15 Penyebab Eksim Kering Menahun dan Cara Mengatasi secara Herbal

1683

Eksim adalah salah satu jenis dari penyakit yang berhubungan dengan kulit di mana kondisi ini menandakan adanya peradangan pada kulit. Pada umumnya, eksim akan ditandai dengan kemerahan di kulit, pembengkakan, hingga rasa gatal yang begitu mengganggu. Gejala eksim tak akan membuat penderitanya nyaman, terlebih ada beberapa kasus di mana eksim kering terjadi secara menahun.

Untuk dapat menyembuhkan eksim kering, penyebab eksim kering menahun itu sendiri perlu Anda kenali dengan baik. Jika sampai eksim kulit kering terjadi menahun, maka hal ini tak sebaiknya diabaikan dan justru harus diobati segera. Ada serangkaian faktor penyebab yang kiranya bisa Anda tengok di bawah ini agar memudahkan dalam menanganinya.

(Baca juga: salep untuk eksim)

1. Faktor Cuaca

Ketika cuaca berganti-ganti terus-menerus, hal ini bukanlah hal yang baik bagi para penderita alergi. Saat cuaca berubah dingin atau bersuhu dingin, maka penderita alergi cuaca dingin bakal mengalami eksim. Karena perubahan cuaca terjadi setiap tahun, maka eksim kulit pun bisa terjadi secara menahun.

Setiap kali cuaca dingin mulai datang, ini bukanlah hal yang menguntungkan bagi para penderita eksim kering. Orang-orang dengan masalah seperti ini bakal kesulitan untuk pergi karena harus mengenakan pakaian hangat serta menyediakan obat. Pada cuaca dingin, ada baiknya untuk senantiasa menyiapkan obat alergi sekaligus pelembab kulit kering.

2. Penggunaan Perhiasan Imitasi

Selain dari faktor cuaca, hati-hati jugalah terhadap yang namanya pemakaian perhiasan imitasi. Eksim kering menahun juga dapat berpotensi terjadi yang disebabkan oleh kebiasaan memakai perhiasan yang bukan asli. Perhiasan palsu atau imitasi memang dikenal lebih murah sehingga banyak orang lebih tertarik membeli dan memakai versi tersebut.

Namun apabila Anda terus-menerus memakainya dan terjadi gejala eksim seperti gatal-gatal di permukaan kulit di mana kemudian dilanjutkan dengan munculnya eksim kering, segera cari obat eksim kering menahun. Tak hanya obat saja yang perlu segera Anda cari, pastikan bahwa Anda menjauhkan perhiasan imitasi tersebut dari diri Anda sendiri supaya eksim tak berlanjut serius.

(Baca juga: obat eksim kering)

3. Penggunaan Kosmetik

Berdandan alias menggunakan kosmetik adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para wanita, khususnya sewaktu hendak bepergian. Bersolek memang tidak salah karena merias diri adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tapi yang perlu diketahui di sini adalah tak semua kosmetik berbahan aman untuk kulit.

Ketika bahan kosmetik yang digunakan termasuk berbahaya, maka hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Eksim kering yang menahun bisa jadi disebabkan oleh pemakaian kosmetik yang sama dan tidak cocok secara berkepanjangan. Gunakanlah kosmetik yang tepat dan disesuaikan pula dengan jenis kulit; pastikan pula Anda membeli sesudah mengecek adanya jaminan BPOM dan tanggal kadaluarsa.

4. Paparan Debu

Tak hanya menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap, terkena paparan debu secara terus-menerus bisa saja menyebabkan eksim kering menahun pada sebagian orang. Pada orang-orang yang mempunyai alergi debu, sesak nafas dan gatal-gatal, lalu juga jerawat berpotensi timbul saat sekalinya tubuh terpapar debu.

Ketahanan dan kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda di mana ada beberapa orang yang jika terkena debu sedikit saja bisa terkena eksim kering. Saat debu menempel pada kulit, maka timbul langsung rasa gatal sekaligus ruam kemerahan. Kalau memang Anda adalah orang yang sensitif terhadap debu, lindungi tubuh dengan pakaian tertutup serta kenakan masker penutup hidung.

