7 Obat Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

Demam berdarah atau demam dengue (DBD) adalah virus yang disebabkan oleh virus dengue. Virus tersebut disebarkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti agar dapat masuk dan menyebar ke dalam tubuh manusia. Akibat dari masuknya virus tersebut membuat manusia merasa nyeri, lemas, muntah, demam, bahkan tidak jarang jika terlambat untuk ditangani berujung pada kematian. Oleh karena itu waspadailah demam, bisa jadi itu bagian dari fase demam berdarah.

Gejala demam berdarah secara umum sama dengan gejala demam berdarah pada anak diantaranya:

  1. Nyeri di seluruh tubuh
  2. Ruam yang muncul pada awal panas, bentuknya seperti bercak darah di sekujur tubuh.
  3. Demam yang muncul secara mendadak, biasanya mencapai suhu 39-40 derajat celcius. Kadang disertai dengan meriang dan menggigil hingga 5-7 hari. Demam berakhir secara mendadak pula. Demam naik turun ini disertai keringat yang keluar dan tubuh terasa sangat lemas.
  4. Pendarahan yang terlihat dari luar maupun dalam.

Nah! Bagaimana untuk mengobati penderita demam berdarah? Artikel berikut akan membahas 7 obat demam berdarah dan cara mencegahnya. Berikut 7 obat yang dapat anda manfaatkan untuk menangani kasus demam berdarah.

  1. Memanfaatkan meniran

Meniran mengandung flavonoid yang dapat berfungsi meningkatkan trombosit pada darah. Sehingga meniran sangat baik digunakan sebagai obat demam berdarah. Selain itu, meniran juga termasuk bahan yang mengandung senyawa seperti alkoloid, tannin, asam fenolat, dan triterpenoid yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Manfaat ganda juga dimiliki oleh meniran. Selain dapat digunakan sebagaii obat demam berdarah, meniran dapat mengobati diare, sariawan, hati, penyakit kelamin dan juga panas dalam.

  1. Dengan kunyit

Selain untuk bahan makanan, ternyata kunyit juga dapat dijadikan obat demam berdarah. Kunyit mengandung anti mikroba, antioksidan, anti rumor, anti selkanker, dan juga anti virus HIV, untuk membunuh bakteri dan mikroba yang bersarang di dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan kunyit sebagai obat demam berdarah.

  1. Dengan temu ireng

Temu ireng terbukti dapat dijadikan untuk mengobati sel-sel yang rusak yang disebabkan oleh demam berdarah. Dengan memanfaatkan temu ireng dapat mengatasi demam berdarah. Selain itu, temu ireng juga dapat dimanfaatkan untuk obat gondongan.

  1. Konsumsi jambu biji

Selain mengandung vitamin C, jambu merah dapat meningkatkan trombosit pada tubuh. Trombosit yang rusak akibat demam berdarah akan kembali seperti semula dengan mengkonsumsi jambu biji ini.

  1. Daun dewa

Ketika demam berdarah sudah dikenali gejalanya, maka segeralah ambil daun dewa dengan cara merebus hingga rebusan itu benar-benar baik untuk diminum. Minum rutin dua kali sehari. Dengan begitu demam berdarah akan mudah disembuhkan. Selain itu, daun dewa juga dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengobati tangan keseleo dan bengkak.

  1. Konsumsi banyak air putih

Air putih sangat bermanfaat untuk kehidupan terutama dalam membasmi segala macam penyakit. Selain untuk mengatasi dehidrasi, ternyata air putih mampu menyembuhkan demam berdarah. Ketika demam berdarah, tubuh anda akan membutuhkan asupan cairan yang banyak. Dengan mengkonsumsi rutin air putih akan membantu dalam proses penyembuhan demam berdarah.

  1. Lakukan pengompresan

Jika anda terkena demam berdarah lakukan pengompresan untuk meredakan demam dan rasa menggigil. Dengan hal itu demam dapat berkurang. Namun, ingat, anda harus tetap melakukan penawaran ke dokter dan memperhatikan cara kompres yang benar untuk demam.

Demikian 7 obat demam berdarah dalam artikel ini. Namun, disarankan untuk anda untuk mengambil langkah-langkah pencegahan demam berdarah. Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Cara mudah untuk mencegah demam berdarah adalah dengan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Mudah bukan?