15 Cara Mengobati Luka Tersiram Air Panas Super Cepat

21548

Kecelakaan tersiram air panas jelas sangat menyakitkan di mana kulit akan menjadi perih, merah dan melepuh seperti luka bakar. Namun jangan panik dulu karena semakin Anda bingung harus mengobatinya, semakin lama luka bisa menjadi makin serius.  Ada beberapa cara mengobati luka tersiram air panas yang boleh Anda coba buktikan efektivitasnya. (Baca juga: pertolongan pertama pada luka bakar – penyebab tetanus)

1. Cuka Putih

Untuk kulit yang terkena air panas, cobalah untuk mengobatinya menggunakan cuka putih di mana di dalamnya ada kandungan asam asetat yang bisa membuat rasa sakit menjadi lebih ringan karena senyawa ini masih menjadi bagian dari komponen aspirin.

Bila terjadi radang pun jangan khawatir karena ada zat antiseptik di dalam cuka putih ini sehingga akan membantu memroteksi kulit agar terhindar dari infeksi. Panas pun akan dapat ditarik oleh cuka; caranya hanya dengan handuk direndam ke dalam cuka yang encer lalu kompres perlahan bagian yang terluka akibat siraman air panas. (Baca juga: pertolongan pertama kena minyak goreng panas)

2. Aloe Vera

Rasa adem aloe vera dan juga khasiat lidah buaya untuk kulit sudah jelas pasti bisa menyurutkan rasa panas, perih dan nyeri akibat tersiram air panas jauh lebih baik daripada es batu atau air es. Karena aloe vera adalah salah satu tanaman keluarga, maka bahan ini bisa dijadikan obat rumah paling manjur untuk mencegah peradangan serta menurunkan risiko pembengkakan.

Supaya kulit dapat mengalami proses perbaikan secara sempurna, lidah buaya adalah yang paling baik dalam hal merangsang pertumbuhannya. Jika takut mengoleskan gelnya sendiri, mintalah bantuan orang terdekat untuk melakukannya secara pelan-pelan.

3. Minyak Lavender

Di awal 1900-an telah dibuktikan oleh seorang ahli kimia asal Perancis bahwa minyak lavender memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa. Minyak esensial lavender adalah salah satu solusi terbaik untuk membuat luka akibat siraman air panas menjadi lebih reda dengan cepat.

Untuk mengobati dengan bahan ini, caranya adalah dengan mencampurkan minyak lavender 1 sendok teh dengan 2 ons air yang bisa ditaruh di wadah botol semprot. Kocok terlebih dulu agar ramuan tercampur rata, baru bagian yang terkena siraman air panas bisa disemprot dengan ramuan tersebut sesering yang Anda perlukan. (Baca juga: cara mengobati kaki pecah-pecah)

4. Minyak Kelapa

Untuk mengobati luka yang diakibatkan siraman air panas, minyak kelapa juga boleh dicoba bila Anda mempunyainya di rumah sehingga tak perlu harus cari bahan lain. Minyak kelapa termasuk di dalam sumber vitamin E yang bagus untuk kulit di mana di dalamnya ada kandungan anti bakteri, anti jamur, dan juga asam lemak sehingga membuat kulit bisa dicegah dari infeksi.

Lepuhan pada kulit bisa sangat perih dan meninggalkan bekas, maka untuk mengobatinya bisa ditambahkan dengan jus lemon secukupnya sebagai campuran minyak kelapa untuk diaplikasikan ke bagian yang terluka. Jus lemon dengan sifat asamnya bakal mampu membuat bekas luka teringankan dna minyak kelapa sendirilah yang akan menyembuhkan.

(Baca juga: cara menghilangkan kurap)

5. Susu

Jangan ragu juga untuk menggunakan susu sebagai alternatif pengobatan jika bahan-bahan lainnya tidak tersedia. Selain seabreknya khasiat susu sapi murni untuk kesehatan, susu dengan kandungan tinggi akan lemak dan proteinnya mampu membuat luka menjadi lebih tenang dan bahkan bisa membuat penyembuhannya lebih cepat. Area yang terluka akibat tersiram air panas bisa direndam ke dalam susu selama kurang lebih 15 menit untuk menenangkannya.

6. Yogurt Berlemak

Jika tak ada susu tapi memiliki persediaan full-fat whole-milk yogurt alias yogurt dengan kandungan susu dan lemak, maka Anda boleh mencoba mengobati luka akibat siraman luka bakar tersebut dengan bahan satu ini. Selain menjadi makanan untuk menghilangkan stres, yogurt pada dasarnya pun mampu menenangkan dan memberikan rasa adem pada luka tersebut, bahkan untuk kulit kering pun yogurt sangat bagus dalam memberikan kelembaban. Cara ini patut dicoba di rumah jika Anda punya stok yogurt.

7. Minyak Pohon Teh/Tea Tree Oil

Sama dengan minyak lavender, minyak pohon teh atau yang biasa dikenal dengan sebutan tea tree oil adalah bahan alami yang benar-benar luar biasa karena sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Khusus untuk luka bakar atau luka terkena air panas, cara pengobatannya sama dengan minyak lavender, yaitu dengan mencampurkan 2 ons air dengan 1 sendok teh minyak pohon teh ke dalam botol semprot supaya pengaplikasiannya lebih mudah. Setelah dicampur dan dikocok, bagian yang luka bisa tinggal disemprot dengan ramuan ini sesering mungkin atau sesering kebutuhan Anda dan lihat hasilnya.

(Baca juga: cara menghilangkan kutu air)

8. Madu

Bahan yang terkenal mampu mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam ini adalah sebuah bahan antibiotik yang alami, maka dengan mengobati luka siraman air panas Anda, kulit akan terlindung dari infeksi.

Karena ketidakramahan dari keseimbangan pH alaminya terhadap bakteri, bakteri serta infeksi yang hendak membuat kulit Anda menderita akan dibunuh secara langsung. Ada efek dingin yang juga akan diberikan oleh madu ini, selain itu juga kulit akan sembuh lebih cepat dan rasa sakit pun akan berkurang.

(Baca juga: madu bagi penderita tifus)

9. Ekstrak Vanili

Luka tersiram air panas yang masih tergolong ringan dapat diobati dengan mencoba menggunakan ekstrak vanili. Jika sudah siap dengan bahan vanili, maka kapas lembut bisa digunakan sebagai alat pengoles vanili ke bagian yang terluka tersebut.Luka seperti akibat tersiram air panas perlu didinginkan dan salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan ekstrak vanili dengan penguapan alkoholnya. Rasa sakit yang mengganggu dan membuat Anda tak nyaman juga akan dapat dikurangi dengan kandungan baik di dalam ekstrak vanili ini.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung)

10. Gandum/Oats

Oat alias gandum adalah bahan yang baik untuk Anda pakai mengobati luka yang terkena siraman air panas karena bahan alami ini mampu mengurangi peradangan dan memberikan efek tenang bagi kulit. Oat akan membantu penyembuhan luka lebih cepat dan efektif, hanya dengan mandi atau berendam di dalam air yang sudah ditambah dengan 1 cangkir gandum, Anda dapat berendam sekitar 20 menit. Cara ini akan lebih efektif untuk luka yang tergolong besar atau lebih parah.

Sementara itu, jika Anda terkena cipratan air panas yang menyebabkan luka bakar kecil, siapkan mangkuk berukuran kecil yang sudah diisi air dan ditambah dengan oat secukupnya. Selanjutnya, bagian yang terkena air panas dan terluka bisa direndam, namun untuk mengeringkannya Anda hanya perlu menganginkannya alias mengeringkan secara alami sehingga kulit masih tetap dilapisi oat tipis-tipis yang tujuannya adalah untuk mengurangi rasa gatal. Sebagai tambahan bantuan, baking soda seperlunya juga bisa ditambahkan ke bak mandi karena peradangan kulit bisa dicegah oleh soda bikarbonat terlepas dari bahaya baking soda bagi kesehatan.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

11. Teh Hitam

Bahan lainnya yang sebaiknya dipertimbangkan adalah teh hitam dengan asam tanatnya yang akan mengurangi rasa sakit. Senyawa yang ada di dalam teh hitam mampu menenangkan kulit yang terbakar akibat air panas. Hanya dengan kantong teh hitam dingin dan basah ditempelkan ke bagian yang terluka lalu melilitkan kain kasa untuk menahannya di sana, Anda akan menemukan bahwa cara ini sangat efektif.

(Baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan – digigit anjing bahaya, pengobatan, cara menghindari)

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Ada beberapa hal yang mungkin Anda kira akan berhasil dan boleh dilakukan pada penanganan luka bakar, tapi langkah-langkah di bawah ini sebaiknya Anda benar-benar jauhi atau luka tersebut bisa makin parah.

  • Jangan membalut luka akibat siraman air panas dengan menggunakan kapas karena kulit yang ada lepuhannya bisa pecah.
  • Jangan sekali-kali menyentuh dan secara sengaja memecahkan gelembung atau lepuhan kulit yang terluka. Gelembung pada luka tersebut adalah bentuk dari bagaimana tubuh mencoba bertahan dan juga proses dari penyembuhan luka itu sendiri sehingga tidak usah menyentuh atau mengkhawatirkan gelembung lepuhan tersebut.
  • Jangan memberikan pasta gigi seperti yang Anda biasa lakukan ketika kulit terkena sesuatu yang panas karena risiko infeksi justru bisa meningkat. Jangan juga mengolesi luka dengan mentega dan kecap.
  • Jangan memanfaatkan es batu, air dingin atau air es untuk mengobati bagian yang terluka karena air panas karena jaringan kulit justru bisa rusak akibat Anda siram dengan air dingin.

Cara mengobati luka tersiram air panas wajib anda perhatikan agar tidak bertambah parah, jika anda rasa terlalu berat. Sebaiknya anda segera menghubungi dokter terkait.