20 Cara Mengatasi Jerawat di Bokong Paling Efektif dan Cepat

Jerawat bukan hanya bisa menginvasi bagian wajah atau punggung, nyatanya bokong pun dapat ditumbuhi jerawat yang mengganggu. Karena jerawat dapat begitu sakit, terutama saat dibuat duduk, maka ada beberapa cara mengatasi jerawat di bokong yang layak untuk dicoba. Berikut adalah beberapa cara yang efisien, efektif dan alami sehingga tak perlu khawatir efek samping berbahaya.

Baca juga:

  1. Menggunakan Minyak Nimba

Minyak ini kaya akan antiseptik alami berikut juga antijamur yang akan menjadi solusi bagi jerawat yang ada di bokong Anda. Pakailah sehari 4-5 kali untuk membuktikan efektivitasnya dengan cara dioleskan langsung pada bagian bokong yang terkena jerawat. Untuk proses kesembuhan yang cepat, lakukan secara rutin.

  1. Menjauhi Junk Food

Untuk mengatasi jerawat yang ada di area bokong, sementara hindari makanan junk food, yaitu makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi. Bahkan makanan yang tinggi kadar gulanya juga sebaiknya tidak dikonsumsi. Makanan-makanan inilah yang mampu meningkatkan risiko inflamasi dan memperlambat hilangnya jerawat.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Saat jerawat muncul di bokong, salah satu solusi aman dan alami yang bisa diandalkan adalah minyak kelapa. Cukup dengan secara rutin mengaplikasikan minyak kelapa ini ke bagian kulit bokong yang berjerawat sambil dipijat pelan beberapa kali sehari akan memberikan hasil yang optimal terhadap hilangnya jerawat.

(Baca juga: gejala darah kotorpenyebab bisul pada pantatpenyebab sakit bokong)

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Rasakan dan buktikan khasiat lidah buaya untuk kulit, tak terkecuali sebagai obat bagi jerawat yang muncul di bokong. Cukup ambil daunnya, belah dua untuk bisa mendapatkan lendir atau gelnya. Bisa langsung dioles ke jerawat atau gelnya diblender lebih dulu. Setelah diaplikasikan ke kulit, tunggu 20 menit sebelum dibilas; lakukan setiap hari 2-3 kali sampai jerawat hilang.

  1. Memakai Kantong Es

Mungkin es batu bukanlah solusi yang mampu menyembuhkan jerawat secara langsung, namun pakailah kantong es untuk mengurangi inflamasinya. Siapkan beberapa kotak es batu untuk dibungkus menggunakan handuk. Lanjutkan dengan mengompres bagian jerawat di bokong selama 10-15 menit; cara ini boleh diulangi beberapa kali dalam sehari, tapi tidak dengan secara langsung menempelkan es ke kulit yang berjerawat.

  1. Kompres Hangat

Sebagai kompres hangat yang ampuh mengatasi jerawat pada bokong, buatlah ramuan dengan mencampurkan sesendok teh garam meja ke dalam air hangat sebanyak 300-400 ml. Kemudian ambil kain bersih untuk direndamkan di sana, peras, lalu kompreskan ke bagian jerawat pada bokong.

Ketika mengompreskannya, tunggu sampai 15 menit lamanya. Setelah kompresan yang tadinya hangat sudah mulai dingin, gantian aplikasikan kompresan yang lebih segar di bagian kulit bokong yang berjerawat tadi. Melakukan cara ini beberapa kali sehari akan memberikan hasil terbaik.

(Baca juga: cara mengecilkan bokong dan paha dengan cepat cara mengatasi sakit tulang ekor)


  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Kandungan sifat antijamur dan antibakteri di dalam cuka sari apel cukup tinggi, jadi pakailah sebagai obat jerawat di bokong. Campurkan secangkir cuka sari apel murni ke dalam bak mandi yang berisikan air hangat. Berendamlah di sana 15 menit dan lakukan seminggu 2-3 kali.

Boleh juga kalau Anda ingin menggunakannya dengan cara mengonsumsinya, yakni dengan menambahkan 1-2 sendok teh cuka sari apel murni ke segelas air hangat. Meminumnya disarankan sekali atau 2 kali dalam sehari setiap hari. Jika digunakan rutin, tentunya kulit bokong yang berjerawat akan lebih cepat putih dan jerawat akan cepat hilang juga.

