9 Antibiotik Radang Tenggorokan di Apotik

Ada banyak sekali antibiotik radang tenggorokan di apotik yang bisa anda temukan. Obat antibiotik memang menjadi obat yang pro dan konta terutama jika dikonsumsi tanpa resep dokter. Jika memang tidak sangat terpaksa,  jangan langsung mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter. Radang tenggorokan yang sudah parah baru bisa diberikan opsi atau pilihan unuk mengobatinya menggunakan obat antibiotik ini. Pada dasarnya obat antibiotik digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Yang harus anda ingat saat ini adalah, tidak semua radang tenggorokan itu membutuhkan antibiotik. Hanya radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri saja yang bisa diobati dengan obat antibiotik itu. ( Baca : Bahaya antibiotik tanpa resep dokterBahaya antibiotik untuk anak dan dewasaJenis-jenis antibiotik )

Tentu anda sekarang ini bertanya-tanya, bagaimana cara membedakan mana radang tenrggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan mana yang radang tenggorokan tanpa infeksi bakteri. Untuk menjawab pertanyaan ini hanya dokterlah yang bisa menjawab. Dokter akan melakukan berbagai macam diagnosa untuk mendeteksi radang tenggorokan yang anda alami apakah disebabkan oleh bakteri atau bukan.

Golongan Antibiotik

Jika menilik kondisi farmasi di Indonesia, ada oknum apotik yang dengan mudah melayani pembelian obat antibiotik tanpa disertai dengan resep dokter. Memang banyak sekali obat dengan jenis antibiotik yang tersedia di apotik. Namun tidak semua jenis obat itu cocok untuk mengobati radang tenggorokan akibat bakteri streptococcus. Ada beberapa jenis obat antibiotik yang terbukti efektif untuk meredakan dan mengobati sakit tenggorokan yang anda derita. Berikut ini adalah golongan obat antibiotik radang tenggorokan di apotik yang terbukti efektif untuk mengatasi radang tenggorokan :

  1. Betalaktam

Jenis atau golongan antibiotik pertama yang tepat untuk mengatasi radang tenggorokan akibat infeksi bakteri adalah golongan betalaktam. Obat ini merupakan obat umum yang sering diberikan untuk mengatasi radang tenggorokan akibat nfeksi bakteri. Jenis obat yang tergolong dalam golongan ini adala penisilin dengan merk tertentu, ampsilin dan juga amoksilin. Jika penggunaan obat ini selama dua minggu lamanya tidak menunjukkan hasil yang signifikan maka dibutuhkan obat antibiotik lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut. Bakteri streptococcus yang bisa diatasi dengan obat antibiotik ini adalah jenis bakteri streptococus jenis A.

Baca : Efek samping antibiotik

  1. Cefolosporin

Golongan antibiotik lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati radnag tenggorokan akibat bakteri adalah cefolosporin. Penggunaan antibiotik jenis ini dirasa lebih efektif dibandingkan dengan golongan antibiotik jenis betalaktam. Ada banyak sekali cefolosporin potensial dimana berfungsi untuk meredakan sakit radang tenggorokan. Ada beberapa jenis obat antibiotik yang biasa diresepkan untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut yaitu obat cephalexin dan cefadroxil.

Biasanya orang yang mengalami alergi obat antibiotik tidak bisa mengkonsumsi salah satu obat dari kedua jenis antibiotik tersebut. Namun dalam berbagai macam kasus alergi obat antibiotik, orang yang mengalami alergi obat antibiotik dengan golongan betalatam biasanya juga mengalami alergi obat dengan jensi cefolosporin. Sehingga untuk mengatasi radang tenggorokan yang lainnya dan diakibatkan oleh infeksi bakteri ada baiknya anda mengetes diri anda apakah anda alergi dengan obat antibiotik atau tidak. Jika sudah terlanjur mengkonsumsi obat ini padahal anda mengalami alergi justru akan memicu reaksi alergi berupa mual dan muntah, pusing, gatal-gatal bahkan bisa menyebabkan muka bengkak. Dibutuhkan obat antibiotik yang lainnya agar radang teggorokan akibat infeksi bakteri bisa disembuhkan.

