Cara Membuat Jus Daun Pepaya dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Buah pepaya memang merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Banyak sekali manfaat dari buah ini. Itulah mengapa penggemar dari buah ini juga sangat lah banyak. Buah pepaya yang banyak mengandung kandungan gizi seperti karbohodrat, protein, serat dan lainnya memang sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan dan juga salah satu cara menigkatkan metabolisme tubuh.

Namun selain buah nya, pada tanaman pepaya ini kita juga bisa memanfaatkan hal lain yang ada pada tanaman ini. Sebetulnya, hampir seluruh bagian dari tanaman pepaya ini bisa kita manfaatkan. Salah satu bagian yang juga memiliki banyak khasiat selain buah nya adalah pada bagian daun pepaya. Daun pepaya ini bisa kita manfaatkan dengan membuatnya menjadi olahan makanan ataupun minuman. Salah satu olahan dari daun pepaya yang bisa memberikan manfaat secara maksimal adalah dengan dibuat menjadi jus. Ini akan membuat kita bisa mendapatkan manfaat secara menyeluruh dari daun pepaya tersebut. Adapun cara membuat jus daun pepaya adalah :

  1. Sediakan beberapa lembar daun pepaya, beberapa ruas jahe, beberapa buah jeruk nipis, madu, dan juga air secukupnya
  2. Cuci bersih daun pepaya yang sudah kita siapkan
  3. Masukan daun pepaya, air dan juga bahan – bahan lain yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam blender
  4. Blender seluruh bahan tersebut hingga halus.
  5. Setelah halus, tuangkan ke dalam gelas dan anda bisa meminumnya langsung.

Adapun cara lain untuk membuat jus daun pepaya adalah dengan cara merebus daun pepaya tersebut dengan air panas. Setelah direbus sampai mendidih maka kita bisa menyajikan air hasil rebusan daun pepaya dan meminumnya saat sudah dingin. Kedua cara tadi sama – sama akan menghasilkan manfaat yang maksimal dari khasiat pada daun pepaya tersebut.

Adapun manfaat dari mengkonsumsi daun pepaya adalah :

  1. Menjadi pencegah kanker
    Khasiat Daun pepaya ini memiliki sifat anti kanker. Beberapa peniliti mengatakan jika di dalam jus daun pepaya terdapat enzim yang memiliki sifat melawan kanker. Jus daun pepaya ini akan efektif mencegah terjadinya kanker seperti kanker leher rahim, kanker hati, kanker payudara, kanker paru – paru, dan juga beberapa jenis kanker lainnya. Lebih jauh jus daun pepaya ini tidak memiliki efek racun pada tubuh dan juga jus daun pepaya ini akan meningkatkan respon sistem kekebalan tubh terhadap bahaya kanker.
  2. Meningkatkan produksi trombosit
    Untuk mereka yang sedang menderita penyakit demam berdarah, maka jus daun pepaya bisa menjadi salah satu obat demam berdarah alternatif. Jus daun pepaya  bisa meningkatkan jumlah produksi trombosit secara signifikan. Di dalam jus daun pepaya memang mengandung enzim papain dan juga chymopapin yang membuat jus daun pepaya ini akan sangat efektif sebagai obat tradisional untuk meningkatkan jumlah produksi trombosit darah. Lebih jauh, jus daun pepaya ini juga akan mampu meringankan gejala dari penyakit demam berdarah.
  3. Menjadi obat penyakit malaria
    Daun pepaya memang dikenal sebagai obat tradisional untuk gejala malaria. Untuk itulah di beberapa daerah endemis malaria maka sering ditemukan jus daun pepaya sebagai salah satu obat tradisional yang sering digunakan.
  4. Memperlancar sistem pencernaan
    Di dalam daun pepaya ini banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daun pepaya diantaranya adalah vitamin A vitamin B1, vitamin C, kalori, protein, karbohidrat, dan lainnya. Zat – zat ini akan sangat membantu dalam proses kelancaran pencernaan di dalam tubuh. Selain itu di dalam daun pepaya juga mengandung enzim papain yang juga akan membantu dalam proses pencernaan dan juga memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh.

  5. Mencegah peradangan
    Salah satu manfaat lain dari jus daun pepaya juga adalah bisa mengurangi peradangan. Daun pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya peradangan.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Jika anda mengetahui cara membuat jus daun pepaya maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Jus daun pepaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pepaya akan sangat efektif untuk melawan berbagai macam virus yang bisa menyerang tubuh.
  7. Melindungi kesehatan jantung
    Efek samping daun pepaya juga adalah bisa melindungi kesehatan jantung. Daun pepaya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bisa memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh, dan juga melebarkan pembuluh darah. Semua hal ini akan menjadi pendukung untuk menjaga kesehatan jantung.
  8. Meningkatkan kesehatan kulit
    Daun pepaya ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja akan membantu kita dalam menjaga kesehatan kulit. Di dalam jus daun pepaya juga mengandung senyawa karpain yang akan membantu menghambat tumbuhnya mikroorganisme dan racun yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan juga bintik noda.

Itulah cara membuat jus daun pepaya yang harus anda ketahui dan juga berbagai macam manfaat dari jus daun pepaya yang akan sangat baik dan berguna bagi anda.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Sehat