tulang. Mengkonsumsi berbagai jenis buah yang mengandung kolagen super tinggi bagi tubuh bisa mencegah efek kerusakan jaringan tulang rawan. (baca juga: fungsi kolagen bagi kesehatan dan tubuh)

  1. Peradangan Sendi

Kafein yang berlebihan didalam tubuh dapat menyebabkan bengkak dan membentuk peradangan berupa benjolan yang berada dibawah kulit atau sekitar sendi. Keadaan ini paling sering dialami oleh penderita asam urat yang sudah kritis. Bagian sendi yang bengkak sering menyebabkan penderita tidak bisa berjalan dengan baik. Bahkan rasa sakit karena bengkak bisa menjadi sangat menyakitkan.

  1. Penyempitan Pembuluh Darah

Kafein yang berlebihan didalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah jika zat purin yang ada ternyata berjumlah banyak. Kafein mampu mendorong zat purin sekitar sendi untuk segera membentuk penggumpalan dan pengkristalan yang pada akhirnya akan mengahambat laju jalan darah di pembuluh darah. Jika kondisi kritis maka bisa menjadi penyebab jantung berdebar debar kencang dan terus menerus dan penyebab penyakit jantung pada manusia yang mematikan. (baca juga : cara menjaga kesehatan peredaran darah manusia)

Artikel lain tentang penyakit jantung

Manfaat Kopi untuk Asam Urat 

  1. Kopi yang dikonsumsi tanpa gula (kopi pahit) dapat menurunkan kadar asam urat secara sistematik namun dengan pemakaian yang tidak lebih dari 3 gelas sehari. Namun jika konsumsi kopi hitam berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan gangguan fungsi pernafasan seperti penyakit asma. (baca juga: cara mengobati asma kambuh – faktor penyebab asma paling utama)
  2. Zat chlorogenic acid dalam kopi dapat menghambat peningkatan enzim xantin oxidase. Cara ini bisa mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Namun semua manfaat ini bisa didapatkan dengan tepat jika konsumsi kopi dilakukan dengan benar.
  3. Kopi arabika adalah jenis kopi yang mempunyai zat kafein paling rendah dibandingkan jenis kopi robusta, karena mendapat proses penyaringan dan sangrai dengan waktu yang cukup panjang. Anda bisa memilih kopi arabika karena memiliki zat kafein yang rendah. Mengkonsumsi kopi Arabika akan lebih baik untuk mencegah penumpukan zat purin pada asam urat anda.

Pantangan untuk Penderita Asam Urat 

  1. Menjauhi minuman beralkohol dan minuman bersoda. (baca juga:  efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial – pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia –  bahaya minum alkohol 70 persen yang mematikan – bahaya minuman keras bagi kesehatan)
  2. Tidak mengkonsumsi makanan penyebab asam urat tinggi dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabel
  3. Tidak makan makanan hasil laut yang mempunyai zat logam dan zat purin tinggi misalknya ikan, tiram, kepiting. lobster, keram, tiram, keong laut dan lain lain.(baca juga: bahaya makanan laut bagi kesehatan)
  4. Tidak makan jenis daging olahan seperti Abon, steak, hotdog, kornet  atau dendeng (baca juga: bahaya konsumsi daging merah berlebihan – bahaya daging asap bagi kesehatan)
  5. Tidak makan jenis kacang kacangan secara berlebihan misalbnya kacang hijau, kacang melinjo, kacang kedele atau kacang tanah
  6. Tidak makan buah kelengkeng, durian dan nanas (baca juga: efek samping bahaya makan buah durian bisa mematikan)
  7. Mengurangi asupan makanan yang mengandung protein super tinggi seperti susu, daging kambing, daging babi, daging kerbau , daging kuda dan lain lain (baca juga: akibat kelebihan protein pada tubuh)
  8. Mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan. (baca juga: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan – bahaya junk food bagi kesehatan : dampak mematikan – bahaya makan mie instan sangat mematikan)

Artikel terkait tentang penyakit asam urat :