Baca : Bahaya bat batuk kimiaCatatflam

  1. Makrolida

Alternatif obat antibiotik dengan golongan lainnya adalah antbiotik dengan jenis makrolida. Obat-obatan yang termasuk dalam jenis makrolida adalah eritromisin, klaritomisin dan juga azithromicyn. Mengkonsumsi obat ini akan memberikan keuntungan yang lebih diantaranya adalah obat azithromcyn bisa diminum sebanyak empat kali sampai dengan lima kali saja. Mengkonsumsi obat ini tidak perlu dilakukan selama dua minggu lamanya berturut-turut.

Ada kelebihan juga ada kelemahannya. Dimana efek samping dari obat antibiotik ini tergolong tinggi dibandingkan dengan efek samping obat antibiotik yang lainnya. Efek samping itu akan dirasakan olh lambung dimana obat antibotik terlalu keras untuk dicerna oleh lambung. Efek samping itu hanyalah kerugian yang kecil ditilik dari manfaat antibiotik itu untuk kesehatan yang luar biasa. Meski begitu ketika mengkonsumsi obat ini, anda harus didampingi oleh orang yang ahli di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat itu tanpa resep dokter.

Baca : Obat maag tradisionalObat asma

Golongan Obat

Ada berbagai macam jenis obat radang tenggorokan di apotik, obat itu diproduksi oleh perusahaan berbeda yang begerak di bidang farmasi. Setiap obat memiliki dosis, efek samping dan cara kerja yang berbeda-beda. Mungkin anda akan dengan mudah menemui obat-obat tersebut. Namun yang harus diingat disini adalah mengkonsumsi obat itu harus sesuai dengan resep dokter, sehingga anda harus berkonsultasi kepada dokter spesialis terlebih dahulu baru menebus obat itu di apotik. Berikut ini adalah berbagai macam obat antibiotik radang tenggorokan di apotik sesuai dengan resep dokter :

  1. FG Troches

Obat radang ternggorokan yang bisa dengan mudah anda temukan di apotik adalah FG Troches. Obat ini termasuk obat antibiotik yang penggunaannya terlalu ketat. Obat ini berisi dengan gramisidin dan juga fradiomisin. Untuk penggunaannya sendiri mudah sekali tinggal diemut seperti permen biasa. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan obat FG Troches :

  • Obat ini memiliki rasa yang manis sehingga anda tidak akan kesulitan dalam mengkonsumsi obat ini. Rasanyan manis sehingga banyak orang mengira obat ini seperti permen dengan rasa manis seperti permen.
  • Penggunaan obat ini cocok untuk orang yang mengalami sakit radang teggorokan yang terlalu parah. Bagi radang tenggorokan yang belum terlalu parah anda bisa mencoba mengkonsumsi obat ini.
  • Obat ini bisa membunuh bakteri yang ada di dlama tenggorokan anda dan menyebabkan anda terkena sakit radang tenggorokan.
  • Cara kerja obat ini adalah lokal bukan secara sistemik.
  • Bentuk dari obat ini seperti permen polo atau permen mint yang ditengahnya terdapat bulatan sehingga jika dilihat secara sekilas obat itu seperti permen pada umumnya.
  • Dosis FG Trches berbeda-beda. Untuk orang dewasa yang mengkonsumsi obat ini bis amengkonsumsi sebanyak satu sampai dua tablet hisap setiap harinya. Kaum dewasa bisa mengkonsumsinya sebanyak 4 kali samai dengan 5 kali daam sehari.
  • Dosis untuk anak yang mengkonsumsi obat ini hanya cukup satu tablet hisap saja. Bisa mengkonsumsi obat ini sbeyak 4 sampai dengan 5 kali dalam sehari.
  • FG Troche diproduksi oleh perusaha Meiji Indonesia dan jangan dikunyah cukup diemut sampai tablet tersbeut habis di dalam mulut. ( Baca : Obat amandel bengkakObat sakit perutObat sakit kepala )
  1. Degirol

Jenis obat antibiotik yang ada di apotik yang lainnya adalah obat dengan nama degirol.  Degirol merupakan obat antibiotik dengan rasa jeruk atau lemon yang begitu menyegarkan. Degirol adalah obat antibiotik yang diproduksi oleh perusahaan Darya Varia Laboratoria. Tablet hisap degirol memiliki kandungan Dequlinium chloride dengan dosis sebanyak 0,25 mcg. Bahan aktif penyusun obat degirol adaah obat anti jamur dan obat anti bakteri sehingga cocok untuk digunakan membunuh kuman dan bakteri gram positif maupun negatif.

