Intip 15 Manfaat Lari Pagi Untuk Wanita Bila Dilakukan Rutin

732

Lari pagi merupakan aktivitas fisik atau jenis olahraga yang tergolong mudah dan murah meriah di mana baik pria maupun wanita bisa memperoleh manfaat besarnya. Namun untuk wanita sendiri, apa sih keuntungan dari rajin lari pagi? Oleh karena itu, Anda para wanita perlu tahu apa saja manfaat lari pagi untuk wanita di bawah ini.

  1. Membuat Awet Muda

Olahraga lari pagi yang dilakukan secara rutin menawarkan berbagai keuntungan bagi kesehatan wanita, salah satunya menjadikan Anda lebih awet muda. Olahraga lari di pagi hari dengan udara yang masih segar mampu membuat badan bugar yang akhirnya berdampak pula pada wajah yang selalu cerah.

  1. Umur Panjang

Kurang olahraga bisa berdampak pada mudahnya penyakit menghampiri, jadi dengan rutin berolahraga lari pagi saja Anda bisa mencegah penyakit untuk datang dan sekaligus memperpanjang umur. Ini karena lari pagi bagus untuk jantung dan otak. Bahkan udara segar pagi mampu menjadi solusi stres yang sedang menumpuk.

  1. Meninggikan Badan

Para remaja perempuan yang rajin olahraga pagi seperti berlari akan memperoleh keuntungan satu ini. Jika Anda khawatir karena tubuh lebih pendek dari teman sebaya, cobalah untuk melakukan lari pagi secara rutin untuk membuat tubuh jauh lebih tinggi. Karena tak memerlukan biaya sama sekali, Anda bisa mulai mencobanya tiap pagi.

  1. Membentuk Tubuh

Lari pagi akan membantu para wanita yang punya masalah dengan berat badan berlebih, yakni dengan menjadikan tubuh lebih terbentuk indah dan otot juga jadi lebih kencang. Karena olahraga satu ini mampu menjadi olahraga yang bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang diinginkan ketika dilakukan teratur.

  1. Membakar Kalori

Para wanita yang ingin menurunkan berat badan dengan membakar kalori, olahraga lari pagi dapat menjadi solusi apalagi kalau dilakukan secara rutin. Bahkan olahraga lari berkecepatan sedang seperti jogging saja bisa membantu proses pembakaran kalori tubuh sehingga diet Anda pasti akan jauh lebih sukses hasilnya.

  1. Mengencangkan Otot

Lari pagi juga bermanfaat dalam menjadikan otot tubuh lebih kencang. Jadi selain membantu menurunkan berat badan, diet yang bakal mengendurkan otot bisa Anda atasi dengan berlari pagi 4-5 kali seminggu atau bahkan setiap hari. Bahkan untuk otot lebih kencang secara sempurna, Anda bisa melakukan olahraga lari pada pagi dan sore hari.

  1. Menurunkan Risiko Otak Menyusut

Kabar baiknya lagi bagi para wanita adalah olahraga lari pagi mampu memberikan keuntungan bagi sel saraf. Bila Anda ingin mencegah penyusutan otak, lari pagi secara rutin adalah olahraga yang tepat dan paling sederhana untuk dilakukan. Oleh karena itu, sesibuk apapun Anda, luangkanlah waktu untuk melakukan aktivitas fisik ini.

  1. Meredakan Stres

Mungkin dalam aktivitas sehari-hari, terlepas dari profesi apapun yang Anda kini geluti, selalu akan ada tekanan dari luar maupun dalam bukan? Lari pagi merupakan olahraga yang akan memberi manfaat bagi Anda dalam hal pengelolaan stres. Jika ingin mencoba cara mengatasi stres ampuh dan sederhana, lari pagi adalah salah satunya.

  1. Melatih Pernafasan

Anda yang cepat lelah dan memiliki nafas pendek walau hanya berkegiatan sedikit sebaiknya Anda mulai membiasakan berlari pagi. Lari pagi akan membantu memperpanjang nafas di mana Anda sebaiknya memulai dari jarak yang dekat barulah sedikit-sedikit Anda tambahkan jaraknya lebih jauh.

  1. Mengatasi Insomnia

Wanita lebih mudah stres dan akhirnya seringkali mengalami susah tidur di malam hari karena banyak hal yang dikhawatirkan dan dicemaskan. Tekanan apapun yang membuat Anda insomnia, berlari pagi mampu membantu tubuh dalam proses pelepasan asam laktat. Rajin lari pagi faktanya dapat membuat tidur lebih gampang dan nyenyak.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Lari pagi rupanya juga sangat membantu meringankan rasa sakit yang diderita para wanita ketika sedang menstruasi. Ketika melakukan lari pagi, hormon endorfin atau hormon pemicu munculnya rasa bahagia akan timbul yang pada akhirnya berdampak pada hilangnya rasa nyeri dari kondisi haid.

  1. Menyehatkan Kulit

Karena wanita selalu memerhatikan kesehatan dan kecantikan kulitnya, maka Anda bisa mulai mencoba melakukan olahraga lari pagi. Ini karena lari pagi juga adalah cara untuk membuang racun dari dalam tubuh sehingga menjadikan kulit lebih bersih, cerah dan sehat. Bahkan karena lemak di kulit menurun, jadinya akan lebih kencang juga.

  1. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Wanita memiliki potensi lebih besar untuk terkena osteoporosis, jadi untuk memperkecil risiko penyakit tulang satu ini, Anda perlu melakukan rutin lari pagi. Bahkan Anda bisa mencoba melakukan lari pagi dan sore untuk meningkatkan kesehatan tulang di mana masing-masing Anda bisa lakukan selama 30 menit.

  1. Mengurangi Risiko Alzheimer

Wanita selain berisiko tinggi terkena osteoporosis juga dapat mengembangkan penyakit Alzheimer. Supaya kesehatan sistem saraf otak tetap sehat dan daya ingat tetap baik, Anda bisa melakukan olahraga lari secara teratur khususnya di pagi hari agar juga membantu tubuh lebih segar dan bugar.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Supaya imun tubuh lebih kuat dan proses metabolisme berjalan dengan baik dan bahkan meningkat, para wanita sebaiknya melakukan olahraga lari setiap pagi. Karena wanita termasuk rentan terkena penyakit apalagi setelah memasuki masa menopause, maka aktivitas fisik satu ini boleh mulai dijalani secara teratur.

Demikian segudang manfaat lari pagi untuk wanita jika dilakukan rutin. Supaya saluran pernapasan, kulit, jantung, tulang, dan otot tetap sehat dan kencang, Anda bisa melakukan lari pagi sebagai bagian dari tips diet sehat yang Anda jalani.