13 Cara Mencegah Bisul Agar Tidak Membesar dan Sakit

Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang sangat menjengkelkan. Bisul pada awalnya akan terlihat seperti bintik merah kecil kemudian berisi nanah. Ketika nanah sudah pecah maka bisa membuat semua kotoran keluar. Namun ada beberapa bisul yang tidak bisa pecah dan menjadi infeksi dibagian dalam.  Penyebab bisul adalah infeksi dari jenis bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi mulanya akan menyerang pada bagian akar rambut dibagian bawah kulit. Kemudian akan naik hingga menumbuhkan bintik kecil di bagian kulit. Bisul juga bisa membantu Anda mengeluarkan racun namun caranya memang sangat buruk. (baca juga : jenis- jenis bisul dan cara mengobatinya)

Bisul bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa atau bahkan lanjut usia. Karena itu sangat penting untuk mencegah bisul. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah bisul agar tidak membesar atau sebelum muncul ciri ciri bisul :

  1. Jangan Stres

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena bisul adalah berusaha untuk tidak stres. Stres bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon. Dampak awalnya memang bisa membuat jerawat dan kemudian tumbuh menjadi bisul. Gangguan pikiran yang berat ini juga bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh tidak lancar. Karena itu hilangkah stres dengan melakukan beberapa cara seperti bermain musik, bepergian, olahraga dan bersantai.

(baca juga: penyebab stres berkepanjangancara mengatasi stres super ampuhcara menghindari stres dan penyebabnya)

  1. Lakukan Detoksifikasi

Bisul menjadi indikasi bahwa dalam tubuh memiliki racun yang harus dikeluarkan. Racun ini bisa berasal dari makanan yang mengandung lemak tinggi, bahan pengawet, bahan perasa makanan dan juga radikal bebas. Tubuh tidak selamanya bisa mengeluarkan racun lewat hati dan ginjal. Karena itu racun akan menumpuk dalam darah. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk melakukan detoksifikasi. Cara ini bisa dilakukan secara alami seperti berolahraga, mengkonsumsi buah  dan sayuran serta melakukan gaya hidup sehat. (baca juga: cara mengatasi darah kotor secara alami)

  1. Mengelola Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab bisul. Alergi akan menyebabkan bisul karena sistem kerja sel darah putih justru bisa merusak keseimbangan aliran dalam darah. Salah satu cara mencegah bisul agar tidak membesar adalah mengelola alergi. Jika Anda memiliki alergi dan sering menyebabkan bisul maka hindari produk atau berbagai hal yang bisa memicu alergi. Beberapa produk yang sering memicu alergi misalnya telur, ikan, lemak dan jenis makanan lain.

(baca juga : Penyebab alergi kulit – mengatasi dan penyembuhannya – cara tes alergi – cara mengatasi alergi dingin pada kulit secara alami dan cepat – cara mencegah alergi dingin secara alami)

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk melawan bisul maka Anda juga harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Cara ini bisa dilakukan dengan berbagai hal.

Anda bisa mencoba untuk rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan bahan antioksidan bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Selain itu jangan lupa untuk membiasakan melakukan latihan ringan. Latihan juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya)

  1. Kurangi Produk Garam

Bagi Anda yang sudah sering terkena bisul maka harus bisa mengurangi makanan yang asin atau garam. Produk garam bisa menyebabkan bisul yang parah terutama untuk penderita masalah gangguan tiroid. Gangguan ini sangat berat karena kelenjar tiroid tidak bisa berfungsi dengan baik. Setelah itu bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar. Karena itu Anda harus mencoba untuk menghindari produk yang asin atau garam. Garam juga bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi yang beresiko stroke. (baca juga: akibat kekurangan garam dalam tubuh)

  1. Cukup Minum Air Mineral

Bisul juga bisa dicegah dengan cukup minum air mineral. Air merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga keseimbangan cairan dalam darah, menjaga sistem metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari dehidrasi. Selain itu air juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat ginjal yang kemudian disalurkan lewat ureter. Racun yang keluar dari dalam tubuh akan mengurangi kemungkinan bisa muncul menjadi bisul. (baca juga: efek kekurangan air putih bagi tubuh – bahaya akibat kurang minum air putih)