Anda bisa mengkonsumsi obat ini selama 3 sampai dengan 4 jam sekali. Sayangnya bagi anda yang hobi menghisap obat ini sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Dalam sehari pun anda tidak boleh mengkonsumsinya lebih dari 8 tablet setiap hari.

  1. SP Troches

Obat antibiotik lainnya yang bisa dengan mudah anda jumpai di apotik adalah obat SP Troches. Sama halnya dengan degirol obat ini pun mengandung dequlinium chloride. Perbedaannya adalah jika obat degirol hanya terdiri dari satu varian rasa saja, obat ini terdiri dari tiga macam rasa yaitu stroberi, melon dan juga kopi. Jangan tertipu dengan rasanya, meski rasanya unik, obat tetaplah obat bukan permen yang bisa diemut setiap hari. Saat radang anda sudah sembuh, jangan mengkonsumsi obat ini lagi sebab obat ini jika dikonsumsi daam jangka waktu yang lama tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca : Obat sariawanObat batuk

  1. Strepsils

Tentu anda pernah melihat dan mendengar iklan strepsils di layar televisi kesayangan anda. Apa yang anda pikirkan tentang strepsils tersebut?, bagi yang belum tahu tentu akan mengira jika strepsils merupakan permen yang bisa dikonsumsi setiap hari tanpa resep dokter. Namun siapa sangka jika strepsils merupakan obat antibiotik yang mirip dengan permen atau kembang gula. Anda bisa mengkonsumsi strespils sebanyak satu butir kemudian didiamkan samai larut di dalam mulut.

Baca : Obat gatal-gatalObat cacar air

  1. Efisol Lozenges

Pernahkah anda mendengar obat antibiotik yang satu ini?, ya obat satu ini memang tidak cukup terkenal di masyarakat. Namun siapa sangka jika obat ini bisa anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan yang and derita. Sama halnya dengan obat antibiotik yang lainnya dimana obat ini mengandung dequlinium chloride dan mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada di dalam obat ini bisa diguakan sebagai penguat sistem imun sehingga jika sistem imun kuat bakteri itu akan dilawan oleh sistem imun sehingga radang tenggorokan pun bisa cepat sembuh. Cara penggunaan obat ini sama degan obat antibiotik yang lainnya yaitu dengan menghisapnya atau mengemutnya sampai habis di dalam muut. Jangan mengunyah obat itu, sebab peresapannya di dalam tubuh tidak akan sesempurna dengan diemut sampai habis di mulut.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin CBuah yang mengandung vitamin C

  1. Lemocin

Lemocin adalah obat antibiotik yang berbeda dibandingkan dengan jenis obat antibiotik lainnya. Setiap tablet dalam lemocin mengandung cetridium bromide, lidocaine dan tyrothricin.  Obat ini juga digunakan dalam anestesi lokal golongan amda, Licodaine bisa mengubah permeabilitas antara membran sel dengan ion natrium. Kondisi tersebut bisa membuat impuls syaraf terkonduksi. Licodaine ini bisa masuk ke dalam ASI atau Air Susu Ibu sehingga wanita yang sedang menyusui tidak boleh mengkonsumsi obat ini. Jika ibu mengkonsumsi obat ini dan kandungannya bisa masuk ke dalam ASI maka bayi yang disusuinya juga mengkonsumsi zat atau komposisi obat yanga da di Lemoicin.

Antibiotik ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan atau diberikan kepada bayi secara sembarangan. Akan berbahaya jika bayi sampai mengkonsumsi obat antibiotik melalui ASI yang diminumnya. Jika ibu menyusui dilarang mengkonsumsi obat ini, maka wanita hamil pun dilarang mengkonsumsi obat ini sebab ditakutkan bisa menyebabkan kecacatan janin yang ada di dalam kandungan dan menyebabkan kesehatan janin terganggu.

  1. Dexamethasone

Radang tenggorokan yang dialami oleh manusia biasanya dikait-kaitkan dengan pharynx yang ada di dalam tubuh manusia. Radang tenggorokan hanya bisa disebabkan oleh dua hal yaitu virus ataukah bakteri. Penggunaan antibiotik ini hanya mampu digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga sebelum mengobati menggunakan obat antibiotik ada baiknya kita tahu terlebih dahulu. Radang tenggorokan yang dialami tersebut disebbakan oleh virus atau bakteri. Jika disebabkan oleh virus maka obat antibiotik itu tidak akan berfungsi sehingga dibutuhkan obat lain yang bisa menangkal virus penyebab radang tenggorokan tersebut.  Penyakit faringitis yang sering menyebabkan radang ternggorokan banyak disebabkan oleh GABHS atau Grup A Beta Hemolitikus Streptococcus. Sekitar 15 sampai dengan 30 persen penyakit radang tenggorokan akibat bakteri bisa menyerang anak, sedangkan untuk 5 sampai dengan 15 persennya akan dialami elh orang dewasa.

