Thomas Djorghi Akui Biasanya Baru Tidur Jam Setengah 6 Pagi, Apa Bahayanya?

146

Tidur yang cukup dan berkualitas idealnya adalah antara 7-9 jam setiap hari dengan waktu tidur antara jam 9-11 malam dan bangun pagi antara jam 5-7 pagi. Tidur berkualitas artinya tidur yang membawa dampak baik baik kesehatan tubuh. Namun rupanya, salah satu artis senior tanah air punya kebiasaan tidur yang kacau menurut pengakuannya sendiri.

Thomas Djorghi yang kini sudah kepala lima memang terlihat awet muda meski saat ditanya oleh Melaney Ricardo, ia sama sekali tak ada perawatan khusus atau rahasia awet muda. Dalam tayangan Call Me Mell iNews TV beberapa waktu lalu, Thomas hanya mengatakan bahwa ia menjaga asupan air minum dengan sangat baik sehari-hari.

Tak hanya itu, ia juga selalu berpikir positif supaya penampilannya tidak terpengaruh. Air putih adalah minuman wajib bagi dirinya ditambah dengan kebiasaan berpikir positif karena larut dalam masalah yang ada justru berpengaruh besar ke raut wajah yang jadi jelek. Namun ia akui, jam tidurnya buruk dan kacau karena jam setengah 6 pagi justru kalau orang pada umumnya baru bangun, justru dia baru tidur.

Bagi Anda yang punya jam tidur sama kacaunya dengan Thomas Djorghi, perlu diketahui bahwa ada risiko bahaya bagi kesehatan lho, apalagi sering tidur pagi.

  • Memperbesar risiko kena penyakit kardiovaskular – Tidur pagi artinya sering begadang di malam hari; inilah yang menjadi penyebab terjadinya gangguan metabolisme tubuh pada siang hari. Akibatnya, peningkatan kadar lemak darah terjadi. Pembuluh darah jadi mudah tersumbat dan berakibat pada tekanan darah naik lalu memicu penyakit jantung dan sebagainya.
  • Meningkatkan risiko anemia – Para ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur pagi keseringan bisa sebabkan munculnya anemia; selain tubuh lesu dan cepat lelah, kondisi jaringan tubuh secara menyeluruh dapat terkena dampaknya juga.
  • Memicu depresi – Orang-orang yang tidur pagi biasanya lebih rentan terkena depresi maupun gangguan kesehatan mental karena pada dasarnya sering begadang pun membahayakan kondisi psikis.
  • Memperbesar potensi kena diabetes – Gangguan metabolik lainnya adalah berupa penyakit gula karena metabolisme yang kacau akhirnya menyebabkan kadar gula darah sulit dikendalikan.
  • Memicu obesitas – Sistem metabolisme kacau otomatis juga memperbesar risiko obesitas alias kenaikan berat badan berlebih karena kebiasaan tidur pagi-pagi.
  • Memicu gangguan sekresi hormon – Jam tidur berantakan, apalagi sering tidur pagi mampu mengganggu kinerja dan sekresi hormon dalam tubuh. Padahal, tubuh sebenarnya perlu menghasilkan hormon penting untuk kinerja sistem metabolisme agar optimal.
  • Memicu tubuh lesu – Karena ritme sikardian tubuh berantakan, pengelolaan energi tubuh juga jadi terganggu dan justru terhambat. Maka tak heran kalau tubuh serasa lemah, letih dan lesu sepanjang hari.

Meski penampilan Thomas Djorghi belum kalah dari artis-artis muda, sebenarnya punya kebiasaan tidur pagi berkepanjangan bisa cukup berisiko jahat bagi tubuh. Bagi Anda dengan kebiasaan serupa, mulailah dengan perubahan jam tidur normal agar bisa menghindari berbagai masalah kesehatan yang telah diuraikan.