  1. Menggunakan Kunyit

Kunyit dapat menjadi obat alami berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali masalah kesehatan kulit. Untuk mengatasi jerawat di bokong, ambil sedikit bubuk kunyit dan juga air secukupnya, campurkan keduanya. Setelah itu, aplikasikan saja secara langsung di bagian kulit yang berjerawat; lakukanlah rutin supaya Anda bisa merasakan hasil efektifnya.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih memang terkenal kuat dan akan cukup perih bila terkena kulit, namun kandungan antimikroba dan antibakterinya termasuk tinggi. Bersifat anti-inflamasi juga, bawang putih bisa dibuat menjadi pasta yang kemudian dioles merata di bagian jerawat yang ada pada bokong. Selain aroma menyengatnya, tak ada masalah lain yang akan Anda hadapi.

  1. Memakai Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh juga pada dasarnya mampu membunuh bakteri berbahaya yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada bokong atau masalah kulit lainnya. Untuk proses kesembuhan alami, ambil beberapa tetes minyak ini, teteskan ke sebuah kapas bersih.

Setelah diteteskan ke kapas bersih, secara perlahan bisa Anda oles perlahan ke bagian kulit yang berjerawat. Tunggulah mengering sebelum kemudian dibersihkan dengan cara membilasnya menggunakan air hangat. Menggunakan cara ini sehari 2-3 kali serutin mungkin akan memberikan hasil paling efektif. Namun bagi pemilik kulit sensitif, campur lebih dulu minyak pohon teh ke dalam air dengan perbandingan 1:1 sebelum diaplikasikan ke kulit.

(Baca juga: kelebihan wanita mempunyai bokong besarcara menghilangkan selulit)

  1. Memakai Pasta Gigi

Dalam menyembuhkan jerawat pada bokong, pakailah pasta gigi putih sebagai pembasmi bakteri penyebab infeksi. Karena kelenjar minyak yang terlalu produktif, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara mengoleskan sedikit pasta gigi warna putih pada bagian kulit bokong yang berjerawat, tunggu semalaman, esok paginya bisa dibilas dengan air dingin.

  1. Memakai Aspirin

Cara lainnya yang juga bisa dibuktikan keampuhannya adalah dengan penggunaan aspirin. Hancurkan 1 atau 2 tablet aspirin yang kemudian ditambahkan dengan air. Buatlah larutan pasta yang cair dan tambahkan juga dengan minyak zaitun atau madu murni. Setelah jadi, oles langsung pada kulit bokong berjerawat dan tunggu kering beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat; pemakaian sehari 2 kali lebih disarankan.

  1. Menggunakan Baking Soda

Sebagai solusi jerawat di bokong, Anda bisa membuat ramuan dari baking soda sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan air sedikit untuk menjadi larutan pasta. Aplikasikan langsung pada kulit bokong yang terkena jerawat dan biarkan selama 2 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin. Karena adanya bahaya baking soda bila dipakai berlebihan, cukup selama masa perawatan ini Anda gunakan sehari sekali setiap hari.

  1. Memakai Oatmeal

Ambil secangkir oatmeal yang kemudian bisa dihaluskan dengan memblendernya. Kemudian lanjut dengan mencampurkannya bersama secangkir garam Epsom dan taruhlah pada sebuah kontainer untuk disimpan. Setelahnya, ambil 1-2 sendok makan untuk ditaruh pada kain bersih dan ikat. Celup ke dalam air hangat dan setelahnya kompreskan ke bagian kulit yang berjerawat selama 15 menit; melakukannya setiap hari dengan beberapa kali penggunaan per harinya selama 1 minggu akan terlihat hasilnya.

(Baca juga: penyebab kulit jari mengelupas cara menghilangkan ruam di ketiak)


Cara Lainnya untuk Mengatasi Jerawat di Bokong

Selain dari cara-cara tersebut, masih ada sedikit tips yang bisa Anda coba ketika jerawat mengganggu muncul dibokong dan minta dibasmi.

  • Minum banyak air putih supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, baik dari dalam maupun luar.
  • Diet makanan mentah boleh dicoba karena diet jenis ini diyakini mampu membersihkan tubuh dari racun.
  • Hindari duduk dalam waktu yang lama.
  • Hindari memencet jerawat pada bokong atau hal ini akan memicu membekasnya jerawat atau malah menjadi awal penyebaran bakteri.
  • Pakai krim khusus yang mengandung mineral zinc supaya inflamasinya dapat berkurang.
  • Pakailah celana yang longgar, terutama ketika cuaca dan hawa sangat panas.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang cara mengatasi jerawat di bokong yang kiranya bisa membantu Anda supaya tak pusing-pusing lagi. Terlebih dari itu, hindari dehidrasi dan selalu jaga kebersihan tubuh diri sendiri untuk menghindari masalah jerawat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 12th, September 2017 / 16:01 Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin