94 Cara Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat Secara Alami

10717

Ginjal bertanggung jawab mengeluarkan racun dari sisa sisa makanan yang kita konsumsi sehari hari. Apa yang akan terjadi  jika ginjal tidak berfungsi dalam tubuh?  Kerusakan ginjal akan sangat membahayakan dan dapat berdampak kronis pada kesehatan hingga menyebabkan kematian.

Penyakit Ginjal

Ada banyak jenis jenis penyakit ginjal yang harus di waspadai :

  • Gagal ginjal
  • Sindrom Alport
  • Batu Ginjal
  • Sindrom Nefrotik
  • Kista Ginjal
  • Hematuria
  • Kanker Ginjal

Namun berbagai jenis penyakit ini dapat dihindari dengan menjaga kesehatan ginjal secara baik dan benar.

Cara agar ginjal tetap sehat

1. Minum kurang dari delapan gelas sehari 

Aktivitas berat dan menyita waktu, tenaga dan pikiran membuat tubuh dehidrasi dan ginjal kering tak mampu dengan lancar mengeluarkan racun dalam tubuh dengan normal. Jika terjadi terus menerus  akibatnya menderita sakit pinggang dan ginjal rusak. Jika di imbangi minum yang cukup fungsi ginjal tidak akan terganggu.

cara mengatasinya :

minumlah banyak air putih, jangan tunggu merasa sangat haus barulah minum. Jika terbiasa minum lebih dari 8 gelas sehari, itu lebih baik.

Baca : Akibat kurang minum air putih – Bahaya minum air mentah – Akibat terlalu banyak minum air putih

2. Menahan kencing terlalu lama

Ketika air seni tidak segera dibuang atau dikeluarkan, maka air seni yang berikutnya akan menumpuk dan tersendat, menyebabkan penekanan dan penegangan disekitar otot perut dan otot kandung kemih yang menimbulkan rasa sakit di perut bagian bawah pusar, jika anda tidak segera buang air kecil maka jaringan ginjal sulit untuk mengeluarkan racun racun berikutnya.

Cara mengatasinya :

Segeralah buang air seni ketika merasa harus dikeluarkan, jangan biarkan sisa racun dari makanan yang telah anda makan seharian mengendap menjadi sebuah gumpalan keras yang biasa disebut kencing batu.

Baca : Bahaya menahan kencing terlalu lama – Penyebab kencing sedikit sedikit

3. Mengkonsumsi gula secara tidak wajar

Jika mengkonsumsi terlalu banyak gula setiap hari, akan mengganggu kinerja salah satu alat ginjal bernama Glomerulus tidak lancar mengatur kandungan kimia dari gula didalam darah karena jumlah gula yang anda konsumsi terlampau banyak.

Cara mengatasinya :

Gunakan gula dengan bijak dan wajar jika tidak mau tubuh menderita diabetes. Jika tidak bisa menghindari gula, sebaiknya gantilah dengan pemanis  alami yang paling aman seperti gula merah yang tidak akan menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

4. Mengkonsumsi kopi secara tidak wajar

Kafein dibutuhkan oleh tubuh tetapi jika berlebihan akan mengganggu kinerja ginjal yaitu tidak mampu lagi mempertahankan dan menggunakan zat zat penting seperti vitamin, protein, zat besi , mineral  dan lain lain untuk di kirim kejaringan tubuh. Akibatnya akan timbul msalah kesehatan di usus anda.

Cara mengatasinya :

minumlah kopi sewajarnya  agar tidak mengancam kelancaran kinerja ginjal yaitu minumlah tidak lebih dari tiga gelas sehari.

Baca : Bahaya kopi – Bahaya minum kopi pada saat haid – bahaya kafein

5. Mengkonsumsi obat obatan tertentu

Zat racun yang terkandung didalam obat obatan penghilang rasa nyeri misalnya obat sakit kepala, obat sakit sendi, obat sakit jantung dan lain lain mempunyai sifat aktif nefrotoksik yaitu merusak jaringan ginjal karena terlalu keras dan kuat. Akibatnya ginjal akan mengalami kemunduran dalam kinerjanya dan memicu datangnya penyaakit ginjal.

Cara mengatasinya :

Jangan sembarangan minum obat penahan rasa nyeri dan jangan berlebihan pula mengkonsumsi vitamin dalam bentuk tablet yang didalamnya sudah di ikat oleh bahan bahan kimia yang keras. misalnya sakit kepala, jangan langsung minum, kemungkinan sakit kepala anda dikarenakan hal lain, misalnya stres, minus mata bertambah tebal dan sebagainya. Cukup istirahatlah sebebtar dan minum madu yang dicamput air jeruk nipis.

6. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan

Alkohol dapat mengakibatkan pembesaran atau pembengkakan pada ginjal yang akhirnya menacaukan fungsi hormon dalam tubuh. Jika terus menerus mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak wajar anda akan  mengalami gagal ginjal.

Cara mengatasinya :

Janganlah minum alkohol terlalu banyak atau sebaiknya tidak sama sekali, agar ginjal anda selalu berada pada kondisi terbaiknya setiap hari.

Baca : Bahaya alkohol

7. Protein hewani yang berlebihan

Mengkonsumsi protein hewani terlalu banyak setiap hari akan mengakibatkan kinerja metabolisme pada ginjal menjadi berat, tertekan dan tersendat sendat. Akibatnya ginjal tidak bisa bekerja dengan baik karena ada kerusakan didalam jaringannya.

Cara mengatasinya :

Makanlah protein hewani dalam takaran yang wajar, tidak terlalu sedkit dan tidak terlalu banyak, Protein hewani sangat dibutuhkan oleh tubuh,  tetapi tidak akan bermanfaat lagi  bagi tubuh jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Baca :  Akibat kelebihan protein – Akibat kekurangan protein – Makanan yang mengandung protein tinggi

8. Mengkonsumsi makanan sarat dengan garam

Garam Mempunyai zat  sodium dan zat Chlor yang bersifat mengikis  dan tajam. Jika berlebihan jumlah garam dalam tubuh dapat melukai dan menginfeksi ginjal. Akibatnya proses penyaringan zat asam amino, urea dan zat glukosa dialam tubuh tidak tercapai.

Cara mengatasinya:

Konsumsi garam secukupnya dan hindari makanan yang mengandung banyak garam misalnya ikan asin, Keju atau produk sereal.

9. Kualitas tidur yang buruk

Tidur yang kurang dari enam jam sangat mempengaruhi kesehatan ginjal secara bertahap. Ketidak seimbangnya metabolisme tubuh akan mengakibatkan kelancaran kinerja ginjal melambat. Tubuh akan mudah terserang penyakit lain mislnya obesitas,  menurunnya kekebalan tubuh dan lain lain

Cara mengatasinya :

Tidur yang berkualitas dan menyehatkan adalah delapan jam. sangat dibutuhkan untuk anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang dewasa tidur kurang dari 8 jam. Ini dikarenakan banyaknya aktifitas berat yang sehari hari harus dihadapi. Setidaknya jangan terlalu sering tidur kurang dari enam jam, usahakan tujuh atau delapan jam, agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik.

Baca : akibat kurang tidur – Cara mengatasi susah tidur

10. Asupan vitamin B6 yang tidak mencukupi

Kekuraangan Asupan vitamin B6 dalam bentuk alami seperti sayuran dan buah akan menghambat, memblokir dan melemahkan kadar oksalat didalam air kencing yang ada didalam kandung kemih. Jika terus menerus kebutuhan vitamin B6 tidak juga tercukupi akan memicu terbentuknya batu ginjal

Cara mengatasinya :

Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin B6 dalam bentuk alami bukan suplemen. Misalnya Kentang, gandum, bayam dan lain lain.

Macam macam fungsi ginjal yang  mempengaruhi metabolisme tubuh, diantaranya:

  • Ginjal dapat mengeluarkan zat zat sampah yang tidak lagi diperlukan untuk kesehatan tubuh misalnya zat racun dari obat obatan yang dikonsumsi.
  • Menahan, menyimpan dan memproses kembali zat zat yang masih dapat digunakan untuk kesehatan jaringan tubuh tertentu yang kemudian dialirkan kedalam darah.
  • Menjaga, mempertahankan sekaligus melindungi keseimbangan kadar asam dan basa yang keluar lewat air kencing
  • Menjaga, mempertahankan dan memperbaiki keseimbangan kadar air dalam semua jaringan tubuh.
  • Menjadikan sisa sisa zat makanan yang tidak dibutuhkan tubuh menjadi cairan berbentuk air seni.
  • Dapat mengeluarkan semua  zat racun dari makanan yang kita konsumsi akan penyaringan darah berjalan dengan baik.
  • Mengontrol dan memperbaiki kadar cairan bermanfaat yang mengalir didalam sel sel darah merah.
  • Menjaga dan melindungi jumlah darah dalam tubuh agar senantiasa selalu dalam keadaan ideal atau seimbang.
  • Dapat mengontrol dan melindungi kandungan kadar garam, gula, asam dan sebagainya agar selalu dalam keadaan seimbang.
  • Menjaga kadar gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin serta adrenalin agar tubuh tidak mengalami lonjakan jumlah gula yang mengakibatkan munculnya gejala penyakit diabetes.
  • Menjaga keseimbangan kadar PH dalam tubuh, karena Jika kita sedang sakit.  kadar PH dalam tubuh akan turun dan menyebabkan tubuh lemas, ini dikarenakan zat asam dalam tubuh naik dalam jumlah banyak. disarankan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah secara alami karena mengandung PH alkali yang membuat tubuh kembali sehat.
  • Menjaga, melindungi dan mengontrol kadar garam dalam jaringan tubuh agar tidak mengalami pelonjakan.
  • Penghasil hormon kalsitriol dan renin yang berfungsi mengimplus keseimbangan sel darah merah dan jaringan sumsum tulang belakang.

Inilah gejala penyakit ginjal yang perlu anda waspadai

  • Nafsu makan semakin hari semakin menurun
  • Tubuh semakin kurus dan wajah pucat
  • Kondisi tubuh lemas tak bertenaga
  • Wajah pucat
  • Mengalami kesukitan bernafas
  • Buang air kecil jarang
  • Sakit dibagian kandung kemih
  • Sakit dibagian pinggang
  • Anggota tubuh bagian tangan dan lengan mengalami pembesaran atau pembengkakan
  • Anggota tubuh bagian kaki dan pergelangan kaki mengalami pembesaran atau pembengkakan

Buah dan sayur yang dapat menjaga ginjal tetap sehat

Cara menjaga agar ginjal tetap sehat dapat dilakukan dengan konsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang ditemukan sehari hari. Gejala penyakit ginjal tidak akan terjadi jika anda mau meluangkan waktu untuk mengkonsumsi beberapa buah yang dipercaya dapat menyehatkan ginjal. diantaranya:

  1. Buah Strawberry. Mempunyai zat Anthocyanin ellagitannis yang menyehatkan kondisi ginjal
  2. Labu siam. Melindungi dan menyehatkan fungsi ginjal agar selalu bisa mengeluarkan sampah dari sisa makanan yang telah  kita makan dengan lancar.
  3. Buah Ceri. Membuat ginjal dalam kondisi terbaik ketika harus menyaring darah dan mengeluarkan racun yang kemudian dialirkan menuju kandung kemih.
  4. Buah Semangka. Dapat menyehatkan ginjal dan mencegah  terjadinya pengendapan batu ginjal
  5. Kacang merah. Dapat menyehatkan ginjal dan menghancurkan batu ginjal
  6. Seledri organik. Dapat menyehatkan ginjal dan menggagalkan pembetukan batu ginjal
  7. Daun kemangi. Jika rajin minum air rebusab daun kemangi, ginjal akan selalu produktif dan sehat.
  8. Buah delima tua. Melancarkan ginjal dalam mengeluarkan racun lewat urin dan mencegah pengendapan batu ginjal
  9. Buah jeruk bali. Mampu melindugi dan menjaga fungsi ginjal dari kerusakan dan kekeringan akibat minimnya air didalam tubuh.
  10. Buah apel hijau atau apel malang. Menyehatkan ginjal dan mendukung kelancaran kinerja ginjal sampai berhasil membuang limbah racun  kedalam kandung kemih
  11. Anggur Merah, hijau dan ungu. Semua jenis anggur bernutrisi tinggi tetapi anggur merah dipercaya lebih mampu menyehatkan ginjal dan membantu memperkuat fungsi ginjal.
  12. Kembang kol. Dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan racun dalam tubuh dengan lancar dan dapat membuat ginjal semakin sehat.
  13. Sayur buncis. Dapat menyehatkan ginjal dan melindungi kadar gula darah tetap pada posisi seimbang
  14. Lobak tua Menyehatkan ginjal dan dapat membantu melancarkan pembuangan racun menuju tempat pembuangan terakhir yaitu kandung kemih
  15. Siung bawang putih. Anti bakteri dan mampu menyembuhkan infeksi, luka dan radang pada dinding maupun bagian dalam ginjal
  16. Siung bawang merah. Mampu menetralisir sisa sisa  racun yang ada pada ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal secara sistematik
  17. Minyak zaitun asli. Dapat menyehatkan ginjal sekaligus menghambat oksidasi pada tubuh
  18. Mentimun. Bersifat , mencegah dehidrasi dan mampu memnbersihkan ginjal.
  19. Aparagus Menyehatkan ginjal dan menjaga fungsi ginjal agar selalu baik.
  20. Jagung muda (jagung kecil) Dapat mengahancurkan dan mengeluarkan serpihan batu ginjal didalam kandung kemih dan dapat juga menyehatkan ginjal.
  21. Jamur. Dapat menyehatkan ginjal dan membantu proses pembuangan racun limbah sisa sisa makanan kesaluran kandung kemih
  22. Paprika merah. Dapat memperbaiki fungsi ginjal dan menyehatkan ginjal
  23. Ikan tuna. Dapat menyehatkan ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal agar selalu optimal
  24. Wortel. Dapat menyehatkan ginjal dan mencegah pengendapan batu ginjal di kandung kemih
  25. Buah naga. Untuk memperbaiki dan melancarkan fungsi ginjal  serta mampu menghancurkan pengendapan batu ginjal dikandung kemih
  26. Buah tomat. Menyehatkan ginjal dan mencegah serta mengahancurkan batu ginjal dalam kandung kemih
  27. Kulit buah labu bligo. Dapat menyembuhkan peradangan didalam jaringan ginjal dan memperbaiki sistem saluran kandung kemih yang tersendat sendat
  28. Perteseli. Dapat mmperkuat dan meningkatkan fungsi jantung sekaligus membantu pengeluaran racun siasa makanan menuju kandung kemih
  29. Buah kiwi. Menyehatkan jaringan  ginjal dan menghambat dan mencegah terjadinya gagal ginjal
  30. Buah balewah (labu besar). Menyehatkan dan meguatkan fungsi ginjal
  31. Rebusan daun sukun. Dapat menyehatkan ginjal dan membantu melancarkan pembuangan racun dalam tubuh melalui saluran kandung kemih
  32. Buah manggis. Menjaga kesehatan ginjal dan mencegah ginjal mengalami peradangan akibat infeksi.
  33. Buah merah. Menyehatkan dan membersihkan ginjal
  34. Buah blueberry tua. Memcegah dan mengobati peradangan pada ginjal akibat infeksi bakteri
  35. Kecambah kacang hijau, kedelai , tauge. Dapat membantu mencegah pengendapan batu ginjal dan membersihkan jaringan dalam dari ginjal

Apa yang terjadi jika hidup dengan satu ginjal?

Manusia mempunyai dua ginjal yang jika salah satu ginjalnya rusak maka ginjal yang tersisa akan bekerja keras dan memikul beban lebih dalam menjalankan fungsinya.

Hanya memiliki satu ginjal sebenarnya tidak bermasalah  jika menjalani pola hidup yang sehat secara konsisten. tetapi jika tidak, hidup dengan satu ginjal akan membuat hidup anda berada pada kondisi tubuh yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya, Diantaranya:

  • Melemahnya sistem metabolisme tubuh secara progresif
  • Melemahnya sistem jaringan kekebalan tubuh yang akan terus menurun seiring berjalanya waktu.
  • Ginjal tidak mampu menyaring dan mengeluarkan racun lewat urin dengan normal
  • Bagi penderita gagal ginjal akan menghadapi proses cuci darah seumur hidup
  • Mengangkat beban yang terlalu berat, akan menghambat  dan membebani kinerja ginjal
  • Beraktifitas terlalu berat dabn menguras tenaga akan membebani kinerja ginjal
  • Ketika menghadapi stres tubuh akan mudah menjadi lelah
  • Harus konsisten melakukan beberapa pantangan terhadap makanan tertentu misalnya makanan yang mempunyai protein tinggi hewani, makanan cepat saji atau jenis kacang kacangan

Tentang ginjal lainnya

Jagalah fungsi ginjal dengan nutrisi makanan yang seimbang dan membiasakan menjalani pola hidup sehat. Walaupun banyak orang yang bisa hidup dengan satu ginjal, tetapi bagaimanpun juga kinerja ginjal tetap akan berbeda dan mengalami perubahan dari pada ketika memiliki ginjal yang  masih sempurna atau ginjal utuh.