18 Cara Mengobati Anyang Anyangan Alami dan Medis

6077

Cara mengobati anyang anyangan perlu diketaui oleh masyarakat luas sebab anyang-anyangan yang tidak segera diobati akan menyebabkan komplikasi yang serius. Ketidaknyamanan yang terjadi saat seseorang terkena anyang anyangan membuat orang yang terkena anyang-anyangan harus segera menghilangkan gejala anyang-anyangan tersebut. Anyang anyangan sebenarnya penyakit yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih. Saat saluran kemih terinfeksi akibatnya orang yang mengalaminya ingin selalu buang air kecil meskipun posisi kandung kemih sedang tidak penuh. Orang yang mengalami anyang anyangan juga akan merasakan sakit di bagian kandung kemihnya, rasa sakit dan berdenyut denyut di bagian kandung kemih membuat dirinya merasakan ketidaknyamanan. ( baca : Obat anyang anyangan alami dan di apotikPenyebab anyang anyangan )

Pengobatan anyang anyangan bisa dilakukan secara tradisional maupun menggunakan obat kimia. Infeksi kandung kemih atau anyang anyangan ini kebanyakan disebabkan oleh bakteri sehingga pengobatannya pun harus menggunakan obat anti bakteri. Berikut ini adalah cara mengobati anyang anyangan yang bisa dilakukan oleh penderita anyang anyangan :

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan salah satunya adalah sebagai obat untuk anyang anyangan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C sehingga selain bisa digunakan untuk mengobati anyang anyangan jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Berikut ini adalah cara mengobati anyang anyangan menggunakan jeruk nipis yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar.
  • Belahlah jeruk nipis itu menjadi dua bagian.
  • Setelah anda belah menjadi dua bagian, anda bisa memeras jeruk nipis itu dan anda masukkan ke dalam gelas.
  • Tambahkan air panas, kemudian jika anda suka anda bisa menambahkan gula ke dalam cangkir tersebut.
  • Saat angat, anda bisa meminum air jeruk niis tersebut sampai habis.
  • Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari agar anyang-anyangan anda segera menghilang. ( Baca : Bahaya jeruk nipis bagi penderita maagBahaya jeruk bagi penderita diabetes )
  1. Sirsak

Buah sirsak bisa digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan. Yang bisa digunakan untuk mengatasi anyang anyangan tersebut adalah buah sirsak yang setengah matang artinya tidak matang namun juga tidak mentah. Cara mengobati anyang anyangan menggunakan sirsak setengah matang adalah sebagai berikut ini :

  • Kupas buah sirsak setengah matang tersebut.
  • Kemudian anda bisa merebusnya menggunakan dua gelas air dan juga gula pasir secukupnya.
  • Saat merebus sirsak tersebut sebaiknya anda menggunakan api yang sangat kecil, jangan menggunakan api yang besar. Api yang besar aakn membuat air rebusan bisa cepat habis.
  • Saring air rebusan tersebut, saat air rebusannya berubah menjadi hangat anda bisa mengkonsumsinya secara teratur tiga kali dalam sehari.
  • Agar anyang anyangan segera menghilang sebaiknya anda rutin dalam mengkonsumsi ramuan tersebut. ( Baca : Efek samping daun sirsak )
  1. Ikatan Jempol Kaki

Cara alami untuk mengatasi anyang anyangan yang masih dipercaya sampai saat ini adalah dengan mengikat jempol kaki. Ketika anda merasakan sakit dan ingin buang air kecil terus menerus anda bisa mengikat jempol kaki anda dengan kencang atau ketat. Meski tidak ada hubungan medis samasekali namun diyakini mengikat jempol kaki diyakini sebagai cara efektif dalam mengatasi anyang anyangan tersebut. Untuk megikatnya senditi anda bisa menggunakan karet gelang atau bisa mengunakan rambut yang seperti sapu ijuk. Terbukti baha orang yang mengikat jempol kkainya selama berjam jam bisa menahan keinginannya untuk berkemih dan bisa menghialngkan rasa saki di slauran kemihnya.

