5 Cara Fitness Yang Benar Untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

1708

bagi sebagian orang, menambah berat badan merupakan hal yang sangat diinginkan, tidak hanya menurunkan berat badan namun mendapatkan tubuh ideal juga terkadang membutuhkan menaikan berat badan. Masih bingung dengan tubuh anda? sebaiknya menurunkan sama atau menaikan berat badan ya? silahkan anda cek berat badan anda di kalkulator berat badan ideal

setelah anda mengetahui berat badan ideal anda dengan kalkulator berat badan ideal, anda sekarang sudah mengetahui berapa berat badan ideal anda, apakah anda terlalu kurus sehingga butuh menaikan berat badan anda? nah, menambah berat badan mungkin keliatannya mudah bagi sebagian orang, namun terkadang sangat sulit.

terdapat berbagai cara dalam menambah berat badan, berat badan bukan berarti anda makan banyak tidak terkontrol, menambah berat badan juga tidak hanya dilakukan dengan menambah porsi makanan pokok anda seperti nasi, karena terdapat bahaya sering makan nasi jika anda memakannya tidak sesuai porsi yang disarankan demi mendapatkan berat badan ideal.

cara aman dan sehat untuk menambah berat badan adalah dengan fitness. Olahraga fitness sering dikaitkan dengan menurunkan berat badan, namun tujuan utama dari fitness adalah membentuk berat badan ideal anda, jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan cara yang berbeda. Berikut akan kami berikan tips cara fitness yang benar untuk menambah berat badan.

1.Fokus terhadap penambahan masa otot

berat badan ideal seseorang bukan hanya dihitung dengan lemak tubuh, namun juga dengan komposisi otot yang ada di tubuh. cara fitness yang benar untuk menambah berat badan adalah menambah masa otot, jangan terfokus hanya pada pembakaran lemak di tubuh, tapi anda harus fokus terhadap penambahan masa otot.

Penambahan masa otot dapat anda mulai dari bagian otot yang cukup besar seperti pada lengan, dada dan bagian punggung. Membentuk otot pada bagian ini dapat dilakukan sebagai permulaan fitness dengan tujuan menambah berat badan.

Apa yang harus anda lakukan? fitness seperti apa yang dapat membentuk otot pada bagian lengan, dada dan punggung? anda dapat melakukan push up, push up dapat membantu meningkatkan masa otot pada lengan anda.

Pull up, dengan melakukan pull up anda dapat membentuk otot lengan dan bagian belakang, cara yang lain adalah dengan melakukan squat. squat dapat membantu anda untuk memfokuskan penambahan masa otot pada bagian perut. Ketiga gerakan tersebut dapat anda jadikan dasar gerakan dalam memfokuskan penambahan masa otot anda.

2. Makan sebelum dan sesudah melakukan fitness

Tips selanjutnya dalam cara fitness yang benar untuk menambah berat badan adalah makan sebelum dan sesudah fitness. Fitness bukan hanya mengenai gerakan yang dilakukan, namun juga harus memperhatikan kondisi tubuh anda sebelum dan sesudah fitness.

Sebaiknya jangan biarkan tubuh anda lapar, makanlah sebelum pergi fitness. Makan sebelum anda fitness dapat membuat tubuh menjadi sehat dan menghindari tubuh kekurangan gula darah. Makanan apa saja yang dapat anda makan sebelum fitness? hal pertama yang harus anda perhatikan adalah porsi.

Porsi makan anda tidaklah banyak sebelum melakukan fitness karena dapat membuat anda sulit bergerak saat perut kenyang, makanlah makanan yang tinggi kalori dan tidak terlalu banyak sehingga anda tetap dapat melakukan gerakan dengan nyaman. Anda dapat memakan makanan penambah masa otot seperti dada ayam saja dengan susu atau minum susu dan makan telur sebelum fitness.

