Gatal-gatal di Selangkangan – Penyebab, Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan

Timbulnya gatal-gatal di selangkangan tentunya sangat mengganggu aktivitas dan terasa tidak pantas jika harus menggaruk di tempat umum. Selangkangan yang gatal akan menimbulkan kemerahan serta tampak mengelupas di area yang gatal tersebut serta lecet. Seperti infeksi lainnya, penyebab gatal pada selangkangan adalah karena jamur mikroskopis yang hidup secara alami di kulit, rambut dan kuku. Secara umum, jamur ini tidak berbahaya namun bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebkan infeksi khususnya akan tumbuh dengan subut pada area hangat dan lembab seperti selangkangan.

Penyebab

Gatal di selangkangan yang menyebabkan penderita selalu ingin menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti:

  1. Infeksi Jamur

Gatal dan ruam di selangkangan sangat bervariasi tergantung dari jamur yang menginfeksi selangkangan. Jamur di area selangkangan jumlahnya sebenarnya tidak banyak namun pertumbuhannya sangat cepat sehingga menimbulkan infeksi. Penyebab jamur kulit ini akan lebih subur tumbuh di tempat yang lembab dan minim cahaya seperti area selangkangan, area pangkal paha dan alat kelamin dengan gejala seperti selangkangan yang tampak kering dan bersisik.

  1. Iritasi Kulit

Gesekan kulit yang terjadi antara paha dan selangkangan saat berjalan atau berlari akan memicu infeksi dan menjadi penyebab selangkangan gatal. Penderita umumnya akan menggosok area tersebut yang hanya akan memperparah peradangan lapisan kulit terluar dan timbul warna kulit kemerahan seperti luka bakar, bersisik dan gatal.

  1. Intertrigo

Intertrigo atau kemerahan pada lipatan kulit juga menjadi penyebab gatal pada selangkangan pada area yang banyak mengeluarkan keringat serta uap air seperti pangkal paha, lipatan perut bagian bawah dan diantara jari jari kaki. Udara yang lembab akan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga memperparah rasa gatal. Infeksi kulit karena bakteri inilah yang menjadi penyebab kulit gatal dan iritasi

  1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak bisa terjadi pada saat kulit berinteraksi langsung dengan penyebab iritasi yang bisa disebabkan karena deterjen atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan rasa gatal pada area selangkangan.

  1. Kutu Kemaluan

Gatal pada selangkangan, iritasi dan timbul bintik bintik di rambut kemaluan merupakan dampak dari salah satu jenis parasit yakni kutu kemaluan. Bintik putih atau kekuningan di dekat akar rambut kemaluan merupakan telur kutu  yang jika dilihat dari mikroskop akan berbentuk seperti kepiting berukuran kecil.

  1. Herpes Genital

Penyebab area selangkangan yang gatal selanjutnya adalah karena gejala awal dari infeksi menular seksual atau IMS yang disebabkan oleh virus herpes genital. Gatal yang terjadi di area selangkangan akan berkembang menjadi sensasi seperti terbakar, lepuh dan terasa menyakitkan.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa gatal di area selangkangan, dokter umumnya akan melihat riwayat kesehatan pasien dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Apabila dalam pengobatan awal ruam yang menyebabkan gatal tidak merespon, maka kemungkinan akan dilakukan beberapa tes laboratorium dan menggunakan alat seperti berikut ini.

  1. Uji Infeksi Jamur

sampel dari kulit atau rambut di area selangkangan mungkin akan diambil dan di identifikasi untuk melihat berapa presentase jamur yang berkembang biak pada area tersebut. Umumnya prosedur ini akan berlangsung selama beberapa minggu untuk mendapatkan diagnosis terbaik.


  1. Tes KOH

Banyak hal yang menjadi alasan kulit terinfeksi dan menimbulkan rasa gatal sehingga dokter kemungkinan akan mengambil sedikit bagian kulit pada area selangkangan yang gatal untuk melakukan tes KOH atau Potassium Hydroxide Skin Test yang akan membantu dalam menentukan penyebab selangkangan gatal seperti psoriasis dan eczema.

  1. Uji Lampu Kayu

Dermatologis akan menempatkan penderita pada ruangan yang gelap dan mengekspos bagian yang terinfeksi memakai sinar ultraviolet yang dinamakan Wood’s Lamp atau lampu kayu. Dokter kemudian akan melakukan observasi untuk melihat perubahan warna kulit pada area tersebut. Cara ini merupakan diagnosis yang sangat berguna untuk mencari penyebab dari selangkangan gatal.

