6 Merk Salep untuk Luka Bakar Terbaik dan Tips Pencegahan

13805

Luka bakar adalah jenis luka yang biasanya disebabkan oleh radiasi, knalpot panas, uap panas, bahan kimia atau terlebih lagi si jago merah. Banyak orang yang mengira bahwa luka bakar akan begitu sulit disembuhkan karena pada akhirnya bakal membekas dan menurunkan kepercayaan diri. Rupanya, tingkat keparahan luka bakar ditentukan oleh luas dan kedalaman dari luka itu sendiri.

  • Luka Bakar Tingkat I – Jenis luka bakar ini biasanya terjadi pada lapisan epidermis yang merupakan lapisan kulit teratas. Ada rasa nyeri yang menyertai luka tersebut sehingga benar-benar membuat penderitanya tak nyaman. Kulit pun akan tampak kemerahan dan wajar pula bila terjadi pembengkakan. Luka bakar juga pada umumnya bakal terlihat melepuh di mana di dalamnya ada cairan.
  • Luka Bakar Tingkat II – Jenis luka bakar pada tahap ini tentunya lebih serius karena tingkat kedalamannya juga lebih tinggi. Kulit pun juga melepuh dan di dalamnya mengandung cairan di mana sekelilingnya tampak begitu merah. Bedanya dari tahap I, luka bakar ini akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih hebat.
  • Luka Bakar Tingkat III – Jenis luka bakar pada tahap ini sudah sangat dalam dan telah sampai pada lapisan dermis bahkan hingga bagian bawahnya lagi. Luka bakar ini akan menyerang hingga area tendon atau otot. Justru di tahap ini tak ada lagi rasa nyeri yang dirasakan dikarenakan saraf di kulit mengalami kerusakan. Risiko infeksi pada tahap ini jauh lebih besar dan bahkan tubuh dapat kekurangan cairan dikarenakan keluarnya cairan yang terlalu banyak.

Untuk mengobati luka bakar, salep adalah yang biasanya digunakan. Namun, tentu tak semua salep untuk luka bakar itu baik. Jadi, merk salep untuk luka bakar apa yang kiranya direkomendasikan kali ini?

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka knalpot – bahaya hidrogen peroksida)

  1. Nutrimoist

Salep atau obat berbentuk krim ini adalah produk CNI yang memang diandalkan sebagai obat luka bakar. Anda tak perlu khawatir dengan bahan dari produk salep atau krim ini karena Nutrimoist diketahui terbuat dari bahan-bahan alami. Pemakaian ekstrak tumbuhan langka Cina adalah yang bisa Anda andalkan.

Efek ekstrak tersebutlah yang dapat dijadikan sebagai penanganan luka bakar yang ampuh. Kandungan baik itu juga akan menolong Anda merawat luka bakar hingga tuntas dan membuat kulit senantiasa terjaga tingkat kelembabannya. Kulit pun akan selalu terpenuhi nutrisinya berkat salep satu ini.

Tak lupa juga, salep atau krim ini akan sangat cocok digunakan dalam menangani luka bakar apapun jenis kulit Anda karena mengandung ekstrak alami yang tak ada efek sampingnya. Memang tergolong mahal obat satu ini, tapi Anda tak akan menyesal karena memang efektivitasnya dalam menyembuhkan luka bakar pada kulit begitu besar.

  1. Darzyn

Obat salep satu ini pun layak dipertimbangkan bagi Anda yang tengah mencari salep terbaik untuk luka bakar. Dengan mudah Anda akan dapat menjumpai produk ini di apotek terdekat. Bahkan kabar baiknya lagi, obat ini bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar. Itu artinya obat ini begitu mujarab, namun tentunya dengan mengikuti aturan pemakaian yang tepat sesuai apa yang tertulis pada label kemasan.

(Baca juga: obat alergi gatal)

  1. Burnazin

Obat salep satu ini mungkin termasuk yang paling populer diantara obat-obat salep untuk luka bakar lainnya karena memang lebih sering dan banyak digunakan. Salep satu ini adalah obat yang efektif dalam mengatasi luka bakar yang sekaligus menjadi cara pencegahan infeksi. Anda bisa mengoleskan langsung salep ini ke area kulit yang terkena luka bakar, tapi tentu sudah jelas bahwa obat genpenerik ini penggunaannya hanya untuk bagian luar saja.

Burnazin adalah obat yang tepat karena memang obat antimikroba topikal ini sudah kerap dipakai dalam mencegah dan mengobati sepsis luka yang pasien luka bakar alami dengan luka bakar tingkat kedua dan ketiga. Hanya saja, salep ini tak dianjurkan bagi pasien luka bakar yang memiliki penyakit ginjal maupun hati. Bahkan para ibu hamil juga dilarang untuk menggunakan salep ini, jadi sebaiknya bisa mencari alternatif salep lain yang lebih aman di masa hamil.

  1. Bioplacenton

Obat salep satu ini sangat pas dijadikan sebagai obat pertolongan pertama terkena knalpot atau luka bakar akibat kejadian lainnya. Obat generik satu ini sangat bagus tak hanya dalam mengobati luka bakar, tapi juga masalah infeksi kulit lainnya. Menggunakan obat ini 4-6 kali secara rutin setiap hari akan mempercepat proses membaiknya luka bakar Anda.

Namun, tak menutup kemungkinan akan adanya reaksi alergi maupun iritasi, dan bila hal tersebut sampai dialami, silakan hentikan penggunaan sesegera mungkin. Produk dari Kalbe Farma ini cukup mudah dalam penggunaannya karena Anda hanya tinggal mengoleskannya ke luka bakar Anda. Oles secara tipis-tipis saja tak usah tebal.

