Home Diet & FitnessTips Diet 47 Cara Mengecilkan Paha dengan Cepat – Alami dan Instan

47 Cara Mengecilkan Paha dengan Cepat – Alami dan Instan

by Roro Dyiah

Cara mengecilkan paha paling banyak dicari baik pria maupun wanita. Hal itu dikarenakan memiliki paha yang besar bisa menjadikan kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. Paha yang ramping menjadi idaman bagi setiap orang, alasannya adalah paha yang ramping akan cocok untuk menggunakan pakaian apapun terutama celana atau rok. Paha yang ramping juga menjadikan tubuh menjadi ideal. Sayangnya tidak semua orang di anugerahi dengan paha yang ramping oleh sebab itu mereka ingin mendapatkan paha yang ideal dengan cara merampingkannya.

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan paha yang ramping. Mulai dari cara instan maupun dengan cara yang alami. Cara yang alami memiliki resiko lebih kecil dibandingkan dengan cara yang instan, sedangkan cara instan lebih beresiko namun paha bisa kecil lebih cepat dibandingkan dengan cara yang alami.

(baca juga: cara mengecilkan perut buncit dalam waktu 7 hari)

Cara Alami

Cara mengecilkan paha secara alami memiliki resiko lebih rendah dibandingkan dengan cara mengecilkan paha yang instan. Mengecilkan paha secara alami bisa dengan cara berikut ini :

  1. Bersepeda

Bersepeda sehari selama 30 menit bisa bermanfaat untuk mengecilkan paha. Alasannya adalah saat bersepeda orang akan menggunakan paha dan juga betisnya untuk mengayuh. Bersepeda sangat efektif sebagai olahraga pengecil paha dan juga betis.

(baca juga: cara mengecilkan betis kaki)

  1. Calf Raises

Cara untuk mengecilka paha lainnya bisa dengan olahraga calf raises. Calf raises ini sedikit tidak familiar di telinga masyarakat sebab jarang sekali masyarakat melakukannya. Olahraga ini menggunakan barble kecil khusus wanita sedangkan untuk pria barble memiliki ukuran yang lebih besar. Cara olahraganya adalah sebagai berikut ini :

  • Letakkan barble kecil pada kedua tangan atau kedua lengan.
  • Posisi tubuh berdiri tegak dengan posisi kedua kaki saling merapat.
  • Angkat badan menggunakan tumit anda.
  • Tahanlah posisi itu selama beberapa detik kemudian turunkan tumit anda.
  • Lakukanlah hal ini selama beberapa kali.
  1. Lompat Tali

Tentu anda pernah melakukan permainan ini sejak kecil. Permainan lompat tali adalah permainan yang disukai dan sering dilakukan oleh anak kecil. Namun siapa sangka jika permainan lompat tali ini bisa digunakan untuk cara mengecilkan paha dan juga betis. Bagi anda yang ingin mengecilkan paha maupun betis anda bisa melakukan olahraga lompat tali sebanyak 30 menit perhari secara teratur. Tidak hanya untuk mengecilkan paha dan juga betis saja, namun lompat tali ternyata bisa digunakan untuk meninggikan badan.

(baca juga: cara meninggikan badan)

  1. Olahraga Lari

Olahraga lari merupakan olahraga yang bisa bermanfaat untuk mengecilkan paha dan juga betis. Hal itu dikarenakan saat seseorang berlari dia akan menggunakan otot pahanya dan juga otot betisnya untuk berlari. Otot yang mengencang bisa digunakan untuk mengencangkan paha sehingga paha akan terlihat lebih ramping. Lari juga termasuk olahraga yang menyehatkan tubuh serta memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat olahraga lari lainnya adalah sebagai peninggi badan, pengecil perut dan sebagai penurun berat badan.

