14 Cara Mengecilkan Bokong dan Paha dengan Cepat dan Alami

20768

Berat badan yang ideal dan bentuk tubuh seperti seorang model bisa jadi merupakan idaman bagi setiap wanita. Namun apakah setiap wanita memiliki bentuk tubuh ideal seperti yang mereka inginkan? Jawabannya adalah tidak. Beberapa orang memiliki berat badan berlebih. Ada pula yang memiliki masalah dengan penumpukan lemak di bagian-bagian tertentu seperti di bagian paha dan juga pantat (bokong). Bokong besar mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Ada pula yang menganggap bahwa indikator seksi salah satunya adalah bentuk pantat yang besar. Namun bagi sebagian wanita, memiliki bentuk pantat yang besar dan ditambah dengan bentuk paha yang besar pula adalah suatu kondisi yang dapat menurunkan kepercayaan diri mereka. Bahkan mereka sering merasa kesulitan mencari pakaian yang sesuai yang mampu beradaptasi dengan bentuk tubuh mereka. Karena itulah, beberapa wanita yang sangat peduli akan bentuk tubuh ideal akan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan bokong dan paha mereka. (baca juga: kelebihan wanita mempunyai bokong besar)

Selanjutnya, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengecilkan bokong dan paha yang terlalu besar. Namun, sebelum kita membahas mengenai berbagai tips yang dimaksud tersebut, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai berbagai faktor yang dapat menyebabkan bentuk bokong dan paha menjadi besar.

Penyebab

Anda mungkin sering bertanya dalam hati, mengapa bentuk tubuh Anda tidak ideal? Mengapa wanita lain memiliki tubuh yang kurus sementara Anda memiliki bentuk bokong dan juga paha yang besar? Bentuk paha dan juga bokong yang membesar biasanya akan menjadi permasalahan yang cukup sentral bagi orang-orang dengan berat badan berlebih atau tidak terkontrol. Jika Anda memiliki bentuk paha dan juga bokong yang lebih besar dari yang seharusnya, apalagi diikuti dengan berat badan yang tidak ideal maka Anda perlu memberikan perhatian khusus pada diri Anda sendiri. Bisa jadi bentuk tubuh tidak ideal akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. (baca juga: cara membentuk tubuh ideal dengan peralatan sederhana)

Bagi para wanita yang sering memperhatikan penampilan tentu akan merasa sangat terganggu dengan bentuk paha dan bokong yang terlalu besar. Melakukan diet secara tepat bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun, sebelum kita memasuki bagian mengenai tips untuk mengecilkan bokong dan paha, terlebih dahulu akan kita ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan bokong dan paha membesar.

  • Faktor Genetik

Faktor genetika atau keturunan bisa jadi memiliki peranan yang cukup besar dalam penentuan bentuk tubuh Anda saat ini. Bisa jadi Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk mengecilkan paha dan bokong tetapi usaha tersebut tidak menunjukkan hasil yang signifikan maka bisa ada faktor genetika yang turut andil dalam kondisi tersebut. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Arkansas Children’s Nutrition Center di Little Rock menyatakan bahwa tidak semua kasus kegemukan merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh faktor dari luar. Jadi jangan heran jika kita sering melihat orang dengan bentuk tubuh yang kurus sudah makan dengan porsi yang besar namun bentuk tubuhnya tetap saja kurus. Sedangkan orang gemuk sudah mengurangi porsi makannya namun pengurangan berat badannya tidak begitu signifikan. Dalam kondisi semacam itu biasanya faktor genetika memegang peranan yang paling besar dalam penentuan bentuk tubuh seseorang.

Faktor genetika tersebut kemungkinan besar juga mempengaruhi bagaimana nafsu makan seseorang hingga berakibat pada bentuk tubuh. Gen bisa jadi mampu mengontrol nafsu makan seseorang, mungkin ada seseorang yang cepat merasa kenyang, namun ada pula seseorang yang sulit merasa kenyang sehingga mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih. Jadi, bagi Anda yang memiliki bentuk bokong dan paha yang besar mungkin Anda bisa melihat bentuk tubuh orang tua Anda. Jika kedua atau salah satu orang tua Anda memiliki bentuk bokong dan paha yang besar maka bisa faktor genetik memegang andil yang cukup besar terhadap bentuk tubuh yang Anda miliki sekarang. (baca juga: cara cepat gemuk dan sehat)

  • Faktor Lingkungan

Kelebihan berat badan yang diikuti dengan bentuk paha dan bokong yang besar sangat mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Maksudnya, lingkungan bisa jadi akan menentukan bagaimana penilaian Anda terhadap bentuk tubuh yang paling sesuai untuk dirinya. Melihat orang-orang di sekitar akan membuat seseorang membandingkan bentuk tubuhnya dengan orang lain. Memiliki bentuk bokong dan paha yang besar bisa jadi bukan masalah bagi Anda ketika kebanyakan orang-orang di sekitar Anda mengalami hal yang sama. Hal tersebut juga sekaligus mengungkapkan bahwa ketika teman-teman Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi maka bisa jadi Anda juga akan mengikuti kebiasaan tersebut.

