Kutil Kelamin (condyloma) : Ciri Ciri – Penyebab – Pengobatan – Cara Mencegah

8112

Penyebab condyloma yang diketahui oleh masyarakat hanyalah virus, sedangkan penyebab lainnya masih banyak yang belum mengetahuinya. Condyloma sendiri memiliki nama lain berupa kutil kelamin atau jengger ayam. Penyakit itu bisa menyerang baik wanita maupun lelaki, ketika terkena kutil kelamin mereka tidak tidak tahu jika itu adalah kutil kelamin. Anggapan yang salah tentang kutil kelamin adalah kutil kelamin tidaklah berbahaya sehingga bisa didiamkan begitu saja.

Pengetahuan yang sedikit tentang kutil kelamin membuat anggapan-anggapan salah bermunculan. Anggapan yang salah itu diperkuat dengan sifat dari kutil kelamin itu sendiri dimana kutil kelamin bisa hilang kemudian muncul kembali. Jika anda terserang kutil kelamin sebaiknya anda mengobatinya sampai tuntas ke akarnya sehingga organ genital anda bisa terbebas dari virus tersebut.

Ciri Ciri Kutil Kelamin Condyloma

Ada beberapa ciri atau tanda dari kutil kelamin, penyakit ini bisa jadi penyakit paling mematikan di dunia jika tidak segera di obati. Tidak hanya wanita saja yang patut mewaspadai kutil kelamin, pria pun harus mewaspadai munculnya kutil kelamin tersebut. Berikut ini tanda munculnya kutil kelamin atau condyloma yang patut diwaspadai :

  1. Munculnya Benjolan

Tidak semua benjolan yang muncul di kelamin adalah kutil kelamin. Benjolan di kelamin bisa berupa bisul, jerawat dan salah tunya adalah kutil. Benjolan yang bermunculan dan bergerombol di kelamin adalah kutil kelamin. Berbeda dengan bisul dan jerawat yang biasanya tidak bergerombol.

  1. Berisi Daging

Benjolan yang muncul di kelamin tidak hanya sekedar benjolan saja. Kutil kelamin memiliki ciri khas berisi daging dan juga jaringan. Jika bisul dan jerawat kebanyakan berisi cairan, sedangkan untuk kutil kelamin berisi daging tumbuh.

  1. Bentuknya Kecil

Benjolan yang muncul di kelamin memiliki ukuran yang kecil. Karena bergerombol ukurannya bisa besar dan juga banyak.

  1. Bengkak

Benjolan yang muncul akan disertai dengan pembengkakan di daerah skitar benjolan. Pembengkakan di daerah benjolan tersebut akan berwarna berbeda dari kulit di sekitarnya.

  1. Kemerahan

Seperti halnya bahaya merkuri yang bisa membuat kulit kemerahan. Condyloma yang menempel pada kelamin ada yang berwarna kemerahan. Hal itu menunjukkan jika ada infeksi atau virus di dalam benjolan tersebut.

  1. Menyerupai Jengger Ayam

Pernahkah anda melihat jengger ayam pada ayam jago maupun ayam betina?, ya seperti itulah benjolan yang akan muncul di kelamin orang yang terinfeksi dengan condyloma. Bentuknya yang bergerombol menyerupai dengan jengger ayam.

  1. Menyerupai Kembang Kol

Bentuk dari condyloma jika sudah menempel pada kelamin juga menyerupai dengan kembang kol. Cobalah anda raba permukaan kulit atas kembang kol,seperti itulah bentuk dari kutil kelamin.

  1. Gatal

Hampir semua jenis penyakit kulit akan menimbulkan gatal gatal seperti panu dan kutil kelamin ini. Semua virus yang berhubungan dengan alat kelamin pasti menimbulkan rasa gatal. Sama halnya dengan kutil kelamin yang disebabkan oleh virus ini bisa menyebabkan rasa gatal pada organ kelamin.

  1. Tidak Nyaman

Kutil kelamin yang muncul bisa membuat rasa tidak nyaman di daerah kelamin. Orang yang sudah terinfeksi dengan virus ini akan tidak jenak dalam beraktivitas. Rasa tidak nyaman akan bertambah ketika sedang duduk.

  1. Pendarahan

Kutil kelamin yang sudah ke dampak lebih serius menyebabkan orang tersebut akan mengalami pendarahan sehabis melakukan hubungan skesual. Jika anda menderita penyakit kutil kelamin sebaiknya anda menunda untuk berhubungan seksual terlebih dahulu. Jika virus tersebut berlum sembuh atau hilang secara tuntas sampai ke akar-akarnya, virus tersebut akan menular ke pasangan anda.

  1. Nyeri

Ciri lainnya dari penyakit condyloma atau kutil kelamin adalah timbulnya rasa nyeri di organ kelamin. Hal itu dikarenakan pembengkakan yang muncul di kelamin memicu rasa nyeri.

  1. Berbau

Condyloma atau jengger ayam yang ada pada kelamin merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada kelamin, bau itu disebabkan oleh infeksi oleh virus atau bakteri.

  1. Perih

Rasa perih juga akan dirasakan oleh penderita condyloma jika kutil kelamin atau jengger ayam yang ada di kelaminnya bergesekan dengan celana dalam.

  1. Kutil Berdarah

Jika sudah terkena gesekan dengan celana dalam yang digunakan, kutil kelamin tersebut akan mudah sekali mengeluarkan darah dan menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

  1. Muncul Di Lekukan Batang Dan Kepala Penis

Pada pria, kutil atau jengger kelamin ini memiliki daerah favorit untuk pertumbuhan. Kutil kelamin itu bisa muncul dan bergerombol antara batang dan juga kepala penis. Kutil kelamin pada pria cenderung bisa mudah dilihat daripada kutil kelamin pada wanita.

  1. Muncul Di Jaringan Tipis Ujung Penis

Ujung penis merupakan organ untuk mengeluarkan kencing. Di sana terdapat jaringan yang tipis untuk berkemih. Jengger ayam juga bisa muncul secara bergerombol di daerah tersebut.

  1. Muncul Di Batang Penis

Kutil kelamin mudah sekali menyebar, dia bisa menyebar sampai memenuhi batang penis pria.

  1. Sekitar Anus

Di dekat lubang dubur, kutil kelamin atau jengger ayam juga bisa muncul secara begerombol. Akibatnya adalah penderita akan merasakan nyeri saat akan buang air besar. Alasannya adalah dimana ada kutil kelamin pasti akan ada pembengkakan. Saat mendapatkan penekanan, pembengkakan tersebut akan terasan nyeri.

  1. Muncul Di Bibir Vagina

Pada wanita kutil kelamin ini bisa muncul di bibir vagina dan biasanya akan muncul memenuhi bibir vagina.

  1. Muncul Di Serviks

Berbeda dengan pria, untuk mengetahui kutil kelamin pada wanita lebih sulit sebab kutil kelamin ini juga bisa muncul di serviks atau mulut rahim. Sehingga untuk mendeteksinya dibutuhkan alat bantu kedokteran.

  1. Vagina

Vagina juga bisa terserang kutil kelamin. Saat bibir vagina terbuka akan ditemukan vagina. Jika muncul di vagina wanita, wanita tersebut akan merasakan gatal di dalam vaginanya.

  1. Warna Kutil Kelamin

Kutil kelamin akan memiliki kulit atau warna hitam agak kemerahan, abu-abu agak kemerahan, cokelat agak kemerahan dan juga merah.

Penyebab Kutil Kelamin Condyloma

Penyebab condyloma adalah bermacam-macam, berikut ini penyebab dari condyloma yang harus diketahui :

  1. Virus HPV

Human Papiloma Virus merupakan penyebab utama mengapa seseorang bisa terkena penyakit kelamin. Tipe dari virus HPV bermacam-macam, tidak semua virus HPV bisa menyebabkan penyakit kutil kelamin. Dari 120 subtipe hanya ada dua tipe saja yang bisa menyebabkan penyakit kutil kelamin..Berikut ini berbagai tipe virus HPV dan penyakit yang disebabkannya :

  • HPV tipe 6 dan 11 merupakan HPV yang bisa menyebabkan timbulnya kutil kelamin atau condyloma.
  • HPV tipe 16 dan juga tipe 18 memiliki faktor resiko yang lebih berat sebab berpotensi menjadi kanker, salah satu kanker yang disebabkan oleh HPV adalah kanker serviks.
  1. Aktif Seksual

Orang yang telah aktif seksual terutama sejak saat remaja ( kurang dari 20 tahun ) bisa menyebabkan dirinya terkena kutil kelamin. Virus HPV akan mudah sekali menyerang orang yang sudah terbiasa melakukan hubungan seksual sejak remaja.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan

Saat berhubungan seksual, pasangan yang kurang menjaga kebersihan organ intimnya bisa terkena penyakit kelamin. Virus akan mudah sekali tumbuh dan berkembang di tempat yang lembab. Jamur juga akan mudah berkembang biak di tempat yang lembab. Hal seperti itulah yang bisa memicu seseorang terkena penyakit kelamin seperti condyloma.

  1. Berganti Pasangan

Suka berganti-ganti pasangan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ini. Penyebabnya adalah orang yang suka bergonta ganti pasangan memudahkan dirinya terinfeksi oleh orang yang sebelumnya telah tertular dengan virus ini.

  1. Berhubungan Tanpa Pelindung

Orang yang suka bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan pelindung bisa memudahkan dirinya terkena penyakit ini. Orang yang suka bergonta ganti pasangan tidak pernah tahu bagaimana pasangan barunya merawat ogan genitalnya. Jika perawatan organ genitalnya buruk, dia kan mudah terinfeksi apalagi jika diaberhubungan tanpa menggunakan pelindung seperti kondom.

  1. Riwayat Penyakit

Orang yang memiliki riwayat penyakit kelamin sebelumnya bisa memudahkan dirinya untuk terkena penyakit kutil kelamin. Misal sebelumnya dia terkena penyakit gonore, meski sudah sembuh dia bisa rentan terkena penyakit kutil kelamin. Apalagi jika perawatan kebersihan organ genitalnya buruk. Orang yang sebelumny memiliki riwayat penyakit condyloma resiko kekambuhnya juga tinggi.

  1. Seks Oral

Orang berpikiran jika penyakit kelamin hanya bisa ditularkan melalui organ genital saja sehingga mereka berpikir aman-aman saja jika melakukan sex oral. Anggapan tersebut sangat salah, karena semua penyakit kelamin bisa ditularkan antara kulit dengan kulit. Penyakit kelamin tidak bisa ditularkan dengan cara ciuman dan pelukan namun kutil kelamin bisa menular dengan cara kontak kulit dengan kulit. Saat melakukan sex oral, kulit bibir akan bertemu dengan organ genital yang telah terinfeksi. Melalui bibir tersebutlah virus tersebut akan masuk dan menjangkiti orang tersebut.

  1. Sex Toys

Jangan pernah berbagi peralatan pribadi dengan orang lain sebab hal itu bisa memicu penularan penyakit menular dan juga penyakt kelamin. Jika anda meminjamkan sex toys kepada orang yang sudah terinfeksi HPV lalu sex toys itu anda gunakan, anda bisa tertular penyakit tersebut.

  1. Sentuhan Tangan

Meski jarang terjadi, namun penularan condyloma bisa melalui sentuhan tangan. Orang yang menyentuh kutil kelamin kemudian tidak cuci tanga bisa terinfeksi dengan kutil kelamin.

Pengobatan Kutil Kelamin

Berbagai macam jensi penyakit kelamin memerlukan pengobatan yang lama, hal itu dikarenakan virus HPV sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, orang yang telah terinfeksi dengan virus tersebut diharapkan untuk bersabar dalam melakukan pengobatan dan bersabar untuk tidak berhubungan seksual. Berikut ini pengobatan yang dilakukan pihak medis untuk mengobati penyakit kutil kelamin :

  1. Imunoterapi

Salah satu pengobatan untuk mengobati condyloma dalah imunoterapi. Imunoterapi adalah terapi untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem imun. Virus di dalam tubuh bisa ditangkal dan diusir dengan sistem imun yang baik.

  1. Salep

Pengobatan topikal akan memberikan salep kepada penderita kutil kelamin. Salep itu bisa berupa salep antibiotik agar bakteri dan virus yang ada di kutil kelamin menghilang.

  1. Krim

Menggunakan krim jga bisa digunakan sebagai pengobatan topikal untuk penderita condyloma. Krim yang digunakan juga krim yang sifatnya pembunuh bakteri dan penghilang virus.

  1. Cairan

Pengobatan topikal untuk mengatasi penyakit condyloma yang tergolong ringan juga bisa menggunakan cairan yang bisa dioleskan atau disemprotkan ke kutil kelamin.

  1. Pembedahan

Jika kutil kelamin sudah meluas dan banyak, pihak medis akan melakukan pengobatan ablasi yang melibatkan pembedahan. Pembedahan yang akan dilakukan pihak medis adalah berikut ini :

  • Bedah listrik. Pembedahan yang dilakukan menggunakan bantuan energi listrik. Listrik tersebut yang akan mengjhilangkan kutil kelamin yang melekat di kelamin.
  • Eksisi. Eksisi merupakan pembedahan untuk mengangkat jaringan di kutil kelamin tersebut.
  • Bedah laser. Bedah laser merupakan pembedahan yang canggih sebab tanpa sayatan. Hanya menggunakan laser kutil kelamin tersebut bisa menghilang.
  • Bedah scalpel. Berbeda dengan bedah laser, bedah scalpel merupakan pembedahan yang melakukan sayatan menggunakan pisau. Pembedahan itu bertujuan untuk memotong jaringan.

Pencegahan Condyloma

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Untuk berbagai macam kasus penyakit kelamin, lebih baik mencegah dibandingkan mengobati dikarenakan penyakit itu bisa muncul kembali entah berminggu-minggu setelah pengobatan, berbulan-bulan atau bahkanbertahun-tahun tergantung bagaimana mereka menjaga kesehatan dan kebersihan organ genitalnya. Untuk mencegah anda bisa melakukan hal berikut ini :

  1. Setia Pada Pasangan

Setia pada pasangan adalah cara untuk mencegah penyakit kelamin. Hal itu dikarenakan kita akan lebih tahu hygienitas pasangan kita dibandingkan dengan orang yang baru kita kenal.

  1. Menggunakan Kondom

Kondom merupakan cara yang aman untuk berhubungan seksual. Kondom bisa mencegah bertemunya kulit dengan kulit sehingga infeksi bisa diminimalisir.

  1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan organ genital merupakan cara yang efektif untuk mencegah munculnya virus HPV di dalam tubuh. Usahakan agar organ genital selalu kering, bersih dan terawat.

  1. Vaksinasi

Vaksinasi adalah cara terakhir untuk mencegah munculnya berbagai macam virus HPV. Virus HPV merupakan penyebab berbagai macam masalah kelamin. Pemberian vaksinasi HPV ini sebaiknya dilakukan ketika belum aktif berhubungan seksual, jika diberikan pada orang yang sudah berhubungan seksual khasiat vaksinasi sudah tidak akan efektif lagi.

Baca : Macam Macam Penyakit Kulit & Penyebab alergi

Kutil kelamin adalah penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan saja, jadi sebaiknya anda konsultasi dengan dokter terkait untuk penanganan lebih lanjut