50 Cara Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

8281

Aliran darah setiap manusia harus selalu lancar agar fungsi tubuh juga lancar dan maksimal dalam menjalankan setiap perannya. Ketika peredaran darah tersumbat, maka ada segudang penyakit yang mampu mengganggu kesehatan dan fungsi tubuh. Ada banyak penyakit serius yang mengancam jiwa seseorang, seperti jenis-jenis penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Tak hanya hal itu, ada beberapa kasus di mana peredaran darah yang tersumbat bakal menyebabkan kulit menjadi keriput dan kusam. Selain itu, masih ada pula aterosklerosis, hyperlipidemia dan diabetes melitus yang dapat menjadi gangguan kesehatan akibat penyumbat sirkulasi darah. Untuk itulah, Anda perlu mengetahui cara melancarkan peredaran darah yang paling alami.

(Baca juga: makanan untuk melancarkan peredaran darah)

  1. Olahraga Teratur

Kurang olahraga tak hanya memicu penimbunan lemak dan faktor peningkat risiko akan obesitas. Nyatanya, jarang berolahraga pun mampu mendatangkan penyakit dan maka dari itu, rajin berolahraga akan membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Selain lemak terbakar, otomatis tubuh pun akan terhindar dari serangan-serangan penyakit.

Bahkan karena aliran darah yang lancar, kulit pun menjadi ikut lebih kencang dan bercahaya. Ini karena pasokan oksigen dapat memenuhi sel-sel kulit. Olahraga tak perlu harus berlama-lama apalagi yang berat karena ada bahaya olahraga yang berlebihan. Berikut di bawah ini adalah beberapa latihan fisik paling pas untuk kelancaran peredaran darah:

  • Jalan-jalan – Jalan pagi adalah yang lebih baik dan pastikan Anda melakukannya 20-30 menit setiap hari supaya stres berkurang, otot lemas dan pembuluh darah bekerja lebih maksimal.
  • Bersepeda – Untuk meningkatkan aliran darah di bagian bawah tubuh, bersepeda adalah salah satu kuncinya.
  • Yoga – Latihan fisik ini tak hanya menjadi cara mengatasi stres, tapi Anda juga bisa memperbaiki aliran darah yang macet atau tersumbat.
  • Renang – Untuk melancarkan peredaran darah, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Dengan renang jugalah Anda bisa mengatasi masalah pada otot dan sendi.
  • Latihan tangan – Tangan perlu dilatih dengan rajin menggerak-gerakkannya. Latihan ini tujuannya adalah sebagai pencegah kram. Anda bisa meregangkan kedua tangan secara lurus menyamping dan kemudian Anda bisa membentuk kepalan dan kepalan bisa Anda gerak-gerakkan. Selama beberapa menit tahanlah demikian, barulah tangan digerakkan melingkar bahu ke samping kiri dan kanan bergantian paling tidak 1 menit.
  • Meluruskan kaki – Lancarkan peredaran darah dengan meluruskan kaki di pagi hari. Alangkah baiknya kalau dilakukan di bawah panas sinar matahari pagi selama 20 menit.
  • Memutar kaki – Duduklah di kursi dan kemudian kaki diputar searah jarum jam hingga 10 kali. Cara ini juga bisa membuat kaki lebih lentur dan juga kuat sehingga selalu bugar ketiga berkegiatan.
  • Melatih jari kaki – Ambil posisi duduk di lantai dan lutut bisa membentuk sudut 90 derajat. Tetaplah duduk tegak dan tangan bisa Anda gunakan untuk meraih jari-jari kaki sambil menjaga tumit tetap menyentuh permukaan lantai.
  • Berjalan jinjit – Aktivitas fisik ini bisa dilakukan sebagai selingan dari melatih jari-jari kaki. Dengan gerakan ini peredaran darah akan dibantu menjadi lebih lancar.
  • Mengangkat kaki – Ambil posisi berdiri tegak dan Anda bisa mengangkat salah satu kaki ke atas. Otot kaki dapat Anda buat setegak mungkin hingga terasa tegang, lalu gantian dengan kaki satunya. Pengulangan gerakan dianjurkan hingga 10 kali bergantian.
  • Menggerakkan leher – Demi peredaran darah lebih lancar, silakan coba mengendurkan otot leher dengan memutar kepala ke kanan dan ke kiri masing-masing sampai 10 kali. Berbaringlah dan kepala Anda tundukkan seraya dada dibungkukkan. 8-10 kali pengulangan akan lebih baik.
  • Push up – Latihan ini bisa Anda lakukan setiap pagi sebanyak 10 kali dan Anda akan merasakan energi yang meluap pada tubuh Anda. Melakukannya rutin akan memberikan hasil maksimal terhadap peredaran darah agar jalannya lebih lancar.

(Baca juga: penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah)

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sudah seharusnya Anda hindari karena makanan-makanan inilah yang mampu menyumbat aliran darah. Pola makan sehat dan seimbang adalah kunci dari tubuh yang sehat dengan peredaran darah yang lancar. Dalam melancarkan peredaran darah, jangan lupa setiap hari Anda bisa mengonsumsi:

  • Anggur yang berwarna merah jambu
  • Jambu biji
  • Tomat
  • Pepaya
  • Semangka
  • Bawang putih
  • Jeruk
  • Jahe
  • Cokelat hitam
  • Alpukat
  • Tuna
  • Kacang-kacangan
  • Minyak zaitun
  • Gandum utuh
  • Asparagus
  • Lemak ikan salmon
  • Kesemek
  • Kunyit
  • Brokoli
  • Delima
  • Kayu manis
  • Ganggang spirulina
  • Bayam
  • Teh hijau
  • Ginkgo biloba
  • Pegagan
  • Paprika
  • Cabe
  1. Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Untuk melancarkan peredaran darah yang tersumbat, bagi Anda yang punya kebiasaan merokok, lebih baik belajarlah untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat satu ini. Bahaya merokok bagi kesehatan bukan hal asing lagi. Di dalam rokok ada kandungan gas CO2 yang akan membuat butiran darah merah terikat.

Karena proses ikatan tersebut, aliran darah menjadi tidak lancar dan pada akhirnya terjadi pengurangan pasokan oksigen. Dari situlah proses oksigenisasi pada jantung menurun yang akhirnya mengurangi fungsi kerja jantung. Penyakit-penyakit jantung bisa terjadi dan lebih dari itu juga bahayanya bisa sampai pada kanker paru-paru, jadi pilihlah pola hidup yang sehat.

(Baca juga: akibat kelebihan albumin)

  1. Terapi Totok Darah

Jenis terapi ini datangnya dari Cina dan ternyata sudah cukup terbukti dalam membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar di dalam tubuh. Penekanan pada titik pusat aliran darah dapat diandalkan dan inilah yang kemudian menstimulasi supaya peredarannya menjadi bebas dari penyumbatan dan mampu mengalir lancar ke seluruh tubuh.

  1. Terapi Tertawa

Untuk membuat aliran darah berjalan lancar, Anda juga bisa memilih cara alami untuk mengatasinya seperti dengan terapi tertawa. Aktivitas satu ini bukan hanya menjadi cara membakar lemak paling ampuh, tapi juga dapat membantu supaya sirkulasi darah dalam tubuh berjalan dengan baik ke seluruh tubuh.

Ketika tertawa, otak seseorang akan menekan untuk melakukan gerakan visual maupun phonic di mana 2 gerakan tersebut dapat membuat gerakan otot dapat terangsang untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan demikian, pasokan oksigen pun dapat terkirim ke seluruh tubuh secara lancar juga dan menjauhkan tubuh dari penyakit-penyakit kronis.

  1. Menghindari Alkohol

Minuman beralkohol memang banyak pengonsumsinya dan ada pula yang sampai merugikan kesehatan karena saking konsumsi secara berlebihan. Ingat bahwa bahaya minuman keras bagi kesehatan cukup tinggi, maka sebaiknya alkohol perlu dihindari sebisa mungkin. Apabila belum bisa menghentikan kebiasaan minum alkohol, mulailah dengan membatasi konsumsinya lebih dulu.

Ingat bahwa alkohol tak hanya menjadikan tubuh mudah mabuk, tapi emosi manusia pun dapat berubah menjadi lebih tinggi. Konsumsi alkohol pun sama dengan memasukkan radikal bebas yang akan menimbulkan berbagai penyakit serius bagi tubuh. Supaya peredaran darah lancar, hentikan konsumsi alkohol segera dan mulailah dengan pola hidup sehat serta seimbang.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan alat peredaran darah)

  1. Mendaki Gunung

Mendaki gunung memang adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pecinta alam dan orang-orang yang suka olahraga sekaligus tantangan. Bagi Anda yang punya hobi mendaki gunung, maka berita baiknya adalah bahwa kegiatan ini sangat baik untuk melancarkan seluruh aliran darah di dalam tubuh kita.

Pendakian gunung memang terbilang cukup ekstrem bagi beberapa orang, namun manfaatnya sangat luar biasa bagi fisik dan mental kita. Selain dapat menjadi cara menghilangkan stres, ketika sudah sampai di puncak gunung, hati lebih tenang dan inilah yang otomatis juga memengaruhi kelancaran peredaran darah. Dengan begitu, oksigen akan terpasok juga dengan lancar sehingga tubuh jauh dari penyakit.

  1. Naik Turun Tangga

Cara mudah untuk melancarkan aliran darah adalah dengan naik turun tangga, terutama bagi Anda dengan rumah bertingkat atau bekerja di kantor. Setiap hari Anda bisa sengaja naik turun tangga untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Memang kelihatannya melelahkan, tapi lama-kelamaan bila terbiasa akhirnya tubuh tak akan cepat lelah lagi dan malah justru lebih bugar.

  1. Tidur dengan Kaki Diangkat

Mengangkat kaki ketika dalam posisi tidur sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Anda bisa ambil posisi tidur dan kaki pun diangkat lalu ditumpukan ke tembok selama kurang lebih 10 menit. Cara ini juga bagus dalam mengatasi dan mencegah varises. Anda akan merasakan efektivitasnya bila melakukannya setiap hari.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan peredaran darah)

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Diet menjaga berat badan agar tetap ideal juga merupakan cara paling efektif untuk membuat aliran darah lebih lancar. Pada orang-orang dengan masalah obesitas, biasanya aliran darah menjadi tak lancar, jadi lebih baik mulai dari sekarang Anda coba memerhatikan apa yang Anda makan. Utamakan makanan-makanan 4 sehat 5 sempurna supaya tubuh menerima nutrisi yang dibutuhkan dan berat badan pun tetap terjaga.

  1. Pijat

Sirkulasi darah akan meningkat ketika Anda melakukan pemijatan. Ketika dipijat, otomatis aliran darah pada jaringan halus akan terangsang sehingga aliran darah yang tadinya kurang lancar menjadi lebih lancar atau bahkan kembali normal. Pemijatan juga biasanya bakal mampu mendukung penyembuhan penyakit-penyakit kronis tertentu.

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih bukan hanya dapat menjauhkan diri dari bahaya dehidrasi, tapi juga dapat memperlancar peredaran darah secara alami. Alangkah lebih disarankan untuk minum air hangat karena justru pembuluh darah dapat lebih sempit bila minum air dingin. Anda bisa rajin minum 8-10 gelas air per harinya agar lebih maksimal hasilnya.

(Baca juga: herbal alami untuk melancarkan peredaran darah)

Itulah cara melancarkan peredaran darah yang dapat Anda lakukan secara alami. Semoga dengan melakukan cara-cara tersebut, Anda bisa menjaga kesehatan dengan baik.