Home Diet & FitnessTips Diet 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Berolahraga Ringan dan Efektif

12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Berolahraga Ringan dan Efektif

by Roro Dyiah

Perut yang buncit selama ini telah membuat sebagian orang malu atau minder dengan penampilannya sendiri. Lemak trans yang bernaung di perut anda ini juga telah membuat semua koleksi baju-baju indah nan seksi yang anda miliki tergeletak dilemari begitu saja karena sudah tak muat untuk dikenakan. Beberapa orang pun bahkan mendapat ejekan dari orang lain karena memiliki penyebab perut buncit.

Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang memiliki perut buncit berbondong-bondong untuk mengecilkan perut mereka. Banyak cara mengecilkan perut buncit, seperti mengkonsumsi obat pelangsing atau bahkan sedot lemak. Tapi tahukah anda kalau cara-cara instant tersebut tidaklah baik untuk anda dan memerlukan biaya yang tak sedikit.

Namun, ada cara lain yang lebih aman, lebih murah, dan lebih menyehatkan untuk bisa mengecilkan perut anda. Caranya adalah dengan melakukan olahraga dengan teratur. Dengan melakukan olahraga rutin perut anda bisa menjadi langsing dan rasa percaya diri anda akan kembali.

Penyebab Perut Buncit

Sebelum mengetahui apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak perut dengan efektif, ada baiknya anda juga perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Dengan mengetahui penyebab perut buncit, anda bisa mencegah perut anda menjadi semakin buncit. Selain itu, jika perut anda nantinya sudah kembali langsing dan rata, anda bisa melakukan pencegahan dengan mengetahui penyebab perut beuncit beritkut supaya perut anda kedepannya tidak kembali menjadi buncit lagi. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu)

  • Alkohol

Alkohol sudah terbuktu memiliki sederet manfaat buruk bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gula dan kalori dalam alkohol, sehingga tubuh mengalami kelebihan gula dan kalori. Kalori dan gula yang berlebih ini tidak dapat diolah menjadi energi sehingga disimpan dalam tubuh anda, termaksud dalam perut anda. Tidak sampai disitu saja, alkohol dapat membawa berbagai penyakit, seperti gejala diabetes hingga gangguan liver atau hati.

baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia

  • Konsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Jika anda pecinta gorengan atau segala makanan yang mengandung lemak, maka batasilah konsumsi makanan berlemak anda sebelum perut anda menjadi buncit dan terus membuncit. Jenis-jenis lemak yang terlalu banyak tidak akan diolah tubuh menjadi energi dan akan dibiarkan begitu saja menetap di perut anda.

  • Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak makan dapat membuat anda menjadi gemuk dan perut anda kian membuncit dari hari ke hari. Makanan yang masuk kedalam tubuh akan diolah menjadi energi yang anda gunakan untuk beraktivitas setiap harinya. Jika terlalu banyak makanan yang masuk dan anda tidak banyak bergerak atau beraktivitas, maka makanan-makanan tersebut akan disimpan dalam lemak ditubuh dan perut anda. Biasakanlah mulai sekarang untuk selalu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang sebanyak tiga kali sehari.

baca juga: penyebab cepat lapar

  • Ngemil Malam-Malam

Apakah anda hobi ngemil di malam hari? Jika jawabannya adalah ‘iya’, maka anda tidak perlu kaget kenapa perut anda tumbuh subur dan menjadi buncit. Usahakan di malam hari anda tidak makan berlebihan, makanlah makanan-makanan yang ringan dan sehat seperti buah dan sayur. Di malam hari aktivitas sudah tak terlalu padat dan anda pasti lebih banyak mengistirahatkan diri setelah penat melakukan aktivitas sehari-hari dari pagi sampai sore. Karena aktivitas tak lagi banyak, maka otomatis tubuh pun tak banyak bergerak, sehingga pembakaran lemak tidak akan berlangsung dengan optimal. Makanan-makanan berat yang benyak berkarbohidrat atau belemak pun tak akan dibakar dengan baik dalam tubuh, sehingga makanan-makanan tersebut itu akan disimpan diperut anda menjadi lemak.

baca juga: diet air putih

  • Pemanis Buatan

Segala yang buatan memang terkesan kurang baik untuk tubuh, salah satunya adalah pemanis buatan. Pemanis buata ini lebih sulit dicerna oleh tubuh dan hanya akan membuat usus terganggu. Jika usus terganggu tentunya proses pencernaan anda tidak akan berjalan dengan optimal sehingga membuat metabolisme tidak berjalan dengan baik.

baca juga: bahaya akibat gula darah rendah

  • Kurang Berolahraga

Sudah berapa dokter dan pakar kesehatan yang berkata bahwa olahraga itu penting bagi kesehatan tubuh? Mungkin sudah jutaan lebih dokter dan pakar kesehatan yang mengatakan dan menjabarkan seberapa pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Tapi, apakah anda sudah mendengarkan perkataan mereka dengann rutin berolahraga setiap minggunya?

Olahraga ini dapat memperlancar proses metabolisme tubuh. Dengan berolahraga lemak dan makanan-makanan yang masuk kedalam tubuh anda akan diproses lebih banyak menjadi energi. Semakin banyak anda berolahraga atau bergerak makan semakin banyak pula lemak yang akan dibakar menjadi energi. Tapi, ingat selalu bahwa segala sesuatu itu punya batasannya. Tubuh anda pun punya batasan tersendiri dalam berolahraga, jadi jangan terlalu memaksakan tubuh anda untuk terus berolahraga. Lakukanlah olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh anda.

Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Anda sudah tak tahan ingin memiliki kembali perut yang rata? Maka segeralah melakukan olahraga! Olahraga secara teratur dapat menghilangkan lemak tubuh dan mengecilkan perut anda yang sudah membuncit karena telalu banyak lemak itu. Dari berolahraga dengan rajin anda dapat kehilangan lebih dari 10 pounds atau lebih dari 4,5 kg dalam waktu lima hingga sepuluh minggu.

Mungkin melakukan olahraga akan terkesan sulit untuk anda yang tidak terbiasa berolahraga setiap harinya. Tapi, berolahraga adalah cara teraman dan ampuh untuk mengecilkan perut anda yang membuncit. Selain itu, olahraga juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

baca juga: cara mengecilkan perut buncir dengan bahan tradisional

Berikut ini olahraga yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit:

  • Olahraga Aerobik

Menurut Jack H. Wilmore dan David L. Costill, penulis “Physiology of Sport and Exercise”, melakukan latihan aerobik akan membuat jantung berdetak maksimum antara 55 dan 72 persen, pada kondisi itulah zona pembakaran akan menjadi optimal dan tubuh anda akan membakar energi dan lemak dalam jumlah yang sangat banyak. Anda dapat melakukan aerobik ini setidaknya selama 30 hingga 60 menit selama lima hari dalam seminggu agar bisa membakar lemak perut anda dan menjadikan perut anda kembali rata. Berikut ini adalah contoh-contoh olahraga aerobik yang dapat anda coba dirumah untuk mengecilkan perut buncit anda.

  1. Lompat Tali. Olahraga lompat tali bagi wanita memang tergolong olahraga yang mudah dilakukan, namun olahraga ini setidaknya dapat membakar 450 kalori dalam kurun waktu 45 menit. Lakukan lompat tali di jeda waktu senggang anda untuk membantu pembakaran energi dan kalori.
  2. Naik Turun Tangga. Tangga ternyata juga bisa digunakan sebagai alat bantu olahraga yang sangat bermanfaat. Dengan naik turun tangga maka stamina kardiovaskular anda akan meningkat dan tentunya dapat membakar energi dan lemak dalam tubuh anda. Anda dapat melakukannya kurang lebih selama 15-20 menit, jika anda sudah terbiasa dengan melakukan olahraga ini, maka anda bisa melakukannya hingga 30 menit lamanya.
  3. Hula Hoop. Cari hula hoop lalu pakai dan rasakan perbedaannya untuk tubuh anda kedepannya. Permainan masa anak-anak yang menyenangkan ini dapat membantu anda mengurangi lemak di perut anda.
  4. Menari. Menari adalah salah satu cara menyenangkan yang bisa anda lakukan di rumah untuk membantu pembakaran lemak. Pilihlah tarian yang anda suka, entah itu zumba, tari perut, atau tari kreasi moderen. Carilah gerakan tari yang enerjik dan penuh semangat agar dapat bekerja secara maksimal. Dengan menari anda akan dapat menurunkan berat badan anda, meratakan area perut anda yang buncit, sekaligus dapat membantu menjaga kelenturan tubuh.
  5. Jumping Jacks. Jumping Jacks adalah salah satu olahraga aerobik yang simpel nan sederhana dan tentunya bisa anda praktikkan dirumah atau ditempat manapun yang anda inginkan. Seperti yang telah dituliskan, cara melakukan jumping jacks sangatlah mudah. Awali dengan berdiri dengan kedua kaki yang rapat dan tangan terangkat keatas. Lalu, buka tangan sampai menyentuh badan, buka juga kaki melebar secara bersamaan. Setelah itu tutup kembali tangan dan kaki secara bersamaan pula ke posisi semula, dan ulangi lagi hingga anda rasa cukup. Anda akan berkeringat banyak ketika melakukan olahraga ini dan tentunya anda juga akan keilangan lemak perut anda secara bertahap.
  6. Berlari atau Jogging. Anda sudah sangat akrab dengan olahraga yang satu ini. Olahraga ini dapat mambantu anda menghilangkan lemak di seluruh area tubuh anda, termakusud juga lemak pada area perut. Untuk anda yang belum terbiasa untuk berlari-lari, mulailah dengan jalan santai atau jogging. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)
  7. Bersepeda. Ambil sepeda kayuh anda dan segeralah berkeliling mencari udara segar. Bersepeda seperti ini bisa menghilangkan setidaknya 300 kalori selama 30 menit. Agar anda lebih menikmati bersepeda, usahakan untuk memilih rute bersepeda yang menyenangkan dan bersepedalah ketika matahari belum terlalu panas.
  • Latihan Kekuatan

Anda bisa melatih kekutan anda sebanyak dua atau tiga kali dalam satu minggu. Latihan kekutan ini dapat bermanfaat untuk mengurangi lemak perut dengan meningkatkan jaringan otot. Dengan jaringan-jaringan otot yang lebih banyak maka aktivitas anda sehari-harinya akan dapat dilaksanakan dengan lebih mudah, dapat juga meningkatkan metabolism anda ketika anda sedang beristirahat, tentunya dengan menambah jaringan otot anda akan lebih mudah membakar lemak yang menyebabkan perut anda buncit. Berikut ini latihan kekutan yang dapat dengan mudah anda lakukan di rumah:

  1. Sit Up, dengan melakukan sit up sebagai salah satu bentuk latihan kekuatan, maka otot perut anda akan semakin kencang dan perut buncit anda dipastikan akan berkurang sedikit demi sedikit. Anda bisa melakukan sit up sendiri atau meminta orang lain membantu anda memegangi dan menahan kaki anda saat sedang melakukan sit up.
  2. Back Up, untuk melakukan back up, anda harus tengkurap terlebih dahulu. Setelah itu angkat tubuh bagian atas (dari perut ke atas) tersebut ke arah atas lalu turunkan kembali ke bawah. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan coba melakukannya dengan cepat. Untuk dapat melakukan gerakan back up ini dengan mudah, anda akan membutuhkan bantuan orang lain untuk memegangi dan menahan kaki anda.
  3. Pull Up, melakukan pull up tentu dapat membantu anda untuk menghilangkan lemak perut anda, selain itu pull up juga dapat melatih dan juga meningkatkan kekutan tangan anda. Tidak hanya itu, pull up juga dipercaya mampu membantu memperbaiki postur tubuh.
  4. Push Up, untuk melatih kekuatan dan mengurangi lemak perut anda juga dapat melakukan push up. Lakukanlah gerakan push up dengan benar dan sesuaikan jumlah push up yang anda lakukan dengan kemampuan tubuh anda. Tingkatkan kemampuan anda ini dengan melakukan olahraga rutin setiap minggunya.
  5. Olahraga dengan Kebiasaan Sehari-Hari, Kita pastinya memiliki beberapa kebiasaan yang selalu kita lakukan setiap harinya. Jika anda sedang tidak memiliki banyak waktu luang, mungkin anda bisa merombak kebiasaan anda. Semisal, anda ini sedang berhalangan untuk melakukan olahraga karena anda super sibuk bekerja di kantor. Maka yang perlu anda lakukan adalah mencari beberapa alternatif, seperti menggunakan tangga daripada menggunakan lift atau melakukan peregangan dan olahraga kecil di sela-sela jam kerja anda.

Disekitar kita sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berolahraga. Bersih-bersih seperti menyapu misalnya juga tergolong sebagai olahraga sederhana yang bisa anda lakukan. Daripada anda duduk-duduk di depan televisi menunggu jeda iklan, lebih baik gunakan jeda iklan tersebut untuk berjalan-jalan di dalam rumah atau melakukan olahraga ringan lainnya. Shopping keliling mall juga dapat dihitung sebagai olahraga yang bisa membantu anda membakar lemak diperut. Jadi, sebenarnya kebiasaan sehari-hari anda pastilah tidak terlepas dari yang namanya bergerak dan bergerak. Jika tidak ada kesempatan untuk berolahraga, maka cukup perbanyaklah gerak badan anda. Jangan sia-siakan waktu anda dengan bermalas-malasan, sebaiknya perbanyaklah gerak anda dan hilangkan lemak di perut anda!

Kesalahan-Kesalahan Ketika Mengecilkan Lemak Perut

  • Tidak ‘isi ulang’ dengan Protein. Sudah terbukti bahwa orang yang setelah berolahraga mengkonsumsi minuman berprotein masa ototnya akan mingkat, pembakaran lemak lebih optimal, dan berat badannya turun 50% lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang setelah berolahraga tidak mengkonsumsi protein. Dari studi yand ditulis oleh Wayne Westcott menyebutkan bahwa tiga puluh menit pertama setelah berolahraga adalah waktu yang sangat penting dan berharga, karena saat itulah otot cepat menerima secara khusus asam amino dan protein. (baca juga: 35 makanan yang mengandung protein super tinggi)
  • Tidak Memastikan Tubuh Memiliki Cukup Energi. Jika anda ingin memulai melakukan olahraga maka pastikanlah anda sudah makan dan memiliki cukup energi. Jika anda memiliki cukup energi, maka anda juga akan dapat melakukan olahraga lebih maksimal dan terjadi pembakaran lemak yang lebih banyak. baca juga: akibat kekurnagan kalori dan protein.
  • Olahraga Terlalu Keras. Jangan terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga, selain dapat meningkatkan resiko cidera, olahraga yang berlebihan juga dapat memperlambat kemajuan anda dalam menghilangkan lemak perut. Berikanlah waktu istirahat yang cukup bagi tubuh dan otot-otot anda yang terus-menerus bekerja untu memperbaiki otot-otot dan bagian tubuhlainnya yang rusak. Latihan yang berlebihan juga dapat memicu peningkatan hormon stress yang menyebabkan tubuh anda malah menyimpan daripada membakar lemak perut anda. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dalam waktu 7 hari)
  • Hanya Mengandalkan Olahraga Saja. Jangan hanya mengandalkan olahraga saja, anda juga harus mengawasi apa saja yang sudah anda konsumsi. Percuma saja jika anda olahraga dengan susah payah jika anda tidak menerapkan pola makan sehat. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit orang kurus)

You may also like