  1. Refleksi

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengobati anyang anyangan adalah dengan melakukan refeksi. Tahukaha nda apakah itu refeksi?, refleksi adalah cara mengatasia nyang-anyangan dengan cara memijat di bagian syaraf yang berhubungan denan saluran kemih. Saluran kemih yang terkena infeksi akan merasakan baikan setelah dilakukan pijat refleksi ini. Sayangnya saat melakukan pijat refleksi, anda harus benar benar memilih oraang yang tepat. Orang yang tepat adalah orang yang tahu titik tiitk syaraf di bagian tubuh yang harus ditekan dan syaraf mana yang berhubungan dengan syaraf di bagian kandung kemih manusia.

  1. Mengkonsumsi Cukup Air Putih

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati anyang anyangan adalah dengan mengkonsumsi cukup air putih. Air putih merupakan komponen penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air, kehidupan manusia tidak bisa berjalan dengan normal. Air sangat penting bagi peredaran darah manusia. Tanpa air peredaran darah manusia menjadi terganggu sebab darah akan berubah menjadi pekat. Saat darah menjadi pekat darah tidak akan bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Mencukupi kebutuhan akan air putih ini sangat bagus bagi orang yang suka menahan kencing, saat menahan kencing air seni akan berubah menjadi keruh dan berat. Saat itulah, dia membutuhkan air putih untuk membuat air seninya menjadi normal kembali. Air seni yang keruh dan berat bisa membuat saluran kandung kemih menjadi kesulitan untuk mengeluarkannya.

Baca : Efek kekurangan air putihBahaya akibat terlalu banyak minum air putihAkibat kurang minum air putih

  1. Balsam

Balsam tidak hanya berguna saat masuk angin saja, namun ternyata balsam juga bermanfaat saat terkena infeksi saluran kemih. Balsam ini bisa anda gunakan untuk mengobati anyang-anyangan. Banyak orang yang mengaku jika balsam tersebut sangat efektif untuk mengatasi anyang-anyangan. Cara melakukannya pun sangat mudah sekai yaitu anda tinggal mengoleskan balsam yang pedas ke bagian pusa anda. Rasa panas pada pusar tersebut akan membuat anda lupa kalau anda sedang terkena anyang-anyangan. Sayangnya cara ini hanya bisa digunakan untuk mengatasi anyang anyangan secara sementara saja, sedangkan untuk permanen anda harus melakukan cara lain. Hal itu dikarenakan jika rasa panas efek dari balsam hilang, anyang anyangan akan muncul kembali.

Baca : Ciri ciri masuk angin pada anakCara mencegah masuk angin

  1. Suara Kran

Bagi anda yang ingin mengajaran anak anda buang air kecil di toilet, anda bisa mendengarkan kepadanya suara gemericik air kran yang ada di toiet. Tidak hanya itu saja, bagi anda yang sedang mengalami anyang-anyangan. Anda bisa terbantu dalam mengobati anyang anyangan menggunakan suara gemericik air kran tersebut. Suara air kran yang anda dengarkan bisa membuat air seni yang tertahan di kandung kemih perlahan lahan bisa keluar sedikit demi sedikit. Penumpukan air seni di kandung kemih tersebut bisa terjadi karena seseorang terbiasa menahan kencing sehingga air seni tersebut justru tidak bisa dikeluarkan.

  1. Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias saja ternyata bisa digunakan untuk mengobati anyang anyangan. Cara pembuatan dan bahan bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi anyang anyangan menggunakan daun kumis kucing yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu, bahan bahan yang bisa anda siapkan adalah daun kumis kucing yang sudah kering, kkemudian gula jawa manis bukan asin secukupnya.
  • Cara pembuatannya tergolong mudah, anda tinggal meyeduh daun kumis kucing seperti saat and amenyeduh teh.
  • Setelah itu anda bisa menambahkan gula jawa ke dalam air seduhan anda.
  • Tunggu sampai air seduhan berubah menjadi hangat.
  • Saat hangat, anda bisa mengaduk air seduhan daun kumis kucing tersebut agar menyatu dengan gula jawa.
  • Anda bisa mengkonsumsi air seduhan daun kumis kucing itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Yang harus diingat disini adlaha jangan pernah mengganti gul ajwa dengan gula pasir putih sebab gula pasir putih bisa mengahmbat kinerja dari daun kumis kucing tersebut.
  1. Jus Cranberry