Setelah anda melakukan fitness, sebagai cara menambah berat badan anda dapat langsung makan makanan kembali, anda dapat memakan kentang, susu, es krim coklat. makanan haruslah dapat mengganti kalori yang anda buang saat fitness, semakin cepat kalori anda tergantikan, semakin cepat anda dapat fitness kembali dan menambah berat badan anda.

3. Kurangi gerakan cardio exercise

cardio exercise adalah olahraga yang meningkatkan detak jantung dan merupakan salaj satu olahraga yang membakar kalori super banyak, gerakan ini biasanya dapat anda lakukan dengan lari. Biasanya saat anda fitness anda akan menggunakan treadmill untuk melakukan cardio exercise. Dalam cara fitness yang benar untuk menambah berat badan, cardio exercise harus dikurangi.

Mengurangi cardio exercise bukan berarti menghilangkan, karena dalam fitness yang benar anda juga perlu melatih kerja jantung agar tetap sehat. lalu bagaimana cara menguranginya? anda dapat melakukan cardio exercise pada saat pemanasan, lakukan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. anda dapat menggunakan treadmill sekitar 5-10 menit untuk pemanasan sebelum melakukan fitness.

mengurangi gerakan ini dapat mengurangi pembakaran kalori saat anda fitness sehingga anda dapat fokus dalam membentuk masa otot tanpa membakar kalori yang ada dalam tubuh.

4. Berikan periode istirahat antar gerakan

Istirahat merupakan hal yang tubuh butuhkan. istirahat bukan hanya dilakukan setelah selesai melakukan fitness, tapi anda juga perlu istirahat diantara fitness yang anda lakukan. Istirahatkan tubuh anda setelah beberapa gerakan. Namun jangan terlalu banyak istirahat.

Istirahat dapat membuat tubuh anda beradaptasi sehingga fitness anda tidak akan membakar seluruh kalori anda, ada jeda waktu yang digunakan tubuh untuk kembali. saat istirahat dapat dilakukan sambil minum, lakukan istirahat tidak terlalu lama. sebagai contoh anda dapat melakukan pull up sebanyak 12 kali pengulangan lalu istirahat satu menit dilanjutkan push up sebanyak 12 kali pengulangan dan istirahat 1 menit.

Jeda waktu istirahat dari fitness hari satu ke hari lainnya juga sangat dibutuhkan. Jangan melakukan fitness setiap hari karena anda tidak memberi otot untuk beristirahat. berikan waktu 2 hari antar fitness, misal anda melakukan fitness pada hari sabtu maka sebaiknya anda melakukan fitness kembali pada hari selasa, atauminimal 48 jam setelah fitness yang pertama.

Selain jeda, setiap fitness anda harus secara bergantian fokus pada otot otot tertentu seperti fokus ada otot lengan terlebih dahulu selama 2kali, lalu anda fokus pada otot dada anda. Fokus pada otot yang berbeda ini dapat memberikan istirahat yang baik bagi otot untuk meningkatkan kekuatannya.

5. Lakukan fitness bagi pemula

Melakukan gerakan fitness dasar sangat dibutuhkan, hal ini dapat menjadi pelajaran utama dan awal anda dalam fitness untuk menaikan berat badan. anda harus dapat melakukan cara fitness yang baik dan benar saat awal memulai fitness dalam menaikan berat badan.

Apa saja yang dapat anda lakukan sebagai awal mula gerakan? yang pasti seperti tips pertama yaitu fokus pada penambahan otot. berikut gerakan yang dapat anda lakukan:

  • pull ups 5×5
  • squats 5×5

anda dapat berlatih gerakan tersebut sebelum anda pergi ketempat fitness untuk mnyiapkan otot otot anda melakukan fitness yang lebih berat yang dianjurkan oleh instruktur.

Bagaimana? apakah sealama ini cara fitness yang anda lakukan masih salah? Jika anda ingin menambah berat badan, maka lakukan penambahan berat badan dengan cara yang sehat dan sesuai. Jangan lupa untuk perhatian diet anda sehingga cara fitness yang benar untuk menambah berat badan dapat memiliki hasil yang maksimal.