Home Diet & FitnessTips Diet Efektifkah Mengecilkan Perut Dengan Plank? Ini Jawabannya Bagi Anda !

Efektifkah Mengecilkan Perut Dengan Plank? Ini Jawabannya Bagi Anda !

by Erlita

Perut buncit tampaknya bukan hanya masalah yang bisa menurunkan rasa percaya diri wanita saja, sebab para pria pun pasti mengkhawatirkan pula penampilannya. Perut yang buncit meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, stroke hingga jenis-jenis penyakit jantung. Bahkan sulit untuk bisa mengenakan pakaian yang diinginkan ketika perut dalam keadaan buncit bukan?

Berolahraga tentu adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit yang paling dianjurkan selain menjaga pola makan tetap sehat dan seimbang. Berbagai macam jenis olahraga pun tersedia, namun bagaimana jika mengecilkan perut dengan plank? Apakah cara ini akan efektif dan mampu mengecilkan perut dengan cepat dan aman?

Apakah plank bisa efektif mengecilkan perut?

Jika pada umumnya sit up adalah jenis olahraga yang dianjurkan agar perut dapat lebih kecil dan kencang, sebenarnya perlu diketahui bahwa plank juga bisa diandalkan. Bahkan dilansir dari Liputan6.com, plank bukan hanya bermanfaat dalam proses pengencangan perut dan membentuknya saja, melainkan juga membuat kekuatan otot lengan, bahu sekaligus kaki jadi lebih kuat.

Ya, plank sangat efektif dalam mengecilkan perut sambil memberi manfaat bagi bagian otot tubuh lainnya. Perlu juga diketahui bahwa tingkat efektivitas dari plank jauh lebih tinggi dalam proses pembakaran lemak perut ketimbang Anda melakukan sit up. Cara plank bahkan jauh lebih gampang daripada sit up.

Karena plank dapat dilakukan dengan banyak metode, untuk melakukan plank yang paling simpel dan benar, Anda sebenarnya cukup melakukan langkah-langkah ini:

  • Membiarkan kedua tangan bertumpu di siku sambil perut dan dada diangkat menjauh dari lantai.
  • Tumpuan berat badan ada di ujung jemari kaki seperti ketika melakukan push up, sambil meluruskan kaki serta menyejajarkan kaki dan pinggul.
  • Hati-hati saat melakukan plank, jangan sampai bokong posisinya terlalu menungging ke atas, tapi juga tak boleh terlalu turun sehingga harus benar-benar lurus sehingga membantu dalam pembentukan postur tubuh yang tegap.
  • Tengkurap yang lurus, itulah posisi yang paling benar ketika melakukan plank sambil tumpuan berat badan tetap berada pada kaki dan tangan.
  • Karena plank adalah latihan dengan sifat statis, saat posisinya sudah benar, maka Anda bisa melakukannya mulai dari 20 detik lebih dulu jika ini pertama kalinya bagi Anda.
  • Hari-hari berikutnya Anda bisa menaikkan durasinya ke 30 detik, 40 detik, 60 detik, atau bahkan jika sudah terbiasa bisa ditingkatkan lagi menjadi 90-120 detik dan bisa lebih lama dari itu seperti 180-240 detik.
  • Jika tak bisa melakukan sekali plank dalam detik yang lama, maka Anda bisa mencoba melakukan beberapa kali plank dalam sehari dengan durasi yang sedikit.
  • Terbiasa dengan metode plank paling sederhana, Anda bisa mengembangkan latihan ini dengan mengganti posisi plank, seperti melakukan reverse plank, side plank, side plank leg lift, dan ball plank.
  • Jangan pernah dengan sengaja memaksakan diri untuk melebihi waktu yang biasa padahal tubuh Anda masih kurang mampu. Lakukanlah plank dengan durasi yang Anda bisa agar tidak mencederai diri sendiri.
  • Melakukan plank bisa dilakukan kapanpun, seperti malam hari sebelum tidur atau bahkan pagi-pagi sesudah bangun tidur. Hanya saja, hindari melakukannya tepat setelah makan atau dalam kondisi kekenyangan.

Manfaat Lain dari Plank untuk Tubuh

Rupanya plank bukan sekadar menjadi olahraga untuk diet yang ampuh dalam mengecilkan dan mengencangkan perut. Plank juga bukan hanya latihan yang bisa menegakkan tubuh atau mengubah postur tubuh jadi jauh lebih baik, tapi juga menawarkan berbagai manfaat di bawah ini:

  • Meningkatkan vitalitas tubuh.
  • Meningkatkan proses metabolisme tubuh.
  • Memperbaiki keseimbangan tubuh.
  • Melenturkan atau membuat tubuh jadi lebih fleksibel.
  • Membakar kalori secara lebih banyak dibandingkan melakukan crunch ataupun sit up.
  • Memperkuat punggung.
  • Mengencangkan kaki, lengan dan betis.

Jadi, efektifkah mengecilkan perut dengan plank? Ya, dan bahkan jauh lebih baik daripada sit up dan crunch sehingga Anda dapat memraktekkannya setiap hari yang bahkan per harinya bisa dilakukan beberapa kali. Plank yang juga diimbangi dengan latihan squat pun akan menjadi cara membakar lemak dan kalori paling efektif sambil membentuk otot secara maksimal.

You may also like