Home Penyakit dan KelainanDemam Berdarah 25 Gejala Demam Berdarah Pada Anak – Pengobatan dan Pencegahan

25 Gejala Demam Berdarah Pada Anak – Pengobatan dan Pencegahan

by Mei Riska

Gejala demam berdarah pada anak di tahap awal sering tidak disadari oleh setiaap orang, padahal demam berdarah adalah penyakit yang membahayakan disebabkan oleh virus yang dibawa dan ditularkan melalui nyamuk aedes ageyti yang dapat menyerang pada siang dan malam hari. Demam berdarah dapat menyerang orang dewasa dan anak anak yang hidup dalam area perkotaan maupun pedesaan. Kasus terjadinya demam berdarah pada anak anak seringkali membuat orang dewasa merasa panik karena daya tahan tubuh mereka lebih mudah menurun dan banyak yang menyebabkan kematian daripada saat orang dewasa yang mengalami penyakit ini.

Tiga sampai satu minggu adalah masa dimana inkubasi Virus dengue yaitu dimana jarak waktu saat virus pertama kali masuk lewat jaringan tubuh seseorang hingga gejala awal muncul. Setelah itu gejala demam berdarah sudah dapat teridikasi yaitu diawali dengan suhu tubuh yang mendadak tinggi. Virus dengue sebenarnya membentuk penyakit pada jaringan tubuh dan merusak imunitas seseorang ternyata dibagi menjadi 2 golongan , yaitu:

  • Demam berdarah dengue (DBD).
  • Demam dengue (DD).

Gejala Awal DBD dan DD

Berikut ini adalah gejala demam berdarah dengue atau DBD pada anak yang harus diwaspadai bagi orang tua yang memiliki anak kecil dan sistem imunnya belum stabil :

  1. Demam  tinggi yang dapat mencapai puncaknya yaitu 40 derajat yang disertai menggigil. ( Baca juga : Cara kompres yang benar untuk demam  – Demam naik turun )
  2. Kulit anak mudah menjadi memar.
  3. Mengalami bersin lalu  terserang flu. ( Baca : Ciri ciri influenza  – Penyebab flu )
  4. Menderita gatal diarea telapak kakinya. ( Baca : Obat gatal-gatal )
  5. Mengalami batuk terutama pada balita.
  6. Menderita sakit kepala yang berulan.
  7. Timbulnya bercak atau bintik bintik merah pada beberapa bagian tubuh.
  8. Tenggorokan dan area bawah telinga terasa sakit.
  9. Perut terasa mual mual.
  10. Nafsu makan berkurang.
  11. Perut dan ulu hati terasa sakit dan melilit
  12. Tulang daan persendian linu dan nyeri ketika digerakkan.
  13. Otot otot sekitar punggung hingga kaki nyeri dan pegal pegal luar biasa.
  14. Jika bola mata digerakkan akan terasa sakit pada bagian belakang mata.
  15. Terjadi pendarahan dibeberapa bagian tubuh misalnya mimisan ( keluar darah dari rongga hidung) dan pendarahan disekitar gusi.
  16. Warna urin bercampur dengan darah dan ketika buang air besarpun, tinja akan bercampur dengan darah.
  17. Menderita kelelahan, tubuh lemas dan wajah terlihat kemerahan dan pucat.

Gejala Awal Demam Dengue ( DD )

Inilah gejala awal yang masuk golongan  demam dengue (DD) yang hampir sama dengan demam berdarah pada umumnya:

  1. Demam tinggi sampai mencapai 40 derajat
  2. Menggigil kedinginan.
  3. Sakit kepala yang berulang( sekitar dahi nyeri)
  4. Jika bola mata digerakkan akan timbul rasa sakit pada mata bagian belakang.
  5. Tubuh terasa lemas dan kulit terasa dingin serta lembab.
  6. Mual mual dan muntah yang kadang disertai diare.
  7. Otot persendian linu dan nyeri.
  8. Tenggorokan kering dan nyeri jika menelan makanan.

