Home Tips KesehatanKesehatan Darah 17 Cara Menjaga Kesehatan Peredaran Darah Manusia

17 Cara Menjaga Kesehatan Peredaran Darah Manusia

by Mei Riska

Cara menjaga kesehatan peredaran darah perlu diketahui dan dilakukan sebab meski tidak kasat mata peredaran darah merupakan hal yang vital bagi kesehatan tubuh manusia. Manusia harus bisa melakukan hal-hal yang sekiranya bisa digunakan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Kelancaran peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia sangat penting adanya, sebab jika peredaran darah terganggu maka fungsi organ banyak yang terganggu bahkan lumpuh total. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan peredaran darah di dalam tubuh manusia menjadi tidak lancar dan terhambat salah satunya adalah penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah.

Kesehatan pembuluh darah sangatlah penting untuk menjaga peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia, hal itu dikarenakan melalui pembuluh darah itu aliran darah akan mengalir menuju ke organ-organ vital di dalam tubuh manusia misalnya saja menuju ke jantung, otak, hati, ginjal dan beberapa organ penting lainnya. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan peredaran darah manusia yang wajib untuk diketahui dan dilakukan:

  1. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Hal pertama yang bisa anda gunakan untuk menjaga peredaran darah adalah dengan menghindarkan diri dari penyakit anemia. Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini ada pada hati sapi, sayuran hijau seperti pak choy, bayam dan sayuran hijau lainnya. Akibat kekurangan zat besi dan magnesium adalah anda akan mudah terkena anemia, alasannya adalah zat besi pada makanan sangat penting untuk memroduksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia. Jika manusia kekurangan sel darah merah maka volume darah pun menjadi berkurang sehingga darah tidak akan cukup jika harus dialirkan ke seluruh tubuh.

  1. Menjaga Kenormalan Tekanan Darah

Banyak orang yang tidak tahu berapa tekanan darah yang dimilikinya, hal itulah yang menjadi penghalang untuk mengetahui seberapa sehat pembuluh darah dan alat peredaran darah yang ada di dalam tubuhnya. Tekanan darah yang ada di dalam tubuh manusia berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia alasannya adalah jika ada yang tidak normal dengan tekanan darahnya misalnya darah tinggi  bisa berdampak pada kesehatan manusia. Manusia akan merasakan pusing, sakit kepala dan bahkan merasakan mual. Oleh sebab itu ada baiknya anda mengukur tekanan darah anda dengan cara tensi sebanyak dua minggu dalam sekali.

  1. Mengecek Kadar Kolesterol

Untuk mengecek kesehatan di peredaran darah tubuh bisa dengan cara mengecek kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi  menjadi biang keladi penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Sayang kolesterol ini tidak menimbulkan gejala berarti, ada orang yang merasakan tanda kolesterol tinggi  namun ada juga yang tidak merasakannya samasekali. Oleh sebab itu cara tepat untuk menajaga kesehatan peredaran darah adalah dengan rutin mengecek kadar kolesterol terutama kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kolesterol mampu membuat pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Menjaga Berat Badan

Untuk menjaga peredaran darah agar tetap lancar sebaiknya anda menjaga berat badan anda tetap ideal. Alasannya adalah pada orang yang mengalami obesitas sering ditemukan penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah yang ada di jantung. Bahaya obesitas jangan dianggap remeh sebab bisa menjadi pemicu penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan juga kanker.

  1. Hindari Gula Berlebihan

Hindari pemakaian gula yang berlebihan pada makanan maupun minuman, batas maksimal mengkonsumsi gula dalam sehari adalah 4 sendok makan saja. Jika lebih dari itu bisa dikatakan bahwa anda telah memasukkan kadar gula yang belebihan di dalam tubuh. Gula yang berlebihan ini bisa menjadi pemicu penyakit diabetes. Diabetes ini sangat tidak bagus untuk peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia alasannya adalah diabetes ini akan membuat sel darah merah menjadi kaku sehingga aliran darah pun menjadi terganggu. Akibatnya akan ada banyak komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit diabetes ini misalnya saja adalah penyakit ginjal. Ginjal merupakan organ pertama yang bisa mudah dipengaruhi oleh penyakit diabetes sebab ginjal akan bekerja keras dalam menyaring sel darah merah yang mengeras agar tidak dikeluarkan bersamaan dengan urin. Jika hal itu terjadi terus menerus, gagal ginjal pun bisa dialami oleh orang yang mengalami diabetes.

