Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 9 Faktor Penyebab Muka Berminyak dan Cara Mengatasinya secara Alami

9 Faktor Penyebab Muka Berminyak dan Cara Mengatasinya secara Alami

by Aulia Lia

Muka berminyak adalah sesuatu yang pernah dialami oleh semua jenis kulit terutama pada saat cuaca sedang panas atau karena seharian beraktifitas kerja atau memang seseorang belum mandi. Namun berbeda dengan yang dialami oleh kulit jenis berminyak karena cenderung lebih sering hadir diberbagai kesempatan, bahkan pada cuaca dingin sekalipun.

Apa kabar dengan muka berminyak? Kabarnya baik dan akan selalu dalam kondisi seperti itu dalam jangka panjang. Karena memang pada kenyataannya wajah berminyak adalah satu satunya jenis kulit yang memiliki persediaan minyak alami sendiri yang tidak mudah habis walaupun seseorang telah berusai diatas 50 tahun. Berikut adalah faktor penyebab muka berminyak.

1. Karena Mempunyai Kelenjar Minyak yang Aktif

Seseorang yang memiliki kulit jenis berminyak akan memiliki kelenjar minyak alami yang sering muncul diberbagai kesempatan. Kelenjar tersebut aktif memproduksi minyak alami dalam jumlah banyak dibanding jenis kulit lain.

2. Karena Gemar Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Seseorang yang gemar dan menyukai makanan yang mengandung lemak jenuh dan jenis gorengan atau daging olahan kalengan atau yang dipanggang dan dibakar maka wajahnya akan mengeluarkan minyak yang cukup tinggi kendati kulitnya berjenis normal atau kombinasi. Apa yang Anda santap adalah mengisyaratkan seberapa banyak kadar minyak terdampar di wajah.

Artikel terkait : Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

3. Karena Perubahan Hormon yang Tidak Stabil

Pada masa-masa menstruasi, wanita memiliki hormon yang sedang tidak stabil dan kondisi ini dapat mempengaruhi jumlah minyak diwajah. Perubahan hormon pada masa haid mampu membuat wanita terserang stres dan tidak mampu mengendalikan emosinya, keadaan ini dapat meningkatkan jumlah minyak alami yang ada di bawah kulit untuk muncul sesaat setelah mengalami tekanan pikiran dan rasa gelisah yang besar (stres).

Baca juga : Cara Mengatasi Stress Super Ampuh

4. Karena Pemilihan dan Pemakaian Kosmetik yang Tidak Tepat

Menggunkan make-up atau pelembab yang tidak sesuai dengan jenis kulit maka akan mempengaruhi kestabilan minyak alami yang ada di bawah kulit. Make up yang tidak cocok dapat merusak jaringan terdalam kulit dan meningkatkan produksi minyak menjadi tidak terkendali. Hal ini berlaku pada semua jenis kulit manusia.

5. Karena Faktor Keturunan (Genetik)

Kulit jenis berminyak bisa diakibatkan karena faktor genetik yang diturunkann dari kedua orangtua atau salah satu dari mereka. Faktor genetik menyediakan ketersediaan minyak alami yang terdapat dibawah jaringan kulit dan akan membuat tampilan seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak akan nampak selalu awet muda sampai usia diatas 50 tahunan.

Baca juga : Kelainan Genetika

6. Karena Suhu Cuaca yang Terlalu Tinggi

Suhu cuaca yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh cepat lelah dan sering terserang dehidrasi. Cuaca dengan intensitas pencahayaan matahari yang begitu kuat dapat mempengaruhi kondisi minyak alami yang ada dipermukaan kulit. Wajah akan selalu terlihat berminyak dan mengkilap dan disarankan membawa tisu serap yang diformulasikan untuk penyerapan minyak berlebih.

Baca juga : Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh

7. Malas Membersihkan Muka

Masih banyak yang tidak memahami bahwa sangat penting bagi wajah untuk tetap bersih dari noda ataupun make-up sebelum berangkat tidur malam. Pada saat wajah dihinggapi kotoran, minyak dan debu maka akan memicu berkumpulnya bakteri didalam pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat serta flek hitam. Malas membersihkan wajah adalah awal munculnya datang jerawat, gatal-gatal dan flek hitam serta mempercepat munculnya kerutan halus disekitar bawah mata dan mulut.

8. Karena Kadar Stres yang Berat

Sedapat mungkin hindarilah stres karena suasana hati yang tidak stabil dapat mempengaruhi peredaran darah sekitar kepala dan leher bagian belakang. Stres berkepanjangan akan memperburuk kestabilan minyak alami yang ada didalam dan permukaan kulit. Minyak kulit akan mengalami lonjakan dan membuat tampilan wajah menjadi berminyak, mudah kotor dan mengkilat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Stres Berat

9. Akibat Proses Perawatan Kulit yang Terlalu Sering

Banyak wanita menyerahkan perawatan kecantikan wajahnya pada tenaga ahli dibidangnya untuk menanganai masalah jerawat, tanning, pembersihan komedo, penyembuhan jerawat dan lain-lain, tak heran jika berbagai produk yang dipakai justru menjadikan kulit mengeluarkan banyak minyak.

Tentang Kondisi Jenis Kulit Berminyak

  • Kondisi kulit yang lelah, berminyak dan mengkilat dapat memudarkan make-up dan tampilan wajah lebih cepat kotor, karena minyak yang ada dipermukaan kulit cenderung menyerap apapun yang ada disekitar termasuk debu, asap dan radikal bebas lain.
  • Bagi seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak tidak perlu khawatir karena jumlah minyak alami akan selalu muncul diberbagai kesempatan tanpa Anda sadari dan itu adalah wajar, karena jenis kulit berminyak mempunyai kelenjar minyak yang aktif dalam memproduksi sebum alami dipermukaan kulit.

Keuntungan Kulit Berminyak

  • Tidak perlu ketergantungan memakai alas bedak atau pelembab ketika sedang bermakeup, kondisi ini dapat menghemat waktu dan biaya yang lebih efesien.
  • Mempertahankan ke-elastisitas dan kekenyalan kulit sampai usia tua yaitu sekitar 50 tahunan bahkan lebih jika seseorang telah rajin melakuakan perawataan wajahnya sejak masih muda.
  • Dapat menstabilkan kondisi kolagen dan ketersediaan air alami yang ada dibawah dan permukaan kulit. ( baca : Fungsi Kolagen Bagi Kesehatan dan Tubuh )
  • Dapat menghambat munculnya kerutan halus yang biasanya menyerang daerah mata dan sekitar mulut.
  • Kulit akan selalu terlindungi dan terhindar dari kekeringan atau dalam keadaaan dehidrasi.
  • Menjaga tampilan kulit agar tetap segar dan terhindar dari kulit yang lelah, kusam dam pucat.
  • Tampilan wajah akan selalu terlihat kencang, kenyal dan awet muda. ( baca : Tips Awet Muda )
  • Dapat melembabkan dan menyehatkan wajah dalam keadaan wajaah bemakeup tebal.
  • Kulit akan selalu tampil bercahaya.
  • Mempunyai Ph kulit yang seimbang, minyak alaminya mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Sangat cepat menyerap krim vitamin yang diformulasikan untuk kecantikan wajah.
  • Dapat menyeimbangkan kadar air alami yang ada dibawah kulit.
  • Dapat menyimpan kelebihan minyak didalam jaringan kulit untuk melindungi kulit dari dehidrasi dan paparan sinar matahari.
  • Mampu menjaga keremajaan sel sel kulit dan melindungi kolagen agar tetap sehat seiring bertambahnya usia.
  • Jaringan kulit dapat menyembuhkan kerusakan yang terjadi dipermukaan kulit misalnya luka dan peradangan akibat jerawat yang disembuhkan dengan minyak alami yang dimilikinya.

Tips Mengatasi Muka Berminyak

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi muka berminyak secara alami dan efisien.

1. Masker Seledri

Haluskan seledri dan berilah air jeruk nipis secukupnya. Gunakan masker seledri ini untuk menstabilkan kadar minyak berlebih di permukaan kulit .

2. Masker Tomat

Blenderlah tomat tua lalu jadikan masker harian untuk program mengurangi kelebihan minyak dan mengangkat semua jenis kotoran dan polusi udara yang tersembunyi didalam pori-pori kulit. Lakukan setelah Anda pulang dari rutinitas kerja atau pakailah 30 menit menjelang tidur malam. Setelah itu bilaslah dengan air dingin.

3. Masker Timun

Ketimun dapat menyerap minyak berlebih yang ada dipermukaan kulit dan mengecilkan pori agar terhindar dari tumbuhnya jerawat dan komedo. blenderlah mentimun dan oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit. Lalu cucilah wajah dengan air hangat.

Baca juga : Khasiat Timun untuk Kesehatan

4. Masker Kentang

Kentang dapat mengikat dan menyerap cepat kelebihan minyak dipermukaan kulit dan mencerahkan kulit dengan cepat jika Anda gunakan sebagai masker harian secara teratur.

Baca juga : Bahaya Kentang Goreng

5. Masker Putih Telur

Pakialah masker putih telur setelah pulang dari kerja, agar minyak yang ada dikulit tetap stabil dan terhindar dari kelebihan minyak setelah selesai mandi. Putih telur kaya manfaat selain dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit mampu pula menstabilkan kadar minyak berlebih pada jenis kulit berminyak dan kombinasi.

Baca juga : Bahaya Telur Setengah Matang

6. Minum Air Putih Sebanyak Mungkin

Minumlah air putih sebanyak banyaknya, paling tidak mencapai 8 sampai 12 gelas perharinya, air putih mempunyai keajaiban mengontrol dan menstabilkan kadar minyak pada kulit dari dalam.

Artikel terkait : Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

7. Rajin Membersihkan Muka

Malas membersihkan muka berarti Anda memberi peluang bakteri yang ada dipermukaan kulit untuk bebas mengurai bersama kotoran dan minyak yang telah bercampur debu. Kondisi ini akan memperburuk keadaan muka yaitu wajah akan terlihat kusam, berjerawat, penuh ditumbuhi komedo dan tampilan wajah lebih tua dari usia sebenarnya. Bersihkanlah wajah dengan pembersih yang diformulasikan khusus untuk mengurangi kelebihan minyak tetapi yang sesuai dengan jenis kulit.

8. Masker Strawberry

Masker strawberry mampu menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit dan menyeimbangkan kadarnya agar tetap normal. Pakailah masker ini dua kali dalam seminggu untuk memberikan nutrisi vitamin C pada jaringan kolagen yang ada dibawah kulit.

Baca juga : Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

9. Masker Lidah Buaya

Daging atau lendir lidah buaya dapat menghilangkan minyak berlebih dan menstabilkan kondisi ph kulit agar tidak mengalami peningkatan. Oleskan lidah buaya yang sebelumnya telah diblender pada seluruh permukaan kulit kira kira 1 jam setelah Anda pulang dari kerja dan sehabis mandi atau oleskan pada malam hari sebelum berangkat tidur kurang lebih selama 20 menit .

Artikel terkait : Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit

10. Masker Yogurt

Untuk mengecilkan pori-pori, membersihkan sisa make up dan mengurangi kadar minyak yang berlebihan maka zat asam yang ada pada yogurt mampu menyerap minyak berlebih tanpa membuat kondisi kulit menjadi kering. Bakteri baik yang ada di yogurt dapat menstabilkan keasamam atau ph kulit agar tetap seimbang.

11. Air Teh Hijau

Air teh hijau yang disimpan dalam lemari es selama 24 jam dapat digunakan untuk mencuci muka pada pagi hari. lakukan hal ini setiap hari agar minyak yang ada pada kulit wajah menjadi stabil dan kondisi wajah benar benar mempunyai kadar PH yang normal dan menenangkan hormon yang bertindak sebagai pemasok minyak alami dipermukaan kulit agar tidak terlalu aktif bergerak. Wajah siap untuk mendapatkan riasan sebelum berangkat atau berpergian.

12. Apel Cuka Merah dan Putih

Mengoleskan cuka apel merah dan putih dapat menyerap, mengikat, mengendapkan lalu dibuang melalui pengeluaran keringat dan proses pembakaran lemak tubuh dan menstabilkan kelebihan minyak pada jenis kulit berminyak dan baik untuk perawatan jenis kulit kombinasi. Apel cuka juga dapat membuat kadar PH kulit menjadi ideal.

13. Masker Pisang + Madu

Haluskanlah pisang dan tambahkan madu secukupnya lalu lumatlah untuk beberapa saat agar daging pisang dan cairan madu dapat bersatu dengan merata. Oleskan adonan tersebut pada wajah, pisang dan madu dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan mampu menjaga kulit wajah dalam keadaan lembab alami meskipun beraktifitas dibawah sinar matahari tanpa membaut wajah berubah kering dan kusam.

Artikel terkait : Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

14. Menyemprotkan Larutan Garam

Campurkan satu sendok teh garam beryodium bersama air matang setengah botol lalu semprotkan pada wajah jika Anda merasakan wajah terlalu lelah dan berminyak. Larutan garam tersebut dapat menyerap minyak pada wajah dengan cepat. Wajah akan selalu terlihat lembab tertapi tidak berminyak.

Baca juga : Akibat Kekurangan dan Kelebihan Yodium pada Tubuh

15. Menggunakan Kertas Khusus untuk Penyerapan Minyak

Jika ingin instan dan tidak menyita waktu terlalu lama, siapkan selalu kertas yang khusus dibuat dan diformulasikan untuk penyerapan minyak berlebih pada wajah. Pakailah ketika wajah benar-benar membutuhkannya hal ini untuk penghematan juga. Tetapi kertas penyerap minyak tersebut tidak dapat menjamin jika kelebihan minyak kulit tidak akan datang kermbali setelah 25 menit kertas dibuang.

You may also like