Family dalam buah berry ii bermanfaat dalam mengatasi anyang anyangan yang dialami oleh manusia alasannya adalah di dala buah berry banyak mengandung vitamin C yang tinggi. Selain kaya akan vitamin C, jus cranberry itu juga kaya akan berbagai macam zat yang nantinya berguna untuk mencegah anyang anyangan itu kambuh kembali. Memang jus cranberry memiliki rasa yang asam, sehingga bagi orang yang memiliki penyakit maag atau asam lambung sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang rasanya asam. Agar rasa asam menjadi sedikit berkurang anda bisa menambahkan gua batu ke dalam jus cranberry tersebut.

Jus cranberry memiliki berbagai macam keunggulan, salah satunya adaah jika anda mengkonsumsi sebanyak 50 mililiter jus cranberry setia harinya anda bisa menghilanggkan gejala anang anyangan yang sangat menyiksa tersebut. Jus tersebut sebaiknya berasal dar jus cranberry murni bukan jus cranberry yang dicampurkan dengan buah buahan lainnya seab jika dicampurkan dengan jus buah lainnya maka khasiat dari buah cranberry tersebut menjadi berkurang.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin CBuah yang mengandung vitamin CAkibat kekurangan vitamin C

  1. Kompresan Air Hangat

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi anyang anyangan adalah anda bisa mengompres air hangat di bagian pusar sampai bagian bawah pusar anda. Hal itu dikarenakan bagian pusar dan bawah pusar berhubungan langsung dengan saluran kemih dan juga kandung kemih. Air hangat yang dikompreskan ke tubuh anda berguna untuk meringankan gejala dari anyang anyangan yang anda alami. Rasa nyeri dan sakit di bagian kandung kemih bisa diringankan dengan kompresan air hangat tersebut. Cara melakukan kompresan air hangat ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan botol kaca yang telah diisi dengan air hangat.
  • Gosokkan atau kompreskan botol beriis air hangat tersebut ke pusar dan di bagian bawah pusar anda.
  • Lakukanlah cara ini selama 5 menit lamanya.
  • Melakukan cara ini secara teratur bisa membuat anyang anyangan menjaid hiang da rasa sakitnya menjadi berkurang.
  • Air hangat yang dikompreskan bis amembuat eredaran darah menjadi lancar sehingga penderita anyang anyangan bisa berkemih secara lancar kembali. ( Baca : Cara kompres yang benar untuk demam tinggi )
  1. Antibiotik

Cara mengobati anyang anyangan dengan cara medis bisa dengan menggunakan antibiotik. Sayangya untuk mendapatkan antibiotik tersebut anda harus pergi ke dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu tentang kondisi anda. Sebab akan ada banyak bahaya antibiotik tanpa resep dokter yang bisa menyerang orang yang mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter.

Baca : Antibiotik raang tenggorokan di apotikJenis jenis antibiotik

  1. Obat Anti Jamur

Dokter akan memeriksa apakah anyang anyangan yang diderita anyang anyangan yang disebabkan oleh jamur atau oleh lainnya. Jika anyang anaynag disebabkan oleh jamur maka dokter akan memberikan obat berupa obat anti jamur. Obat anti jamur tersebut berguna untuk menghentikan perkembangbiakan jamur di bagian kandung kemih. Jamur yang ada dan berkembangbiak di bagian kandung kemih akan membuat saluran kemih semakin terbebani dan anyang anyangan menjadi sulit disembuhkan.

