Home Diet & FitnessTips Olahraga 4 Bahaya Lompat Tali Bagi Wanita dan Pria

4 Bahaya Lompat Tali Bagi Wanita dan Pria

by Ana Rohma

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang mudah dan termasuk murah karena hanya menggunakan seutas tali panjang yang kemudian diputar dan kita melompati tali tersebut. Banyak sekali manfaat yang diberikan jika kita melakukan olahraga lompat tali ini terutama bagi yang sedang melakukan proses diet, olahraga lompat tali ini dapat membantu anda lebih cepat mengecilkan tubuh. Lompat tali juga bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot pada kaki dan paha, karena olahraga mengecilkan paha ini mengandalkan kekuatan kaki untuk menopang badan dan kekuatan paha untuk menjaga keseimbangan. Selain untuk memperkecil tubuh dan mengencangkan otot, bermain lompat tali juga berfungsi agar menjadikan tubuh anak semakin tinggi juga pada masa pertumbuhannya.

Apakah ada bahaya dari olahraga lompat tali ?

Mungkin semua orang tahu resiko dari bermain lompat tali namun tidak sedikit orang yang menyepelekan hal tersebut. Bahaya lompat tali sebenarnya tidak hanya kepada wanita, namun pria juga dapat menerima resiko dari bermain lompat tali berlebihan ini. Kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat dari lompat tali namun, tidak tahu bahaya dari olahraga ini. Memang dalam olahraga lompat tali memiliki lebih banyak manfaatnya daripada bahayanya, akan tetapi anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang membahayakan jika kita berolahraga lompat tali.

Sebenarnya jika kita melakukan olahraga lompat tali ini dengan benar, olahraga ini tidak akan membahayakan diri kita, namun jika kita melakukan olahraga ini secara berlebihan resiko yang diterima akan sangat besar yaitu :

1. Keseleo

Melakukan lompat tali secara berlebihan akan mengakibatkan hal yang sering terjadi yaitu keseleo karena kesalahan saat menumpukan kaki ketika melompat. Mungkin bagi sebagian orang akan menghiraukan kesalahan yang satu ini, namun tahukah bahwa jika terjadi keseleo dan tidak cepat di obati akan berakibat fatal? Keselo akan fatal akibatnya jika tidak cepat-cepat di obati dan di periksakan karena kita tidak mengetahui dimana letak persendian ataupun urat yang mengalami cidera.

Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak memaksakan diri melakukan lompat tali secara berlebihan karena akibat yang diterima memang kecil namun bisa juga berakibat fatal jika tidak cepat di tindak lanjuti. (baca juga : nyeri sendi)

2. Kram otot

Akibat dari melakukan lompat tali yang berlebihan adalah mengalami keram otot pada bagian betis dan tulang kering. Biasanya ketika seseorang ingin melakukan olahraga menurunkan berat badan, maka akan memaksimalkan kemampuannya dalam berolahraga yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh. Contohnya baru pertama kali bermain lompat tali langsung memaksakan diri untuk bermain sampai 100 loncatan. Padahal seharusnya harus disesuaikan seiring waktu dan kekuatan tubuh karena otot-otot yang ada akan mengencang dengan terpaksa dan berakibatkan terjadinya kram otot.

3. Pendarahan

Olahraga semudah ini ternyata memiliki akibat yang sangat fatal yaitu pendarahan. Biasanya ketika melakukan olahraga lompat tali bagi wanita sedang haid sangatlah rentan. Kondisi ini karena rahimdalam tubuh wanita sedang terkelupas dari dinding rahim, yang seharusnya dengan alami keluar dengan sendirinya karena suatu gerakan yang wajar namun. Jika melakukan lompat tali ketika sedang haid sama saja dengan mengeluarkan darah kotor secara paksa yang berakibat pendarahan. Ketika wanita sedang haid, tubuh sangat rentan sekali terhadap goncangan maupun benturan. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan ketika sedang mengalami haid seorang wanita melakukan lompat tali.

4. Sesak nafas

Salah satu manfaat dari olahraga lompat tali memang untuk menghilangkan penyakit asma yaitu sesak nafas. Namun jika melakukan olahraga ini secara berlebihan, bukan menghilangkan tetapi akan menjadi penyebab dada sesak nafas dan asma kambuh. Karena, melakukan olahraga lompat tali secara berlebihan akan membuat oksigen di dalam tubuh menjadi sedikit. Hal ini berakibat pada terjadinya kekurangan oksigen yang menjadikan anda menderita sesak nafas. Sebaiknya tidak memaksakan diri dalam melakukan olahraga ini. Lbih baik melakukannya dengan setahap demi setahap agar hasil yang dicapai maksimal.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Saat Melakukan Olahraga Lompat Tali

Bahaya  diatas memang sangat membuat rugi bukannya membuat untuk jika dilakukannya secara berlebihan. Namun secara keseluruhan, olahraga lompat tali sangat efektif jika dilakukannya secara bertahap dan sesuai dengan porsinya, seperti :

  • Tidak dilakukan dengan memaksa badan untuk mencapai sebuah hasil secara cepat, yang ada jika memaksa diri hanya akan menimbulkan penyakit penyakit seperti yang sudah ditulis diatas.
  • Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga lompat tali ini juga dapat disesuaikan kostumnya agar badan kita cepat berkeringat
  • Jika sudah terlalu lelah, jangan dipaksakan agar badan tetap terjaga dari resiko resiko diatas.

Jangan lupa juga untuk mengatur pola makan dan memperbanyak minum air putih agar cairan didalam tubuh yang sudah dikeluarkan dapat tergantikan dengan air putih tersebut, agar terhindar dari resiko dehidrasi. Pola makan yang benar juga menentukan kuat tidaknya tubuh anda ketika anda melakukan olahraga lompat tali ini. Pola makan yang seimbang sangat diperlukan untuk menggantikan tenaga yang sudah terkuras karena olahraga ini. Point-point diatas adalah bahaya dari melakukan lompat tali jika dilakukannya secara berlebihan, gunanya agar semua tahu bahwa olahraga ini seharusnya dilakukan dengan benar.

You may also like