Bolehkah Tidur Setelah Olahraga? Begini Penjelasannya !

95

Setiap sehabis beraktivitas fisik, apalagi berolahraga, tubuh akan merasa kehabisan energi dan super duper lelah. Itulah kenapa banyak orang sesudah berolahraga kemudian lanjut untuk tidur. Hanya saja, bolehkah tidur setelah olahraga? Beberapa orang menganggap bahwa tidur setelah olahraga sama dengan membuat proses olahraga menjadi tak ada artinya, benarkah demikian?

Boleh tidak sih setelah olahraga kemudian tidur?

Sesudah olahraga memang tak bisa disalahkan bahwa tubuh kemudian butuh istirahat karena saking capeknya. Rupanya, sah-sah saja untuk tidur sesudah olahraga karena memang fisik memerlukan waktu istirahat cukup. Ini karena kualitas olahraga bisa juga ditingkatkan melalui tidur, jadi tak hanya olahraga saja yang bisa membuat tidur lebih berkualitas.

Justru tidur sesudah berolahraga dianggap jauh lebih baik dan aman ketimbang makan setelah berolahraga. Makan berlebihan dan makan berlemak sesudah olahraga merupakan hal yang tak dianjurkan. Jadi supaya konsumsi kalori berlebihan bisa dicegah, tidur adalah pilihan yang paling baik daripada makan makanan yang mengandung kalori tinggi, karbohidrat atau bahkan lemak jenuh.

Tidur merupakan suatu solusi supaya otot-otot tubuh yang sudah digunakan secara maksimal selama olahraga bisa beristirahat dan memulihkan diri. Setelah masa pemulihan dengan tidur, biasanya otot bisa menjadi jauh lebih kuat dan tenaga yang sebelumnya terkuras akan kembali normal lagi sehingga Anda tak perlu khawatir.

Hal-hal yang Tak Sebaiknya Dilakukan Sesudah Olahraga

Tidur adalah hal yang aman dan sah-sah saja dilakukan sehabis berolahraga, namun berikut inilah hal-hal penting yang justru perlu dihindari sesudah beraktivitas fisik berat. Ketika melakukan kegiatan-kegiatan inilah kualitas kesehatan Anda akan dapat terpengaruh.

  • Makan Berlebihan

Makan banyak sesudah olahraga jelas bukanlah hal yang dianjurkan sesudah Anda berolahraga. Lagipula, tujuan berolahraga sebenarnya adalah sebagai cara membakar lemak serta kalori bukan? Dengan makan banyak atau berlebihan apalagi makanan-makanan berkalori tinggi, tentu hal ini akan membuat proses olahraga yang sebelumnya dilakukan menjadi sia-sia.

Fast food dan junk food serta makanan-makanan olahan tidak sebaiknya Anda asup sesudah berolahraga. Proses pemulihan justru bisa terhambat karena makanan-makanan yang tinggi kalori dan lemak jenuh justru adalah yang paling sulit untuk dicerna. Oleh sebab itu, pilihlah makanan yang benar-benar aman bagi tubuh, seperti camilan buah dan sayuran di mana asupan-asupan ini adalah asupan makanan yang mengandung serat tinggi.

  • Melakukan Aktivitas Berat Tepat Setelahnya

Tidur adalah hal yang aman dilakukan, sementara itu jika setelah olahraga Anda langsung melakukan aktivitas berat, inilah yang bisa meningkatkan potensi jaringan otot mengalami kerusakan. Otot yang sudah lelah tentu membutuhkan istirahat, jadi penting untuk beristirahat dan menghindari kegiatan-kegiatan super berat supaya otot bisa dibiarkan pulih.

  • Tidak Makan

Makan berlebihan dan makan makanan yang berlemak memang tidak dianjurkan, tapi tidak makan pun juga perlu dihindari. Sesudah olahraga, perut pasti keroncongan karena tenaga sudah habis dan tubuh memerlukan energi baru dari asupan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sesudah olahraga, tunggu 15-30 menit lebih dulu sebelum Anda mengisi perut.

  • Tidak Minum

Sesudah melakukan berbagai rangkaian gerakan aktif, tubuh bisa mengalami dehidrasi, itulah yang menyebabkan tubuh cepat lelah dan bahkan timbul rasa kantuk yang berat. Oleh sebab itu, sehabis olahraga janganlah tidak minum sebab Anda memerlukan ganti cairan tubuh supaya elektrolit tubuh tetap seimbang.

  • Tidak Stretching

Stretching atau peregangan bukan hanya menjadi gerakan pemanasan di awal sebelum masuk ke gerakan inti olahraga. Peregangan juga perlu dilakukan di akhir sesudah olahraga selesai dilakukan. Bahaya olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan dalam bentuk peregangan bisa cukup berisiko buruk bagi otot, maka tidak peregangan adalah pantangan Anda sesudah olahraga.

  • Tidak Tidur

Istirahat yang cukup merupakan salah satu hal penting dalam pemulihan otot sesudah olahraga dan melakukan aktivitas lainnya. Tidak tidur atau kurang tidur justru merupakan hal yang sebaiknya dihindari oleh Anda yang rajin berolahraga dan kelelahan karena aktivitas fisik ini. Pastikan pula di malam hari Anda memperoleh waktu tidur yang ideal, yakni kurang lebih 7-9 jam supaya fisik tetap segar dan bugar.

Jadi, bolehkah tidur setelah olahraga? Boleh saja, sebab tidur adalah cara untuk memulihkan fisik khususnya otot sesudah beraktivitas. Daripada Anda memaksakan diri untuk melakukan rangkaian kegiatan berat, justru tidur mampu membantu menjaga kesehatan dan mendukung pemulihan.