Makan Apel Tiap Pagi Menawarkan 8 Manfaat Ini Lho

98

Bagi yang memasukkan apel ke dalam menu sarapan tiap hari, Anda akan merasakan dampak dari kebiasaan makan apel. Namun bagi yang belum, cobalah untuk mengonsumsi apel setiap hari di pagi hari karena beberapa manfaat besar bagi tubuh bisa diperoleh seperti berikut ini.

  1. Menurunkan Risiko Stroke

Buah berdaging putih, terutama apel adalah contoh buah yang dapat menurunkan potensi terserang stroke. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi dari Universitas Wageningen, Belanda dengan keterlibatan 20 ribu orang. Risiko stroke bisa berkurang hingga 9 persen dengan mengonsumsi setiap pagi 25 gram buah apel.

  1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Dalam upaya menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk mengonsumsi buah apel setiap pagi. Karena apel bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi, otomatis apel juga bermanfaat dalam menjadi pencegah plak-plak jahat terbentuk di pembuluh darah yang akhirnya bisa berisiko pada sumbatan pembuluh darah.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Bagi yang selalu khawatir berat badan bisa cepat naik, sarapan apel adalah cara termudah untuk mencegah kenaikan berat badan, tetap bisa menjaga berat badan stabil, serta mencegah risiko obesitas. Ini karena apel memberikan efek cepat kenyang sehingga menghindarkan diri kita untuk makan terlalu banyak di pagi hari, apalagi makan makanan berkandungan karbohidrat.

  1. Menghilangkan Rasa Lelah dan Stres

Stres oksidatif adalah kondisi timbulnya rasa lelah yang disebabkan oleh kandungan radkal bebas di dalam tubuh terlalu banyak. Jika tubuh cepat lelah dan mudah stres, inilah yang dinamakan dengan stres oksidatif dan mengonsumsi apel setiap pagi akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C sekaligus antioksidan supaya radikal bebas bisa dilawan.

  1. Menurunkan Risiko Katarak

Apel berkandungan sifat antioksidan yang tinggi, maka memakannya setiap hari khususnya setiap pagi akan sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk juga mata. Dilansir dari laman Okezone, kandungan antioksidan pada apel dapat meminimalisir risiko katarak dan juga menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Buah apel yang dimasukkan ke dalam menu sarapan setiap hari juga sangat berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau nafas tak sedap. Apel memiliki pektin, yakni kandungan baik yang bisa menghilangkan bau mulut. Bau-bau yang berasal dari makanan yang mudah memberikan aroma kurang sedap di mulut bisa diatasi oleh pektin; bahkan nafas jauh lebih segar karena produksi air liur pun terdukung.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam buah apel, ada kandungan bernama quercetin dan masih termasuk dalam golongan jenis antioksidan. Mengonsumsi apel setiap pagi akan membantu tubuh mendapatkan quercetion yang mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh alami. Dengan begitu berbagai infeksi penyakit bisa dilawan.

  1. Mencegah Sembelit

Apel juga termasuk dalam makanan yang mengandung serat tinggi; ada kandungan 3 gram serat pada sebuah apel yang berukuran sedang, maka memakannya setiap pagi akan mampu melancarkan buang air besar. Jadi bagi yang mempunyai masalah dengan sembelit, pastikan untuk makan apel setiap hari agar gerakan usus bisa lebih lancar dan gangguan pencernaan lain juga dapat dicegah.

Membiasakan diri menikmati buah apel setiap pagi jelas tidak akan rugi. Justru ada segudang manfaat kesehatan yang bisa didapat jika rutin memakan apel sebagai menu sarapan karena buah ini sanggup menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi Anda.