  1. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak jenuh  sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh sebab lemak jenuh yang dimakan oleh manusia akan sulit sekali diuraikan kecuali dengan olahraga. Sayangnya bagi orang yang malas untuk olahraga, lemak itu akan tetap berada di dalam tubuhnya bahkan mengendap.

Tidak mengherankan pula jika lemak itu akan menempel di dinding pembuluh darah, menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan juga penyumbatan pembuluh darah. Untuk bisa menghilangkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi makanan yang menurunkan lemak jahat  dan dibarengi dengan melakukan olahraga.

  1. Olahraga

Cara jitu untuk menjaga kesehatan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia dan menjaga kelancaran aliran darah di dalam tubuh manusia adalah dengan berolahraga. Olahraga ini bisa digunakan untuk membakar lemak sehingga lemak yang ada di pembuluh darah bisa menghilang dan berkurang, olahraga ini pun akan membuat aliran darah menjadi lancar sebab saat olahraga jantung akan menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Catatan yang harus diingat disini adalah durasi dan jenis olahraga yang dilakukan satu orang dengan orang yang lain berbeda. Orang yang sudah memiliki kelainan pada jantungnya tidak diperbolehkan olahraga berat dan tidak diperkenankan untuk melakukan olahraga dalam waktu yang lama. Olahraga berat dengan jangka waktu yang lama justru akan membuat jantung semakin terbebani.

  1. Dehidrasi

Hal yang sering tidak disadari oleh manusia dan berpengaruh terhadap peredaran darah yang ada di dalam tubuhnya adalah dehidrasi. Bahaya dehidrasi tidak boleh diabaikan sebab bisa berdampak serius pada organ tubuh manusia terutama untuk darah. Darah adalah hal yang vital untuk manusia, darah juga menjadi sumber kehidupan bagi tubuh manusia. Darah pun didominasi oleh cairan sehingga saat anda berdarah, darah itu encer dan mudah sekali menetes.

Pada orang yang mengalami dehidrasi, orang tersebut akan mengalami darah kental. Darah kental ini bisa membuat darah sulit untuk dialirkan sebab tidak encer. Salah satu penyebab darah kental adalah tubuh dehidrasi. Untuk menjaga kesehatan peredaran darah yang ada di dalam tubuh anda sebaiknya anda membuat tubuh tetap terhidrasi. Caranya dengan mengkonsumsi 2 liter air dalam sehari, tidak kurang dan juga tidak lebih. Namun pada orang yang mengeluarkan keringat berlebihan bisa mengkonsumsi lebih banyak cairan agar kebutuhan cairan yang ada di dalam dirinya tetap tercukupi.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup adalah cara tepat untuk menjaga kesehatan peredaran darah manusia, alasannya adalah jika kurang tidur manusia rentan untuk mengalami diabetes dan juga penyakit jantung. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa jantung merupakan organ vital yang berfunsgi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, jika kinerja jantung terganggu akibatnya jantung tidak bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh sehingga kesehatan peredaran darah di dalam tubuh pun menjadi terganggu. Oleh sebab itu anda harus bisa mencukupi jam tidur malam sebanyak 8 jam dalam sehari. Sayangnya bagi pekerja malam sulit sekali untuk menerapkan jam tidur selama 8 jam tersebut. Agar peredaran darahnya lancar dan kesehatannya terjaga, pekerja malam perlu melakukan berbagai macam cara menjaga kesehatan bagi pekerja malam salah satunya adalah dengan bersitirahat cukup saat di siang hari.

