25 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung secara Alami

2486

Siapa bilang jerawat hanya bisa muncul di wajah? Jerawat pun dapat muncul di bagian punggung. Percaya atau tidak, pemakaian akan produk tabir surya, minyak untuk pijat, dan body lotion mampu menyumbat pori-pori kulit punggung yang kemudian menjadi pemicu timbulnya jerawat di punggung. Tak hanya itu, ada pula beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan jerawat punggung, seperti:

  • Stres
  • Perubahan hormon
  • Diet yang kurang sehat
  • Sering memakai baju yang terlalu ketat
  • Perawatan kulit yang kurang tepat

Meski memang jerawat punggung cukup mengganggu, tapi tetap ada solusi yang bisa Anda bisa coba. Berikut di bawah ini merupakan ulasan beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung untuk Anda pertimbangkan.

(Baca juga: kutil kelamin – jenis-jenis penyakit kulit dan gambarnya)

1. Memakai Lidah Buaya

Sudah kita ketahui betul bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit sangat luar biasa selain daripada manfaatnya bagi rambut. Untuk jerawat di punggung, Anda bisa mengambil gel atau lendir lidah buaya yang alami untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di bagian tubuh tersebut serta mengurangi inflamasi.

Sebuah studi di tahun 2008 telah menyatakan bahwa di dalam lidah buaya ada kandungan antimikroba, antiseptik, antibakteri sekaligus anti-inflamasi yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Bahkan karena kandungan sifat anti-jerawat di dalamnya, Anda bisa mengandalkannya untuk mencegah jerawat punggung muncul kembali secara efektif.

  • Caranya: Anda bisa cukup mengambil ekstrak gel lidah buaya secukupnya untuk dibalurkan pada area punggung. Melakukannya sehari 2 kali jauh lebih disarankan dan dalam 1 minggu Anda akan merasakan efektivitasnya.
  • Alternatif: Cara lainnya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh madu murni dan bubuk kunyit dengan sesendok makan gel lidah buaya untuk membentuk pasta. Oles pasta tersebut ke bagian punggung, tunggu 20 menit sebelum dibilas; lakukan cara ini sehari 1 kali saja.

2. Menggunakan Kunyit

Kunyit terbukti sangat ampuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan kerap digunakan sebagai obat luar maupun dalam. Bagi yang memiliki jerawat punggung, tak ada salahnya mencoba meramu kunyit untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di punggung Anda.

Di dalam kunyit, ada kandungan kurkumin yang siap menjadi antimikroba sehingga mampu membasmi bakteri secepat kilat. Anti-inflamasinya juga cukup tinggi sehingga dapat mengurangi inflamasi serta rasa sakit dan tak nyaman akibat jerawat tersebut.

  • Caranya: Sediakan kunyit bubuk 1-2 sendok teh berikut juga sedikit minyak wijen sebagai campurannya agar membentuk pasta. Pasta inilah yang bisa Anda oles merata ke bagian punggung dan biarkan sekitar 1 jam sebelum membersihkannya dengan air biasa. Lakukan cara ini setiap hari 1-2 kali sampai beberapa hari.
  • Alternatif: Cara lain yang juga ampuh adalah dengan mengonsumsi susu kunyit setiap hari 2 kali untuk melawan inflamasi akibat jerawat. Campurkan saja ½ sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas susu hangat dan setelah tercampur, Anda dapat meminumnya langsung.

3. Minyak Pohon Teh

Untuk mengatasi jerawat yang ada di punggung, Anda membutuhkan juga kiranya minyak esensial sebagai penghilang jerawat tersebut. Kandungan antiseptik sekaligus anti-inflamasinya begitu tinggi sehingga akan membantu mengatasi dengan cepat dan menghilangkan kemerahan juga.

  • Caranya: Anda cukup mengambil 1-2 tetes minyak pohon teh dan teteskanlah ke sebuah kapas bersih di mana kemudian kapas tersebut bisa diusapkan ke bagian punggung. Tunggu sekitar 15-20 menit dan setelahnya bisa Anda bersihkan menggunakan air biasa. Melakukannya teratur setiap hari 1 kali lebih dianjurkan.
  • Alternatif: Selain cara tersebut, ada pula cara lain di mana Anda bisa mencampurkan 4-5 tetes minyak pohon teh bersama sesendok teh madu murni. Aplikasikan ke punggung yang berjerawat dan tunggu 15 menit sebelum akhirnya bisa dibilas.