Pencegahan dan Pengobatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko gatal pada selangkangan dan diantaranya adalah:

  • Tidak memakai pakaian tebal dan ketat saat cuaca lembab atau panas.
  • Atasi segera penyakit kulit yang dialami seperti infeksi tinea pedis atau kutu air sehingga tidak menyebar ke area selangkangan.
  • Langsung mandi sesudah olahraga dan keringkan area selangkangan dengan handuk bersih dan taburkan bedak untuk mengurangi kelembaban.
  • Tidak berbagi peralatan pribadi seperti pakaian dalam dan handuk.
  • Mencuci pakaian sesudah digunakan berolahraga dan kenakan pakaian yang bersih.
  • Mengganti pakaian dalam setidaknya 1 kali sehari khususnya jika banyak berkeringat.
  • Tidak memakai pakaian terlalu ketat terutama celana dalam dan baju olahraga supaya tidak terjadi lecet karena gesekan.

Untuk mengobati gatal di area selangkangan bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami ataupun obat khusus jamur yang bisa di beli bebas di apotik seperti beberapa cara dibawah ini.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan anti jamur alami yang sangat efektif untuk mengatasi gatal selangkangan serta beberapa infeksi kulit lainny yakni obat alergi gatal. Selain itu, minyak pohon teh juga berfungsi untuk membersihkan secara mendalam dan menstimulasi penyebab gatal karena kandungan anti bakteri kuat didalamnya.

  • Gunakan kapas untuk mengaplikasikan minyak pohon teh sebanyak 2 kali sehari.
  • Lakukan secara rutin selama beberapa hari sampai sembuh seluruhnya.
  • Minyak pohon teh bisa menimbulkan sensasi terbakar sehingga penggunaannya bisa dicampur dengan minyak kelapa.
  1. Cuka Apel

Mencuci area selangkangan dengan cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan gatal yang mengganggu karena beberapa sifat dalam cuka apel seperti anti jamur dan anti bakteri untuk mengontrol infeksi.

  • Campur 2 sendok teh cuka apel dengan 2 cangkir air hangat.
  • Basuh area selangkangan dengan larutan ini dan ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari khususnya sebelum tidur.
  1. Alkohol

Menggosok area selangkangan dengan alkohol juga menjadi pengobatan gatal selangkangan untuk membunuh jamur penyebab infeksi sekaligus mengeringkan area selangkangan.

  • Celupkan kapas dalam alkohol 90% dan oles di area selangkangan yang gatal tanpa perlu dibilas sebab bisa menguap dengan sendirinya.
  • Lakukan cara ini selama beberapa kali sehari hingga gatal hilang.
  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat gatal tradisional yang memiliki sifat anti jamur, antibiotik dan anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk membunuh jamur penyebab selangkangan gatal.

  • Haluskan bawang merah menjadi pasta dan oles pada area selangkangan.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bisa sampai bersih dengan air hangat.
  • Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
  1. Berendam Garam

Berendam dengan air garam menjadi cara mudah untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Garam sangat baik untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan mempercepat proses penyembuhan infeksi sekaligus bisa menghilangkan rasa gatal dan lepuh pada kulit.

  • Isi bathtub dengan air hangat dan tambahkan dengan garam epsom.
  • Rendam tubuh dalam air tersebut selama 30 menit dan lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk hasil memuaskan.
  1. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi selangkangan gatal karena sifat anti jamur sekaligus mengurangi rasa sakit serta gatal di selangkangan. Namun untuk anda yang alergi sebaiknya menghindari cara ini karena efek samping bawang putih bisa menyebabkan kulit iritasi.

  • Haluskan bawang putih dan oleskan pasta tersebut pada kulit yang gatal.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.
  1. Madu

Selain banyak manfaat madu bagi penderita maag, dalam madu mengandung sifat anti jamur, antiseptik dan bisa mengurangi rasa gatal di selangkangan. Sedangkan jenis madu yang paling baik digunakan adalah madu manuka.

  • Oleskan madu pada area yang terinfeksi dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas sampai bersih dan lakukan 2 kali sehari secara teratur.
  1. Yogurt

Yogurt yang mengandung antibiotik sangat baik untuk membunuh jamur penyebab gatal di area selangkangan karena dalam yogurt mengandung bakteri baik yakni lactobacillus acidophilus. Bakteri ini sangat baik untuk menyehatkan area selangkangan dan menyeimbangkan pertumbuhan bakteri tidak sehat serta pH kulit.

  • Oleskan yogurt tawar dengan jenis yogurt yunani pada area selangkangan yang gatal.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Agar hasilnya maksimal, konsumsi juga yogurt tawar secara teratur setiap hari.

Gatal-gatal di selangkangan bisa terjadi pada pria maupun wanita yang disebabkan karena perkembangan tidak terkendali jamur pada area tersebut. Lakukan juga langkah pencegahan supaya terhindar dari gangguan kulit yang memalukan tersebut.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup