Home Gaya HidupAktivitas Berbahaya Momo TWICE Sempat Diet Ekstrem Sebelum Debut, Cara Ini Jangan Ditiru

Momo TWICE Sempat Diet Ekstrem Sebelum Debut, Cara Ini Jangan Ditiru

by Erlita

Dalam industri hiburan di Korea Selatan, para trainee untuk mencapai posisi sebagai seorang idol tidaklah mudah. Kita tahu sebagian besar dari banyak agensi menuntut diet super ketat dan ekstrem bagi para calon idolnya, tak terkecuali Momo, anggota girlband TWICE yang sempat mengaku bahwa dirinya sempat melakukan diet ekstrem sebelum berhasil debut.

Pada suatu live broadcast beberapa waktu yang lalu, Momo membeberkan kondisinya saat sebelum debut, yakni dirinya diminta untuk menurunkan berat badan sampai 7 kg tidak peduli bagaimana caranya. Ia pun mengikuti permintaan agensi dan berupaya keras menurunkan 7 kg hanya dalam waktu satu minggu saja.

Dirinya sampai sengaja tak makan apapun selama seminggu tersebut dan selalu pergi ke gym untuk berolahraga. Ia selalu mengeluarkan apapun sehingga sampai-sampai air pun tak ada di dalam tubuhnya; di saat menjelang tidurlah ia berbaring dan tiba-tiba menangis karena saking takutnya kalau ia tidur dan tak bangun lagi.

Seminggu penuh yang ia makan hanyalah sebuah kotak es batu; bahkan mengonsumsi satu kotak es batu saja ia berpikir dirinya bakal gemuk. Momo begitu takut tak bisa tampil di panggung showcase dengan berat yang tak turun-turun. Pada akhirnya, ia gagal menurunkan 7 kg dalam seminggu sehingga ia diberi waktu 3 hari lagi.

Rekan-rekannya pun masih begitu ingat bahwa Momo kemudian berhasil menurunkan 7 kg, namun betapa terkejutnya mereka ketika melihat bagaimana pucatnya Momo. Sakit pucatnya, Momo tampak seperti sedang sekarat. Namun seketika ia berhasil menurunkan berat badan sesuai yang diminta, ia langsung kembali makan seperti biasa.

Dilansir dari Koreaboo, 7 kg yang ia pangkas akhirnya berhasil kembali lagi seminggu berikutnya. Karena diet ekstremnya, bahkan setelah mampu makan seperti biasa, makan sedikit pun sudah membuatnya kenyang. Namun selama seminggu itu dia benar-benar makan non-stop.

Apapun kondisinya, berdiet bahkan dengan tidak makan sama sekali walau hanya seminggu, bahkan apabila minum air putih saja sebenarnya bukanlah cara diet yang sehat. Saat tak makan apapun, memang kalori berkurang sehingga tubuh akan kehilangan banyak berat badan, khususnya meminum air dingin saja atau es batu seperti yang Momo lakukan waktu itu.

Hanya saja, berdiet tanpa makan sebetulnya tak boleh diterapkan dalam jangka panjang dan maksimal 3 hari saja. Jika penerapannya sampai jangka panjang, beberapa masalah kesehatan inilah yang berisiko terjadi:

  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan metabolisme
  • Gangguan fungsi otak (ini karena otak ‘makan’ glukosa sehingga walau memperoleh energi dari asam lemak, otak tak mampu bekerja maksimal)
  • Masalah jantung

Menurut Momo dari pengalamannya tersebut, kini ia memiliki hubungan lebih baik dengan makanan. Anggapannya saat ini adalah, saat kita berpikir makan makanan apapun akan bikin gemuk, maka ini benar-benar berefek gemuk. Namun saat kita menikmati makanan, sebenarnya makanan justru menawarkan 0 kalori bagi tubuh; intinya, jangan dibawa stres di kala ingin atau sedang diet ya.

You may also like