14 Cara Mengobati Eksim Kulit Secara Alam Dengan Cepat

4290

Cara mengobati eksim perlu diketahui oleh masyarakat luas mengingat eksim ini membuat penderitanya menjadi sangat tidak nyaman. Memang penyakit eksim tidak menular namun akibat gejala yang ditimbulkan penyakit itu membuat orang yang mengalaminya merasakan ketidak nyamanan. Eksim merupakan kelainan kulit dengan tanda atau ciri munculnya peradangan di kulit, muncul pembengkakan, kulit berwarna merah dan juga gatal yang begitu menyiksa. Eksim ini berbeda dengan panu dan kurap yang bisa menyebar menjadi lebih luas, sehingga luasnya eksim akan tetap sama.

Nama lain eksim sendiri adalah penyakit dermatitis. Eksim ini biasa menjangkiti bayi dan anak-anak yang usianya masih sangat muda. Namun bukan berarti orang dewasa bsa terhindar dari peyakit ini. Orang dewasa pun juga memiliki resiko untuk terkena penyakit ini meskipun persentasenya hanyalah sedikit. Agar ketidaknyamanan penyakit eksim segera berkurang, anda perlu tahu bagaimana cara mengobati eksim yang tepat dan cepat. Berikut ini adalah cara mengobati eksim atau dermatitis yang bisa anda lakukan di rumah :

  1. Bengkuang

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan eksim adalah dengan menggunakan bengkuang. Memang selama ini bengkuang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Tidak mengherankan jika banyak produk kecantikan banyak yang berbahan dasar bengkuang. Bengkuang yang bisa digunakan untuk mengobati eksim harsuslah dicampurkan dengan belerang. Berikut ini adalah cara mengobati eksim menggunakan bengkuan dan belerang yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Bahan. Bahan yang harus disiapkan adalah 3 sdm tepung belerang, 4 sendok makan bji bengkuang dan 2 sendok makan minyak kelapa. ( Baca : Cara mencegah dermatitisCiri ciri dermatitisGejala dermatitis )
  • Cara. Cara pembuatannya sangat mudah sekali yaitu tinggal mencampurkan kedua bahan bahan tersebut. Setelah dicampur, kedua bahan ditumbuk agar benar benar halus. Setelah halus anda bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam tumbukan tersebut. Aduk lagi agar semunya terampur secara merata. Cara penggunaannya anda tinggal mengoleskan bahan tersebut ke bagian kulit yang ada eksimnya. Agar maksimal anda lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Biji bengkuang dan belerang ditambahkan dengan minyak kelapa sangat efektif untuk menghilangkan eksim. ( Baca : Bahaya minyak tanah bila diminumPenyebab muka berminyakBahaya minyak lintah )
  1. Mahoni

Meski saat ini sulit dijumpai, mahoni dikenal bisa bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mahoni dan kina sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria. Penyakit malaria ini sejenis penyakit demam berdarah namun disebabkan oleh nyamuk yang berbeda. Biji mahoni yang terasa pahit pun bisa digunakan untuk mengobati eksim. Berikut ini adlaha cara mengobati eksim menggunaka biji mahoni :

  • Bahan yang disiapkan adalah setengah sendok makan bji mahoni yang telah ditumbuk. Bahan selanjutnya ang harus disiapkan adalah setengah cangkir air panas dan satu sendok makan madu. ( Baca : Ciri ciri malariaCara mencegah malaria )
  • Cara pembuatannya adalah dengan menyeduh bubuk biji mahoni dengan air panas setengah cangkir, setelah itu campurkanlah madu. Aduk hingga rata. Setelah rata, tunggu sampai hangat dan minumlah ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Kandungan yang ada di dalam mahoni dan madu ccook digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati eksim. ( Baca : Penyebab malaria )
  1. Daun Kecubung

Saat ini daun kecubung banyak dilirik sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakirt. Saat ini daun kecubung banyak digunakan untuk mengobati eksim atau penyakit dermatitis. Berikut in adalah cara mengobati eksim menggunakan daun kecubung yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan sebanyak 3 lembar daun kecubung yang sudah di cuci bersih.
  • Siapkan minyak kelapa secukupnya.
  • Cara pembuatannya adalah dengan melembutkan daun kecubung sampai benar benar halus dan lumat.
  • Setelah lembut dan dilumatkan anda bisa menambahkan minyak kelapa secukupnya.
  • Saat daun kecubung sudah lumat, anda bisa mnambahkan minyak kelapa kemudian aduk agar tercampur secara merata.
  • Panaskan bahan terbeut di atas api, sat masih hangat anda bis amengoleskannya di kulit anda.
  • Lakukanlah cara ini secara teratur agar eksim segera meghilang dari kulit anda. ( Baca : Efek samping daun sambiloto )
  1. Kunyit

Kunyit merupakan obat herbal yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Kunyit selama ini banak digunakan untuk mengobati berbagai macam keluhan berhubungan dengan perut, misalnya bisa mengatasi wanita dengan keluhan nyeri perut terutama saat haid, mengatasi perut kembung mengatasi sakit perut serta masih banyak lagi lainnya. ( Baca : Cara menghilangkan nyeri saat haidPenyebab nyeri perutPenyebab darah beku saat haid )

