Home Featured 9 Manfaat Duduk Tegak Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

9 Manfaat Duduk Tegak Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

by Erlita

Banyak orang memiliki posisi duduk dengan agak atau terlalu membungkuk sebagai posisi yang paling nyaman. Namun nyaman bukan berarti baik untuk postur tubuh lho, sebab membiasakan duduk tegak justru jauh lebih baik untuk kesehatan tulang dan otot. Berikut adalah beberapa manfaat duduk tegak yang dapat disimak agar mulai juga diterapkan segera.

  1. Meningkatkan Energi

Duduk tegak bermanfaat pula dalam meningkatkan energi di dalam tubuh di mana hal ini terbukti dari suatu penelitian oleh seorang profesor kesehatan holistik bernama Dr. Erik Peper dari San Francisco State University. Ketika posisi duduk lebih banyak membungkuk, maka energi akan rasanya menurun dan justru tubuh terasa lebih lemas dan lelah.

  1. Meningkatkan Rasa Optimis

Menurut Dr. Erik Peper lagi, rasa optimis kita dipengaruhi oleh postur tubuh lho. Inilah hal yang kerap kali tidak kita sadari bahwa posisi duduk pun mampu melemahkan energi dan bahkan menurunkan rasa optimis seseorang. Untuk orang-orang yang mungkin dirundung rasa pesimis, cobalah untuk memulai kebiasaan duduk tegak agar optimisme dapat timbul kembali.

  1. Mencegah Sakit Punggung

Sakit pada bagian punggung memang tak selalu difaktori oleh posisi duduk kita, namun untuk mencegah nyeri pada punggung terjadi, pastikan postur tubuh kita terjaga baik. Duduk terlalu sering membungkuk juga dapat meningkatkan risiko nyeri punggung karena tulang belakang dan otot di sekitarnya akan mendapat tekanan cukup banyak.

  1. Melancarkan Pernapasan

Mengambil posisi duduk tegak lalu melakukan teknik pernapasan perut adalah salah satu cara agar membuat sistem pernapasan lebih lancar. Selain itu, hal ini turut berpengaruh pada otot tenggorokan yang jadi lebih kendur lho sehingga suara yang dihasilkan pun jadi lebih berat.

  1. Melawan Stres

Duduk dalam posisi tegak adalah salah satu cara mengatasi stres yang jarang kita ketahui. Hal ini pada dasarnya telah dinyatakan oleh terobosan atau penelitian baru dari The University of Auckland di mana duduk dengan postur tegak bisa mengurangi tekanan dan stres secara alami.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi yang menurun dapat juga ditingkatkan tak hanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 tinggi ataupun makanan bernutrisi lainnya. Menambah fokus dengan posisi duduk tegak adalah salah satu cara alami yang bisa diterapkan juga mulai dari sekarang. Karena saat postur tubuh dari duduk tegak lebih baik, ini sama dengan menjadi cara melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen menuju otak.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain optimisme, duduk tegak adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang efektif. Saat masuk ke sebuah ruangan baru dengan banyak mata memandang ke arah kita, kepribadian diri sendiri dicerminkan dari postur tubuh yang baik sehingga saat membiasakan duduk tegak, berdiri pun jadi tegak. Saat berdiri dengan tegak, berjalan pun kita secara tegak sehingga tak hanya merasa lebih percaya diri, orang lain pun dapat melihat pancaran rasa PeDe kita.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Duduk tegak adalah kebiasaan yang juga baik dalam meningkatkan sistem pencernaan selain dari sistem pernapasan. Duduk membungkuk akan menekan organ-organ pencernaan di mana organ-organ ini fungsinya jadi kurang optimal dan memicu gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung hingga sembelit dan masalah lainnya.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Jika duduk tegak saja bisa melawan stres, meningkatkan rasa percaya diri, menambah konsentrasi, dan meningkatkan optimisme, otomatis suasana hati juga jadi lebih baik lho percaya atau tidak. Selain dari asupan makanan yang tepat, penting untuk mulai membiasakan diri duduk dengan posisi benar dan tegak.

Itulah serangkaian manfaat duduk tegak untuk kesehatan fisik dan mental penting untuk kita ketahui bersama. Supaya tubuh jauh lebih sehat, postur tubuh harus jadi baik dulu dan hal ini dapat dicapai dengan memiliki posisi duduk tegak.

You may also like