(baca juga: cara mengecilkan perut buncit dengan bahan tradisional)

  1. Berenang

Berenang juga olahraga yang memiliki multifungsi. Manfaat olaharaga renang ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orang misalnya saja adalah untuk melatih pernafasan, menurunkan berat badan, meninggikan badan, mengecilkan betis dan masih banyak lagi lainnya. Berenang bisa digunakan untuk mengecilkan paha karena saat berenang kaki akan bergerak misalnya saja adalah gaya katak, gaya kupu-kupu dan lain sebagainya. Untuk mengecilkan paha anda tidak bisa menggunakan gaya bebas sebab kaki akan sedikit bergerak ketika menggunakan gaya bebas.

  1. Split Squat Jump

Olahraga ini bisa digunakan untuk mengecilkan paha sebab gerakannya bisa digunakan sebagai pengecil paha. Olahraga ini juga termasuk olahraga yang tenar seperti gerakan olahraga push up, sit up dan juga back up. Cara melakukan gerakan olahraga ini adalah sebagai berikut ini :

  • Majukan satu buah kaki anda, anda bisa memilih antara yang kiri maupun yang kanan.
  • Tekuk kaki yang berada di belakang sampai lutut kaki tersebut hampir menyentuh lantai.
  • Melompat dengan mengangkat kaki setinggi-tingginya kemudian menukar posisi kaki ketika mendarat di atas permukaan lantai atau tanah.
  • Lakukanlah selama beberapa kali selama 20 menit setiap harinya.
  1. Yoga

Yoga tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana meditasi namun ternyata yoga bisa digunakan untuk mengecilkan paha. Alasanya adalah yoga bisa membuat tubuh rileks. Saat rileks, tubuh akan menjadi lebih lentur dan otot bisa menjadi teratur. Yoga yang bisa digunakan untuk mengecilkan paha adalah chair. Gerakannya adalah berikut ini :

  • Julurkan tangan ke atas secara sejajar, posisi tangan ini di atas kepala namun sedikit ke depan, lengkukkan badan ke depan dengan posisi punggung melengkung, tekuk kedua kaki.
  • Setelah itu majukan kedua lengan sejajar ke depan sambil merundukkan badan ke bawah, posisi kaki tetap dalam posisi tertekuk.
  • Setelah itu angkat kedua tangan berada tepat di atas kepala sambil menarik tubuh ke atas.
  1. Hindari Makanan Digoreng

Makanan yang digoreng disebut gorengan dan sebaiknya anda yang ingin mengecilkan paha menghindari makanan tersebut sebab tidak baik bagi kesehatan. Gorengan ayam, gorengan tempe dan tahu serta berbagai makanan yang teknik memasaknya menggunakan minyak sawit sebaiknya dihindari.

(baca juga: 25 bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan)

  1. Hindari Jeroan

Selain bisa menyebabkan kolesterol, jeroan sangat tidak bagus bagi tubuh. Alasannya adalah jeroan merupakan organ hewan yang berada di dalam tubuh hewan, jeroan memiliki cita rasa yang gurih sebab mengandung zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh terutama tinggi lemak. Orang yang sering memakan jeroan dia akan terkena obesitas dan juga penyakit kolesterol.

(baca juga: 16 bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker)

  1. Hindari Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh juga harus dihindari jika anda ingin mengecilkan paha. Alasannya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh bisa membuat tubuh mengalami penumpukan lemak dan anggota tubuh yang disukai oleh lemak adalah bagian paha, bagian perut, bagian lengan dan juga bagian pipi.  Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh bisa digunakan untuk menghindari penumpukan lemak di bagian-bagian tubuh tersebut.

(baca juga: contoh lemak jenuh pada makanan)

  1. Hindari Junk Food

Junk food bisa diartikan sebagai makanan sampah sebab di dalam makanan tersebut tidak ada kandungan yang bermanfaat bagi tubuh sehingga tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi apa-apa justru sebaliknya tubuh akan mendapatkan bahaya dari kandungan junk food tersebut. Sebab kebanyakan junk food tinggi akan lemak dan juga minyak. Kolesterol dan hipertensi bisa mengenai orang yang suka makan junk food. Orang yang suka makan junk food juga memiliki resiko terkena obesitas.

(baca juga: 21 dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan)

  1. Hindari Alkohol

Pola hidup sehat bisa digunakan untuk mencegah pembesaran paha dan juga betis. Pola hidup sehat adalah dengan menghindari alkohol. Alkohol merupakan hal yang bisa memicu obesitas dikarenakan kandungan kalori yang ada di dalam alkohol tergolong tinggi. Tidak hanya itu saja alkohol juga memicu hipertensi pada tubuh seseorang padahal hipertensi adalah sumber dari segala penyakit seperti diabetes pada anak, jenis-jenis stroke dan juga serangan jantung.

(baca juga: 25 efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)

  1. Tidur Berkualitas

Orang yang kurang tidur akan mengalami obesitas sebab tubuh tidak memiliki waktu untuk istirahat, padahal tubuh yang cukup istirahat tidak akan membiarkan lemak mengendap di dalam tubuh. Oleh sebab itu istirahat secara berkualitas bisa mencegah penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh seseorang.

(baca juga: penyakit akibat kurang tidur)

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Cara untuk mengecilkan paha adalah dengan mengkonsumsi cairan atau air putih secara cukup. Alasannya adalah air putih yang diminum oleh tubuh bisa mencegah tubuh dari dehidrasi. Air putih juga mampu digunakan untuk pembakaran kalori yang berlebihan di dalam tubuh, pemecahan energi di dalam tubuh bisa dimaksimalkan dengan menggunakan air putih. Dengan mengkonsumsi sebanyak 2 liter per hari diimbangi dengan pola makan sehat, pola hidup sehat serta olahraga secara teratur bisa dipastikan bahwa paha dan tubuh anda akan semakin ideal.

  1. Squat

Squat merupakan gerakan olahraga yang bisa digunakan untuk cara mengecilkan paha. Ada dua jenis gerakan squat yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut ini :

  • Kaki keluar. Gerakan olahraga ini digunakan untuk melatih pada bagian luar paha, bagian betis, pantat dan juga pada perut. Caranya yaitu memposisikan tubuh tegak dan kaki sedikit terbuka. Setelah itu lakukan jongkok sampai paha sejajar dengan lantai. Letakkan lutut di belakang ujung jari kaki. Ketika berdiri, angkatlah sebelah kaki keluar dan posisinya hampir menyentuh lantai. Tahan nafas dan lakukan penekanan perut. Agar maksimal setiap harinya gerakan ini dilakukan selama 30 menit per hari.
  • Squat kaki lebar. Latihan yang dilakukan ini untuk melakukan pelatihan pada bagian dalam paha, perut, betis dan juga pantat. Caranya dengan memposisikan tubuh berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka, jongkok dengan menggunakan lutut serta ujung kaki diarahkan keluar. Penekanan perut dan menahan nafas juga dilakukan dalam melakukan squat kaki lebar.
  1. Peregangan

Peregangan bisa digunakan untuk mengecilkan paha. Peregangan bisa digunakan paha bagian belakang serta otot yang ada di betis. Cara melakukan peregangan untuk mengecilkan paha adalah sebagai berikut ini :

  • Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kaki yang rapat.
  • Condongkan tubuh ke depan dengan menahan otot bagian perut, ketika melakukan ini anda akan merasakan tekanan yang ada di bagian belakang kaki.
  • Tahan dan tunggu sekitar 5 detik kemudian buatlah posisi tubuh seperti semula.
  • Melakukan peregangan ini akan efektif dilakukan sebanyak 30 kali dalam sehari. Melakukan secara teratur akan bermanfaat bagi otot betis dan juga otot yang ada di belakang paha.
  1. Plank

Plank merupakan gerakan tubuh yang bisa digunakan untuk mengecilkan paha dan perut secara efektif. Melakukan plank 30 menit per hari sangat efektif untuk mengecilkan paha dan perut. Yang harus diperhatikan dalam melakukan plank adalah melakukannya secara bertahap mulai dari 1 menit sampai dengan 30 menit.  Cara melakukan plank adalah berikut ini :

  • Posisikan tubuh dalam kedaan terbaring dan telungkup.
  • Tekuklah tangan untuk menahan tubuh dan sebagai penyangga.
  • Tariklah tubuh ke atas dengan posisi ujung kaki berada di lantai.
  1. Crunch

Crunch merupakan olahraga yang bisa dilakukan dengan cara yang bertahap dan melakukannya selama 30 menit perhari. Cara melakukan  olahraga ini adalah sebagai berikut ini :

  • Membaringkan tubuh berada di atas matras.
  • Taruh kedua tangan di belakang kepala dan kepala menindih tangan tersebut.
  • Angkatlah kedua kaki ke atas dan perlahan-lahan turunkanlah kaki.
  • Turunkanlah kaki ke atas matras dan lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang sampai 30 menit lamanya.
  1. Sit Up

Selama ini olahraga sit up hanya dikenal sebagai pengecil perut saja namun siapa sangka jika sit up bisa digunakan untuk mengecilkan paha. Alasannya adalah saat melakukan sit up otot perut dan juga otot paha akan saling bekerja. Melakukan sit up yang efektif selama 20 menit dalam sehari.

  1. Lari Di Tempat

Jika anda tidak ingin mengambil lari jarak jauh anda bisa mencoba lari di tempat untuk mengecilkan paha. Lari di tempat merupakan gerakan lari namun hanya di tempat saja. Gerakan itu seperti saat melakukan treadmill. Melakukannya bisa selama 10 menit dalam sehari. Saat lari di tempat otot paha dan juga otot betis akan bekerja sehingga otot tersebut akan kencang. Paha dan betis yang menggelambir pun bisa dirampingkan.

  1. Pemijatan

Melakukan pemijatan atau massage bisa digunakan untuk mengecilkan paha dan juga betis secara alami. Massage yang dilakukan bisa dengan cara memusatkan pada titik lemak yang ada di paha dan betis. Dengan pemijatan itu diharapkan endapan lemak bisa dipecahkan dan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Massage ini bisa dilakukan di tempat spesialis atau bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika ingin dilakukan di rumah anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut ini :

  • Mengoleskan minyak urut yang sedikit panas ke bagian paha dan juga bagian betis.
  • Tekan paha dan juga tekan betis. Gosoklah paha dan betis tersebut secara perlahan-lahan dengan gerakan ke atas atau ke bawah secara bergantian.
  • Lakukanlah cara ini setiap hari agar pemecahan lemak bisa dilakukan setiap hari dan berjalan secara maksimal.
  1. Lari Dengan Posisi Menyamping

Lari dengan gerakan menyamping juga bisa digunakan untuk mengecilkan paha. Hal itu dikarenakan lari dengan gerakan menyamping akan membutuhkan kekuatan otot paha lebih besar dibandingkan dengan lari biasa. Tantangan dari melakukan lari menyamping itulah yang membuat mengapa lari dengan posisi menyamping membutuhkan tenaga yang ekstra sehingga bisa mengecilkan paha. Oleh sebab itulah lari degan gerakan menyamping dipercaya bisa digunakan sebagai pembakaran kalori di bagian paha dan betis yang efektif. Anda bisa melakukan lari dengan gerakan menyamping selama  5 sampai dengan 10 menit setiap harinya. Lari dengan cara menyamping ini aka efektif jika dikombinasikan dengan gerakan olahraga yang lainnya.

  1. Latihan Naik Turun Tangga

Bagi anda yang memiliki rumah bertingkat keinginan anda untuk mendapatkan paha dan betis yang diinginkan akan semakin mudah alasannya adalah gerakan menaiki dan menuruni tangga bisa digunakan sebagai pengecil paha dan juga betis. Saat naik dan menuruni tangga otot paha dan betis akan bekerja sehingga pengecilan paha bisa lebih maksimal. Jangan menggunakan tangga berjalan sebab akan terasa sia-sia jika menggunakan tangga berjalan. Naikilah anak tangga minimal 20 anak tangga setiap harinya. Gerakan ini juga berguna dalam mengatur pernafasan anda menjadi lebih baik.

