19 Penyebab Kencing Sedikit Sedikit dan Terasa Sakit

16876

Kandung kemih atau tempat penampung air seni  jika sudah penuh maka secara alami otot otot di sekitarnya akan memberi sinyal ke otak agar kita segera membuangnya, dengan  cara memberikan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, misalnya perut menjadi mulas, pinggang pegal, perut kembung dan mual.

Jika anda masih menunda nunda untuk buang air kecil, anda akan mengalami kesulitan buang air kecil dengan lancar setelahnya. Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang membuat seseorang buang air kecil sedikit sedikit.

1. Menahan kencing terlalu lama

Semakin lama anda menahan kencing maka otot disekitar dinding kandung kemih akan mendapat tekanan dan ketegangan untuk terus menahan air seni anda, Dinding sekitar kandung kemih bisa mengalami iritasi yang membuat  buang air kecil  anda tidak lancar atau keluar hanya sedikit sedikit.

2. Karena Kehamilan

Rahim yang melebar dan membesar pada masa kehamilan membuat sulit buang air kecil dengan lancar.

3.Adanya batu ginjal didalam kandung kemih

Walaupun batu ginjal hanya sebesar biji salak efeknya tetap saja buruk karena dapat menghalangi jalannya urin kearah uretra ( tempat untuk membuang  air kencing ) menjadi kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar.

Baca juga : Bahaya batu ginjalCara mencegah batu ginjalGejala batu ginjalpantangan batu ginjal

4. Adanya tumor di dalam kandung kemih

Tumor yang mengendap didalam kandung kemih akan menyumbat jalannya urin kearah uretra (tempat untuk membuang air kencing) menjadi kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar

5. Infeksi saluran kencing / kemih

Jaringan salurah kemih yang luka menyebabkan saluran kemih menjadi menyempit dan mengecil hingga menyebabkan air kencing akan keluar sedikit sedikit dibarengi rasa tidak nyaman pada kandung kemih.

6. Infeksi pada dinding uretra

Dinding uretra jika terinfeksi bakteri atau virus  maka akan menyebabkan luka dan  akibatnya kandung kemih terasa seakan  akan penuh dan menyebabkan sakit diseputar perut bagian atas.  Akan ada  rasa nyeri ketika buang air kecil.

7. infeksi otak

Seseorang yang mengalami infeksi otak yang parah dapat mengakibatkan saraf tempat mengalirnya air urin jadi  ikut terinfeksi

8. Diabetes

Penyakit diabetes yang sudah parah akan mempengaruhi kelancaran untuk buang air kencing dengan lancar.  Kadar gula yang sangat tinggi  didalam tubuh membuat saraf tempat mengalirnya urin jadi terinfeksi dan sulit untuk sembuh.

Baca : Bahaya diabetesMakanan untuk mencegah diabetes melitusBahaya madu untuk diabetesSayuran untuk diabetesCara mengobati diabetesDiabetes basahdiabetes keringdiabetes penyakit keturunan

9.Prostat bengkak

Pria yang mengalami pembengkakan prostat akan mengalami kesulitan buang air kecil. Pembengkakan pada prostat menyebabkan jalan untuk air seni tersumbat. Pembengkakan terjadi karena menahan kencing  terlalu lama atau telah terinfeksi bakteri dan virus.

10. Stroke

Jika tingkatan penyakit stroke sudah parah maka sipenderita akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil secara lancar dan teratur. Kelumpuhan pada jaringan  saraf tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan  jaringan saraf dan otot bagian saluran kemih dan sekitarnya.

Baca : Gejala stroke –  Makanan sehat untuk penderita stroke – Tanda kolesterol tinggi

11.Infeksi sumsum tulang belakang

Seseorang yang sumsum tulang belakangnya terinfeksi  oleh bakteri dan virus maka jaringan saraf disekitarnya akan rusak, jika rusak maka jaringan saraf kandung kemihpun dan sekitarnya  ikut terganggu.

 

12. Gangguan pada katup kandung kemih

Jika saraf spinal yang ada dikatup kandung kemih terganggu  misalnya saraf spinal tidak kuat dengan minuman bersoda (Bahaya Minuman Bersoda) maka buang air kecil tidak akan bisa lancar, keluarnya sedikit sedikit  diikuti rasa nyeri pada perut bagian bawah.

13.Mengkonsumsi obat obatan

Mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang akan membuat sisa kimia yang terdapat pada obat menumpuk dan tersimpan pada dinding Uretra yang mengakibatkan iritasi dan infeksi. Air seni akan berjalan sedikit sedikit dan  terkadang menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.

14.Mengalami paruresis

Paruresis adalah psikologis seseorang yang sedang terganggu. Perasaan cemas, gugup, takut, malu dan grogi menjadi satu ketika ingin buang air kecil ditempat  umum yang  banyak terdapat orang tak dikenal. Kondisi stres ini membuat kencing tidak lancar dan tersendat sendat.