(Baca juga: gejala dermatitis)

5. Penggunaan Kain Wol

Seperti yang kita tahu, kain wol merupakan salah satu jenis kain yang bisa dengan mudah menyebabkan timbulnya rasa gatal di bagian permukaan kulit. Eksim kering pun mampu terjadi menahun diakibatkan oleh penggunaan kain wol secara jangka panjang. Kain yang terbuat dari wol memang hangat bila dipakai di daerah yang bersuhu dingin, namun hati-hati akan efeknya.

Ada sebagian orang yang memang terlalu sensitif terhadap kain wol, tapi ada juga yang biasa saja. Penyakit eksim menahun dapat dialami ketika Anda menggunakan pakaian dari kain ini. Jadi bila tak ingin penyakit eksim kering datang, segera hindari pemakaian kain wol ini.

6. Detergen

Eksim kering menahun rupanya dapat disebabkan oleh pemakaian detergen dan hal ini dapat terjadi khususnya pada yang memiliki sensitivitas kulit cukup tinggi. Ketika seseorang yang diketahui sudah memiliki alergi atau memang menderita kondisi gangguan kulit, terkena paparan detergen akan memperparah kondisinya. Eksim kering adalah efek yang bisa muncul.

Karena mencuci baju membutuhkan detergen, maka orang-orang yang mempunyai alergi terhadap detergen memang diharapkan untuk menjauhinya. Atau paling tidak, selalu cuci tangan serta membersihkan tangan memakai sabun antiseptik supaya ari kulit tidak menjadi kering setelah pemakaian detergen. Ingat bahwa detergen pun memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi dan keras.

Sesaat sesudah memakai detergen, cuci bersih tangan dan kaki bila terkena sabun detergen tadi. Jika tidak, maka eksim kering bisa menyerang di mana hal ini dapat terjadi menahun. Jangan abaikan apalagi menunggu kulit makin parah keadaannya, jadi rawatlah kulit dengan baik seperti mencuci bersih pasca memakai sabun berbahan keras.

(Baca juga: macam-macam penyakit kulit)

7. Penggunaan Pelembab yang Salah

Kulit yang dibiasakan dalam keadaan lembab mungkin dianggap sebagai hal yang baik, padahal sebenarnya tidak juga. Pemakaian produk pelembab kulit yang salah ternyata juga mampu menjadi pemicu timbulnya eksim kering. Ini semua karena kandungan bahan-bahan kimia yang tak bisa diterima oleh kulit kita sendiri.

Mungkin tujuan utama dari pemakaian pelembab kulit adalah untuk membuatnya terawat dengan baik. Namun memilih produk pelembab pun tak bisa secara sembarangan karena perlu juga memastikan asal-usul serta kualitasnya. Salah-salah, penggunaan pelembab kulit malah bisa menjadi penyebab iritasi dan eksim kering menahun di mana ini akan cukup sulit untuk diatasi.

8. Alergi Makanan

Alasan lainnya mengapa seseorang bisa terserang eksim kering menahun adalah dari faktor makanan dan minuman. Ada makanan dan minuman tertentu yang paling sering menyebabkan reaksi alergi. Ketika seseorang mengalami reaksi alergi, eksim kering pun dapat menjadi salah satu efek atau gejala yang patut diwaspadai.

Berikut ini adalah minuman dan makanan penyebab eksim pada kulit dan memang diketahui berperan besar dalam memicu timbulnya eksim kering menahun pada seseorang:

  • Kerang
  • Udang
  • Kacang
  • Ikan
  • Telur
  • Susu sapi

Karena makanan-makanan tersebut bisa berakibat cukup berbahaya bagi kulit, maka seseorang yang sudah diketahui menderita alergi sebaiknya menghindari makanan-makanan tersebut agar tidak memicu apalagi memperburuk kondisi eksim.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit kulit – penyebab kulit gatal)

9. Paparan Asap Rokok/Polusi

Eksim kering dapat terjadi atau bahkan menjadi lebih buruk ketika tubuh, terutama bagian permukaan kulit terpajan asap rokok maupun asap polusi kendaraan. Apabila memang Anda punya riwayat kesehatan seperti reaksi alergi, sebaiknya Anda lebih waspada ketika berada di tempat umum yang rentan dipenuhi asap polusi maupun rokok.