Infeksi nyeri dari nyammuk aedes sangat mirip dengan penyakit Chiukungunya yang juga gejala awalnya adalah demam tinggi dan akan terasa nyeri pada otot persendian. Tetapi perbedaannya yang menyolok adalah pada kasus Chikungunya sipenderita merasakan sendinya sangat nyeri dan terjadi terus menerus serta linu yang luarbiasa.

Keunikan Virus Nyamuk Ardes

Nyamuk aedes aegypti memiliki 4 tipe yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. dimana setelah tertular olreh salah satu dari DEN tersebut lalu  sembuh  maka sipenderita akan kebal dengan salah satu tipenya itu inilah penjelasannya:

  • Jika ada seorang menderita demam berdarah padaa tipe DEN 1 maka setelah sembuh nanti imunitas tubuh si anak tersebut akan membentuk benteng kekebalan sendiri menjadi dua kali lebih kuat yang mampu melawan demam berdarah pada tipe DEN 1 untuk masa masa yang akan datang jika kelak sianak terserang lagi demam berdarah dalam tipe DEN 1.
  • Tetapi jika seorang anak yang telah terkena demam berdarah pada tipe DEN1 ternyata suatu hari terkena tipe DEN2 maka kekebalan tubuhnya tidak akan mampu lagi melawan demam berdarah dengan tipe DEN 2 karena imu yang ada dalam tubuhnya hanya mampu melawan tipe DEN 1 saja. namun setelah tubuh terserang tipe DEN2  maka anak akan sembuh dan didalam tubuhnya sudah mendapat kekebalan tubuh secara alami untuk melawan demam berdarah tipe DEN 2. begitulah seterusnya.
  • Seseorang yang telah mengidap demam berdarah berkali kali dalam 4 tipe, biasanya didalam tubuhnya telah terbentuk secara alami semacam imun yang mampu menangkal dan melawan  serangan virus demam berdarah. Entah itu tipe DEN 1, DEN 2, DEN 3, ataupun DEN 4. Tetapai kejadian ini sangat jaraang karena seseoraang yang telah terkena demam berdarah tipe DEN 1 belum tentu akan terserang virus  tipe DEN 2 dan sebaliknya.

Pengobatan Awal dan Lanjutan

Jika memang belum terlalu parah namun mengalami gejala demam berdarah pada anak di atas, ibu bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah untuk anakny yaitu sebagai berikut ini :

  • Istirahat cukup setidaknya 7 sampai 8 jam untuk beberapa hari kedepan. ( Baca : Penyakit akibat kurang tidur  )
  • Mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin agar terhindar dari ancaman dehidrasi. ( Baca : Bahaya dehidrasi  )
  • Minum parasetamol agar gejala demam tinggi dan nyeri cepat hilang (tidak dianjurkan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit dalam jenis aspirin karena bisa mengakibatkan pendarahan semakin parah)
  • Dapat diberikan air kelapa hijau untuk pertolongan pertama untuk upaya membuang racun yang dihasilkan dari virus dengau nyamuk agar keluar setidaknya lewat urin.
  • Pada anak yang telah mengalami kemajuan kesehatan sebaiknya berikan bubur nasi merah yang sebelumnya dicampur dengan bawang putih agar kadar imunitas tubuhnya kembali membaik dan mengalami peningkatan dari hari kehari. Kondisi ini dapat membuat anak terhindar dari penyakit demam berdarah yang sesungguhnya.
  • Dapat diberikan suplemen vitamin C dosis tinggi dua hari sekali untuk mempertahankan kesehatannya dan tidak kembali terjangkit virus demamm berdarah yang telah menghilang.

Pengobatan Lanjutan

Pengobatan lanjutan ini membutuhkan bantuan medis. Hal ini diperlukan ketika dirasa pengobatan aal di rumah tidak kunjung membawa hasil yang signifikan. Berikut ini adalah pengobatan lanjutan yang akan dilakukan leh pihak medis :

  • Cairan elektrolit. Untuk pengobatan demam berdarah pada anak anak biasanya dokter merekomendasikan dan memberikan cairan elektrolit secara intravena (IV) yaitu pemberian infus untuk menggantikan cairan tubuh yang telah berkurang akibat muntah muntah yang disertai diare.
  • Transfusi. Pada anak anak yang mengalami banyak keluar darah dari rongga hidung atau gusi selama demam berdarah berlangsung maka tindakan dokter adalah pemberian transfusi darah untuk menggantikan cairan darah yang mulai berkurang dalam tubuh .
  • Parasetamol. Pemberian parasetamol dalam dosis yang disarankan dokter untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri otot sianak selama masa virus dengau masih ada didalaam tubuh si anak.
  • Vitamin C. Pemberian beberapa terapi dari obat obatan khusus yang berkaitan dengan upaya peningkatan daya tahan tubuh anak seperti vitamin C dosis tinggi.

Pencegahan Demam Berdarah

Inilah pencegahan yang harus dilakukan setiap hari guna menghindari terjangkitnya virus demam berdarah yang setiap saat bisa saja mengancam keluarga anda.

  1. Kawat Anti Nyamuk di Ventilasi Udara

Pada ventilasi udara yang ada didalam rumah disarankan untuk menutupnya dengan kawat anti nyamuk untuk mengurangi serangan nyamuk aedes  dan mengurangin banyaknya jumlah nyamuk agar tidak masuk dalam rumah dengan mudah.

  1. Menjaga Kebersihan Bak Mandi atau Penampungan Air

Selalu membersihkan bak mandi, ember, atau tempayan dan menaburinya dengan serbuk Abate agar telur nyamuk yang kemungkinan telah ada dapat segera dilenyapkan.

  1. Fogging

Diadakan penyemprotan rutin 1 sampai 2bulan sekali yaitu penyemprotan pembasmi nyamuk dan serangga ( Fogging) yang sangat efektif untuk membubuh nyamuk penyebab demam berdarah dan malaria.

  1. Penutupan Barang-barang Bekas

Menutup semua barang barang  yng bisa menampung aair dan membalikkan segala bentuk benda yang tidak terpakai atau lebih baik menguburnya dalam tanah agar dapat menghentikan rantai kehidupan nyamuk aedes secara merata.

  1. Bantuan Kelambu

Pada ruangan yang tidak memakai AC (air conditioner) maka pemasanan kelambu diranjang tidur terutama untuk anak anak sangat dianjurkan, apalagi anak anaak yaang mempunyai jadwal tidur di siang hari.

  1. Lotion Anti Nyamuk

Secara konsisten pada siang dan malam hari memakai lotion anti nyamuk yang didalamnya mengandung zat N-Diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti aman untuk penggunaan sehari hari bagi orang dewasa dan anak anak.

  1. Hindari Pakaian Kotor atau Menggantung Pakaian Kotor

Tidak membiarkan banyak pakaian kotor yang ada didalam ruangan tertutup maupun terbuka  tergantung dengan berantakan .nyamuk paling suka dengan gundukan atau pakaian yang tergantung karena dapat dijaadikan tempat mereka berlindung.

  1. Hindari Menumpuk Sampah

Membakar sampah dan tidak membiarkanya menumpuk, karena sampah yang menggunung hanya aakan menjadikan sarang nyamuk untuyk bersembunyi.

  1. Hindari Bermain di Waktu Tertentu

Tidak membiarkan anak anak untuk bermain diluaran rumah dari saat matahari sedang diatas kepala ( tengah hari ) dan sore hari ketika matahari mulai terbenam, karena pada saat itulah nyamuk aedes aegepti dan nyamuk jenis lain sedang beraktifitas keluar dari sarangnya.

  1. Membuat Jadwal Pembersihan Penampungan Air Secara Rutin

Rajin dan teratur melakukan pembersihan dan pengurasan pada bak mandi, tempayan atau kolam ikan untuk mengganti air yang lama dengan yang baru  agar perkembangan telur nyamuk dapat dihambat dan dihentikan sedini mungkin.

Tips Alami Mencegah Nyamuk

Inilah beberapa Tips unik dan alami mengusir nyamuk yang aman bagi kesehatan. Yang bisa menjadi solusi termudah dari pada harus memakai zat kimia anti nyamuk yang bisa mengganggu pernafasan buah hati anda.

  1. Minyak Kayu Putih

Selain bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung  dan masuk angin, minyak kayu putih bisa digunakan untuk mencegah nyamuk. Caranya :

  • Ambilah setengah gelas air matang yang telah dicampurkan minyak kayu putih asli lalu kocoklah didalam botol berukuran sedang hingga merata.
  • Cairan sederhana ini dapat disemprotkan dibeberapa sudut kamar dan tempat tidur si anak 5 menit sebelum mereka berangkat tidur malam.
  • Cairan minyak putih yang memiliki harum yang menyegarkan ini mampu menjaga anak anda dari gigitan nyamuk sepanjang malam. ( Baca : Gejala masuk angin )
  1. Minyak Lavender dan Ragi yang Dihaluskan

Minyak lavender asli dapat dibeli diberbagai toko obat terpercaya. Caranya :

  • Cairan lavender dapat dicampurkan bersama air secukupnya dan ragi yang berbentuk tepung lalu kocoklah didalam botol yang berukuran sedang.
  • Larutan ini dapat disemprotkan pada sudut ruangan kamar dan tempat tempat gelap misalnya kolong ranjang, belakang lemari, bawah meja, area jendela dan lain lain.
  • Jangan semprotkan pada seprai dan pakaian karena cairan tersebut dapat meninggalkan noda.
  • Cara ini mampu mengusir kedatangan nyamuk sepanjang malam.
  1. Kulit  Jeruk

Jika anda makan jeruk sebaiknya kulitnya jangan langsung dibuang karena dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk yang efektif. Kumpulkan kulit jeruk tersebut pada sudut kamar atau disisi dimana anak anda tertidur. Keharuman kulit jeruk tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan anak tetapi sangat tidak disukai jenis nyamuk apapun. Keharuman kulit jeruk dapat menjauhkan nyamuk dari tubuh anak anda sepanjang malam.

  1. Penggunaan Warna Orange

Gunakan lampu berwarna orange pada kamar anak anda. lampu tersebut dapat dinyalakan pada saat sikecil telah tertidur. nyamuk sangat tidak menyuki warna orange dan akan segera menjauhinya. pemakiaan warna orange dapat pula disimulasikan padawarna  sprei atau horden jendela. anak anda akan terbebas dari gigitan nyamuk sepanjang malam.

  1. Penggunaan Daun Sereh

Air sereh yang direbus lalu didinginkan lalu disaring  kenudian masukan dalam botol lalu  digunakan untuk penyemprotan pada ruangan kamar yaitu  5 menit sebelum anak anda berangkat tidur. wangi daaun sereh cukup mapuh untuk mengusir nyaamuk karena waanginya yang menyengat itulah yang dapat merusak sistem pernafasan nayamuk.

  1. Penggunaan Kapur Barus

Kapur barus dapat mengusir berbagai macam serangga selain nyamuk diantaranya kecoa, tungau, kutu busuk dan lain lain, tetapi aromanya bisa mengganggu kesehatan terutama pernafasan manusia jika anda tidak tahu bagaiamna cara menggunakannya. untuk mengusir nyamuk ambilah segelas air putih matang yang berukuran sedang lalu hanyutkan kapur barus secukupnya didalam gelas yang berisi air itu . biarkan meresap dan hancur sendiri. agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh sebaiknya letakkan pada sudut ruangan kamar yang jaraknya agak jauh dari tempat kita tidur. lebih baik lagi jika gelas tersebut diletakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang  cukup luas seperti jendela terbuka atau ventilasi udara lain.  cara ini lebih cocok diterapkan pada siang hari.