  1. Hindari Minuman Soda

Minuman soda adalah minuman yang jahat bagi orang yang ingin mendapatkan tubuh ideal. Alasannya adalah di dalam soda tinggi akan gula, pemanis buatan dan juga pengawet. Kandungan gula pada soda sangat tinggi bahkan berlipat-lipat dibandingkan dengan minuman manis biasa. Bagi anda penyuka soda sebaiknya menghindari minuman satu ini.

(baca juga: 16 dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh ibu hamil)

  1. Basket

Basket merupakan olahraga bergengsi dan digemari oleh masyarakat Indonesia terutama bagi anak muda. Manfaat basket sangat banyak sekali yaitu untuk mengecilkan lengan, menurunkan berat badan bahkan bisa digunakan sebagai pengecil paha dan juga betis. Hal itu bisa terjadi karena saat seseorang melakukan olahraga bola basket mereka akan mengkombinasikan gerakan tangan dan kaki.

Lemparan tangan, memasukkan bola ke ring, berlari dan juga melompat merupakan kombinasi olahraga yang sangat efektif. Pembentukan otot lengan, paha dan betis bisa terjadi secara efektif jika menggunakan olahraga ini. Caranya sangat mudah anda tinggal rutin melakukan olahraga basket selama 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa sebelum melakukan kegiatan olahraga ini harus disertai dengan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak kram atau kaget.

  1. Olahraga Voli

Voli juga merupakan olahraga bergengsi yang bisa digunakan untuk mengecilkan lengan, paha dan juga betis. Seperti basket saat melakukan voli orang yang melakukannya akan mengkombinasikan gerakan tangan dan juga kaki. Misalnya saja adalah ketika melakukan smash, orang dituntut untuk berlari dan melompat kemudian tangan melekuk memukul bola ke daerah lawan. Saat melakukan gerakan passing, otot lengan dan juga otot kaki akan bekerja begitu pula saat melakukan smash. Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukan olahraga voli sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya secara beregu agar hasil lebih maksimal.

  1. Olahraga Lompat

Segala macam jenis olahraga lompat dikategorikan sebagai olahraga yang bisa digunakan untuk mengecilkan paha contohnya aja adalah lompat jauh, lompat tinggi, lompat harimau dan lain sebagainya. Alasannya adalah ketika melompat kita dituntut untuk menggunakan otot kaki. Saat otot kaki bergerak maka otot tersebut akan semakin kencang namun elastis. Jika terus melakukan olahraga lompat tersebut, otot paha dan betis akan semakin kencang diikuti dengan pengencangan bagian paha dan juga betis.

  1. Treadmill

Olahraga yang bisa anda lakukan untuk cara mengecilkan paha adalah dengan melakukan treadmill. Anda bisa melakukan gerakan jalan santai pada alat treadmill setelah itu anda bisa meningkatkan kecepatan dari alat treadmill tersebut. Saat menggunakan alat treadmill otot kakilah yang akan digunakan. Melakukan treadmill setiap hari bermanfaat untuk membentuk otot pada bagian kaki anda terutama bagian paha dan juga betis. Tidak hanya itu saja, anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara treadmill tersebut.

  1. Gym

Pergi ke gym atau arena kebugaran merupakan cara efektif untuk bisa membentuk paha anda lebih ramping. Anda bisa menggunakan jasa instruktur gym agar pembentukan paha dan juga betis semakin maksimal. Di gym banyak sekali alat olahraga yang bisa digunakan untuk membentuk otot paha dan juga otot betis misalnya elliptical trainer, crusher, air walker dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Single Leg Circle

Lathan ini bermanfaat dalam menguatkan otot kaki dan juga menguatkan otot betis. Cara melakukannya sama dengan crunch, yang berbeda adalah posisi tangan dan posisi kaki. Jika crunch kedua tangan ditindih kepala dan kedua kaki diangkat ke atas secara bersamaan sedangkan pada latihan ini kedua tangan berada di samping badan dan satu per satu kaki diangkat secara bergantian. Melakukan latihan ini secara efektif bisa sebanyak 2 sampai dengan 3 set setiap hari.

