11 Cara Mengobati Luka Bernanah dengan Bahan Alami

15879

Rata-rata seseorang pasti pernah mengaami luka bernanah ataupun setiap orang pasti juga mengetahui bagaimana luka bernanah itu, jika anda atau saudara anda mengalami luka bernanah jangan khawatir karena kami akan memberikan solusi solusi yang ampuh untuk mengobati luka bernanah yang sedang anda derita atau teman anda derita. Luka bernanah bisa disebabkan karena adanya infeksi pada suatu luka yang tidak segera diobati. Luka bernanah harus segera diobati sebab jika seseorang menderita luka ini menyebabkan tidak percaya diri, uka bernanah yang parah juga dapat menyebabkan rasa sakit tidaknyaman dan juga pegal-pegal. Jika  anda mengalami luka bernanah segeralah periksakan kedokter sebelum semuanya menjadi lebih parah atau bisa juga anda mengobati luka bernanah tersebut dengan berbagai bahan bahan alami, dibawah ini akan kami paparkan berbagai bahan bahan yang dapat mengobati luka bernanah secara alami. (Baca Juga: Kuku Tangan Sering BernanahCara Mengobati Telinga Bernanah)

Obat Luka Bernanah Secara Alami

  1. Kunyit

Kunyit memang memiliki berbagai manfaat selain untuk menjaga kesehatan dan kecantikan pada tubuh kita dan juga biasa digunakan untuk cara mengobati kurap dan juga digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka knalpotternyata kunyit juga merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai salah satu obat luka bernanah secara alami, sebab kunyit memiliki berbagai antibiotik yang sangat bermanfaat untuk membuat luka yang ada pada tubuh kita cepat mengering, yang tentunya akan menjadikannya cepat sembuh. Untuk menggunakan oba ini adalah parutlah kunyit secukupnya, peraslah parutan kunyit tersebut lalu ambillah airnya, setelah itu langsung oleskanlah pada luka bernanah yang telah dibersihkan menggunakan mnggunakan air garam yang hangat, agar luka cepat sembuh maka gunakanlah cara tersebut secara rutin.

  1. Bubuk Kopi

Selain untuk kecantikan bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sebagai obat alami mengobati luka bernanah, selain untuk  mengobati luka yang terinfeksi sehingga bernanah bubuk kopi juga dapat digunakan untuk mengobati luka tergores, luka terbakar, dll. Bubuk kopi dapat menyembuhkan berbagai luka diatas sebab bubuk kopi memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri yang sangat ampuh membunuh bakteri Methicillin resistant starhyloccocus  aureusyang biasanya bakteri ini ada  pada luka yang bernanah. Untuk itu bagi anda yang mengalami luka bernanh dan mencari solusinya bubuk kopi ini juga sangat dianjurkan untuk digunakan sebagai obat dengan cara taburkanlah buuk kopi hitam pada luka anda hingga bubuk kopi menutupi semua luka yang sedang anda derita,bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi murni bukan bubuk kopi yang sudah tinggal seduh. Cara ini memang dianjurkan namun jika anda memiliki alergi terhadap serbuk kopi atau malah anda merasa luka semakin parah maka hentikanlah pengobatan tersebut dan carilah alternatif lain. (Baca Juga: Bahaya Kopi Sachet , Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia)

  1. Dengan Garam dan Air Hangat

Ternyat garam tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur sebagai penyedap rasa saja, garam juga memiliki berbagai manfaat lainnya contohnya seperti mengobati luka yang terinfeksi sehingga luka menjadi bernanah. Banyak rang yang percaya bahwa air garam memang merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan luka sehingga ada beberapa orangyangmenyembuhkan luka dengan mandi di air laut. Untuk menggunakan cara ini maka siapkanlah ember, garam dan air hangat, campurkanlah garam dengan ir lat lalu larutkanlah air garam tersebut dengan air hangat jika sudah bersihkanlah uka yang terinfeksi menggunakan air garam tersebut secara perlahan, gunakanlah cara ini sebanyak 3 kali daam sehari agar luka bisa cepat sembuh dan mengering. (Baca Juga: Bahaya Minum Air Garam  , Bahaya Minum Air Panas)

  1. Minyak Kayu Putih

Selain digunakan sebagai obat herbal masuk angin minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengobati luka bernanah secara efektif selain untuk mengobati luka bernanah dan masuk angin minyak kayu putih juga memiliki  berbagai manfaat yaitu untuk mengobati berbagai penyakit yang diluar tubuh seperti alergi, gatal-gatal, dan gigitan serangga. Minyak ini sangat efektif untuk menyembuhkan luka-luka diatas sebab minyak kayu putih mengandung kandungan disenfektan yang mampu mengobati infeksi pada tubuh bagian uar kita, dan juga minyak kayu putih mengandung analgesik yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Cara menggunakan obat ini adalah bersihkanlah luka yang akan anda obati setelah itu oleskanlah minyak kayu putih pada luka yang anda derita, jika malah terjadi reaksi panas maka hentikanlah pemakain tersebut. (Baca Juga: Penyebab Leher Tidak Bisa Digerakkan , Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental)

  1. Lengkuas

Banyak sekali bumbu dapur yang dapat kita gunakan sebagai obat tradisional mengobati lka bernanah, salah satunya adalah lengkuas. Cara menggunakannya adalah dengan sediakanlah lengkuas secukupnya, tumbuklah terlebih dahulu bawang merah tersebut sebelum digunakan untuk mengobati luka yang bernanah. Untuk hasil yang lebih optimal bisa juga ditambahkan bawang putih sebagai campuran, namun sedikit saja. Gunakan secara rutin agar luka yang bernanah cepat hilang. (Baca Juga: Obat Luka Bernanah Alami

  1. Daun Senggugu

Daun senggugu juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati luka bernanah, cara mengobati dengan tanaman ini adalah siapkan beberapa daun senggugu segar, cuci sampai bersih setelah itu rebusah daun senggugu tersebut, rebuslah hingga ½ dari takaran sebelumnya, setelah itu dinginkan ramuan ini dan oleskanlah pada luka yang bernanah. Gunakan secara teratur agar luka cepat sembuh. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah , Obat Luka Dalam karena Benturan )

  1. Bawang Merah

Bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat luka pada luka yang bernaah, meskipun pada dasarnya bawang merah juga memiliki efek samping bawang merah namun bawang merah dapat menyembuhkan luka nanah dengan cara mencampurkannya dengan minyak zaitun. Cara penyembuhan dengan menggunakan cara ini adalah dengan siapkanlah 1 atau 2 siung bawang merah, kupaslah bawang merah tersebut lalu potonglah secara tipis-tipis, setelah jadi campurkanlah potongan-potongan tersebut kedalam minyak zaitun. Hangatkanlah minyak zaitun dengan bawang merah tanpa digoreng. Jika sudah menjadi hangat maka tempelkanlah obat tesebut pada luka yang sedang terinfeksi. Seelah ditempel balutlah luka tersebut menggunakan kain kasa, gantilahkain kasa setelah digunakan selama 6 jam. Jika terasa agak panas itu tidak akan menjadi masalah sebab bawang merah sedang bekerja. (Baca Juga: Penyebab Leher Tidak Bisa Digerakkan , Cara Mengobati Luka Memar)

  1. Bawang Putih

Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu dapur saat memasak, tahukah anda bahwa bawang putih juga memiliki manfaat sebagai penyembuh luka yang bernanah hal ini disebabkan karena didalam bawang putih memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka, meski memiliki berbagai manfaat ternyata bawang putih juga memiliki efek samping bawang putih  dan juga bahaya bawang putih mentah namun jangan khawatir meski memiliki efek smping bawang putih lebih banyak mengandung manfaat. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat luka bernanah secara alami adalah siapkanlah 1 sampai 2 siung bawang putih, kupaslah bawang putih tersebut setelah dikupas tumbuklah bawang putih hingga benar benar haus dan dapat digunakan sebagai pasta, jika sudah gunakanlah pasta tersebut pada luka anda, diamkan hingga beberapa jam, jika anda merasakan gatal atau pering pada luka anda jangan khawatir karena itu wajar terjadi, hal tersebut terjadi karena senyawa yang ada pada bawang putih sedang membasmi bakeri bakteri yang ada pada luka anda. (Baca Juga: Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih)

  1. Daun Pulai Kering

Daun puai kering juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bernanah agar cepat kerin, ada beberapa penyebab luka tidak cepat kering yang harus segera kita tangani juga agar tidak terjadi infeksi pada luka. Caramenggunakan daun puai kering sebagai obat alami adalah ambil daun puai yang dapat dikeringkan, tumbuklah daun puai ini hingga haus dan tambahkanlah sedikit air, jika sudah jadi maka tempelkanlah ramuan tersebut pada uka yang bernanah. Selanjutnya bautlah luka yang telah dibei obat tersaebut menggunakan kain kasa , setelah 6 jam gantilah kain kasa tersebut. (Baca Juga: Efek Samping Daun Kelor , Efek Samping Daun Kersen)

10. Kulit Jeruk Bali

Jeruk bali memang sangatlah lezat tapi tidak banyak orang yang mengetahui kegunaan kulit jeruk bali ini, tahukah anda ternyata kulit jeruk bali juga sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan luka yang bernanah yaitu dengan cara jemurlah kulit jeruk bali tersebut hingga kering, setelah kering bakarlah kulit jeruk bali tersebut setelah dibakar lanjutkanlah dengan menumbuk kulit jeruk bai tersebut, setelah ditumbuk gunakanlah tumbukan kulit jeruk bali  tersebut untuk mengobati luka yang bernanah. Gunakanlah cara ini 2 kali sehari agar nanah segera mengering dan luka cepat sembuh. (Baca Juga: Bahaya Jeruk Nipis untuk Rahim , Jeruk bagi Penderita Diabetes)

  1. Biji Fenugreek

Bagi anda para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan biji fenugreek ini sebab biji fenugreek ini biasa digunakan sebagai cara mengatasi keputihan dan juga penyakit penyakit lainnnya seperti diabetes untuk itu biji fenugreek juga dapat digunakan sebagai obat tradisional diabetes untuk mengobati uka bernanah dengan biji fenugreek ini adalah dengan menyiapkan biji fenugreek 1 sendok mkan setelah itu dilinglah biji fnugreek tersebut dengan menambahkan sedikit air agar menjadi seperti pasta, setelah jadi maka gubakanah pasta dari biji fenugreek ini pada luka yang bernanah, gunakanlah secara rutin agar luka yang bernanah tersebut segera sembuh.

Itulah beberapa cara mengobati luka bernanah secara alami yang dapat anda coba dirumah, jagalah kesehatan anda agar anda tidak mudah terkena penyakit sering seringlah untuk gaya hidup sehat agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetesbahaya penyakit liver, jantung dan penyakit penyakit lainnya.