Panu

Panu atau yang dalam istilah medis dan juga kedokterannya disebut dengan nama Tinea Versicolor merupakan salah astu jenis penyakit kulit yang ternyata banyak menyeranng remaja usia belasan tahun. Panu sendiri pada dasarnya secara umum disebabkan karena infeksi dari jamur yang menempel pada bagian kulit. Jamur yang dapat menyebabkan panu tersebut adalah jamur candida albicans. Panu sendiri berbeda dengan penyakit kulit lainnya yang dapat menimbulkan kulit yang menonjol, luka ataupun kondisi kulit yang tidak normal lainnya. Panu tidak merubah tekstur dari kulit, amun hanya akan terlihat seperti bercak – bercak putih pada bagian kulit yang terlihat hanya dari jarak dekat, dan sulit dilihat dari jarak jauh.

Penyebab panu

Penyebab utama dari penyakit panu, seperti yang sudah disebutkan sebelumny adalah infeksi dari jamur yang bernama candida albilicans. Ada beberapa kondisi tubuh yang dapat membuat jamur candida albilicans ini tumbuh dan juga menginfeksi kulit kita. berikut ini adalah beberapa kondisi tersebut :

  1. Berada di tempat yang kotor dan berlumpur
  2. Tidak menjaga kebersihan badan dengan baik
  3. Tidak mandi selama beberapa hari
  4. Mandi tidak menggunakan sabun
  5. Memakai baju yang sudah pernah digunakan oleh penderita panu tanpa dicuci
  6. Tubuh yang sering berkeringat, namun tidak segera dibersihkan dengan sabun

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan panu muncul pada bagian kulit kita, yang tentu saja disebabkan oleh jamur candida albilicans.

Gejala panu

Panu sendiri pada dasarnya memiliki beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderitanya. Selain itu beberapa kondisi juga dapat menyebabkan panu dapat terlihat secara kasat mata, terutama apabila panu muncul pada bagian kulit yang tidak tertutupi oleh pakaian. Berikut ini adalah beberapa gejala dari panu :

  1. Gatal pada bagian kulit

Gejala pertama yang dapat muncul dari penyakit panu ini adalah gatal – gatal pada bagian kulit yang terserang panu. Ya, pasien penderita panu akan merasakan gatal yang tidak biasa pada bagian tertentu dari kulit. Biasanya panu menyerang bagian lipatan – lipatan tubuh, seperti :

  • Belakang leher
  • Ketiak
  • Belakang lutut
  • Lipatan paha
  • Bagian atas dada
  • Wajah
  • Dan juga kepala

Penderita panu akan merasakan gatal yang terjadi terus menerus, meskipun sudah mandi dengan menggunakan sabun sekalipun. Ini merupakan salah satu gejala penting dari panu. Rasa gatal yang muncul akan semakin bertambah parah dan juga mungkin bisa saja mengganggu pasien, terutama ketika bagian kulit yang terserang panu tersebut terkena keringat yang keluar dari dalam tubuh pasien penderita panu.

Pada dasarnya, penyakit panu tidak akan menyebabkan hal 0 hal yang berbahaya apabila digaruk, namun demikian, rasa gatal akan sangat mengganggu dan juga sulit hilang, kecuali ketika kita sudah menggunakan cara – cara khsuus dalam mengobati penyakit panu tersebut.

  1. Muncul bercak – bercak putih kecil atau yang memiliki warna berbeda dengan warna kulit

Gejala lainnya yang dapat muncul ketika pasien menderita penyakit panu adalah munculnya bercak – bercak kecil dan cenderung banyak pada bagian kulit tertentu. bercak – bercak ini bisa berwarna kemerahan, ptih dan juga kecoklatan, semua warna ini akan terbentuk tergantung dari kondisi warna kulit dari pasien penderita panu tersebut.

Bercak – bercak ini biasanya letaknya saling mengumpul dan juga berdekatan pada lokasi tertentu yang biasanya merupakan lokasi biasa munculnya panu. Bercak – bercak putih ini biasanya seringkali luput dari perhatian pasien dan juga orang lain, kaena terkadang memang sulit untuk dilihat dari jarak pandang normal, dan hanya bisa dilihat dari dekat, atau apabila bercak – bercaknya berukuran besar.

  1. Tidak muncul rasa perih dan juga sakit

Apabila pada kebanyakan gangguan kulit, maka kulit akan muncul respon berupa rasa perih dan juga rasa sakit ketika terkena air, keringat, dan juga ketika digaruk, namun tidak demikian dengan panu. Ya, panu tidak akan menimbulkan gejala berupa rasa perih dan juga sakit ketika digaruk ataupun terkena air. Yang ada pada panu hanyalah rasa gatal yang mengganggu. Panu tidak akan menyebabkan pendarahan dan juga rasa perih, karena itu, terkadang kemunculan panu seringkali tidak disadari oleh penderitanya, karena memang tidak memunculkan respon rasa sakit dan juga perih.

Cara Mencegah panu

Karena merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang tidak menimbulkan rasa sakit, terkadang panu seringkali dianggap remeh. Padahal, kita harus menjaga diri kita aga tidak terserang berbagai macam macam penyakit kulit dan gangguan kesehatan, salah satunya adalah panu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah kemunculan panu :

  1. Menjaga diri dengan mandi secara teratur (Baca :Akibat jarang mandi).
  2. Selalu gunakan sabun ketika mandi
  3. Gosokkan bagian lipatan – lipatan tubuh dengan sabun secara benar
  4. Hindari penggunaan barang pribadi, seperti handuk dan juga pakaian secara bersamaan, karena dapat meningkatkan potensi penularan panu
  5. Selalu bersihkan diri anda terutama setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat, atau aktivitas anda  tempat yang kotor
  6. Selalu aware dan peduli dengan kesehatan diri anda, dengan menjaga asupan makanan yang baik dan juga benar (Hindari : Makanan yang mengandung kolesterol tinggi).

Cara Mengobati panu

Panu sendiri tentu saja bisa disembuhkan dan juga diobati dengan mudah. Ketika anda sudah merasakan munculnya panu, maka hal yang harus pertama kali anda lakukan adalah rajin membersihkan diri dengan menggunakan sabun, lalu menggunakan beberapa bahan – bahan berikut ini :

  1. Bawang putih
  2. Lengkuas
  3. Jeruk nipis
  4. Belimbing wuluh
  5. Bisa juga menggunakan salep khusus penyakit panu

Dengan rutin membersihkan badan dan juga menggunakan obat dan juga bahan alami yang dapat membantu menyembuhkan panu, maka jangan khawatir, panu anda akan hilang dan juga anda akan sembuh dari panu.

Artikel kulit lainnya :

Artikel Dalam Kategori Panu