  1. Antivirus dan Anti parasit

Dokter juga akan memberikan obat antivirus dan obat anti parasit jika anyang anyangan yang diderita merupakan akibat dari virus dan parasit yang tumbuh di bagian kandung kemih anda. Jika sudah begitu maka anyang anyangan baru bisa disembuhkan dengan obat antivirus dan antiparasit. Memang gejalanya bisa diringankan dengan berbagai macam tardisional namun virus dan parasit itu masih ebrada di kandung kemih dan saluran kemih sehigga sewaktu waktu anyan anyangan tersebut bisa muncul dan kambuh sewaktu waktu.

Baca : Bahaya cacing kremi pada anakBahaya memelihara kucing

  1. Obat Acetaminophen

Obat selanjutnya yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi anyang anyangan yang diderita adalah obat acetaminophen. Acetaminophen ini berguna untuk mengatasi nyeri yang anda alami ketika anda terkena anyang anyangan. Selain acetaminophen anda bisa memilih macam obat pereda nyeri lainnya seperti ibuprofen, naproxen dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis obat tersebut bisa anda konsumsi tanpa resap dokter. Sehingga anda bisa langsung membelinya di apotek. Namun yang harus anda ingat disini adalah meski tanpa resep dokter anda harus mengkonsumsinya sesuai dosis dan tidak berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan tidak baus untuk kesehatan juga.

  1. Azo Standard

Obat untuk mengatasi anyang anyangan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi anyang anyangan yang anda derita adalah azo standard. Obat ini berguna untuk meredakan nyeri saat anda berkemih. Obat ini bisa anda gunakan atau temukan tapa resep dokter. Mesk begitu, anda harus tahu efek samping dari obat ini. Obat ini bisa mengubah warna urin anda menjadi kuning cerah. Sebelum mengkonsumsi obat ini ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

  1. Rutin Mengkonsumsi Obat

Anyang anyangan bersifat kambuhan sehingga jika anda tidak mengobatinya secara tuntas, anyang anyangan itu bisa muncul kembali. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi anda yang mengalami anyang anyangan untuk mengkonsumsi obat yang telah diresepkan dokter sampai habis. Jangan karena merasa gejala anyang anyangan sudah tidka dirasakan, anda menjadi tidak mengkonsumsi obat anyang anyangan itu sampai habis. Anda tidak pernah tahu apakah penyebab anyang anyangan masih ada di dalam kandung kemih ataukah tidak. Sehingga jika masih ada di dalam kandun kemih, resiko kambuh akan sangat besar dan mungkin terjadi.

Baca : Obat kurap di apotikObat tradisional untuk batuk dan pilekBahaya obat batuk kimia

  1. Pola Hidup Sehat

Cara mengobati anyang anyangan selanjutnya adalah dengan menerapka pola hidup sehat. Saat anda mengkonsumsi obat anyang anyangan sangat dianjurkan bagi anda untuk menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu misalnya adalah menghindari minuma soda dan beralkohol saat anda mengkonsumsi obat anyang anyangan. Hal itu dikarenakan obat anyang anyangan tersebut akan menurun efektifitasnya jika dibarengi dengan mengkonsumsi alkohol. Oleh sebab itu ada baiknya anda menghindari konsumsi alkohol ketika anda mengkonsumsi obat obatan khusus anyang anyangan sebab obat itu nantinya bisa bekerja secara maksimal tanpa terganggu dengan bahan kimia yang ada pada alkohol.

Baca : Pengaruh alkohol bagi penderita diabetesBahaya minum alkohol 70 persen

  1. Hindari Sinar Matahari

Untuk obat obatan jenis tertentu seperti bactrim atau obat sulfa sebaiknya anda menghindari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menghambat kinerja dari obat obatan tersebut.

Itulah berbagai macam cara mengobati anyang anyangan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gejala anyang anyangan secara permanen. Anyang anyangan tidak boleh disepelekan sebab semakin tidak lancarnya berkemih seseorang, resiko untuk terkena batu ginjal semakin besar. Oleh sebab itu ketika anda merasakan gejala anyang anyangan segera lakukan bebagai macam cara mengobati anyang anyangan yang telah disebutkan di atas.