10 Penyebab Jamur Kulit (No. 10 Paling Sering Terjadi)

Macam macam penyakit kulit salah satunya adalah jamur pada kulit, bahkan penyebab jamur kulit sangat banyak. Terkadang ada penyakit kulit yang disadari akan penularannya meskipun sadarnya belakangan ada pula yang tidak disadari penularannya atau dalam artian tidak sengaja tertular, oleh karena itu untuk mengatasi itu semua harus mengerti apa saja yang membuat jamur pada kulit merajalela di kulit cantik anda. Dengan mengetahui hal-hal yang menyebabkan jamur kulit maka kulit akan lebih mudah untuk dilindungi. Karena sudah pasti jamur kulit akan mengurangi rasa percaya diri, apalagi ketika menggunakan baju yang seksi, padahal di kulit tampak jelas banyak jamur kulitnya. Beberapa penyebab jamur kulit diantaranya adalah :

  1. Infeksi sinus

Sinus ini disebabkan karena adanya bekteri yang menempel di dalam darah. Jamur dalam infeksi sinus ini dapat tumbuh dengan cepat ketika selaput lendir serta lingkungan disekitar sana sangat lembab dan juga hangat, tentu hal itu akan membuat jamur semakin mudah untuk tumbuh. Bahkan infeksi sinus ini membawa beberapa bahaya, diantaranya ketika sinus ini tidak segera diobati dan menjadi kritis maka akan menyebabkan demam, sesak nafas, shock, darah beku dan bahkan sampai pada sakit kuning. Bahkan tidak hanya itu saja, jamur yang semakin menyebar luas ini dapat berjalan dari sinus menuju ke otak, hati, dan ginjal. Infeksi sinus ini adalah salah satu hal yang menyebabkan penyebab hati bengkak sehingga jangan diangap remeh penyakit ini.

  1. Antibiotik

Pada dasarnya obat memang sangat baik untuk mengobati segala macam penyakit, namun obat-obatan ini ternyata juga menyebabkan jamur didalam kulit, pada saat pemakaian obat-obatan terutama antibiotik ini memang akan membunuh kuman, tetapi sayangnya antibiotik tidak hanya membunuh kuman bakteri yang jahat saja, tetapi juga membunuh bakteri baik, itu sebabnya jamur lebih mudah berkembang biak jika telalu banyak mengkonsumsi antibiotik. Jika mengalami sakit seperti sakit kepala, asma, flu jangan langsung mengkonsumsi obat antibiotik, tetapi carilah obat alami terlebih dahulu, karena sudah banyak obat-obatan herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit itu semua. jadi jamur pada kulit tidak akan mudah menempel pada kulit anda dan mengaggu kepercayaan diri anda.

  1. Gejala diabetes

Gejala diabetes memang membahayakan bila tidak segera ditangani dengan baik, untuk itu sebagai orang yang teliti dan peduli akan kesehatan, jika mulai terasa gejala-gelaja penyakit segera diperiksakan, jangan sampai menunggu penyakit itu sampai parah yang justru akan menyebabkan kematian nantinya. Ketahuilah banyak sekali saat ini penyakit paling mematikan di dunia maka jangan sampai gejala diabetes ini menjadi penyebab kematian mendadak yang justru akan lebih mengerikan lagi.

Tidak hanya itu, ternyata diabetes merupakan salah satu penyebab adanya jamur dikulit juga. Karena pada saat seorang menderita diabetes gula dalam aliran darah akan lebih banyak, ssehingga jamur akan mudah tumbuh, karena jamur akan senang dan mudah berkembang biak jika dia berada pada lingkungan yang memiliki glukosa yang tinggi. Padahal glukosa ini akan membuat fungsi kekebalan tubuh menjadi hilang.

  1. Kanker

Kanker yang menggunakan kemoterapilah yang menyebabkan resiko jamur sistematik akan terus tumbuh secara terus menerus. Pada dasarnya sudah dijelaskan pada antibiotik tadi bahwa jamur sangat mudah tumbuh dalam lingkungan yang terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik, padahal dalam kemoterapi selalu ada antibiotiknya. Tidak hanya itu saja, dalam melakukan kemoterapi terkadang menyebabkan sel-sel kanker itu mati bersamaan dengan sel-sel kulit yang sehat. Itu sebabnya jamur akan lebih mudah tumbuh dalam kulit.

  1. Aids

Sistem kekebalan tubuh pada saat mengalami aids akan menjadi berkurang fungsinya bahkan menjadi semakin buruk setiap harinya, dengan begitu penyakit seperti jamur akan lebih mudah berkembang biak pada saat kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan normal, apalagi aids ini menyerang sampai ke jaringan darah.

  1. Pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat menyebabkan jamur kulit akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak pada kulit, karena pakaian yang ketat akan membuat lembab dan hangat kulit yang ada didalamnya, itu sebabnya jamur akan mudah tumbuh dan berkembang biak.

  1. Ganti-gantian pakaian

Pakaian yang digunakan secara bergantianpun akan menyebabkan tertularnya jamur kulit, hal ini dikarenakan virus jamur kulit menempel pada pakaian dan pakaian itu dipakai orang lain maka mungkin saja jamur itu akan berkembang biak di kulit lain.

  1. Pemakaian sabun bersamaan

Tidak hanya pakaian yang berganti-gantian, tetapi sabun batang pun juga demikian. Jadi lebih baik menggunakan sabun cair, agar lebih aman. Agar jika seorang yang menggunakan sabun itu mengalami sakit jamur kulit anda tidak mudah tertular karenanya.

  1. Pemakaian handuk bersamaan

Selain sabun dan pakaian pemakaian handuk yang bersamaan juga menjadi salah satu penyebab terserangnya jamur kulit dan merajalelanya jamur kulit di kulit sehat yang anda miliki itu.

    10. Tertular

Memang jamur kulit sangat mudah menular, terutama pada saat gesekan sekalipun. Untuk itu salah satu penyebab jamur kulit adalah tertular.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan jamur kulit menempel dan berkembang biak di kulit anda, oleh sebab itu sebaiknya perhatikan beberapa hal tersebut agar jangan sampai jamur kulit menempel dan membuat anda tidak percaya diri lagi.