10. Pemakaian Produk Berparfum

Produk-produk yang berparfum bisa jadi adalah penyebab eksim kering menahun pada kulit Anda. Selain dari detergen dan juga pelembab kulit yang berbahan keras, waspadai produk-produk yang berparfum, termasuk juga sampo, bedak, dan sabun mandi biasa. Ketika tak sesuai dengan kondisi kulit, maka produk ini justru malah mendatangkan eksim kering.

Pada orang-orang yang tak terlalu cocok dalam menggunakan produk berparfum, biasanya akan timbul di permukaan kulit gejala-gejala seperti munculnya bercak kemerahan dan rasa gatal yang sangat mengganggu. Anda bisa lebih hati-hati dalam memilih produk untuk perawatan kulit tubuh di rumah dan Anda bisa memilih produk tanpa parfum.

(Baca juga: penyebab eksim kering)

Cara Mengatasi Eksim Kering Menahun secara Herbal

Ketika eksim kering menahun diabaikan, tentu hal tersebut akan berpotensi menjadi lebih buruk. Ada sejumlah komplikasi yang cukup mengancam penderita eksim kering menahun. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengobati eksim kering di bawah ini yang bisa untuk Anda andalkan.

  • Memakai Biji Mahoni

Anda bisa menyiapkan madu dan serbuk biji mahoni sebanyak ½ sendok makan di mana kemudian bisa diseduh bersama ½ cangkir air panas. Tambahkan madu sebagai penambah rasa dan minumlah hangat-hangat sehari 3 kali.

  • Memakai Bengkoang dan Belerang

Gunakan biji bengkoang sebanyak 4 sendok makan, minyak kelapa 2 sendok makan dan tepung belerang sebanyak 3 sendok makan. Bahan yang bisa ditumbuk silakan ditumbuk lebih dulu barulah ditambahkan dengan minyak kelapa. Setelah tercampur jadikan ramuan ini obat oles dan lakukan pengobatan sehari 2 kali.

  • Memakai Kangkung Segar

Sediakan kangkung segar disesuaikan dengan kebutuhan, lalu cuci bersih. Setelah dicuci bisa Anda rebus kurang lebih 15 menit dan airnya inilah yang dapat Anda gunakan untuk menjadi obat pembasuh kulit eksim kering.

(Baca juga: obat eksim tradisional)

  • Memakai Daun Bayam

Sediakan daun bayam secukupnya untuk kemudian dicuci bersih sebelum kemudian Anda bisa rebus sampai mendidih. Air rebusan daun bayam termasuk efektif untuk mengompres bagian kulit. Jadi, lakukan selama kurang lebih ½ jam.

  • Memakai Daun Meniran

Sediakan daun meniran sebanyak 1 sendok makan bersama temulawak 1 rimpang yang dirajang, tak ketinggalan juga dengan daun remujung sebanyak 15 lembar. Setelah seluruh bahan dicuci, Anda bisa kemudian merebus dan airnya dididihkan, diangkat, ditunggu dingin, ditambahkan dengan gula batu, lalu diminum.

  • Memakai Asam Jawa dan Kunyit

Satu lagi cara mengatasi secara tradisional adalah dengan menyediakan kunyit bersama daun asam jawa sebanyak segenggam tangan. Kedua bahan bisa dicuci lebih dulu dan Anda tumbuk sampai lumat. Barulah sesudahnya Anda balurkan ke kulit yang terkena eksim kering.

(Baca juga: cara mencegah eksim – makanan penyebab alergi kulit)

Itulah daftar penyebab eksim kering menahun beserta sekilas info tentang komplikasi yang berkemungkinan terjadi. Karena paparan terhadap bahan kimia jauh lebih sering terjadi, maka waspadailah, termasuk juga terhadap makanan-makanan alergen maupun cuaca dingin yang mudah memicu eksim kering.