  1. Hindari Rokok

Hal ini tidak hanya berlaku bagi perokok aktif saja namun juga bagi anda yang menjadi perokok pasif. Bahaya menelan asap rokok atau menghirup asap rokok adalah bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Kandungan berbahaya pada rokok itulah yang nantinya menjadi penyebab pembuluh darah mengalami penyempitan. Jika pembuluh darah mengalami penyempiten tentunya peredaran darah menjadi tidak lancar dan juga menjadi terganggu. Hindari rokok dan juga asap rokok yang ada di sekitar anda.

  1. Pijat

Untuk menjaga kesehatan peredaran darah yang ada di dalam tubuh anda, anda bisa melakukan pemijatan. Fungsi pijat ini sama dengan olahraga dimana berfungsi sebagai pelancar peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Dengan pemijatan dan mengurut pada bagian tubuh tertentu aliran darah pun menjadi lancar.

  1. Hindari Penggunaan Garam Berlebihan

Untuk menjaga kesehatan peredaran darah yang ada di dalam tubuh anda sebaiknya anda meminimalisir penggunaan garam ke dalam masakan. Tidak hanya itu saja, anda juga harus membatasi pengkonsumsian makanan dan camilan yang serba asin. Alasannya adalah pengkonsumsian garam terlalu berlebihan akan menjadi penyebab hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi ini menjadi pemicu aliran darah atau kesehatan peredaran darah menjadi terganggu.

  1. Meletakkan Kaki ke Atas

Aktivitas fisik yang bisa menjaga kesehatan peredaran darah dengan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh adalah dengan mengangkat kaki ke atas entah itu dengan bantuan bantal atau dengan menyandarkannya pada tembok. Cara tersebut selain sebagai pelancar aliran darah juga bisa digunakan sebagai pencegahan varises.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh, untuk menjaga kesehatan peredaran daran di dalam tubuh yang anda miliki adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Anda bisa meningkatkan pengkonsumsian lemak tidak jenuh dan menghindarkan diri dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Lemak tidak jenuh atau lemak sehat ada pada minyak ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan dan juga ada pada biji-bijian. Makanan yang sudah diproses dan dikalengkan sebaiknya dihindari sebab akan berpengaruh terhadap aliran darah manusia.

  1. Batasi Pengkonsumsian Kafein

Bahaya kafein bagi tubuh menjadi pro dan kontra alasannya adalah manfaatnya sebanding dengan dampak buruk yang dihasilkan oleh kafein tersebut. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan peredaran darah sebaiknya anda membatasi pengkonsumsian kafein alasannya adalah kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan detak jantung anda.

Bisa anda rasakan efek setelah anda mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi, jantung anda akan langsung terasa beredebar-debar. Efek jantung yang berdebar-debar itu bisa membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi meningkat diikuti dengan tekanan darah yang meningkat pula. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika orang yang suka akan kafein tekanan darahnya akan menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi sangat tidak bagus untuk kesehatan peredaran darah di dalam tubuh manusia.

  1. Batasi Alkohol dan Soda

Efek buruk alkohol tidak hanya memabukkan saja namun juga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Begitupula dengan minuman soda. Minuman soda bisa membuat seseorang terkena diabetes sebab kandungan gulanya yang tinggi. Diabetes akan membuat sel darah merah menjadi kaku, oleh sebab itu anda harus menghindari makanan dan minuman yang memicu penyakit diabetes agar peredaran darah selalu sehat dan terjaga.

  1. Mandi dan Berendam dengan Air Hangat

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan peredaran darah adalah dengan mandi atau berendam dengan air hangat. Mandi atau berendam dengan air hangat akan melancarkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh manusia. Jika sirkulasi darah lancar maka kesehatan peredaran darah pun menjadi terjaga. Tidak hanya itu saja, berendam dengan air hangat akan membuat tubuh menjadi rileks sehingga anda terhindar dari stress.

Itulah berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan peredaran darah tubuh manusia. Kesehatan peredaran darah manusia sangat penting sebab berpengaruh terhadap fungsi organ manusia. Oleh sebab itu anda wajib melakukan cara menjaga kesehatan peredaran darah yang telah disebutkan di atas untuk membuat kinerja organ tetap maksimal dengan aliran darah yang lancar dan peredaran darah yang sehat.

You may also like