Tidak mengherankan kunyit sering dijadikan sebagai bahan hrbal pertama untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Berikut ini adalah cara mengatasi eksim menggunakan kunyit :

  • Bahan. Bahan yang perlu disiapkan adalah rimpang kunyit sebanyak dua buah. Selain itu anda harus menyiapkan daun asam jawa sebanyak dua genggam.
  • Cara. Cara permbuatannya sangat mudah sekali yaitu dengan mencuci bersih semua bahan-bahan tersebut. Setelah bersih anda bisa melumatkan kedua bahan tersebut. Setelah dilumatkn anda bisa menempelkan bahan tersbeut ke bagian kulit anda yang terkena eksim.
  1. Wortel

Siapa sangka jika wortel yan kaya akan vitamin A bisa digunakan untuk mengatasi penyakit eksim. Kandungan vitamin dan kandungan gizi lainnya yang ada pad wortel bis digunakan untuk meregenerasi sel kulit yang baru sehingga sel kuit yang rusak akibat eksim atau dermatitis itu bisa diatasi menggunakan wortel ini. Untuk mengobati eksim ini anda bisa menggunakan kapur sirih juga sehingga pengobatannya akan menjadi maksimal jika wortel dicampurkan dengan kapur sirih. Berikut ini adalah cara mengobati eksim menggunakan kapur sirih dan wortel yang bisa anda coba :

  • Siapkan sebanyak satu sendok makan kapur sirh dan wortel sebanyak satu buah dengan ukurang sedan.
  • Cuci bersih semua bahan-bahan tersebut.
  • Setelah di cuci bersih anda bia memarut wortel tersebut,
  • Setelah wortel menjaid lembut anda bia mencampukannya dengan kapur sirih.
  • Aduk agar parutan wortel dan kapur sirih menjadi teercampur dengan rata.
  • Setelah tercampur dengan rata and bisa mengoleskannya di bagian kulit anda yang terkena eksim, setelah itu anda bisa memperbannya dengan kain kasa agar lebih steril dan tidak mudah lepas.
  • Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. ( Baca : Bahaya akibat kekurangan vitaminAkibat kekurangan vitamin AMakanan yang mengandung vitamin A )
  1. Temulawak

Anda tentunya sudah tidak asing dengan temulawak. Temulawak merupakan bahan herbal yang selama ini digunakan sebagai penambah nafsu makan. Namun selain bisa digunakan untuk menambah nafsu makan, temulawak ini bisa digunakan untuk mengobati eksim. Untuk mengobati eksim anda peru menambahkan daun sambiloto agar eksim bisa dihilangkan secara maksimal. Berikut ini adalah cara mengobati eksim menggunakan temulawak dan daun sambiloto yang bisa anda coba di rumah :

  • Bahan. Bahan bahan yang harus disiapkan untuk mengobati eksim adalah 5 rimpang temulawak, daun sambiloto sebanyak segenggam, 10 gram asam jawa dan 7 lembar ngokilo. ( Baca : Cara meningkatkan nafsu makanCara mengurangi nafsu makan )
  • Cara. Cara pembuatannya adalah dengan mengupas temulawak, iris tipis tipis temulawak tersebut. Setelah diiris tipis tipis anda bisa mencampurkan semua bahan bahan menjadi satu. Setelah dicampurkan menjadi satu anda bisa menambahkan dua gelas air ke dalam wadah tersebut. Didihkan dan sisakan menjadi setengahnya saja. Saring kemudian saat sudah dingin anda bisa meminum air ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukanlah cara ini sebanyak 5 hari terus menerus. Jika belum ada perubahan anda bisa memilih alternatif pengobatan lainnya.
  1. Daun Meniran

Pernahkah anda menlihat daun meniran?, jika iya berarti anda menemukan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati eksim. Daun meniran bisa digunakan untuk mengobati eksim sebab kandungan dan vitamin yang ada di dalma daun meniran itu bisa membuat regenerasi kulit semakin cepat sehingga kulit yang terkena eksim bisa segera pulih. Cara mengobati eksim menggunakan daun meniran ini adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang disiapkan adalah satu sendok makan daun meniran, 1 rimpang temulawak yang sudah diris tipis-tipis, 15 lembar daun remujung yang masih segar kemudian siapkan ar secukupnya.
  • Setelah semua bahan bahan terkumpul, anda bisa mencuci semu bahan bahan tersebut.
  • Saat semua bahan bahan tercuci dengan bersih, anda bisa merebusnya menggunakan dua gelas air.
  • Saat merebus, sisakan menjadi satu gelas.
  • Saat dingin, anda bisa meminum ramuan tersebut. Agar tidak teralu pahit anda bisa menambahkan gula batu secukupnya. ( Baca : Salep untuk eksimCara mencegah eksim )
  1. Daun Bayam

Selama ini daun bayam hanya dipandang sebagai sayuran saja, namun siapa sangka jika daun bayam bisa digunakan untuk mengobati eksim atau dermatitis. Berikut ini adalah cara mengobati eksim atau dermatitis menggunakan daun bayam :

  • Cuci beberapa lembar daun bayam sampai benar benar bersih.
  • Rebuslah daun bayam yang sudah dibersihkan itu sampai airnya mendidih.
  • Setelah mendidih dan air rebusannya berubah menjadi hangat, anda bisa menggunakan air rebusan itu untuk mengompres eksim anda.
  • Rasa hangat dari air rebusaan daun bayam itu bisa anda gunakan untuk mengompres eksim atau dermatitis anda. ( Baca : Bahaya bayam bagi penderit asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan )
  1. Daun Ketepeng

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati eksim yang ada di kulit anda adalah menggunakan daun ketepeng. Pohon ketepeng ini bisa dengan mudah anda temukan di desa. Untuk bisa mengobati eksim yang anda derita, anda bisa mecampurkannya dengan daun asam muda dan kunyit. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

  • Cuci semua bahan-bahan yang telah disiapkan.
  • Setelah semua bahan di cuci bersih anda bisa menumbuk semua bahan tersebut sampai benar benar halus.
  • Saat sudah menjadi halus, anda bisa menempelkan tumbukan bahan bahan tersebut ke bagian kulit yang ada eksimnya.
  • Anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari, pagi, siang dan malam.
  1. Biji Bungur

Herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati eksim adalah menggunakan biji bungur. Mungkin anda sedikit asing dengan biji bungur tersebut. Biji bungur merupakan biji dari tanaman bungur. Taanaman bungur ini memiliki bunga berwarna merah jambu sedikit keunguan, saat mekar bunga bungur ini akan terlihat sangat indah. Ciri dari biji tanaman bungur adalah bulat warnanya sendiri coklat sebesar kelerang. Untuk perkembangbiakannya sendiri bisa dilakukan dengan cara pencangkokan.

Untuk mengobati eksim menggunakan biji bungur harus ditambahkan dengan bahan bahan lainnya. Berikut ini adalah cara mengobati eksim menggunakan biji bungur yang bisa anda coba di rumah :

  • Bahan. Bahan yang disipakan adalah setengah genggam biji bungur, ssayu buah rimpang kunyit, 3 lembar daun ketepeng dan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Cara. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menyangrai biji bungur tersebut, setelah disangrai biji bungur ditumbuk terlebih dahulu baru diikuti dengan bahan bahan lainnya. Setelah semua bahan ditumbuk anda bisa menambahannya dengan minyak kelapa Setelah itu diaduk agar tercamur secara merata, setelah tercampur secara merata anda bisa meremas da menyaringnya. Setelah disaring anda bisa menjadikan ramuan tersebut sebagai obat gosok, anda bisa mengoleskannya sesering yang anda mau.
  1. Kangkung

Cara mengobati eksim lainnya yang bisa anda coba adalah menggunakan kangkung. Tentu anda sudah tidak asing dengan kangkung. Kangkung selama ini dijadikan sebagai sayuran yang enak dimasak untuk apa saja. Saat ini kangkung bisa digunakan untuk mengatasi eksim atau dermatitis. Caranya adaah sebagai berikut ini :

  • Anda bisa menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan adalah seikat kangkung segar, cuci bersih.
  • Setelah anda cuci bersih, anda bisa merebusnya selama 15 menit.
  • Setelah itu anda bisa gunakan air rebusannya untuk mengobati eksim yang ada di kulit anda.
  • Lakukanlah cara ini secara teratur agar eksim anda segera menghilang. ( Baca : Kangkung bagi penderita asam uratKhasiat dan kandungan kangkung )
  1. Menjaga Kulit Tetap Lembab

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengobati eksim adalah dengan membiarkan kulit tetap lembab. Kulit tetap lembab adalah salah satu cara agar kulit tidak kering. Jika kulit kering akibatnya adalah kulit akan mudah mengelupas dan hal itu akan memperparah kondisi eksim seseorang.

Baca : Infeksi kulitMakanan yang dapat menyebabkan gatal kulit

  1. Hindari Sumber Alergi

Jika anda memiliki alergi sebaiknya menghindari benda benda yang bisa menyebabkan anda terkena alergi. Benda yang bisa menyebabkan alergi adaah debu dan juga bulu bulu binatang. Alergi itu bisa membuat ruam pada eksim semakin merah.

Baca : Cara mengatasi alergi obatAlergi telur

  1. Obat Antihistamin

Pengobatan medis yang bisa digunakan untuk mengobati eksim adalah obat antihistamin. Obat antihistamin ini banyak digunakan untuk menghentikan terjadinya histamin di dalam darah. Histamin merupakan unsur yang ada di dalam tubuh manusia yang bisa memicu timbulnya reaksi alergi.

Itula berbagai macm cara mengobati eksim menggunakan cara tradisional maupun dengan cara medis. Agar eksim tidak muncul ada baiknya kita menjaga kesehatan dan kebersihan kulit agar eksim itu tidak muncul.