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Paling Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga sangat baik. Serat akan membantu sistem pencernaan dan menurunkan resiko penyakit seperti ambeien/ wasir dan sembelit. Makanan yang mengandung tinggi serat juga sangat baik untuk membersihkan racun dari tubuh lewat saluran pencernaan. Dengan cara ini maka serat akan menurunkan resiko bisul dan kemungkinan darah kotor. Makanan yang tinggi serat juga bisa menjadi cara melancarkan buang air besar secara alami. (baca juga : akibat kurang serat bagi tubuh – makanan kaya serat alami dan produk olahan)

  1. Kurangi Konsumsi Gorengan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng juga harus dihindari. Kebiasaan ini sangat buruk karena bisa menyebabkan tubuh memiliki banyak minyak dan lemak. Tidak semua minyak dan lemak diolah oleh tubuh. Terkadang minyak akan menganggu kelenjar minyak dalam tubuh yang menyebabkan munculnya bisul. Selain itu berlebihan konsumsi gorengan juga bisa sangat buruk karena meningkatkan kolesterol dan lemak.(baca juga: bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatanbahaya makanan yang digoreng bagi tubuh)

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji memang terlihat sangat praktis. Namun kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji juga bisa memicu bisul. Hal ini disebabkan karena makanan cepat saji umumnya banyak mengandung lemak dan garam. Minuman yang disajikan juga mengandung bahan pengawet dan perasa. Semua bahan ini bisa memicu bisul menjadi lebih parah.

Baca juga: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatanbahaya junk food bagi kesehatan : dampak mematikan – bahaya makan mie instan sangat mematikan – efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan.

  1. Rajin Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan yang benar dan steril sangat baik untuk mencegah bisul. Selain itu Anda juga harus menjaga untuk tidak terlalu sering menyentuh area hidung dan tempat lain. Ketika Anda menyentuh benda yang kotor dan ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh maka bisa menyebabkan infeksi. Sentuhan dari media yang mengandung bakteri ke bagian kulit juga bisa menyebabkan bisul. Karena itu menjaga kebersihan tangan dan badan juga sangat penting untuk mencegah bisul. (baca juga: cara mencuci tangan yang benar dan sterilbahaya akibat tidak mencuci tangan sebelum makan)

  1. Makan Sup Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi cara untuk menyembuhkan bisul secara alami. Namun untuk mencegah bisul agar tidak muncul, maka Andabisa mengkonsumsi sup yang mengandung bawang putih. Bawang putih yang sudah dimasak atau direbus khasiatnya tidak akan berubah. Kandungan sulfur dalam bawang putih sangat baik untuk mencegah agar bisul tidak muncul. Selain itu bawang putih juga mengandung bahan antioksidan yang bisa menurunkan resiko kanker. (baca juga: efek samping bawang putih bagi kesehatanbahaya bawang putih mentah)

  1. Jangan Berbagi Perlengkapan Pribadi dengan Orang Lain

Berbagai jenis perlengkapan pribadi seperti handuk, pisau cukur , sikat gigi, sabun dan benda lain sebaiknya hanya digunakan sendiri. Jika Anda hendak bepergian maka persiapkan semua keperluan pribadi ini.  Berbagai benda ini bisa menjadi media perkembangan bakteri penyebab bisul. Jika bersentuhan langsung dengan bagian kulit maka bisa menyebabkan bisul. Berbagi perlengkapan seperti handuk bisa menyebabkan penularan penyakit kulit seperti panu dan kurap.

  1. Rajin Mandi

Mandi menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Sebaiknya mandi dilakukan dua kali sehari atau ketika badan Anda sangat kotor. Mandi akan membantu membilas tubuh, membersihkan zat dan minyak kotor dari tubuh dan bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Cara ini akan mencegah bisul karena bisa menghilangkan semua bakteri penyebab bisul yang mungkin ada di bagian kulit Anda.

Baca juga: akibat jarang mandi pagi dan sore – bahaya mandi di kolam renang umum – bahaya mandi setelah berolahraga untuk kesehatan – bahaya mandi saat masih berkeringat bagi tubuh – bahaya mandi air hangat setiap hari)

Bisul memang sangat mengganggu dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Hal yang paling buruk dari bisul adalah jika bisul sulit untuk disembuhkan dan infeksi bisa menyebar. Karena itu mencegah bisul menjadi langkah yang sangat penting untuk semua orang.

Informasi lain tentang bisul:

, ,
Post Date: Friday 05th, February 2016 / 07:59 Oleh :
Kategori : Bisul