Hal-hal yang Dibenci Nyamuk” state=”opened

Inilah beberapa kondisi rumah dan hal-hal yang tidak disukai oleh semua jenis nyamuk termasuk  aedes aegepti :

  • Berhadapan langsung dengan matahari. Berbahagialah anda jika posisi rumah bagian teras depan berhadapan langsung dengan matahari pagi dan tetap mendapatkan cahaya yang cukup dari sinar matahari disiang hari. suhu yang hangat daan radiasi dari cahaya matahari mampu mengusir nyamuk untuk tidak bersembunyi pada tempat tempat yang tidak terjangkau oleh manusia.
  • Bersuhu tinggi. Pada dasarnya nyamuk tidak menyukai tempat yang bersuhu tinggi, hangat dan panas, tidak menyukai tempat yang selalu bersih dan rapih, tidak menyukai tempat yang kering dan tidak terdapat air, tidak menyukai tempat yang terang dan tidak menyukai tempat yaang memasang obat nyamuk dalam bentuk apapun (bentuk listrik atau yang dibakar)
  • Lantai bersih dan harum. Lantai rumah yang bersih dari segala bentuk kotoran dan sampah dapat menghindari datangnya nyamuk karena nyamuik tidak terlalu menyukai lantai yang bersih atau harum akibat sering dibersihkan dengan menggunakan cairan khusus pembersih lantai yang beraroma lavender daan aroma jeruk. jika anda makan jeruk, kulitnya janga langsung dibuang tetapi letakan pada sudut ruangaan karenaa baau daari kulit jeruk dapat mengusir nyamuk.
  • Rapi. Hindari adanya tumpukan buku yang tidak rapih, tumpukan barang barang elektonik yang berantakan, hindari pula lemari baju yang terbuka. Berilah pengharum lemari atau pengharum pakaian  yang dapat digantung agar nyamuk menjauh.
  • Hindari ruangan gelap, lembab dan kotor. Ruangan yang gelap, lembab, kotor dan jarang ditata ulang dekorasi barangnya dapat memicu munculnya nyamuk dan menjadikan tempat tersebut untuk persembunyian. Gunakan penerangan yang memadai dan segera bersihkan serta rapihkan benda benda yang ada. Sebaiknya benda yang tidak terpakai lagi buanglah dan bakarlah jika perlu, agar nyamuk tidak bersembunyi atau singgah ditempat tersebut.
  • Baju lengan panjang. Disarankan untuk anak anak memakai pakaian yang berlengan panjang dan memakai sepatu ketika sedang menjalani wisata atau berpergian pada suatu wilayah dalam tempo waktu yang panjang karena nyamuk bisa saja berada didekat mereka. ingatlah keberadaan nyamuk bisa ada dimana saja dan kapan saja.
  • Kelambu. Pemakaian kelambu pada ranjang anak anak disiang dan malam hari dapat mencegah tertularnya virus dengau dari nyamuk aedes, tetapi jika kamar anak setiap hari tercukupi dengan ketersediaan cahaya dari matahari atau lampu dan selalu dimasuki oleh sinar matahari pagi maka ruangan kamar tersebut setidaknya tidak disukai oleh jenis nyamuk manapun.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Ada beberapa tanaman yang cocok dan disarankan dapat diletakan dibelakang atau depan teras rumah anda  bahkan dimeja ruang tamu guna mengusir masuknya nyamuk kedalam rumah anda.

Hiasilah depan teras dan belakang rumah anda dengan beberapa tanaman hias dalam pot indah yang dapat mengusir keberadaan nyamuk agara tercegah dari tertularnya keluarga anda dari virus dengue. tanaman yang dimaksud adalah:

  • Lavender. Tanaman bunga Lavender yang mengandung linalool dan lynalyl acetate yang harumnya tidak disukai nyamuk. bunga lavender cocok diletakkan diarea teras depan dan belakang rumah atau diarea dekat kolam ikan agar meminimaliskan jumlah nyamuk yang sering berada didekat kolam ikan.
  • Geranium merah. Tanaman bunga Geranium merah yang cantik yang biasa di indonesia disebut sebagai tapak dara ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk setiap saat. Bunga geranium bisa diletakan sebagai hiasan dimeja ruang tamu dalam ukuran yang kecil, harumnya semerbak jika terbawa oleh hembusan angin. baunya tidak disukai apapun jenis nyamuk karena didalam bunga geranium terdapat zat geraniol dan sitorelol yang dapat membuat nyamuk mengalami kematian jika terlalu lama menghirup baunya.
  • Rosemary. Tanaman Rosemary yang indah mempesona memiliki keharuman yang khas dan mirip dengan keharuman minyak telon dan minyak kayu putih . Harumnya sangat dibenci nyamuk karena keharuman dari rosemary  dapat membuat nyamuk tak mampu lagi terbang dan mudah jatuh kelantai dengan kondisi yang lemas. Tanaman hias nan cantik ini dapt diletakan pada sudut ruangan diarea ruang tamu.
  • Zodia. Tanaman Zodia dapat membuat nyamuk mendadak mati dan berjatuhan dilantai karena didalamnya mengandung zat yang mampu merusak pernafasan nyamuk yaitu zat Evodiamine dan zat rutaecarpine. Tanaman mungil yaang bisa dibuat bergerombol ini sangat cocok untuk hiasan depan teras rumah anda.
  • Serai. Tanaman serai wangi adalah tanaman yang biasa dipakai untuk penggunaan bumbu masakan. tetapi tanaman serai wangi mempunyai keistimewaan dalam mengusir nyamuk. kehrumannyaa yaang khas dapat merusak sistem pernafasan nyamuk dan meracuninya hingga nyamuk tak lagi mampu terbang dengan baik. tanaman yang bisa hidup secara bergerombol ini akan tetap terlihat indah jika dirawat dengan benar dan sangat cocok diletakan pada teras belakang rumah. tetapi jika ingin diletakan diteras depan rumah hendaknya dalam jumlah yang sedikit saja karena tampilan fisiknya tidak terlalu indah untuk dijadikan tanaman hias dan cenderung tumbuh dengan cepat hingga daunnya mudah panjang dan menjuntai, butuh perawatan khusus untuk tetap membuatnya terlihat cantik.
  • Akar wangi. Tanaman akar wangi mempunyai keharuman yaang menyengat dan tidak disukai semua jenis nyamuk termasuk nyamuk penyebab amalaria dan demama berdarah. dapat ditanam dipekarangan depan rumah.
  • Bunga kecombrang. Tanaman bunga kecombrang yang memiliki warna merah muda menggoda ini mempunyai fisik bertangkai pnjang dan lebih pantas disebut tanamam hias karena cocok untuk disandingkan dengan tanaman hias lainnya. baunya yang khas dapat membuat nyamuk tidak mau datang . Kecombrang biasa digunakan sebagai  bumbu untuk resep pembuatan pepes dan pembuatan sambal.
  • Citrosa Mosquito. Tanaman Citrosa Mosquito adalah tanaman unik dan cantik berasal dari negeri kincir angin Bealanda yang keberadaannya sudah banyak  dijual diberbagai tempat  di Indonesia. keharumannya mampu mengusir nyamuk yang terbang dari jarak dua meter. tanaman ini cocok disandingkan dengan tanaman hias lain yang diletakkan didepan rumah.
  • Bunga krisan. Tanaman bunga krisan yang cantik dan kecil kecil sangat indah jika ditana diteras depan rumah anda karena waanginyaa dapat mengusir nyamuk , kecoa, tungau dan kumbang jepang. Bunga ini mengandung zat Pyrethrum pada keharumannya yang dapat menyebakan kematian pada beberapa serangga termasuk nyamuk aedes agepti.
  • Kemangi. Tanaman Kemangi adalah tanaman yang harum dan dapat dijadikan lalapan dan Mampu mencegah bau badan berlebih, Selain dapat dikonsumsi ternyat  daun kemangi dapat dijadikan tanaman yang bisa mengusir nyamuk karena keharumannya justru tidak disukai para serangga termasuk kecoa.

Catatan penting :

Pada balita yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah sebaiknya diberikan ASI secara eksklusif untuk membentuk imunitas tubuhnya agar mengalami peningkatan. ASI mempunyai kadar imun yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh balita dengan cepat dan mampu menolak datangnya virus dari luar tubuh termasuk virus yang dibawa nyamuk aedes agepty.

Tetap tingkatkan kebersihan rumah, mengkonsumsi makanan sehat, membiasakan bergaya hidup yang sehat termasuk menjaga kebersihan pakaian dan tubuh anak untuk menghindari tertularnya virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegepty atau jenis nyamuk lain yang juga sangat berbahaya.

You may also like