Ini 18 Olahraga Untuk Mendapatkan Perut Sixpack Sempurna Secara Efektif !

176

Baik pria maupun wanita kerap ingin memperoleh tubuh yang terbentuk bagus, salah satunya adalah dengan memiliki sixpack. Hal ini tentunya tak bisa terjadi dalam sekejap cukup dengan mengonsumsi produk susu atau makanan pembentuk otot perut tertentu. Harus dibarengi pula dengan upaya latihan fisik yang benar, seperti beberapa olahraga untuk mendapatkan perut sixpack di bawah ini.

  1. Plank

Plank bisa dikatakan sebagai jenis olahraga yang biasanya dilakukan dengan tujuan memperkuat otot lengan, kaki, serta membentuk perut agar bisa kencang dan bahkan sixpack. Plank memang merupakan latihan fisik bersifat pasif karena kita hanya perlu mengawali posisi tubuh seperti hendak push up, tapi siku atau lengan keduanya menjadi tumpuan berat badan sambil meluruskan tubuh ke belakang. Lakukan plank ini dalam waktu beberapa menit, sesuaikan dengan kemampuan fisik.

  1. Renang

Berenang bukan hanya termasuk dalam olahraga yang baik untuk pencernaan, tapi jika dilakukan rutin mampu membentuk perut sixpack sekaligus otot tubuh lainnya yang bisa kencang sekaligus kuat. Olahraga air ini bisa Anda lakukan sesering mungkin dalam seminggu untuk hasil maksimal bagi otot Anda.

  1. Sit Up

Untuk pembentukan otot perut menjadi sixpack secara cepat, Anda bisa juga melakukan sit up secara rutin. Berbaringlah telentang lebih dulu, susul dengan menekuk lutut kedua-duanya ke atas, sementara telapak tangan keduanya ada di belakang kepala. Bagian kaki bisa tetap diam dan Anda cukup mengangkat tubuh bagian atas lalu menurunkannya kembali dalam 4 set di mana per setnya Anda lakukan 10 kali setiap hari.

  1. Bicycle Crunch

Latihan berikutnya yang juga bisa dilakukan rutin demi perut bisa sixpack adalah bicycle crunch. Cukup dengan berbaring lurus lebih dulu sambil kedua tangan ada di belakang kepala, kaki keduanya angkat ke atas dan mulailah dengan gerakan seakan sedang mengayuh sepeda. Pastikan tubuh bagian atas juga diangkat perlahan supaya perut terasa kencang; lakukan dengan pengulangan yang sesuai kemampuan fisik Anda.

  1. Vertical Leg Crunch

Latihan satu ini pun akan membantu Anda memiliki perut sixpack sesuai harapan, yakni dengan tubuh dalam posisi berbaring lebih dulu, kedua tangan berada di belakang kepala, lalu kedua kaki diangkat, luruskan ke atas. Kaki disilangkan, lalu tekuklah sedikit sambil bagian tubuh atas diangkat sampai dekat lutut sehingga perut merasakan kontraksi sebelum kembali pada posisi awal.

  1. Pulse Up

Untuk otot perut sixpack, pulse up bisa dilakukan dengan cara tubuh berbaring dulu secara telentang sambil kedua tangan lurus di sisi tubuh. Kedua kaki diangkat kemudian bersamaan ke atas dan kedua lutut Anda bentuk sudut siku-siku dengan menekuknya. Luruskan lagi dan kaki bisa diturunkan perlahan, ulangi dengan mengangkat dan menekuknya kembali begitu seterusnya.

  1. Curl Up

Dalam latihan fisik satu ini, tubuh harus dalam posisi berbaring di awal smabil menekuk lutut (boleh salah satu atau keduanya) tapi telapak kaki menyentuh latai. Kedua tangan luruskan saja ke atas kepala dan tubuh Anda secara perlahan diangkat, tahan beberapa menit sebelum diturunkan kembali.

  1. Hip Extension

Gerakan olahraga satu ini menuntut keaktifan tubuh Anda, yakni dengan mengambil posisi telungkup lebih dulu, lalu kaki bisa didorong ke atas. Tujuan dari olahraga ini tak hanya membentuk perut agar sixpack alami, tapi juga dapat dijadikan sebagai cara menguatkan otot paha.

  1. Mountain Climber

Dalam melakukan gerakan olahraga ini, Anda perlu mengambil posisi awal seperti akan push up. Kaki kiri kemudian Anda bisa tekuk mengarah ke depan, sementara kaki kanan Anda luruskan ke belakang. Gerakan bergantian antar kedua kaki harus dilakukan secara cepat dan Anda bisa melakukan gerakan ini beberapa menit lamanya.

  1. Spiderman Push Up

Gerakan spiderman push up pun dapat Anda praktekkan jika Anda ingin sesuatu yang baru dari gerakan push up. Awali dengan posisi tubuh seperti hendak push up, lutut kanan bisa Anda tarik, tekuk ke arah samping hingga hampir mencapai siku tangan kanan Anda. Kembalilah pada posisi awal, lalu bergantianlah dengan kaki lainnya selama beberapa kali.

  1. Bicycle Maneuver

Gerakan olahraga ini hampir sama seperti bicycle crunch di mana Anda cukup perlu mengambil posisi awal berbaring sambil kedua tangan ada di belakang kepala dan mengangkat kepala sedikit. Lutut kemudian ditarik membentuk sudut 45 derajat ke atas dan lanjutkan dengan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Usahakan untuk siku kanan menyentuh lutut kiri dan sebaliknya; lakukan beberapa menit lamanya.

  1. Side Crunch

Side crunch adalah gerakan di mana Anda berbaring lebih dulu sebagai posisi awal, lalu rapatkan kedua kaki, tekuk lutut sambil telapak kaki tetap menyentuh lantai, miringkan ke arah kanan kedua lutut yang tetap rapat tersebut. Kedua tangan pastikan di belakang kepala, lalu cobalah lakukan sit up; beberapa hitungan kemudian kedua lutut yang rapat tertekuk miringkan ke kiri, dan sit up lagi.

  1. Jackknife Sit Up

Awali dengan posisi tubuh yang berbaring secara lurus dan telentang, pastikan kedua tangan lurus di atas kepala. Ambil nafas, lanjutkan dengan mengangkat pinggang serta kaki bersamaan dengan mengangkat bagian tubuh atas. Ya, kaki dan tangan otomatis bertemu karena kedua tangan dari atas kepala Anda ikut luruskan ke depan mencoba menyentuh kaki; hembuskan nafas saat sudah kembali pada posisi awal dan lakukan gerakan ini sehari 4 set (per set 20 kali jika mampu).

  1. Reverse Crunch Pulse

Gerakan olahraga ini hampir mirip dengan pulse up, hanya saja, saat kedua kaki diangkat lurus-lurus ke atas sehingga tubuh membentuk sudut siku-siku, Anda perlu lanjut mengangkat bokong. Pastikan kedua tangan tetap ada di samping tubuh sementara tubuh bagian bawah Anda angkat perlahan dan kembali begitu seterusnya.

  1. V-Up Ala Pull Up

Bagaimana caranya melakukan gerakan seperti ini? Jika Anda memiliki palang untuk melakukan pull up, bergantunglah di sana. Tariklah kaki supaya dapat mencapai palang (dalam hal ini Anda perlu gunakan perut supaya kaki tertarik). Jika tak bisa mencapai palang, usahakan setinggi mungkin saja dan turunkan lagi perlahan; melakukannya 10-12 kali jauh lebih dianjurkan.

  1. Star Plank

Mengecilkan perut dengan plank terbukti baik, jadi tak ada salahnya mencoba melatih otot agar sixpack dengan star plank yang bisa diawali dengan posisi seperti hendak plank lebih dulu. Tapi jarak kedua lengan bisa diperlebar, dan perlahan, lepaskan tangan kanan dan angkat sehingga kini Anda menghadap miring ke kanan dengan posisi tangan kiri sebagai tumpuan tubuh Anda. Kaki kiri tetap lurus dan kaki kanan Anda angkat, tahan dengan seimbang selama 10 detik atau lebih jika bisa.

  1. Side Jackknife

Tubuh berbaring lebih dulu di awal, entah itu menyamping kiri atau kanan; tangan kanan bisa memegang kepala apabila berbaring ke kiri, sementara tangan kiri Anda dapat diposisikan tepat d depan dada. Kaki kanan dan tubuh bisa kemudian diangkat bersamaan, lalu turunkan kembali perlahan, ulangi beberapa kali.

  1. Russian Twist

Untuk perut kencang dan sixpack, Anda bisa lakukan russian twist di mana Anda bisa berada pada posisi duduk, kedua lutut ditekuk sedikit. Condongkan tubuh agak sedikit ke belakang sambil kedua tangan Anda satukan lurus ke depan. Mulailah menggerakkan tubuh ke kiri dan kanan secara berkelanjutan; berbagai sisi perut akan dapat merasakan kontraksi.

Itulah serangkaian daftar olahraga untuk mendapatkan perut sixpack paling efektif yang layak dicoba di rumah. Jadi, cara membentuk perut sixpack di rumah tak hanya dari segi asupan makanan dan minuman saja. Olahraga yang tepat secara rutin dapat dilakukan secara konsisten agar hasil terbaik bisa Anda dapatkan.