Efek Sit Up Untuk Menurunkan Tekanan Darah

4096

Sit up dikenal sebagai olahraga untuk mengecilkan paha dan betis dan olahraga untuk mengecilkan perut yang cukup ampuh. Penyakit darah tinggi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering menimpa orang dewasa dikarenakan faktor usia juga pola hidup. Tidak sedikit merekaa yang menderita tekanan darah tinggi harus merasakan sakit dan menjadi tidak produktif bila sedang kambuh. Jalan satu – satunya selain meminum obat dan beristirahat cukup ialah berolahraga sit-ups. Berikut ini penjelasannya.

Mengapa sit-ups baik untuk darah tinggi?

Ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan seperti yang sudah dikatakan salah satunya adalah melakukan olahraga ringan yaitu sit-up. Alasan mengapa olahraga yang satu ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah:

  1. Dapat Menurunkan Kadar Stress

Tekanan darah tinggi sering datang dikarenakan sang penderita mengalami stress atau bisa disebut sedang banyak pikiran. Nah, olahraga sit-ups memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa stress tersebut karena olahraga ini akan memberi kesan fresh dan tidak membebani juga berat untuk dilakukan.

  1. Detoksifikasi

Selain karena banyak pikiran, faktor lain yang membuat kambuhnya tekanan darah tinggi adala asupan makanan yang tidak benar. Misalnya terlalu banyak makan makanan yang asin. Sebagian orang dewasa dan berusia lanjut tubuhnya sensitif dengan sodium sehingga memicu tekanan darah tinggi. Sit-ups akan mengeluarkan racun yang terdiri dari sodium berlebihan melalui keringat.

  1. Menjaga Berat Badan

Meski tidak begitu mempengaruhi berat badan, olahraga sit-ups juga membantu kita untuk memperbaiki bentuk badan dan ketahanan tubuh. Sehingga yang menderita tekanan darah tinggi tidak mudah merasa lemah dan lelah yang dapat memicu kambuhnya tekanan darah tinggi. Atau bisa dibilang dapat menjaga kesehatan fisik kita sedikit demi sedikit. Sit up sangat ampuh sebagai olahraga menurunkan berat badan super cepat.

Bagaimana cara melakukan sit-ups dengan benar?

Tentunya untuk menghasilkan hasil yang baik dan benar – benar dapat menurunkan tekanan darah tinggi diwajibkan melakukan sit-ups dengan benar. Olahraga yang sembarangan malah akan menambah masalah atau bahkan penyakit baru dalam tubuh begitupun sit-ups. Inilah cara melakukan sit-ups dengan benar:

  1. Ambil Posisi Nyaman

Caranya:

  • Sediakan matras yang empuk.
  • Beri sedikit bantal kecil untuk menopang bagian bokong bila tidak kuat menahan sakit di bagian tersebut. Sebagian orang sering merasa sakit di bagian bokong ketika melakukan sit-ups.
  • Buat tubuh sejajar. Tidak menaruh sembarangan.
  • Posisikan kaki ditekuk dan tangan menjadi penompang kepala. Tetapi bisa juga tangan dibiarkan atau diluruskan bila merasa lebih nyaman.
  1. Atur Nafas

Caranya:

  • Ambil nafas dan hembuskan beberapa kali sebelum melakukan sit-ups. Tenangkan pikiran.
  • Ketika menuju memajukan tubuh, tarik nafas. Dan ketika sudah duduk cobalah keluarkan dari mulut perlahan.
  1. Minta Bantuan

Caranya:

  • Tanpa alat bantuan, tentu melakukan sit-ups sendiri agak sulit. Minta bantuan teman atau keluarga untuk menahan kaki agar tidak bergerak.
  • Bila memang tidak begitu kuat untuk melakukannya, mintalah bantuan lain dengan cara menarik tubuh kita perlahan ke pada saudara atau keluarga kita.

Berapa kali harus melakukan sit-ups untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Idealnya melakukan sit-ups adalah sesuai kemampuan misalnya tiga set perhari. Satu set terdiri dari sepuluh kali sit-ups. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi ebih baik jangan terlalu diporsir karena malah akan menaikan darah tinggi akibat terlalu lelah. Selain itu tiga set perhaari juga sudah ideal dan yang penting adalah selalu rutin melakukannya setiap hari.

Untuk waktunya, cobalah lakukan setelah bangun tidur dan setelah meminum dua gelar air putih di pagi hari. Pola hidup yang baik pada pagi hari lebih detailnya seperti ini:

Bangun Pagi (Pkl 05-00 s/d 06.00) -> Minum Air Putih (Dua Gelas) -> Relaksasi (Melakukan sedikit peregangan) -> Sit Ups 3 set -> Mandi -> Sarapan -> Melakukan Aktivitas Rutin (Bekerja atau lain – lain)

Wajib melakukan kegiatan pendukung lainnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lalu apa sajakah itu?

Tidak ada pengobatan yang singkat termasuk tekanan darah tinggi. Olahraga bukan patokan agar tekanan darah tinggi dapat turun. Penderita harus mau melakukan kegiatan lainnya yang merupakan pola hidup sehat. Kegiatan tersebut adalah:

  1. Makan Makanan Sehat

Tekanan darah tinggi dapat dirunkan dan dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Di antaranya yang mengandung banyak nutrisi, magnesium, kalium, dan folat. Makanan penurun darah tinggi tersebut di antaranya: sayuran hijau, susu skim, tomat, gandum, biji bunga matahari, minyak zaitun, kentang, pisang dan kedelai. Makanan 4 sehat 5 sempurna juga dapat membantu menurunkan darah tinggi.

Khusus untuk kedelai lebih baik dihindari mengkonsumsinya terlalu banyak karena bagi penderita asam urat akan memicu kambuhnya asam urat. Sudah disebutkan kalau penderita tekanan darah tinggi wajib menghindari konsumsi sodium jadi cobalah memasak makanan sehat tersebut tanpa garam. Karena makanan penyebab darah tinggi cepat naik hampir semuanya dari garam.

  1. Minum Air Putih

Air putih yang bersih memang menjadi sumber utama kesehatan. Penderita tekanan darah tinggi wajib minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari. Biasakan untuk menyukai air putih dibandingkan minuman berwarna.

  1. Istirahat Yang Cukup

Tekanan darah tinggi dapat dipicu karena stress. Untuk menghindari rasa stress cobalah istirahat yang cukup dengan tidur malam maksimal jam 10 malam. Tubuh juga akan tersuplay energi yang pas.

Kapan mulai terasa tekanan darah tinggi menurun?

Setelah melakukan sit-ups secara rutin dan melakukan kegiatan yang merupaka pola hidup yang baik pastinya akan memberi efek positif. Penderita tekanan darah tinggi akan mulai merasa tubuhnya nyaman, tidak merasa, sakit, dan bugar. Dalam waktu lima hari hingga seminggu darah akan turun bila memang tidak ada penyakit lain yang sedang kambuh.