  1. Gerakan Hanging Leg Raise

Latihan ini bisa digunakan untuk mengecilkan otot perut, otot paha dan juga otot kaki. Hal itu dikarenakan saat melakukan latihan atau gerakan ini yang dilibatkan adalah bagian otot perut, paha dan juga betis. Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini :

  • Gunakan tongkat besi.
  • Posisikan tubuh berada di bawah tongkat besi.
  • Angkat tubuh menggunakan kedua lengan, tahan tubuh agar tetap dalam posisi seperti itu.
  • Ketika tubuh ditahan, ayunkanlah kaki ke depan dan juga ke belakang. Bisa juga anda membentuk sudut 90 derajat dengan mengedepankan kaki anda kemudian tahanlah posisi tubuh agar tetap seperti itu.
  1. Gerakan Mengayuh Sepeda

Bagi anda yang tidak memiliki sepeda, jangan khawatir karena anda masih bisa tetap mengecilkan otot paha dan juga betis anda. Tidak hanya paha dan betis saja yang bisa dikecilkan namun otot perut pun bisa dikecilkan dengan menggunakan gerakan ini. Cara melakukan gerakan mengayuh sepeda sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Buatlah posisi tubuh seperti saat sikap lilin.
  • Tahan posisi tubuh agar tetap seperti itu kemudian buatlah gerakan seperti mengayuh sepeda menggunakan kedua kaki anda.
  • Lakukan setiap harinya sebanyak 2 sampai dengan 3 set.
  1. Alat Leg Press

Cara mengecilkan paha yang lainnya adalah dengan menggunakan leg press. Alat ini akan mudah anda temukan di pusat kebugaran seperti gym ataupun fitness. Alat ini akan menggunakan otot bagian paha maupun betis sehingga gerakan yang dilakukan bisa sangat bermanfaat untuk mengecilkan otot paha maupun otot betis. Cara menggunakan alat ini untuk mengecilkan paha maupun perut adalah sebagai berikut ini:

  • Duduk pada alat leg press tersebut.
  • Gunakan beban sesuai dengan kemampuan anda.
  • Setelah itu doronglah beban tersebut menggunakan kedua kaki anda secara perlahan namun pasti.
  • Melakukan gerakan ini per harinya sebanyak 3 sampai dengan 4 set. Gunakanlah beban yang bervariasi setiap set nya.
  1. Alat Stepper

Alat ini bisa dengan mudah bisa anda jumpai di pusat kebugaran. Caranya pun sama dengan gerakan menaiki tangga yang berbeda hanyalah menggunakan alat sedangkan  gerakan naik tangga menggunakan anak tangga. Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini:

  • Anda bisa naik ke alat stepper.
  • Setel berapa beban dari stepper. Jika anda belum pernah melakukannya setel beban dari mulai yang terkecil kemudian jika sudah terbiasa anda bisa meningkatkan beban dari stepper tersebut.
  • Melakukannya bisa selama 20 menit lamanya dan rutin dilakukan setiap hari.
  1. Gerakan Ankle Weight

Cara untuk mengecilkan paha dan juga betis lainnya adalah dengan menggunakan gerakan ankle weight. Cara melakukannya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Posisi tubuh duduk secara tegak di atas kursi.
  • Angkat kedua kaki sebatas lutut.
  • Gunakanlah variasi beban pada ankle anda.
  • Melakukan latihan ini sebanyak 3 sampai dengan 4 set per harinya dan harus dilakukan secara rutin agar paha dan betis langsing dengan cepat.
  1. Gerakan Split

Split merupakan gerakan kaki yang berguna untuk melatih otot paha. Olahraga ini juga bermanfaat untuk mengecilkan bagian paha anda dan juga sebagai pengecil betis. Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini :

  • Posisi tubuh berdiri tegak.
  • Secara perlahan namun pasti mulailah turunkan tubuh anda.
  • Rentangkan kedua kaki anda ke depan dan ke belakang tubuh anda.
  • Saat kaki menyentuh tanah, posisi kaki itu akan lurus berada di atas tanah dengan posisi berada di belakang dan di depan tubuh anda.
  • Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik.
  1. Cium Lutut

Untuk mengecilkan paha dan juga betis bisa dengan cara gerakan cium lutut. Gerakan ini sama dengan gerakan split namun bedanya adalah salah satu kaki ditekuk sedangkan salah satu kaki berada di depan tubuh. Perlahan-lahan buatlah tubuh anda untuk bisa mencium lutut anda sendiri. Lakukanlah secara bergantian pada bagian kaki yang satunya. Gerakan cium lutut ini bisa berfungsi sebagai peregangan dan bisa untuk melatih otot kaki dan paha anda.

  1. Senam Lantai

Berbagai macam variasi dalam senam lantai bisa anda gunakan untuk mengecilkan paha dan juga otot kaki. Contoh senam lantai yang bisa digunakan untuk mengecilkan bagian paha anda adalah sebagai berikut ini :

  • Duduk di atas matras dengan meregangkan kedua kaki di depan tubuh. Bungkukkan badan dan mulai menyentuh ujung kaki anda. Tahan selama 10 detik, kemudian pindahlah untuk menyentuh ujung kaki yang satunya lagi.
  • Posisi tubuh berdiri tegak dengan posisi kaki melebar, bungkukkan badan secara perlahan-lahan dan sentuhlah lantai menggunakan tangan. Lakukanlah gerakan ini selama beberapa kali.
  • Posisi tubuh berdiri tegak, mengangkat kaki ke samping badan, kaki diangkat dengan posisi yang tinggi, tahan kaki anda selama 5 detik menggunakan tangan anda, turunkan kaki anda dan gantilah menggunakan kaki yang lainnya.
  • Senam lantai lainnya dengan memposisikan tubuh tidur secara telentang di atas matras, posisi telapak kaki dan juga lutut dalam posis berdiri, angkat bagian paha secara perlahan lahan dan tumpuan berada di telapak kaki serta pada bagian punggung.
  • Berbaring di atas matras, gunakan tangan dan juga kaki sebagai tumpuan, mulailah mengangkat tubuh secara perlahan-lahan dan membentuk posisi tubuh kotak seperti meja, menahan gerakan itu selama 10 detik kemudian posisikan tubuh seperti bentuk semula.
  • Menghadap ke tembok, angkatlah kaki kanan dan tempelkan kaki kanan ke bagian dinding tembok, raihlah ujung kaki kanan anda dan posisi tubuh dalam keadaan membungkuk, tahan gerakan ini selama 5 detik setelah itu turunkan kaki anda secara perlahan dan diganti dengan bagian kaki kiri anda.
  1. Jus Dan Susu

Cara untuk mengecilkan bagian paha anda bisa dengan menggunakan jus maupun susu. Susu yang dibutuhkan adalah susu yang murni. Cara mengecilkan paha dengan cara ini adalah dengan memasukkan jus dan susu sebagai menu diet anda. Secara bertahap selama anda rutin mengkonsumsi jus dan susu murni itu, paha dan betis anda bisa mengecil secara perlahan tapi pasti.

  1. Buah Dan Sayur

Untuk mengecilkan paha harus mengkonsumsi makanan yang kaya serat, makanan kaya serat akan ditemukan pada buah dan juga sayuran. Sayuran hijau bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari anda, buah-buahan yang bermanfaat untuk mengecilkan paha adalah buah pepaya dan juga pisang.

