Home Penyakit dan KelainanPanu 6 Cara Mengobati Panu Secara Alami

6 Cara Mengobati Panu Secara Alami

by Ana Rohma

Pasti anda semua sudah sering mendengar mengenai jenis penyakit kulit yang satu ini. Ya, panu atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan nama “Tinea Versicolor” adalah salah satu jenis penyakit kulit yang banyak menyerang remaja usia belasan tahun. Selain itu, panu juga beberapa bisa menyerang orang yang sudah berada pada usia dewasa. Secara umum, panu sendiri disebabkan oleh jamur yang menempel pada bagian kulit. Jamur penyebab panu tersebut bernama jamur “candida albicans”.

Berbeda dengan penyakit kulit lainnya yang dapat menimbulkan perbedaan pada permukaan kulit , seperti kulit yang menonjol, luka atau kondisi kulit yang tidak normal lainnya panu tidak merubah tekstur dari kulit. Yang ada kemunculan seperti bercak pada bagian kulit yang terlihat hanya dari jarak dekat dan sulit di lihat dari jarak jauh.

Penyebab Panu

Panu sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Paling tidak ada beberapa hal yang dapat membuat terjadinya infeksi dari jamur tersebut, hingga menjadi gejala penyakit panu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan panu :

  • Berada di tempat yang kotor dan berlumpur
  • Tidak menjaga kebersihan badan dengan baik
  • Akibat tidak mandi selama beberapa hari
  • Mandi tidak menggunakan sabun
  • Memakai baju yang sudah pernah digunakan oleh penderita panu tanpa dicuci
  • Tubuh yang sering berkeringat, namun tidak segera dibersihkan dengan sabun

Penyebab panu diatas, hampir pasti bisa dialami oleh orang-orang. Pada intinya adalah faktor kebersihan diri yang buruk merupakan penyebab utama dari munculnya panu yang disebabkan oleh jamur candida albilicans ini.

Gejala Penyakit Panu

Penyakit panu sendiri pada umumnya tidak menimbulkan gejala yang menyebabkan rasa sakit atau perih. Gejala umum yang dapat muncul ketika seseorang mengalami penyakit panu adalah munculnya bercak-bercak pada kulit. Bercak itu biasanya berwarna putih, coklat atau kemerahan, tergantung dari kondisi warna kulit dari penderita panu itu sendiri.

Selain itu, biasanya penyakit panu akan menyebabkan gejala munculnya rasa gatal yang luar biasa. Hal ini seringkali mengganggu aktivitas, karena kita disibukkan dengan menggaruk dan menghilangkan rasa gatal tersebut. Munculnya gejala gatal-gatal ini akan semakin bertambah dan juga diperparah apabila kita mengalami kondisi berkeringat yang luar biasa, sehingga akan semakin terasa gatal.

Berikut ini adalah beberapa bagian dari kulit kita yang paling sering mengalami serangan penyakit panu :

  • Belakang leher
  • Ketiak
  • Belakang lutut
  • Lipatan paha
  • Bagian atas dada
  • Wajah
  • Dan juga kepala

Meskipun terkesan mengganggu dan juga dapat menurunkan kepercayaan diri anda, namun demikian anda tidak perlu khawatir. Panu merupakan penyakit kulit yang bisa disembuhkan dengan mudah dan tidak akan menimbulkan komplikasi yang membahayakan tubuh kita. Bahkan, anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur untuk menyembuhkan panu yang anda alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati panu :

1. Menggunakan bawang putih

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengobati panu adalah dengan menggunakan bawang putih. Ya, bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang baik untuk membantu mematikan sel-sel jamur yang menjadi penyebab panu pada kulit anda. berikut ini adalah beberapa langka- langkah yang dapat anda lakukan untuk mengobati panu dengan menggunakan bawang putih :

  • Ambil 1 – 2 siung bawang putih
  • Potong tiap siung bawang putih menjadi dia bagian
  • Gosokkan potongan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang mengalami panu
  • Lakukkan kegiatan ini selama 2 – 3 kali dalam sehari, dan lakukan terus hingga jamur pada kulit hilang.

Bawang putih ini juga bisa dikonsumsi sebagai :

2. Menggunakan lengkuas

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati panu adalah dengan cara menggunakan lengkuas. Sama seperti bawang putih, lengkuas juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk membantu mengangakt jamur penyebab panu. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan lengkuas sebagai obat panu :

  • Ambil satu ruas lengkuas, iris atau potong lengkuas menjadi beberapa bagian
  • Gosokkan bagian potongan lengkuas tersebut pada bagian tubuh yang mengalami panu
  • Akan lebih efektif apabila dilakukan setelah mandi
  • Lakukan secara rutin setiap hari hingga jamur penyebab panu terangkat dari kulit anda

Lengkuas ini juga bisa dimanfaatkan untuk obat :

3. Menggunakan jeruk nipis

Bahan lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung antioksidan dan anti bakteri yang tinggi, sehingga manjur untuk membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab munculnya panu. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati panu dengan menggunakan jeruk nipis :

  • Ambil sebuah jeruk nipis, lalu potong menjadi dua, atau sesuai selera
  • Kompres dan sambil gosok-gosokkan jeruk nipis pada bagian kulit yang mengalami panu

Jeruk nipis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai :

4. Menggunakan belimbing wuluh

Cara lainnya adalah degnan menggunakan belimbing wuluh. Anda dapat mencampur belimbing wuluh ini dengan menggunakan kapur sirih, lalu kemudian dihaluskan. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengoleskan campuran belimbing wuluh dan juga kapur sirih tersebut ke bagian kulit yang mengalami panu.

Belimbing wuluh ini bisa juga dimanfaatkan sebagai :

5. Berendam di air panas belerang

Apabila anda memiliki lokasi tempat tinggal yang dekat dengan lokasi pemandian air panas alami, maka anda dapat menceba untuk berendam pada air panas belerang tersebut untuk membantu menyembuhkan panu. Ya, anda hanya perlu berendam pada air panas belerang selama beberapa menit dengan rutin, maka hal ini akan membantu menghilangkan jamur yang menjadi penyebab munculnya panu.

6. Menggunakan salep untuk pengobatan panu

Apabila ingin cara yang jauh lebih praktis, anda dapat menggunakan obat panu yang biasanya berbentuk salep. Oleskan salep obat panu tersebut pada bagian kulit anda yang mengalami panu, lalu gunakan sesuai dengan anjuran dari obat salep tersebut untuk menyembuhkan panu yang dialami.

Salep kulit lainnya juga digunakan untuk obat :

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah panu pada diri anda. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan juga semoga artikel mengenai cara mengobati panu ini dapat menambah wawasan anda semua.

You may also like