Bila kulit Anda tipe sensitif, jangan langsung mengoleskan minyak pohon teh, tapi campur dulu dnegan air sedikit dengan perbandingan 1:3 sebelum memakainya.

(Baca juga: ciri-ciri bisul)

4. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel tentunya juga menjadi bahan alami yang bisa Anda andalkan ketika ingin menyembuhkan atau menghilangkan jerawat di punggung. Sifat antibakteri sekaligus anti-inflamasinya akan menyeimbangkan tingkat pH kulit juga sehingga kulit punggung bakal terbebas dari masalah kulit apapun.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel organik dan ambil 1 sendok makan saja untuk dicampurkan ke dalam secangkir air. Solusi inilah yang bisa Anda aplikasikan langsung ke bagian punggung yang berjerawat. Tinggalkan sejenak sekitar 10 menit sebelum kemudian nantinya Anda basuh menggunakan air hangat. Sesudah selesai, pastikan Anda memakai pelembab yang ringan di bagian punggung yang baru saja diobati. Sehari Anda bisa melakukan cara ini 2-3 kali sampai jerawat hilang secara menyeluruh.
  • Alternatif: Sebagai obat dalam, cuka sari apel juga sangat baik, jadi minumlah cuka sari apel setiap hari. Caranya adalah dengan mencampurkan sesendok teh cuka sari apel berikut sedikit madu murni ke segelas air hangat. Meminumnya sehari 2 kali akan memberikan hasil maksimal.

5. Memakai Madu

Madu kita tahu adalah salah satu bahan alami yang kalau kita konsumsi dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Memiliki sifat antibakteri sekaligus antibiotik, madu murni akan mengurangi gejala jerawat di punggung sekaligus mencegah infeksi.

  • Caranya: Ambil sedikit madu murni dengan kapas bersih dan oleskan merata pada bagian punggung yang berjerawat dan biarkanlah selama 15 menit. Setelah 15 menit itulah Anda baru bisa membilasnya dengan air hangat. Lakukan sehari 2-3 kali supaya hasil maksimal dalam menghilangkan jerawat punggung bisa terbukti.
  • Alternatif: Anda pun bisa membuat pasta dari campuran 1 sendok makan madu bersama dengan kayu manis bubuk ½ sendok teh. Aplikasikanlah pada bagian punggung dan tunggulah sekitar 10 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membasuhnya. Untuk cara ini, dianjurkan untuk melakukannya sehari 1 kali agar mendapatkan hasil paling baik.

6. Menggunakan Teh Hijau

Di dalam teh hijau, ada kandungan katekin yang menawarkan sifat antibakteri dengan kemampuan melawan bakteri penyebab jerawat di punggung. Sifat anti-inflamasi alami di dalamnya jugalah yang akan membantu supaya kemerahan dan inflamasi yang jerawat sebabkan bisa berkurang dan bahkan hilang secara total.

  • Caranya: Anda bisa mencamjpurkan ¼ cangkir teh hijau yang masih segar baru diseduh dengan air. Ambil kapas untuk dicelupkan ke dalam solusi, lalu oleskan langsung pada bagian punggung. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda menggunakan air dingin biasa untuk membersihkannya. Untuk hasil paling baik, cobalah menggunakannya sehari 2 kali setiap hari.
  • Alternatif: Ada juga lotion khusus dengan ekstrak teh hijau 2 persen yang bisa Anda oleskan ke punggung sehari 2 kali secara rutin. Atau, minumlah teh hijau setiap hari 3-4 cangkir untuk menghilangkan jerawat punggung dari dalam sekaligus mencegahnya kembali datang. Minum teh hijau juga akan membantu merawat kulit agar tetap kelihatan muda sekaligus sehat.

(Baca juga: tanda-tanda bisul)

7. Memakai Lemon

Kandungan asam L-askorbat di dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sangat besar dan itulah mengapa lemon mampu digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat pada bagian punggung maupun wajah secara cepat. Asam tersebutlah yang berperan penting menjadi pengangkat sel-sel kulit mati dan membebaskan pori-pori yang tersumbat.

  • Caranya: Anda bisa memotong lemon menjadi 2 bagian di mana bagian dalam potongan bisa Anda oleskan ke area punggung secara merata. Oleskan dengan gerakan melingkar dan setelah itu tunggu 10 menit sebelum Anda memakai air dingin biasa untuk membilasnya; lakukan metode ini sehari 2 kali setiap hari agar hasilnya dapat terlihat.
  • Alternatif: Anda juga bisa mencampurkan jus lemon dengan air mawar di mana masing-masing takarannya dibuat sama. Setelah tercampur rata, Anda bisa mengaplikasikannya ke area punggung dengan menggunakan kapas. Lalu, biarkan selama 25 menit sebelum dibilas dengan air biasa; alangkah baiknya kalau Anda menggunakan cara ini sehari 2 kali.

8. Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan jenis eksfoliator alami bagi kulit dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Terlepas bahaya baking soda, bahan ini cukup bagus dalam membasmi jerawat di punggung karena efek anti-inflamasi sekaligus antiseptiknya.

  • Caranya: Baking soda bisa Anda campurkan bersama air dengan perbandingan 3:1 dan jadilah adonan pasta dari baking soda. Adonan pasta inilah yang bisa Anda oles merata pada punggung dan tinggalkan selama beberapa menit sebelum dibilas air hangat. Kira-kira dalam waktu 1 minggu akan terlihat hasilnya di mana jerawat hilang dari punggung asalkan pemakaian rutin setiap hari.

9. Memakai Tomat

Tomat yang termasuk di dalam kategori buah maupun sayur ini merupakan buah yang bagus dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Asam salisilat di dalamnya cukup tinggi dan kandungan tersebutlah yang biasanya mampu mengatasi jerawat punggung. Faktanya, ini akan mampu mengeringkan jerawat dengan cukup cepat berkat juga kandungan anti-inflamasi alaminya.

  • Caranya: Anda bisa memotong sebuah tomat menjadi 2 bagian dan kemudian bagian dalamnya bisa Anda usapkan ke bagian punggung selama beberapa menit. Kemudian tunggulah 10 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membersihkan dan membilas bagian tersebut. Sebaiknya Anda melakukannya setiap hari di mana sehari Anda dapat mengaplikasikannya 2 kali.

(Baca juga: macam-macam penyakit kulit)

10. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal bukan hanya menjadi bahan makanan sehat bagi jantung, melainkan baik juga untuk kulit. Kalau oatmeal saja bisa menghilangkan jerawat di wajah, tentunya oatmeal ini pun bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat di bagian punggung. Peran oatmeal adalah sebagai eksfoliator yang akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menenangkan kulit yang terinflamasi.

  • Caranya: Anda bisa mencampurkan sesendok makan oatmeal dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Bagian kulit punggung Anda bisa dibasahi lebih dulu dan kemudian pasta yang sudah jadi dioleskan merata pada area yang berjerawat dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit sebelum kemudian dibasuh dengan air hangat; melakukannya 1-2 kali dalam seminggu akan memberikan hasil terbaik.

11. Memakai Kulit Jeruk

Anda juga bisa menghilangkan jerawat di punggung dengan menggunakan bahan alami seperti kulit jeruk yang kaya akan vitamin C sekaligus retinol. Selain mencerahkan kulit, Anda bisa menggunakannya untuk merawat kulit yang berjerawat dengan mengeringkan lebih dulu kulit jeruk di bawah sinar matahari.

Setelah dikeringkan Anda bisa menggilingnya dan menjadikannya bubuk kulit jeruk. Setelah menjadi bubuk, barulah Anda tambahkan gliserin atau air secukupnya untuk membentuk pasta. Lanjutkan dengan mengoleskannya ke punggung sampai merata dan biarkan kering secara menyeluruh, barulah setelah itu Anda bilas dengan air biasa. Lakukan setiap hari kalau ingin hasil yang efektif.

12. Menggunakan Minyak Cengkeh

Untuk masalah jerawat di punggung, Anda juga bisa menghilangkannya dengan minyak cengkeh yang mengandung antiseptik, anti-inflamasi, anestesi, antibakteri dan analgesik. Cukup mencampurkan minyak cengkeh sebanyak 2 sendok teh bersama minyak bunga matahari 10 sendok teh, Anda bisa oles langsung ke punggung yang berjerawat. Namun bila terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.

(Baca juga: gejala darah kotor)

13. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Jenis minyak lainnya yang bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat khususnya di punggung adalah minyak zaitun. Karena perannya sebagai pelembab alami kulit sangat bagus, maka memang minyak ini pun direkomendasikan bagi penderita jerawat punggung. Bahkan untuk yang bermasalah dengan bekas jerawat pun bisa menggunakan minyak zaitun.

  • Caranya: Tidak sulit, Anda cukup perlu mengambil minyak zaitun secukupnya dan kemudian aplikasikanlah ke punggung yang ada jerawatnya. Tinggalkan sekitar 5 menit lamanya dan setelah itu bersihkan minyak dengan kain atau handuk halus bersih saja. Lakukan rutin setiap hari bila menginginkan jerawat cepat hilang.

14. Memakai Garam Laut

Satu lagi bahan alami yang pas untuk menghilangkan jerawat di punggung, yaitu garam laut. Campurkan saja garam laut sebanyak 3 cangkir ke air hangat yang Anda hendak pakai untuk mandi. Berendamlah di sana sekitar ½ jam lamanya. Melakukan sehari 2 kali akan mempercepat hilangnya jerawat, tapi juga tergantung tingkat keparahan jerawat.

15. Menggunakan Kantong Teh

Kantong teh juga bisa dijadikan penghilang jerawat punggung sekaligus bekas jerawat. Anda bisa menggunakan kantong teh hijau saja supaya lebih berkhasiat. Kantong teh bisa Anda potong dan isi daun teh hijau bisa Anda tuang ke dalam sebuah mangkok lalu ditambahkan gula, garam dan kayu manis masing-masing 1 sendok teh.

Setelah itu, tambahkan juga minyak kelapa secukupnya agar adonan pasta dapat terbentuk. Pasta inilah yang bisa Anda pakai untuk dijadikan obat dengan mengoleskannya ke bagian punggung. Ketika mengoles, pastikan Anda juga memijatnya selama beberapa menit. Sesudahnya, pakai air hangat untuk membasuhnya.

(Baca juga: fungsi asam salisilat)

16. Memakai Daun Mint

Daun mint dapat juga dipakai sebagai bahan penghilang jerawat punggung karena kandungan analgesik alaminya yang juga disertai sifat anti-inflamasi di dalamnya. Dalam menggunakannya Anda bisa menggunakan daun mint yang sudah dihancurkan dan tambahkan air untuk membentuk pasta. Pasta dari daun mint dapat diaplikasikan ke punggung, tunggu 15 menit dan bilas dengan air biasa.

17. Memakai Bubuk Cendana dan Air Mawar

Ada pula cara yang juga alami nan sederhana dengan mencampurkan air mawar dengan bubuk cendana. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan di mana bubuk cendana secukupnya dan ditambahkan dengan 1 sendok teh air mawar untuk membentuk pasta. Aplikasikan pasta ke bagian punggung selama semalaman dan bersihkan keesokan paginya.

18. Menggunakan Pasta Gigi

Untuk membuat jerawat di punggung hilang, Anda bisa melakukan perawatan juga dengan pasta gigi. Ini karena pasta gigi akan membantu meredakan bengkak dari jerawat serta mengempiskannya cukup cepat. Langsung saja aplikasikan ke bagian punggung yang berjerawa setiap malamnya, dan esok paginya baru Anda basuh.

19. Memakai Nanas

Dalam menghilangkan jerawat di punggung, buah nanas adalah salah satu bahan yang boleh dan wajib dicoba. Kandungan bromelain di dalamnya sangat tinggi yang bekerja sebagai anti-inflamasi. Bahkan kandungan lainnya pun mampu menghilangkan bekas luka jerawat.

  • Caranya: Simpel sekali, cukup dengan esktrak jus nanas saja dari potongan nanas yang sudah Anda buat dan jus tersebut Anda aplikasikan ke bagian punggung yang jerawatnya hendak Anda obati. Pakailah kapas atau cotton bud agar lebih mudah, lalu biarkan selama ½ jam sebelum membersihkannya memakai air biasa. Melakukannya setiap hari akan memberikan hasil yang cepat dan efektif.