Ada rasa adem dan sejuk yang diberikan oleh salep ini pada kulit Anda yang terbakar sehingga rasa nyeri dan sensasi panasnya akan berkurang. Yang perlu diwaspadai dalam penggunaan obat ini adalah efek sampingnya yang berpotensi terjadi pada penderita yang hipersensitif terutama pada ekstrak placenta dan neomycin sulfat.

(Baca juga: bahaya obat nyamuk bakar dan semprot)

  1. Madecassol

Obat salep lainnya yang dapat Anda pakai untuk mengobati luka bakar secara tuntas adalah Madecassol yang terdapat kandungan titrated extra of centella asiatica di dalamnya. Ada 30% madecassic acid, asiatic acid 30% dan juga asiaticoside 40% yang merupakan komposisi bahan ampuh untuk menyembuhkan luka bakar oleh pemicu apapun.

Bahkan fungsi lainnya dari obat ini adalah sebagai pencegah luka pada tendensi keloid yang terjadi di luka bakar, luka bedah maupun luka akibat trauma. Obat ini tak sulit untuk digunakan karena Anda hanya perlu mengoleskan ke luka bakar sehari 1-2 kali. Namun, jangan berhenti menggunakannya sebelum luka bakar sembuh total.

Obat yang juga berguna untuk masalah luka mukosa serta kulit di bagian telinga, dekubitus, retraktil, keabnormalan jaringan parut, luka hidung dan tenggorokan, serta lesi ulkus pada lepra ini bisa terus digunakan tanpa efek samping berbahaya. Tapi tak semua pasien luka bakar bakal cocok dengan obat ini. Jadi bila sampai muncul iritasi, hendaknya Anda menghentikan penggunaannya.

  1. Minol

Luka bakar yang cukup menyiksa dapat Anda obati dengan Minol, bahkan obat ini juga dapat diandalakan sebagai pertolongan pertama kena minyak goreng panas secara kimia. Karena dibuat dari tumbuh-tumbuhan, maka terjamin bahwa Minol adalah obat yang alami dengan kandungan-kandungan sebagai berikut:

  • 15% draconis resina
  • 15% benzoe sumatra
  • 10% oleum eucalypti
  • 15% persicae semen
  • 20% kaempferiae rhizoma
  • 20% curcumae domesticae rhizoma

Masing-masing kandungan dan komposisi tersebut sangat bermanfaat karena berkat kandungan tersebutlah luka bakar menjadi cepat sembuh. Draconis resina adalah kandungan yang berperan penting sebagai pengurang rasa sakit atau anti infeksi. Persicae semen atau yang juga dikenal sebagai biji buah prunus persica memiliki peran yang sama.

Untuk oleum eucalypti, kandungan ini masih tergolong minyak atsiri yang jelas efektif dijadikan obat luar bagi masalah kulit, termasuk luka bakar. Kandungan tersebut akan mengobati luka dengan sempurna, sama seperti kandungan benzoe sumatra yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka lecet dan bakar.

Tidak ketinggalan ada pula kaempferiae rhizoma yang juga di dalamnya ada zat pati serta atisiri yang fungsinya adalah sebagai pelemas otot yang mengalami ketegangan. Jangan heran juga apabila Anda mencium aroma tradisional yang cukup khas, ini semua karena adanya kandungan alami tersebut. Tapi tak menjadi masalah besar karena baunya pun tak begitu menyengat dan juga akan cepat hilang.

(Baca juga: cara mengobati luka tersiram air panas – bahaya radiasi matahari)

Tips Pencegahan Luka Bakar di Rumah

Terkadang luka bakar terjadi karena keteledoran diri sendiri, apalagi ketika luka bakar didapat sewaktu berada di dalam rumah. Ada beberapa kecelakaan atau kejadian di dalam rumah yang kiranya mampu memicu luka bakar, jadi sebaiknya terapkanlah sejumlah langkah berikut supaya terhindar dari luka bakar.

  • Jangan sekali-kali meninggalkan masakan dengan api kompor masih menyala di rumah tanpa ada yang mengawasi sama sekali. Bila hendak pergi mendadak, Anda bisa mematikan kompor lebih dulu agar hal yang tak diinginkan dapat dihindari.
  • Ketika proses memasak, Anda bisa menggunakan sarung tangan, khususnya bila berhadapan dengan oven. Anda bisa memberikan perlindungan maksimal pada area tangan berikut juga menutup area pergelangan tangan saat memasak.
  • Ada baiknya Anda tidak mengenakan jenis pakaian dengan model looselifting karena ini dapat memperbesar potensi pakaian terkena api yang menyulut dari kompor.
  • Segala cairan panas, terutama minyak goreng yang sedang ada dalam penggorengan panas dijauhkan dari anak-anak.
  • Hindarkan anak-anak juga dari segala jenis bahan atau zat kimia, termasuk juga korek api yang bisa menjadi masalah besar.
  • Jangan pernah merokok di kamar apalagi di tempat tidur, sebaiknya merokok di luar rumah saja supaya tak berbahaya.
  • Bila memiliki pemanas ruangan, jauhkan benda tersebut dari barang atau bahan lainnya yang kiranya bisa dengan gampang ikut terbakar.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering – makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

Itulah beberapa informasi mengenai tingkat luka bakar, merk salep untuk luka bakar yang paling ampuh, hingga tips singkat akan pencegahan luka bakar selama berada di dalam rumah. Kiranya informasi ini dapat menjadi pengetahuan dan dapat membantu Anda.