Tips Agar Kadar Asam Urat Stabil dan Sehat

  1. Membiasakan diri untuk hidup dengan pola makan yang benar dan sesuai dengan standar kesehatan 4 sehat 5 sempurna. (baca juga: makanan 4 sehat 5 sempurna : contoh dan manfaatnya)
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang relatif rendah misalnya Asam kawak(jawa), pisang, kol merah dan lain lain.
  3. Hindari makanan laut yang mengandung logam dan kaya dengan zat purin misalnya kerang, kepiting. kerang, lobster, tiram, keong laut dan lain lain (baca juga: makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat – makanan untuk penderita asam urat paling menyehatkan – jenis makanan dan minuman untuk menurunkan asam urat tinggi)
  4. Mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan zat purin dalam tubuh misalnya buah Stawberry tua, penggunaan minyak zaitun dan penggunaan bumbu bawang putih pada semua menu makanan.
  5. Minum kopi pahit tanpa campuran gula apapun atau susu setidaknya tidak lebih dari 3 cangkir perharinya
  6. Minum air setidaknya 8 gelas perharinya. (baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)
  7. Melakukan kegiatan olahraga ringan tetapi teratur (baca juga:  cara melakukan olahraga yang baik dan benar bagi tubuh)
  8. Melakukaan program penurunan  berat badan seimbang dengan rekomendasi ahli gizi atau pihak kesehatan lainnya
  9. Mengkonsumsi makanan yang kaya zat kalium. (baca juga: makanan yang mengandung kalium tinggi dan manfaatnya)
  10. Mengkonsumsi kopi jenis Arabika untuk menstabilkan asam urat yang sedang meningkat
  11. Melakukan beberapa cara dengan perawatan tradisional, seperti:
  • Daun salamRebuslah daun salam , dinginkan lalu saring airnya. Minumlah sehari tiga kali hasil rebusan tersebut untuk terapi penyembuhan asam urat anda. Anda dapat menambahkan madu dan perasan jeruk lemon untuk menetralkan rasa getirnya dan untuyk peningkatan daya tahan tubuh selama proses terapi. (baca juga: efek samping daun salam untuk kesehatan)
  • Sambiloto dan kunyit : Rebuslah daun sambiloto dan tambahkan air perasan kunyit dan aduklah sampai merata, dinginkan lalu air rebusan tersebut disaring. setelah itu tambahkan madu dan perasan air lemon agar tercipta cita rasa yang nikmat untuk diminum. Minumlah tiga kali sehari sampai gejala asam urat menghilang.
  • Kumis kucing dan ranting meniran : Kedua bahan herbal ini direbus sampai mendidih lalu dinginkan, setelah itu saring airnya lalu diminum sehari dua kali sampai penyakit asam urat mereda daan sembuh. Ramuan tradisional ini tidak dibutuhkan penambahan madu atau perasan air lemon.

Artikel lain tentang dampak kopi untuk kesehatan: 

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang  Asam urat 

  1. Kadar asam urat yang stabil antara pria dan wanita adalah berbeda, jika pria kadar asam uratnya adalah 3,5 sampai 7 mg/dl , sedangkan pada wanita berkisar 2,6 sampai 6 mg/dl.
  2. Penyakit asam urat dapat menjadi pemicu utama munculnya keluhan kesehatan misalnya munculnya penyakit ginjal, diabetes dan penyakit tekanan darah tinggi.
  3. Walaupun penyakit asam urat selalu menyerang manusia usia dewasa dan manula , ternyata penyakit asam urat sudah bisa menyerang secara aktif pada manusia yang berusia 30 tahun atau lebih jika pola hidup sehatnya tidak memadai sejak usianya masih remaja dulu.
  4. Untuk pertolongan pertama bagi penderita asam urat yang belum parah, letakan kantung plastik atau saputangan yang didalamnya terdapat es batu. Letakan pada seputar sendi yang mengalami rasa nyeri seperti ditusuk, timbul pembengkakan dan kesemutan.
  5. Seseorang yang dalam keadaan kelaparan dan langsung menyantap makanan rendah kalori atau rendah energi hanya untuk mencapai rasa kenyang saja, maka asam urat didalam tubuhnya akan segera meningkat tajam dan dalam hitungan menit persendian akan terasa linu dan nyeri bagaikan ditusuk tusuk jarum. (baca juga: daftar makanan rendah kalori dalam tabel)
  6. Mulailah cerdas dalam memilih makanan yang dapat menstabilkan kadar asam urat Anda
  7. Hampir semua makanan mengadung zat purin tetapi banyak pula yang mengandung purin yang tidak terlalu banyak seperti buah buahan atau berbagai macam  sayuran seperti bayam, kembang kol, brokoli, asparagus atau jamur.
  8. Yang perlu diwaspadai adalah makanan laut yang mengndung zat purin tinggi seperti kepiting, kerang, tiram, keong laut, lobster dan lain lain. Makanan laut tersebut dapat memicu munculnya peningkatan asam urat pada orang sehat dan bagi penderita asam urat akan memperparah kondisinya dan juga dapat mengganggu perdaran darah pada penderita ginjal dan menyebabkan rusaknya pembuluh darah sekitar persendian.
  9. Jangan takut untuk mengkonsumsi kopi pahit dalam takaran gelas kecil 2 kali sehari atau tidak lebih dari 3 gelas perharinya, karena pada dasarnya kopi  mampu menstimulasi perdaran darah semakin lancar dan mampu menghambat peningkataan zat purin pada asam urat. (baca juga: makanan pantangan asam urat)

Penyakit asam urat sebenarnya bisa dikendalikan dengan pola atau gaya hidup yang sehat. Kebiasaan buruk saat memilih makanan, memasak makanan dan kurang olahraga menjadi pemicu asam urat. Selain itu jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi, maka lakukan dengan bijak demi kesehatan tubuh.