Cara pakai atau pengkonsumsian obat ini cukup mudah yaitu bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali dalma sehari atau 2 kali dalam sehai tergantung dengan keparahan penyakit. Jika penderitanya anak-anaka obat itu bisa dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari, jika orang dewasa yang mengkonsumsinya maka obat itu bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca : Cara mengatasi sakit tenggorokanBahaya radang tenggorokanCara mengobati faringitis

Cara Mengurangi Gejala Radang Tenggorokan

Berbagai macam obat antibiotik yang anda konsumsi tidak akan ada hasilnya atau efeknya jika anda tidak tahu bagaimana caranya mengurangi gejala radang tenggorokan. Jangan menyepelekan setiap penyakit salah satunya radang tenggorokan ini, pasalnya tenggorokan merupakan bagian pentng dalam tubuh manusia. Ketika tenggorokan sakit, untuk berbicara dan meelan pasti akan terasa sakit sehingga orang yang mengalami radang tenggorokan akan tidak ingin mengkonsumsi makanan atau nafsu makan menjadi menurun. Jika nafsu makan menurun, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa terjaga, akibatnya bakteri akan semakin liar di dalam tenggorokan manusia. Ada baiknya ketika mengkonsumsi obat itu, anda mengimbanginya dengan berbagai macam cara mengurangi gejala radang tenggorokan, berikut ini adalah caranya :

  1. Jangan Merokok

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah jangan merokok. Merokok ini merupakan kebiasaan yang bisa memicu berbagai macam peyakit kronis misalnya kanker paru-paru dan radang tenggorokan. Zat berbahaya pada asap rokok mampu mengiritasi dinding tenggorokan sehingga radang tenggorokan akan semkain terasa sakit.

Baca : Bahaya suami perokok bagi istriBahaya merokok bagi alat pernafasan

  1. Permen Mint

Bagi anda yang sedang menderita radang tenggorokan anda bisa mengkonsumsi permen mint untuk melegakan tenggorokan anda. Permen mint dengan rasa dinginnya dipercaya bisa melegakan tenggorokan dan bisa mengurangi gejala radang tenggorokan yang menyiksa.

  1. Hindari Minuman dan Makanan Panas

Untuk mengurangi gejala radang tenggorokan adalah dengan menghindari minuman dan makanan yang panas. Makanan dan minuman yang panas itu bsa mengiritasi tenggorokan sehingga menyebabkan luka di bagian dinding tenggorokan. Jika tenggorokan teriritasi dan anda masih terkena radang tenggorokan maka efeknya adalah sakit yang anda derita akan semakin bertambah parah. Oleh sebab itu ada baiknya anda mengkosumsi makanan dan minuman yang sudah dingin jangan yang masih panas. Boleh boleh saja mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat jangan yang panas.

Baca : Penyebab faringitisCara mencegah radang tenggorokan

  1. Air Garam

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi radang tenggoroan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam ini harus dengan kondisi yang masih hangat. Jangan yang dingin atau panas. Air garam bisa mengurangi gejala radang tenggorokan yang anda derita sebab air garam juga bersifat sebagai anti bakteri. Cara mengurangi gejala radang tenggorokan menggunakan air garam ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan satu cangkir air hangat
  • Masukkan satu sendok teh garam ke dalam cangkir tersebut kemudian aduk secara merata.
  • Gunakanlah air garam itu untuk kumur-kumur. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Selain bisa digunakan untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan, air garam ini pun bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi.
  1. Mengkonsumsi Cukup Air Putih

Jika radang tenggorokan yang anda derita disertai dengan demam ada baiknya anda mengkonsumsi cukup air putih agar badan anda tetap terhidrasi atau tetap tercukup kebutuhan cairannya. Orang yang demam rentan sekali kekurangan cairan sehingga rentan terkena bahaya dehidrasi. Tidak hanya itu saja, orang yang mengkonsumsi cukup air putih saat demam bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh saat demam. Suhu tubuh yang tinggi saat demam perlu diwaspadai sebab bisa menyebabkan kejang-kejang.