15. Efek pasca operasi

Seseorang yang baru selesai menjalani operasi disekitar kandung kemih atau ginjalnya beberapa hari sesudahnya akan mengalami kesulitan buang air kecil. Karena pasca pembedahan  tubuh  akan membutuhkan proses penyembuhan yang tidak sebentar. saraf disekitar bekas operasi mempengaruhi saraf  sekitar kandung kemih.

16.Cedera otak

Cedera otak atau geger otak yang parah dapat merusak jaringan saraf otak,  karena otak  tidak mampu lagi mengirim sinyal  untuk memberi perintah pada saraf yang ada pada kandung kemih agar membuang urinnya dengan lancar.

17. Gula darah meningkat

Seseorang yang memiliki jumlah gula darah yang tinggi ketika buang air kecil pasti keluar kencingnya sedikit  karena ada penumpukan gula disekitar kandung kemih yang menghalangi.

18. kanker kandung kemih

kanker kandung kemih sangat berbahaya bagi proses pembuanagan air seni, karena dapat merusak semua jaringan saraf yang ada disekitar kandung kemih.

19. Sindrom buang air kecil

Sindrom buang air kecil atau dalam  bahasa medisnya adalah sindrom kandung kemih yang artinya kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar karena mengkonsumsi terlalu banyak alkohol, minuman berkafein serta minuman bersoda. Ini diakibatkan karena kandung kemih terlalu sensitif sehinggga mudah iritasi.

Kesulitan buang air kecil yang sudah parah karena diakibatkan penyakit tertentu biasanya akan ditangani oleh tim medis dan itu akan membuang banyak tenaga dan waktu.  Tetapi untuk yang mengalami sulit buang air kecil  karena terlalu lama menahan, ada langkah langkah terbaik untuk dilakukan agar cepat sembuh.

Inilah tips mengatasi buang air kecil agar lancar kembali:

  • Isilah botol bersih yang berukuran sedang dengan air hangat.Tempelkan beberapa saat pada bagian perut bagian bawah. Kemudian  gerakanlah perlahan lahan botol itu maju mundur. lakukan berkali kali sampai ketegangan otot kandung kemih anda normal kembali.  tahukah anda menahan kencing terlalu lama membuat otot sekitar kandung kemih menjadi tegang.
  • Ambilah handuk berukuran kecil yang sebelumnya sudah direndam di air hangat. Tempelkan pada perut bagian bawah. Jika handuk terasa sudah tidak hangat lagi, ulangi rendam kembali dan tempelkan kembali. Ulangi berkali kali sampai ketegangan otot kandung kemih anda normal kembali.  tahukah anda rasa hangat mampu melepaskan segala ketegangan pada otot kandung kemih.
  • Ambil param atau parem (bahan tradisional yang biasanya dipakai untuk membuang rasa pegal pada kaki dan lengan). Param dihancurkan dengan air hangat lalu lumuri  param tipis tipis saja pada perut bagian bawah dengan lembut. Param mempunyai efek menghangatkan dan mengandung bahan bahan herbal  alami asli dari Indonesia yang dapat melemaskan otot otot yang kaku dan tegang.

Bahan bahan alami kaya manfaat yang terkandung dalam param adalah: Beras, Lempuyang,  Jahe,  Kencur,  kayu manis dan sebagainya. Param dapat dibeli diberbagai toko obat terpercaya di seluruh Indonesia.

Bagian Bagian Kandung Kemih

Kandung kemih mempunyai empat bagian yang saling ketergantungan dalam mengelola air seni atau kencing. Jika  salah satu dari keempat bagian ini rusak, maka bisa dipastikan kita akan mengalami kesulitan untuk buang air dengan lancar dalam waktu lama. Diantaranya:

  • Serosa. Serosa adalah lapisan parsial yang berasal dari peritoneum yaitu saraf yang ada pada kandung kemih, organ perut  dan dinding perut
  • Otot Detrusor. Otot Detrusor adalah otot  dinding kandung kemih,  jika mengalami ketegangan maka akan sulit untuk buang air kecil dengan lancar
  • Mukosa. Mukosa adalah lapisan terdalam dari dinding kandung kemih, jika mengalami infeksi, iritasi atau cedera berat maka akan ada tindakan pembedahan oleh dokter  bedah ahli saraf
  • Sub-Mukosa. Sub-Mukosa adalah lapisan tipis dari dinding kandung kemih yang menghubungkan lapisan otot Detrusor dengan Mukosa.

Kencing sedikit ketika buang air kecil adalah bentuk dari penyiksaan fisik yang kebanyakan dianggap remeh oleh sebagian orang.  Kandung kemih sangat sensitif dan rentan terkena infeksi atau iritasi jika anda terlalu sering menunda nunda kencing ketika urin sudah terkumpul penuh dikandung kemih.

Artikel terkait