  • Faktor Psikologis

Faktor ini bisa jadi memegang peranan yang cukup besar dalam penentuan bentuk tubuh yang Anda miliki. Terjadinya penumpukan lemak di bagian-bagian tertentu di tubuh kita bisa jadi karena kondisi psikologis tertentu yang menentukan tingkat emosi Anda. Kondisi psikologis merupakan salah satu faktor yang berperan besar dalam mempengaruhi pola pikir seseorang, tingkat stres, dan juga intensitas seseorang untuk istirahat. Ketiga hal tersebut memiliki andil yang cukup besar dalam penentuan bentuk tubuh Anda saat ini.

Ketiga hal tersebut juga memiliki andil yang cukup penting dalam menentukan tinggi rendahnya tingkat metabolisme tubuh. Sebagai contoh, orang yang sedang menghadapi masalah dan mengalami stres biasanya akan melampiaskan kekesalannya pada makanan. Ia mungkin akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih, bahkan seringkali jenis makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang kaya jenis-jenis lemak dan juga kaya akan kandungan gula.

  • Jarang dan Malas Berolah Raga

Hampir semua orang setuju bahwa bentuk badan yang ideal salah satunya didukung dengan kebiasaan berolah raga. Orang yang rutin melakukan olah raga biasanya akan memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal dibandingkan mereka yang jarang dan juga malas melakukan kurang olahraga. Malas berolah raga akan menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh tidak terkecuali bagian bokong dan paha. Berolah raga merupakan metode yang sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga penumpukan lemak di bagian-bagian tertentu di tubuh dapat dikurangi.

  • Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh juga merupakan faktor penyebab yang paling besar yang membuat bentuk bokong dan paha Anda besar. Bentuk tubuh yang dimaksud berkaitan dengan struktur tulang yang Anda miliki. Seseorang yang memiliki bentuk tubuh buah pir akan memiliki bentuk pinggul, bokong, dan juga paha yang besar. Bentuk tubuh seperti itu biasanya dipengaruhi oleh bentuk tulang dan juga struktur otot. Jadi, mengecilkan bentuk bokong dan juga paha pada orang dengan bentuk tubuh buah pir bisa jadi akan sangat sulit. (baca juga: cara menambah berat badan)

  • Hormon Estrogen

Suatu kewajaran jika perempuan memiliki bentuk bokong dan paha yang besar. Kondisi tersebut berkaitan erat dengan produksi hormon estrogen. Hormon estrogen secara ototmatis akan membuat bokong, paha, dan pinggul menjadi tempat strategis untuk menimbun lemak. Sedangkan pada laki-laki, hormon testosteron akan menyebabkan penimbunan lemak di bagian perut. Karena itu, sangat jarang kita temui laki-laki yang bermasalah dengan bentuk bokong dan juga paha mereka. Laki-laki biasanya memiliki masalah yang lebih komplek dengan bentuk perut mereka. (baca juga: akibat kelebihan estrogen)

  • Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Lemak, Gula, dan Garam

Perempuan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk memiliki timbunan lemah di bagian pinggul, paha, dan bokong. Kondisi tersebut tentu akan semakin parah atau resiko untuk memiliki bokong dan paha yang besar tentu akan lebih tinggi ketika asupan makanan tidak diperhatikan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak, gula, dan juga garam akan membuat resiko untuk mengalami kenaikan berat badan menjadi lebih tinggi. Hal tersebut tentu juga akan diikuti dengan penimbunan lemak yang lebih cepat di bagian bokong dan paha. (baca juga: bahaya konsumsi garam berlebihan)

  • Terlalu Lama Duduk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kurang beraktivitas akan memberikan pengaruh yang besar terhadap bentuk tubuh. Tidak hanya itu saja, penelitian terbaru menunjukkan bahwa seseorang yang kurang beraktivitas, terutama terlalu lama duduk akan menyebabkan pantat menjadi membesar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Tel Aviv University, seseorang yang terlalu lama duduk akan memiliki timbunan yang lebih banyak di pantatnya. Para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekspansi sel memainkan peran yang cukup signifikan pada kondisi tersebut. Sel-sel lemak pada bagian pantat akan bertambah hingga 50% ketika seseorang terlalu lama duduk.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu bentuk paha dan bokong membesar. Bentuk bokong dan juga paha yang besar tentu menjadi penghalang bagi beberapa orang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Karena itu, perlu dilakukan beberapa upaya untuk mengecilkan bokong dan paha yang terlalu besar tersebut.

Cara Mengecilkan

Karena bentuk bokong dan paha yang besar merupakan penghalang bagi penampilan yang menarik, maka perlu bagi wanita untuk melakukan beberapa metode yang berguna untuk mengecilkan area paha dan juga bokong mereka. Pada dasarnya, mengecilkan bokong dan paha dapat dilakukan seperti halnya melakukan diet secara tepat, yaitu dengan memperhatikan pola asupan makanan dan juga dengan berolah raga. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan mengenai metode-metode untuk cara mengecilkan bokong dan paha dengan cepat :

1. Melakukan Diet Rendah Kalori

Asupan kalori yang berlebih memegang peranan besar dalam peningkatan berat badan seseorang, termasuk peningkatan bentuk bokong dan juga paha. Karena itu, melakukan diet yang rendah kalori bisa menjadi metode pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan timbunan lemak di bagian paha dan bokong. Diet rendah kalori bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan jumlah kebutuhan kalori bagi tubuh.

Jika berat badan sudah mengalami penurunan, Anda bisa kembali meningkatkan asupan kalori sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Metode ini juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan sayur dan buah. Selain kaya akan kandungan serat, mengkonsumsi sayur dan buah juga bisa memberikan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas harian. (baca juga: akibat kekurangan kalori dan protein)

2. Kurangi Asupan Lemak

Lemak merupakan komponen yang memegang peran besar terhadap bentuk bokong dan paha Anda. Makin besar bentuk bokong dan paha Anda maka kemungkinan besar timbunan lemak di area tersebut juga semakin besar. Lemak adalah salah satu komponen yang penting bagi tubuh. Akan tetapi, asupan lemak berlebih justru tidak baik bagi tubuh. Selain dapat meningkatkan berat badan secara signifikan, konsumsi makanan yang kaya akan lemak juga bisa memicu berbagai penyakit, seperti kolesterol tinggi, gangguan penyebab penyakit jantung, penyebab obesitas, bahaya stroke, dan lain sebagainya.

Karena itu, untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal, Anda bisa memulai dengan mengurangi asupan makanan yang kaya akan lemak. Akan tetapi, jangan serta merta Anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sama sekali. Lemak merupakan komponen yang penting bagi kinerja tubuh. Anda bisa memenuhi asupan lemak dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, minyak zaitun, dan juga minyak ikan. Beberapa jenis asupan makanan tersebut memiliki kandungan lemak baik yang justru baik bagi kesehatan tubuh.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Kandungan Protein

Untuk mengurangi berat badan, terutama di area paha dan bokong Anda diharuskan untuk mengurangi asupan kalori dan juga lemak. Jika hal tersebut Anda lakukan tentu Anda harus mencukupi kebutuhan energi dari asupan yang lain. Alternatif paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Usahakan agar Anda tidak mencukupi asupan protein melalui asupan daging karena daging memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Anda bisa memenuhi asupan protein melalui konsumsi kacang-kacangan. Selain kaya akan kandungan protein, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan lemak baik yang menyehatkan tubuh. (baca juga: 35 makanan yang mengandung protein super tinggi)

4. Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Mengkonsumsi banyak air putih terbukti akan meningkatkan metabolisme tubuh dan juga efektif untuk menjaga bentuk tubuh ideal. Mengkonsumsi banyak air putih juga akan mencegah timbunan lemak pada tubuh, tidak terkecuali pada bagian bokong dan paha. Karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih. Setidaknya anda harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. (baca juga: diet air putih)

5. Jogging

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, metode paling efektif untuk mengurangi penimbunan lemak di bagian paha dan bokong adalah dengan melakukan olah raga. Salah satu olah raga yang efektif untuk mengurangi timbunan lemak di bagian paha dan bokong adalah jogging. Jogging adalah salah satu jenis olah raga yang mudah, murah, dan bisa dilakukan kapan saja. Dengan melakukan jogging Anda sama saja menuntut seluruh tubuh Anda untuk bergerak. Alhasil, proses metabolisme akan mengalami peningkatan, termasuk di bagian paha dan bokong.

6. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olah raga selanjutnya yang dapat mengecilkan area paha. Proses mengayuh yang dilakukan ketika bersepeda efektif untuk mengecilkan area paha. Olah raga ini tergolong sebagai olah raga yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan karena Anda bisa melakukan olah raga ini bersama keluarga dan juga sahabat. (baca juga: makanan untuk diet)

7. Scot Jump

Olah raga scot jump memang tergolong berat bagi Anda yang jarang melakukan olah raga ini. Olah raga ini dilakukan dengan gerakan jongkok kemudian berdiri sambil melompat. Gerakan jongkok-berdiri dengan melompat tersebut sangat efektif untuk mengecilkan area paha. Untuk memperoleh bentuk paha yang ideal, Anda bisa melakukan scot jump sebanyak 20 kali setiap harinya. Untuk memperoleh hasil yang lebih cepat, Anda bisa menambahkan jumalh tersebut sesuai dengan kemampuan yang Anda bisa.

8. Lompat Tali

Lompat tali adalah jenis olah raga yang dapat mengecilkan area paha. Olah raga ini memiliki dampak yang sama dengan scot jump karena gerakan yang dilakukan juga serupa. Lompat tali merupakan olah raga yang bertumpu pada bagian kaki sehingga olah raga ini sangat efektif untuk mengecilkan area paha. (baca juga: olahraga lompat tali bagi wanita)

9. Sit Up

Selama ini sit up diidentikkan sebagai olah raga yang berguna untuk mengecilkan area perut. Namun, ternyata jenis olah raga ini juga efektif untuk mengecilkan area paha. Untuk memperoleh paha yang lebih ramping, Anda bisa melakukan sit up selama 5 sampai 10 menit sebelum tidur. Selain memiliki paha ideal, Anda juga akan mendapatkan bonus berupa perut yang lebih ramping.

10. Berjalan Kaki

Jika beberapa jenis olah raga di atas Anda rasa cukup sulit, maka Anda bisa melakukan olah raga ringan lainnya yaitu jalan kaki. Olah raga ini sangat mudah dilakukan. Untuk memiliki paha yang lebih kecil, Anda bisa berjalan kaki 30 menit setiap harinya. Selain mengecilkan area paha, berjalan kaki juga efektif untuk mengecilkan bentuk betis yang terlalu lebar.

11. Naik Turun Tangga

Jika Anda adalah tipe orang yang sibuk dan tidak sempat berolah raga, maka Anda bisa melakukan olah raga di kantor. Metode ini sangat sederhana, yaitu dengan cara naik turun tangga. Jadi, ketika Anda sedang berada di kantor usahakan Anda tidak menggunakan lift. Naiklah ke lantai atas atau turun ke lantai bawah dengan memanfaatkan fasilitas tangga. Meskipun cukup menyita waktu namun metode tersebut dapat membantu Anda untuk mengecilkan paha dan bokong.

12. Yoga

Yoga ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai olah raga untuk meningkatkan kualitas pernapasan. Yoga ternyata juga efektif untuk mengecilkan area bokong dan paha. Teknik yoga pertama yang bisa Anda lakukan adalah teknik warrior pose. teknik tersebut dilakukan dengan membuka kaki dengan lebar dengan salah satu kaki ditekuk dan satu kaki lainnya berada dalam posisi lurus ke bagian belakang. Teknik yoga untuk mengecilkan bokong dan paha selanjutnya adalah teknik anantasana.

Teknik ini dilakukan dengan cara tidur dengan cara posisi miring. Kemudian posisi kaki dilebarkan ke atas hingga dicapai oleh tangan dari atas. Teknik yoga yang dapat mengecilkan paha dan bokong selanjutnya adalah teknik halasana. Teknik ini dimulai dengan posisi terlentang kemudian kedua tangan dihadapkan ke lantai. Langkah selanjutnya adalah mengangkat kaki hingga melewati kepala. Lakukan metode tersebut sampai ujung kaki menyentuh lantai di bagian belakang kepala Anda. (baca juga: kacang hijau bagi penderita kista)

13. Zumba

Zumba bisa Anda sebut sebagai jenis tarian sekaligus olah raga. Metode zumba sangat efektif untuk cara mengecilkan bokong dan paha dengan cepat karena menuntut seluruh tubuh anda untuk aktif bergerak. Tidak hanya membakar lemak di bagian bokong dan paha saja, Anda juga bisa memperoleh tubuh yang lebih ideal dengan metode tersebut.

14. Merawat Kulit Paha

Masalah utama yang sering mengikuti pengecilan ukuran paha adalah adanya selulit. Rutinlah membersihkan kulit paha dalam keadaan kering tanpa sabun untuk mencegah selulit. Anda juga bisa memanfaatkan krim anti selulit untuk menghilangkan kotoran dan juga selulit di bagian paha. Jadi, jangan sampai ukuran kulit paha Anda sudah ideal namun memiliki bentuk visual yang kurang menyenangkan akibat adanya selulit. (baca juga: cara mengecilkan paha)

Demikian beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan bokong dan paha. Pada dasarnya metode yang paling penting untuk mengecilkan paha dan bokong adalah dengan mengatur pola asupan makanan dan juga menerapkan pola hidup sehat dengan olah raga. Adapun beberapa jenis olah raga yang sesuai telah dijelaskan di atas. jangan lupa seimbangkan kebiasaan sehat tersebut dengan mengkonsumsi banyak air putih dan merawat kulit paha agar bentuk visual dari kulit paha juga tetap ideal.