Ini Lho 5 Penyebab Umum Badan Lemas Setelah Olahraga, Harus Anda Siasati Segera !

394

Penyebab Badan Lemas Setelah OlahragaPasti Anda pernah dengar tentang bagaimana mengurangi kebiasaan duduk lama bisa perpanjang umur kita, atau dengan kata lain, berolahraga dan membuat tubuh aktif adalah kuncinya. Namun masalahnya, bagaimana kalau bukannya menjadi bugar dan segar, melainkan tubuh malah lemas setiap sehabis berolahraga? Ketahui dulu apa kira-kira penyebab badan lemas setelah olahraga, baru Anda bisa mengatasinya.

  1. Jarang Melakukan Olahraga

Badan Anda langsung lemas sesudah aktif berolahraga? Mungkin itu tandanya tubuh Anda sudah begitu jarang digerakkan dan sudah lama sejak Anda olahraga terakhir kali sehingga mampu melemaskan tubuh. Hal ini pun disampaikan oleh dr. Helmin Agustina Silalahi selalu Medical Manager Consumer Health Division dari PT Kalbe Farma dilansir dari laman Detik Health.

Sesudah terlalu lama diam, kemudian Anda langsung memforsir sejumlah bagian tubuh apalagi dengan gerakan berat bisa membuat tujuan membugarkan badan tak bisa dicapai. Karena kelelahan di bagian otot, sendi, saraf hingga jantung, tak heran kalau kemudian tubuh mengalami kekakuan dan rasa sakit jadinya.

Apabila Anda kurang olahraga sebelumnya, pastikan untuk tidak melakukan gerakan yang berat-berat secara langsung, apalagi dengan durasi yang terlalu lama. Bertahaplah dalam berolahraga, dari yang sebentar dan dengan gerakan ringan lama-kelamaan dapat Anda tambah durasinya dan intensitas gerakannya supaya tubuh menyesuaikan serta meminimalisir ketegakan karena fisik yang syok.

  1. Kurang atau Tidak Pemanasan

Salah satu bahaya olahraga tanpa pemanasan adalah badan menjadi lebih lemas justru sesudah olahraga. Anda perlu tahu bahwa fungsi pemanasan yang dilakukan di awal olahraga adalah gerakan pembuat otot lebih fleksibel. Setelah otot fleksibel, sirkulasi darah pun jauh lebih lancar jadinya menuju otot.

Selain itu, usai olahraga badan lemas juga dapat dipicu oleh sendi yang tak terkunci karena kurangnya fleksibilitas, maka tak hanya otot, sendi pun Anda perlu regangkan dulu supaya lebih rileks dan fleksibel. Pemanasan yang dianjurkan lebih kepada kombinasi stretching yang statis dan ringan tapi juga dinamis, yakni tergolong dalam pemanasan kardio ringan yang efektif.

  1. Olahraga Jenis Berat

Lama tak olahraga, Anda langsung memilih olahraga yang jenisnya berat juga berpengaruh ke tubuh, apalagi dengan tidak adanya jeda. Bahaya olahraga yang berlebihan dengan tak menyisihkan sedikit waktu demi mengistirahatkan otot dan nafas bisa-bisa malah menjadikan tubuh lemas atau malah jatuh sakit nantinya.

Olahraga yang proporsional perlu Anda lakukan dan pastikan Anda pun menyesuaikan dengan kemampuan fisik sendiri. Sebelum melakukannya, Anda bisa lebih dulu mengonsultasikan hal ini kepada para instruktur olahraga yang memang sudah terpercaya dan kompeten di bidangnya agar mampu membantu Anda dalam membimbing pada cara berolahraga yang tepat.

  1. Kurang Tercukupinya Asupan Gizi dalam Tubuh

Ketika tubuh tak mendapatkan cukup nutrisi penting mulai dari lemak, karbohidrat, protein, hingga juga vitamin serta mineral, otomatis energi tubuh juga tak jadi maksimal. Hal ini akan jauh lebih terasa saat Anda melakukan olahraga yang terlalu diforsir sehingga energi bisa jadi lebih cepat habis dan tubuh malah melemas.

Untuk durasi olahraga di atas satu jam lamanya, maka sebelumnya Anda perlu mengisi perut dengan makanan seperti buah pisang yang menyediakan karbohidrat bagi tubuh. Bila Anda ingin kurang dari sejam saja olahraganya, roti adalah asupan yang cukup tepat supaya nutrisi dan kalori yang hilang karena berolahraga dapat tergantikan.

  1. Dehidrasi

Beberapa orang saking asyiknya olahraga sampai lupa dengan minum dan istirahat. Padahal memberi sedikit jeda untuk break dan kemudian mengasup air putih atau minuman elektrolit sangat penting. Kita tahu bahwa bahaya dehidrasi bisa menjadikan tubuh mudah lemas dan cepat lelah bukan? Hal ini pun  bisa terjadi saat setelah olahraga karena kurangnya minum.

Pada proses tubuh melakukan olahraga, peredaran darah menjadi lancar dan otomatis laju oksigen ke seluruh tubuh meningkat dan makin banyak. Inilah alasan kenapa kemudian tubuh harus mendapatkan cairan yang cukup, yakni agar sistem metabolisme bisa berfungsi secara lancar. Jadi, selalu siap sedia air putih atau minuman elektrolit ketika Anda melakukan olahraga.

Itulah daftar penyebab badan lemas setelah olahraga yang perlu Anda siasati segera. Sedia minum dan cukuplah minum agar mampu menghidrasi tubuh, isilah perut sebelum dan sesudah olahraga dengan makanan bernutrisi tinggi dan lengkap, dan pemanasanlah lebih dulu sebelum ke inti gerakan. Pilih juga olahraga yang jenis ringan sebelum bertahap beralih ke yang berat, lakukan rutin agar badan tak lemas karena kaget dan kurang fleksibel.