8 Buah Untuk Panas Dalam dan Radang Tenggorokan Agar Cepat Sembuh

64

Saat panas dalam dan radang tenggorokan terjadi, biasanya ini menjadi tanda bahwa tubuh kita sedang mengalami penurunan tingkat kekebalan tubuh. Terlalu banyak makan makanan berlemak, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, kurang asupan serat hingga vitamin C merupakan pemicu kedua kondisi tersebut. Namun dengan memperbanyak asupan buah untuk panas dalam dan radang tenggorokan ini, tubuh jadi lebih cepat fit lagi lho.

  1. Belimbing

Untuk radang tenggorokan dan juga meredakan sensasi panas dalam, mengonsumsi buah belimbing disebut mampu menjadi obat yang alami. Konsumsilah secara langsung atau boleh juga membuat jus buah belimbing dan meminumnya rutin sampai panas dalam serta radang tenggorokan pulih.

  1. Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis bagi yang sedang panas dalam, radang tenggorokan maupun batuk sudah tak dipungkiri lagi besarnya. Ini karena jeruk nipis adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi, jadi kita dapat mengandalkannya sebagai pereda bengkak di kelenjar tenggorokan, pelega tenggorokan, sekaligus menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Cukup campur air perasan jeruk nipis dengan madu murni sesendok makan dan minum teratur sampai sembuh.

  1. Pisang

Buah kaya mineral kalium ini juga menawarkan vitamin C sekaligus vitamin B6 yang tinggi lho, yakni 8,7 mg per 100 gram dan juga 0,37 mg per 100 gram. Jadi selain karena tekstur lembutnya yang baik untuk pemulihan tenggorokan, nutrisi kedua vitamin tersebut siap menjadi peningkat kekebalan tubuh dan pereda stres dalam tubuh.

  1. Anggur

Buah lainnya yang berkadar vitamin C tinggi adalah anggur, sehingga mengonsumsinya 100 gram saja, tubuh bakal memperoleh 10,8 mg vitamin C yang bisa mengatasi panas dalam apalagi jika disertai sariawan. Konsumsilah rutin sampai panas dalam dan radang tenggorokan mereda ya.

  1. Jambu Monyet

Penangkal panas dalam lainnya yang pasti ampuh adalah jambu monyet. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan bahkan berkali-kali lipat lebih besar bila dibandingkan kandungan vitamin C di dalam buah jeruk lho. 265 mg vitamin C ditawarkan oleh jambu monyet per 100 gramnya, jadi silakan coba konsumsi rutin agar lekas membaik.

  1. Apel

Kandungan vitamin C di dalam buah apel memang tergolong rendah, namun jangan ragukan dampak dari kebiasaan makan apel. Apel bisa coba dikonsumsi karena tubuh akan memperoleh vitamin C 4,6 mg per 100 gramnya yang tak salah kalau dinikmati karena tubuh pastinya bisa makin sehat dan panas dalam teratasi.

  1. Sirsak

Memang asupan vitamin C adalah yang paling dibutuhkan ketika panas dalam melanda. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi lainnya yang sanggup memulihkan radang tenggorokan karena panas dalam adalah sirsak. Bauh ini menawarkan 20 mg vitamin C per 100 gramnya sehingga kesembuhan bisa terjadi lebih cepat.

  1. Kiwi

Panas dalam dan radang di tenggorokan dapat lekas sembuh jika penderitanya memperoleh istirahat cukup. Agar waktu istirahat bisa didapat secara maksimal, konsumsilah buah kiwi saat sedang sakit. Selain memberi asupan vitamin C tinggi, buah ini membantu agar tubuh penderita lebih rileks dan tidur dengan nyenyak karena hormon serotonin yang meningkat sehingga kesembuhan terjadi lebih cepat.

Ada beberapa orang yang malas minum obat ketika sedang panas dalam dan radang tenggorokan. Sebagai pengganti obat-obatan, konsumsilah buah-buah untuk panas dalam dan radang tenggorokan ini agar cepat sembuh dan bisa beraktivitas lagi seperti biasa.