7 Akibat Jarang Mandi Pagi dan Sore

Mandi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan segala kotoran, dan bakteri yang melekat pada tubuh. Kegiatan ini umumnya dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Hal ini bertujuan agar badan tetap segar , sehat dan bersih.

Mengapa tubuh perlu mandi?

akibat jarang mandiManusia memiliki lebih dari 3 juta kelenjar keringat yang bisa ditemukan di dermis dan permukaan kulit. Saat melakukan aktivitas fisik, kelenjar tersebut akan mengeluarkan keringat kurang lebih 2 liter setiap harinya. Pengeluaran keringat tersebut tentunya disertai dengan keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Dan jika itu dibiarkan, maka akan berakibat munculnya bau badan yang akan sangat menganggu. Untuk itu kita memerlukan mandi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel ditubuh kita.

Bagi sebagian orang, mandi merupakan sebuah beban. Mereka biasanya memiliki alasan kenapa jarang melakukan kegiatan tersebut, seperti karena sedang terburu-buru, karena sedang sakit atau alasan karena hawa dingin. Hal ini karena mereka kurang menyadari akibat jarang mandi ini, akan muncul berbagai masalah, seperti :

1. Gatal-gatal

Setelah melakukan berbagai aktivitas, tubuh akan menghasilkan keringat yang disertai munculnya kuman serta berbagai mikroorganisme lainnya yang melekat pada tubuh. Kuman dan mikroorganisme bisa berkembang biak dengan pesat pada tubuh yang lembab, dan itu dapat menimbulkan rasa gatal pada pada sebagian maupun seluruh tubuh.

Gangguan kulit ini bisa terjadi di satu tempat maupun di seluruh tubuh kita. Kebanyakan orang menganggap gatal-gatal sebagai masalah sepele, namun tahukah anda bahwa akibat dari sering menggaruk rasa yang mengganggu tersebut dapat menimbulkan masalah pada kesehatan yang serius seperti gangguan ginjal, dan penyakit kulit seperti kurap.

2. Bau Badan

Dampak lain dari jarang mandi adalah timbulnya bau badan yang tidak sedap. Bau badan merupakan masalah yang cukup mengganggu penampilan. Bau badan terjadi saat keringat, minyak wangi dan bakteri dalam tubuh kita bercampur jadi satu dan berakibat menimbulkan bau yang tak sedap.


Untuk itu, menjaga kebersihan tubuh sebelum maupun sesudah beraktifitas sangatlah penting. Dengan mandi paling tidak 2 kali sehari dapat menghilangkan keringat, kotoran, serta bakteri yang dapat memicu timbulnya bau badan.

3. Gangguan susah tidur

Salah satu bahaya tidur larut malam yakni menyebabkan keadaan fisik yang kurang bersemangat keesokan harinya. Setelah seharian beraktifitas, apalagi aktivitas di bawah sinar matahari, tubuh kita pasti mengeluarkan keringat berlebih yang bercampur dengan kotoran dan bakteri.

4. Gangguan Eksema

Peradangan yang terjadi akibat kulit kering dan gatal. Ciri penyakit ini adalah munculnya lepuhan atau gelembung kecil pada kulit yang jika pecah akan mengeluarkan cairan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti debu, keringat, pasir, dan berbagai bakteri lainnya.

Orang yang tidak mandi, akan memungkinkan terserang rasa gatal karena banyaknya kotoran yang melekat di tubuh. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang terkena infeksi eksema maupun infeksi kulit lainnya.

5. Stress dan depresi

Akibat jarang mandi juga bisa memicu timbulnya stress. Stres dan depresi disebabkan karena menegangnya otot dan saraf dalam tubuh akibat kelelahan melakukan berbagai macam aktivitas. Untuk itu, segeralah untuk membersihkan badan dengan mandi, karena dengan mandi akan menimbulkan relaksasi pada otot-otot dan saraf pada tubuh, sehingga kita terhindar dari stress dan kecemasan.


6. Meningkatnya suhu tubuh

Aktivitas seharian tentu saja akan membuat suhu tubuh kita meningkat. Hal ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Mandi setelahnya dapat membantu menurunkan keadaan tersebut. Akan tetapi pada saat masih berkeringat, jangan buru-buru untuk mandi. Tunggulah sebentar hingga keringat hilang atau kering.

7. Tubuh menjadi lemas, tak bergairah

Keringat dan debu yang bercampur usai  beraktifitas mengakibatkan tubuh terasa lengket dan banyak ion negatif yang masuk dalam tubuh. Tentu saja hal itu akan menghilangkan gairah kita untuk melakukan aktivitas lainnya. Mandi menggunakan air dingin bisa mengeluarkan ion-ion negatif dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih segar dan sehat.

8. Efek sosial

Karena perubahan perilaku (seperti sering menggaruk), dan bau badan yang tak enak akibat tidak mandi bisa membuat kita dijauhi teman-teman kita. Mereka pasti merasa terganggu dengan bau tak sedap yang keluar dari tubuh kita. Meskipun kita telah berusaha menutupi dengan menggunakan parfum. Tapi itu justru dapat menambah masalah bau badan.

Mandi dua kali sehari dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh dan kesehatan kita. Sesibuk apapun, sempatkanlah untuk mandi. Karena dengan mandi akan membuat tubuh lebih bersih dan segar, sehingga kita terlihat lebih bugar dan tentunya kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Namun jauhi bahaya mandi malam hari, dengan air dingin.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 18th, March 2015 / 08:01 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk