15 Cara Menghilangkan Bekas luka Knalpot Secara Alami dan Cepat

9822

Cara menghilangkan bekas luka knalpot adalah solusi terbaik untuk memudarkan jejak luka bakar yang disebabkan oleh knalpot yang masih panas. Luka akibat tersentuh atau menempel pada knalpot panas dapat menyebabkan noda permanen dan memperburuk struktur kulit menjadi terlihat kurang menarik.

Tips cara menghilangkan bekas luka knalpot secara alami :

1. Kunyit
Cara menghilangkan bekas luka knalpot yang paling serig digunakan di masyarakat India, Pakistan, Malaysia dan indonesia adalah parutan kunyit. Kunyit memiliki zat antiseptik dan anti peradangan yang kuat untuk mendinginkan luka bakar dan mengeringkannya agar cepat terkelupas dengan sendirinya. Balurkan parutan kunyit pada sebagai pertolongan pertama pada luka bakar

2. Bawang putih
Menggunakan Bawang putih adalah cara menghilangkn bekas luka knalpot yang sudah lama digunakan oleh orang timur untuk mengatasi luka bakar, termasuk akibat knalpot. Sebenarnya bawang putih adalah bahan masakan yang mempunyai zat anti infeksi dan penyembuh paling manjur bagi luka bakar tanpa meninggalkan bekas. Oleskan bawang putih yang sudah di haluskan pada luka bakar dan ikUtlah dengan tidak terlalu kuat dengan kain agar khasiat bawang putih cepat meresap ke jaringan kulit yang ingin disembuhkan.
Baca juga : Efek samping bawang putih

3. Ketimun
Buah mentimun atau ketimun bersifat mendinginkan dan dapat memberbaiki kerusakan jaringan kulit yang terkena kanalpot panas secara bertahap tetapi luka bkar akan hilang tanpa meninggalkan bekas yang menyolok. Balurkan mentimun yangb telah dihaluskan lalu gntlah dengan mentimun baru jika airnya telh berkurang.

4. Kompres dengan es batu
Cara menghilangkan bekas luka knalpot yang cukup unik adalah dengan cara menggunakan kain tipis atau saputangan yang didalamnya da batu esnya untuk memgompres luka. Batu es dapat menetralkan efek panas dari luka bakar akibat knlpot dan mempercepat menghilangkan ras nyeri disekitar luka.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan yang aktif da;mn memperbiki jaringn kulit yang rusak dan menjadikan luka baakar tidaak meninggalkan beks yang terlalu mencolok. Minyak zaitun mampu menyembuhkan luka bakar dengn cepat jika rajin mengolesinya setiap hari. Cara menghilangkan bekas luka bakar knalpot bisa menggunakan minyak zaitun sebelum tidur malam agar khasiatnya dapat bekerja dengan maksimal.

6. Madu asli
Cara menghilangkan bekas luka knalpot yang juga sangat manjur adalah madu. Madu memilki kandungan zat anti radang dan menghaluskan kulit. Kulit yang luka dapat cepat sembuh dan kulit yang rusak akibat luka bakar dapat meregenerasi dengan sendirinya hingga permukaanya lebih halus dan mulus.

7. Buah pace tua
Blenderlah buah pace yang telah tua lalu oleskan pada luka bakar akibat knalpot. Buah pace bersifat mendinginkan dan meredakan stres pada kulit yang mengalami trauma akibat luka bakar. Kulit yang luka akan cepat mengering dan mempermudah proses penyembuhan tanpa bekas.

8. Cocor bebek
Daun cocor bebek memiliki lendir yang mngndung zat anti bkteri dan bersifta mendimginkan efel panas dari luka akibta tersengat knalpot. Hancurkan daun cocor bebek hingga halus lalu balurkan pada luka akibat knalpot.
9. Putih telur
Putih telur memilki kandungan zat anti peradngan daan menghaluskan serta memutihkan kulit akibat luka bakar yang disebabkan knalpot panas. Putih telur juga memiliki kemampuan memadatkan jaringan sel kulit yang rusak hingga kulit kembali membaik dan cepat sembuh.

10. Lidah buaya
Lendir lidah buaya mampu mendinginkan luka, Meregenerasi jaringan kulit yang cedera dan mampu mengeringkan luka dengan cepat. Blurkan lendir lidah buaya beruangkali sampai efek nyeri pada luka terasa hilang. Lendir lidah buaya dapat membuat luak bakar cepat kering dan sembuh tanpa meninggalkan jejak atau bekas.

Baca juga : Khasiat lidah buaya untuk kulit

11. Buah tomat
Air tomat tua dapat dibalurkan padaa luka bakar , Dimana tomat memilki efek menenangkan dan memperbaiki struktur kulit yang mengalami kerusakan akibat trauma luka bakar . Daging buah Tomat yang tua mampu mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan luka bakar tanpa bekas.

Baca juga : kandungan gizi Tomat

12. Susu sapi murni
Susu sapi murni yang belum ditambahkan bahan lain misalnya gula, Mampu memperbaiki struktur jaringan kulit bagian dalam dengan cepat. Kandungan protein dan vitaminya mampu mempercepat proses pengeringan luka dan menghilangkan bekas luka dengan warna kulit yang lebih terang. Cara menghilangkan bekas luka knalpot agar bekaas luka semakin putih dan halus bisa menggunakan susu murni rajin setiap hari.

13. Cucian Air beras
Air cucian beras yang pertama mampu mengobati luka bakar akibat knalport dan tujuannya untuk menghilangkan rasa nyeri dan efek panas pada kulit yang sedang cedera. Cucilah atau kompreslah luka bakar akibat knalpot denagn rendaman air beras. Lakukan setiap hari sampai bekas luka bakarnya hilang.

14. Daun pisang muda
Cara menghilangkan bekas luka knalpot yang tergolong unik namun berkhsiat adalah dengan meletakan daun pisang muda pada luka bakar yang terasa panas dan nyeri. Sebelumnya rendamlah daun pisang tersebut pada air es. Perendaman tersebut bertujuan agar khasiat daaun pisang lebih mudah meresap pada luka bakar. daun pisang bersifat mendinginkan, Menetralkan hawa panas akibat luka bakar yang disebabkan knalpot.

15. Teh basi
Teh hitam atau teh hijau sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka bakar akibat knalpot. Senyawa tanin yang ada pada teh dapat mendinginkan efek terbakar pada luka dan zat kafeinnya dapat mempercepat pengeringan luka. Kompreslah luka dengan kain atau saputangan yang sebelumnya telah direndam pada teh basi atau teh bekas hari kemarin, Kemudian rendamlah luka bakar dengan air teh tersebut dan biarkan 20 menit atau lebih agar khasiat teh dapat bekerja dengan cepat.

Teh basi adalah cara menghilangkan bekas luka knalpot yang telah digunakan selama ratusan tahun oleh orang orang jaman dahulu dan terkenal ampuh dalam menghilngkan noda parut akibat luka pada jaringan kulit terdalam.

Cara menghindari luka bakar akibat knalpot

  •  Sebaiknya membiasakan diri untuk menjauhi knalpot yang masih panas terutama pada anak anak yang masih belum mengerti bahayanya knalpot panas.
  • Parkirlah atau letakkan motor pada area yang aman dan jauh dari jangkauan anak anak atau lingkungan yang banyak dilalui orang berjalan.
  • Jangan biarkan knalpot berada dekat dengan barang barang yang memiliki energi elektromagnetik seperti handphone, Radio, Televisi, Ricecooker dan sebagainya untuk mencegah adanya persentuhan manusia dengan knalpot tanpa sengaja.
  • Jangan pernah melakukan kegiatan atau aktivitas dalam keadaan tubuh masih berada di sepeda motor, Jika ingin terlibat bicara yang lebih nyaman sebaiknya parkirkan terlebih dahulu motor anda. Hal ini untuk mencegah agar anda terhindar dari sengatan knalpot panas secara tidak sengaja.
  • Gunakan penutup khusus pelindung bagi knalpot, Sehingga ketika knalpot masih dalam keadaan panas tidak akan mencederai diri sendiri dan orang lain. Penutup knalpot bisa dicari di berbagai gerai kendaraan bermotor yang terpercaya.
  • Jika mungkin gunakan sepatu boot atau sepatu yang memiliki leher panjang yang bisa menutupi betis ketika mengendarai motor, hal tersebut untuk pencegahan terjadinya sentuhan betis atau kaki anda dengan knalpot.