6 Olahraga Ini Paling Pas Untuk Wanita Menopause Lho

172

Selain menstruasi, yang jelas setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya menopause, yakni berhenti menstruasi. Gejala menopause sendiri tak terlalu menyenangkan karena wanita harus alami tubuh cepat lelah, perubahan suasana hati yang cukup drastis dan tak nyaman, hingga nyeri yang mungkin bikin stres. Beberapa olahraga ini kiranya menolong agar wanita tak risau lagi pada masa menopause.

  1. Plank

Olahraga satu ini tak hanya mengencangkan dan menguatkan bagian lengan, perut dan kaki. Nyatanya, plank adalah olahraga yang pas bagi wanita menopause dengan tujuan melatih kelenturan tubuh juga. Setelah rutin melakukannya, dijamin stamina dan kekuatan tubuh bakal bertambah dan tubuh jadi lebih bugar.

  1. Push Up dan Sit Up

Kedua olahraga ini seperti tak terpisahkan, namun kembali lagi ke diri sendiri, ingin melakukan salah satu atau keduanya itu adalah pilihan. Jenis olahraga seperti ini lebih kepada pemanfaatan massa tubuh sehingga seperti efek dari plank, stamina tubuh meningkat dan tubuh juga lebih kuat nantinya.

  1. Zumba

Bagi para wanita yang senang bergerak aktif apalagi diiringi oleh musik, zumba jadi olahraga pilihan paling tepat. Bukan hanya menjadi cara membakar lemak dan kalori ampuh, zumba mampu menjadikan suasana hati jauh lebih baik, begitu juga dengan segala gejala menopause yang bikin tak nyaman.

  1. Yoga

Olahraga yang bikin tubuh lebih lentur ini bukan hanya sekadar meningkatkan fleksibilitas tubuh. Yoga pastinya bisa memicu tubuh jauh lebih rileks sehingga suasana hati jadi membaik juga. Biasanya, gejala seperti hot flashes juga terjadi pada perimenopause atau menopause yang membuat penderitanya punya detak jantung lebih cepat dan berkeringat lebih. Namun, Yoga dapat pula meredakan keluhan semacam itu lho.

  1. Angkat Beban

Untuk para wanita pecinta tantangan, boleh juga coba yang sedikit lebih berat, yakni angkat beban. Hanya saja pada jenis olahraga ini, pastikan bahwa Anda tidak langsung melakukannya tanpa didampingi instruktur apabila belum pernah melakukannya. Pada waktu memulai latihan, tanyakan detilnya pada sang instruktur dan mulailah dari beban yang ringan serta sesuaikan dengan kemampuan fisik.

  1. Aerobik

Aerobik itu bukan cuma meliputi senam kok, olahraga seperti jalan kaki, berlari, dan juga bersepeda itu termasuk aerobik. Jadi kalau tak ingin olahraga yang terlalu sulit apalagi sampai harus angkat beban, kenapa tak coba olahraga rutin sejenis aerobik ini? Gejala menopause dapat ditolong untuk menjadi lebih reda.

Supaya tidak gampang stres apalagi sakit karena telah melalui masa menopause, beberapa jenis olahraga tersebut layak dicoba. Lakukan rutin supaya efek positifnya bagi fisik dan mental dapat dirasakan secara maksimal.