(Baca juga: obat gatal-gatal)

20. Menggunakan Bawang Merah

Sifat anti-inflamasi sekaligus antibakteri ada pada bawang merah yang akan membuat produksi kolagen dalam tubuh menjadi seimbang. Bahkan dengan penggunaan bumbu dapur ini pun Anda bisa menghilangkan bekas luka, termasuk bekas jerawat terlepas adanya efek samping bawang merah.

  • Caranya: Anda bisa ambil 2 siung bawang merah berikut sebuah timun untuk diekstrak jusnya masing-masing. Haluskan sesendok makan oatmeal yang sudah masak dan kemudian campurkanlah ekstrak jus tadi ke oatmeal di mana larutan bisa dioles kemudian di bagian punggung. Tinggalkan selama ½ jam dan sesudahnya Anda bisa membersihkan menggunakan air biasa.

21. Memakai Kentang

Perlu diketahui bahwa kentang adalah sumber makanan berkarbohidrat yang mampu mengontrol produksi kolagen berkat kandungan vitamin C-nya. Anda bisa cukup memarut kentang segar yang sudah Anda kupas dan bersihkan untuk kemudian digosok-gosokkan pada bagian yang berjerawat. Setelah beberapa menit, ekstrak kentang di punggung akan mengering dan kemudian bisa Anda bersihkan memakai air hangat.

22. Menggunakan Mentimun

Seperti kita tahu, mentimun adalah bahan alami yang kandungan airnya tinggi sehingga banyak juga digunakan untuk melembabkan kulit. Untuk jerawat punggung, Anda juga bisa memakai mentimun untuk menghilangkannya, maupun mencegah timbulnya bekas jerawat setelah jerawat berhasil hilang.

  • Caranya: Ekstrak saja jus dari 2 buah mentimun dan gosok-gosokkan punggung dengan ekstrak jus tersebut sehari 2 kali.
  • Alternatif: Ada pula cara lain di mana Anda perlu membuat pasta mentimun di mana Anda bisa mengaplikasikannya pada punggung. Tinggalkan 15 menit lamanya sebelum Anda membersihkan dengan air biasa. Untuk hasil terbaik dan jerawat cepat hilang, Anda bisa menggunakan setiap hari serutin mungkin.

(Baca juga: penyebab alergi kulit)

23. Memakai Minyak Vitamin E

Masalah jerawat punggung juga bisa diatasi dengan minyak vitamin E yang kaya akan antioksidan. Bahkan minyak ini jugalah yang mencegah dan mengurangi risiko jerawat membekas di bagian punggung. Minyak ini juga berperan penting sebagai anti-aging sehingga akan selalu mengencangkan dan melembutkan kulit.

Anda bisa membeli kapsul minyak vitamin E untuk dikonsumsi setiap hari sesuai dosis yang seharusnya. Atau, ambil minyaknya dari kapsul dan jadikan obat oles ke bagian jerawat punggung dengan jari Anda. Lakukan setiap malam saja sebelum tidur dan tinggalkan semalaman sesudah itu, barulah esok paginya Anda bersihkan dengan air.

24. Memanfaatkan Bawang Putih

Memang benar bahwa ada efek samping bawang putih dalam pemakaian berlebihan, namun bawang putih pada dasarnya aman bila penggunaannya tepat. Cukup Anda lembutkan bawang putih beberapa siung hingga menjadi pasta, lalu oles ke punggung yang bermasalah dengan jerawat. Bersihkan dengan air hangat sesudah beberapa jam.

25. Menggunakan Minyak Lavender

Satu lagi minyak esensial yang pas untuk menghilangkan jerawat di punggung, yakni minyak lavender yang berantibakteri sekaligus bersifat anti-inflamasi. Jika jerawat di punggung disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, minyak lavender ini mampu menyeimbangkan kembali sistem hormonal dalam tubuh Anda secara alami.

  • Caranya: Ambil 7-8 tetes minyak esensial lavender dan campurkan ke air hangat untuk mandi. Berendamlah di sana 20 menit atau lebih. Cara ini bisa dilakukan sehari 2-3 kali dan lebih direkomendasikan bagi yang jerawat di punggung pada kondisi yang serius.

(Baca juga: penyebab muka berminyak)

Itulah sejumlah rekomendasi cara menghilangkan jerawat di punggung yang dapat Anda coba di rumah secara teratur sesuai langkah yang dianjurkan. Namun selain cara tersebut, imbangi pula dengan pola hidup dan makan yang sehat supaya jerawat tak mudah datang.