Baca : Tubuh menggigil tanpa demamPenyebab menggigil tapi demam

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Antibiotik

Ada beberapa penyakit tertentu yang bisa disembuhkan menggunakan antibiotik, namun ada juga penyakit yang tidak bisa disembuhkan menggunakan antibiotik. Berikut ini adalah jenis penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan antibiotik :

  • Infeksi sinusitis. Infeksi sinusitis lebih dari 2 minggu lamanya bisa disembuhkan mengguakan obat antibiotik. Antibotik ini bisa meredakan gejala sinusitis ringan namun untuk sinusitis berat diperlukan tindakan medis lebih lanjut, tidak hanya dengan mengkonsumsi obat oral saja. ( Bac : Cara mengobati sinusitisGejala sinusitis )
  • Radang tenggorokan. Radang tenggorokan ringan maupun parah bisa disembuhkan menggunakan obat antibiotik ini. Radang tenggorokan harus segera diatasi sebab bisa menyebabkan penderitanya mengalami ketidaknyamanan di tenggorokannya. Ketika tenggorokan ada mulai merasakan serak, gataal dan panas sebaiknya anda mengkonsumsi vitamin C dan juga berkonsultasi dengan dokter apakah gejala yang anda alami merupakan gejala dari penyakit radang tenggorokan.
  • Infeksi saluran kemih. Saluran kemih juga bisa dengan mudah terkena infeksi. Bakteri yang menempel pada saluran kemih akan membuat seseorang sering merasakan ingin berkemih meskipun kandung kemih tidak berisi banyak urin. Mengkonsumsi antibiotik dengan dosis yang sudah ditentukan bisa meringankan gejala infeksi dari penyakit ini. Intensitas ingin berkemih pun bisa diredakan menggunakan obat antibiotik ini. ( Baca : Bahaya infeksi saluran kencing )
  • Infeksi kulit. Berbagai macam jenis infeksi kulit juga bisa diatasi menggunakan obat antibiotik. Luka yang ada di kulit dan infeksi yang ada di kulit bisa diatasi dengan mengkonsumsi antibiotik. ( Baca : Cara mencegah dermatitis kulitFungsi asam salisilat untuk kulit )
  • Infeksi telinga. Berbagai macam infeksi telinga dengan atau tanpa abses bisa diatasi menggunakan obat antibiotik. Sayangnya untuk mengatasi nfeski telinga, antibiotik yang dikonsumsi harus dikonsultasikan dengan dokter THT terebih dahulu. Hal tersebut lebih aman dibandingkan dengan mengkonsumsi obat antibiotik tanpa dengan resep dokter.

Efek Samping Antibiotik

Setiap obat kimia yang masuk ke daam tubuh manusia bukan tanpa efek samping. Setiap obat kimia yang masuk ke dalam tubuh manusia ini akan menimbulkan efek samping. Efek samping yang dialami tentu berbeda-beda tergantung dengan kekebalan tubuh manusia itu sendiri dan faktor lainnya. Berikut ini adalah efek samping antibiotik yng perlu diwaspadai :

  • Infeksi jamur di sekitar mulut. Jamur itu akan berwarna putih dan emmenuhi rongga mulut. ( Baca : Cara mencegah jamur )
  • Diare akut. Hal ini bisa terjadi ketika kimia pada obat antibiotik mengiritasi usus terutama usus besar sehingga cairan dalam feses tidak bisa terserap dengan sempurna. ( Baca : Bahaya diare akutGejala diare )
  • Muntah. Kimia apada antibiotik bisa merangsang asam lambung naik sehingga refluks asam bisa terjadi.
  • Mual. Orang yang memiliki penyakit lambung setelah mengkonsumsi antbotik bisa merasakn mual akibat lambung terbebani mencerna kandungan kimia pada antibiotik.
  • Perubahan kepekaan kulit. Misalnya saja kulit akan lebih mudah merasakan panas sinar matahari dibandingkan sebelumnya.

Itulah antibiotik radang tenggorokan yang bisa anda jumpai dengan mudah di apotik. Anda tida boleh menyepelekan efek samping antibiotik tersebut, sehingga sangat diharapkan anda mengkonsumsinya atas rekomendasi dokter.