  1. Hindari Stress

Cara yang bisa digunakan untuk pengecilan paha adalah mengelola stress dengan baik. Saat orang terkena stress, hormon menjadi tidak seimbang sehingga bisa memicu obesitas pada tubuh seseorang. Hormon itu bisa meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga orang yang stress cenderung ingin makan banyak dan selalu ngemil. Makan dengan porsi banyak dan juga mengemil merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kegemukan.

  1. Makan Sedikit Karbohidrat

Makan yang mengandung sedikit karbohidrat bisa digunakan untuk pengecil paha alasannya adalah karbohidrat yang tidak diubah menjadi tenaga akan diendapkan ke tubuh sehingga tubuh akan menjadi gemuk.

  1. Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa digunakan sebagai pengecil paha dan betis alasannya adalah di dalam kacang-kacangan terdapat lemak nabati yang bagus untuk kesehatan tubuh. Lemak nabati ini bisa dijadikan sebagai pengganti dari lemak jahat hewani. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi kacang-kacangan tubuh akan tetap bertenaga sedangkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh bisa menjadi berkurang. Zat anti oksidan yang tinggi dalam kacang-kacangan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan melindungi diri kita dari penyakit kanker.

  1. Memperbanyak Asupan Protein

Protein hewani yang ada pada telur ayam kampung sangat bermanfaat dalam mengecilkan paha dan juga betis. Selama ini binaragawan sering mengkonsumsi telur untuk membentuk ototnya. Bagi anda yang ingin mengencangkan otot juga bisa mengkonsumsi telur sebagai sumber protein.

  1. Teh Hijau

Teh hijau sejak lama bermanfaat dalam pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh kita baik itu lemak yang ada di lengan, di paha maupun di perut. Teh hijau memiliki cita rasa yang pahit, selain itu kandungan bernama polyphenois katekin yang cukup tinggi dalam teh hijau bisa digunakan untuk pembakaran lemak.  Mengkonsumsi teh hijau bisa dilakukan pagi hari saat bangun tidur dan malam hari ketika akan tidur. Jangan mencampurkan gula yang berlebihan pada teh hijau sebab glukosa justru bisa menyebabkan kegemukan. Mengkonsumsi teh hijau juga harus dalam keadaan hangat.

Cara Instan

Mengecilkan paha dengan cara instan hasilnya bisa langsung terlihat namun lebih beresiko dibandingkan dengan cara yang alami. Mengecilkan paha dengan cara instan bisa dengan cara berikut ini :

  1. Sedot Lemak

Sedot lemak tentu tidak asing lagi. Banyak orang melakukan sedot lemak untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Sayangnya efek samping sedot lemak cukup menyakitkan dan prosesnya pun cukup ekstrim. Selain itu harga untuk sekali sedot lemak cukup mahal. Bagi anda yang ingin melakukan cara ini sebaiknya menyiapkan mental yang matang dan budget yang cukup.

  1. Akupuntur

Akupuntur merupakan cara instan yang bisa digunakan untuk cara mengecilkan paha. Jarum steril akan ditancapkan ke bagian paha untuk memecah jaringan lemak yang ada di paha. Efeknya adalah tubuh akan terasa seperti di gigit semut ketika jarum ditancapkan.

Demikianlah berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan paha.  Mau cara instan atau alami semuanya tergantung dengan keyakinan anda. Yang harus diperhatikan di sini adalah semua yang dilakukan harus berjalan seimbang maksudnya adalah diet dengan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan harus disertai dengan olahraga yang cukup. Hal itu dikarenakan pembakaran lemak hanya bisa dilakukan dengan cara olahraga. Untuk cara yang instan mungkin paha akan terlihat lebih ramping dalam waktu yang singkat, yang harus diperhatikan adalah mempertahankan lebih sulit dibandingkan dengan mencapainya oleh sebab itu setelah melakukan cara instan untuk mengecilkan paha tetap diimbangi dengan makan-makanan yang sehat dan juga olahraga.

You may also like