Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 10 Olahraga Untuk Tulang Belakang Tetap Lurus, Sehat dan Kuat

10 Olahraga Untuk Tulang Belakang Tetap Lurus, Sehat dan Kuat

by Erlita

Jika Anda adalah salah satu orang yang khawatir tentang kesehatan tulang belakang, maka ada berbagai cara untuk menjaga tulang belakang tetap kuat dan dalam kondisi yang sehat. Berikut ini adalah sejumlah jenis olahraga untuk tulang belakang supaya tetap lurus dan terhindar dari jenis kelainan tulang belakang serta masalah tulang lainnya.

  1. Squat

Gerakan squat pada dasarnya merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk melatih kekuatan tulang belakang sekaligus menyehatkannya. Hanya saja, squat termasuk dalam olahraga yang dilarang untuk skoliosis karena dapat membahayakan kondisi tulang yang sudah dalam keadaan abnormal.

Melakukan latihan squat secara teratur juga merupakan bagian dari olahraga mengecilkan paha dan betis yang alami dan efektif. Anda bisa mengandalkan olahraga squat ini untuk memaksimalkan fungsi tulang panggul dan ekor sekaligus menjadi faktor pemicu proses pelepasan hormon hingga menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Sit Up

Siapa bilang sit up itu hanya untuk mengecilkan atau mengencangkan perut? Ada banyak keuntungan yang ditawarkan dari olahraga sederhana ini di mana salah satunya adalah efek sit up untuk menurunkan tekanan darah yang naik dan tinggi. Bahkan untuk kesehatan tulang belakang juga bisa melakukan sit up secara rutin asalkan tak ada riwayat jenis kelainan tulang belakang apapun.

Pada gerakan sit up, Anda diharuskan untuk menegakkan bagian punggung sehingga otomatis bagian tulang belakang pun harus ditempatkan secara tepat di posisinya bukan? Inilah yang menjadikan cara yang efektif dan aman jika ingin menjadikan tulang belakang tetap baik dan sehat; tapi olahraga ini tidak untuk penderita skoliosis.

  1. Push Up

Sama seperti sit up dan squat, olahraga ini pun melatih tulang belakang supaya kekuatannya meningkat dan terjaga kesehatannya. Walau kita tahu bahwa push up berfokus pada otot bahu, dada, perut, kaki, dan lengan, nyatanya push up adalah jenis latihan fisik yang baik untuk punggung di mana tulang belakang berada.

Pada olahraga push up sekalipun, ada gerakan atau posisi di mana punggung dipaksa untuk tegak dan tulang belakang pun otomatis ada di tempatnya. Lakukan push up setiap hari dengan pengulangan sesuai yang Anda mampu saja dan dapatkan hasil terbaiknya bagi kesehatan tulang belakang.

  1. Yoga

Yoga diketahui menjadi salah satu olahraga ampuh yang mampu membuat otot punggung lebih fleksibel sekaligus kuat. Bahkan untuk otot punggung yang sakit dan tegang, melakukan Yoga jelas akan menjadikannya lebih rileks dan lemas. Yoga juga merupakan latihan yang bisa dijadikan cara melancarkan peredaran darah sehingga sakit punggung pun bisa hilang; karena baik untuk fleksibilitas, tulang belakang juga dapat dijaga kesehatannya dengan aman.

  1. Pilates

Mirip dengan Yoga, Pilates pun merupakan latihan fisik yang bisa memperkuat tubuh termasuk tulang belakang. Latihan kekuatan tubuh yang dikombinasi dengan peregangan ini pada umumnya sangat sesuai bagi yang memiliki masalah pada punggung sekaligus bagi yang ingin meningkatkan fungsi tulang belakang sekaligus meredakan nyeri di pinggang dan punggung.

  1. Bersepeda

Olahraga ini juga tergolong ringan dan mudah dipraktekkan, khususnya jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang belakang. Bukankah bersepeda justru mengharuskan tubuh membungkuk dan mampu memicu rasa nyeri di pinggang? Padahal sebenarnya, dengan menumpukan berat badan pada lengan saat bersepeda, nyeri di punggung dan pinggang malah justru bisa reda.

  1. Jalan Kaki

Olahraga murah meriah dan simpel untuk dijalankan adalah jalan kaki. Pada jurnal Clinical Rehabilitation di tahun 2013 menunjukkan adanya fakta bahwa rasa sakit yang ditimbulkan dari nyeri pinggang dan punggung kronis bisa jadi lebih ringan karena melakukan rutin olahraga jalan kaki. Bahkan melalui olahraga ini, peredaran darah akan jauh lebih lancar sehingga tubuh lebih segar dan bugar nantinya.

  1. Renang

Para penderita sakit punggung dan pinggang, renang bisa jadi solusi untuk memperbaiki dan menyehatkan kembali tulang belakang. Renang adalah olahraga air yang aman dalam mengurangi adanya tekanan di bagian punggung serta pinggang dan menjaga agar tulang belakang tetap baik.

  1. Lari

Selain jalan kaki, lari juga tak hanya menjadi cara membakar lemak dan kalori, tapi juga menjaga kesehatan dan kekuatan tulang belakang. Bahkan tulang punggung akan memiliki ketahanan lebih tinggi dengan berlari, sebab bantalan antar ruas di tulang belakang bakal dikuatkan. Namun, lari jarak jauh bukanlah olahraga tepat bagi penderita skoliosis.

  1. Zumba

Zumba yang seru dan menyenangkan rupanya juga menjadi gerakan aktif yang mampu mendukung supaya tulang belakang bisa lebih sehat, kuat dan berdaya tahan tinggi. Ini karena tumpuan pada gerakan zumba seringkali ada di bagian pinggul dan panggul sehingga bakal berpengaruh pada makin kuatnya tulang ekor.

Cukup banyak bukan pilihan olahraga untuk tulang belakang lurus, sehat dan kuat? Beberapa rekomendasi olahraga tersebut pun sangat simpel untuk dilakukan setiap hari di waktu luang Anda. Jadi, jangan tunggu sampai fungsi tulang belakang menurun, mulailah berolahraga namun tetap juga waspada akan bahaya olahraga yang berlebihan.

You may also like