6 Ciri ciri Influenza Virus bagi Kesehatan Tubuh

5505

Penyakit batuk dan flu memang terkesan sebagai penyakit gampangan, tidak parah, dan sama sekali bukan penyakit yang harus di risaukan. Sebab flu dan batuk memang sedikit saja mempengaruhi organ dalam tubuh manusia. Namun tetap saja, penyakit ini membawa efek yang sama sekali tidak enak untuk tubuh, sangat mengganggu aktivitas. Meskipun ringan, flu dan batuk tidak bisa di remehkan.Jika sampai berhari hari, bahkan sampai seminggu lebih, pastilah ada yang tidak beres dengan diri anda. mana bisa penyakit flu dan batuk yang sampai selama itu? Kemungkinan besar ada virus kuat, yang sudah bersarang dalam tubuh anda. pertanyaanya sekarang adalah, apakah ada penyakit flu yang di nilai cukup parah? Tentu saja ada!

Salah satunya adalah influenza. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Tak pandang bulu, baik usia muda maupun tua. Entah berasal dari keluarga kaya ataupun miskin. Influenza mengintai siapa saja, yang memiliki sistem imun rendah. Mereka akan menyebar virus ke udara. lalu di hirup oleh orang orang yang tidak kuat membentengi dirinya dari bahaya virus ini. Penyakit influenza banyak menyerang siapa saja yang memiliki sistem imun rendah. Biasanya kerap di jumpai saat musim musim sulit. Salah satunya adalah ketika musim pancaroba, di mana musim ini merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Maka musim peralihan di tenganya ini di namakan sebagai musim pancaroba.

Pengertian influenza 

Merupakan suatu jenis penyakit flu yang cukup mengganggu kehidupan anda saat melakukan aktivitas. Jenis penyakit ini akan menyerang seseorang saat berada dalam situasi dan kondisi tubuh yang lemah. Misalnya saat musim pancaroba. Biasanya orang orang akan mengalami penurunan daya tahan fisik yang di pengaruhi oleh sistem imun. Nantinya pada masa pancaroba, sistem imun seseorang akan melemah. Maka untuk melawan virus yang menyebabkan influenza siap untuk di basmi. Memang kuat? Biasanya tubuh manusia yang sudah terinfeksi virus influenza, tidak akan kuat untuk melawannya. Virus influenza ini akan menyerang pada sistem pernafasan seseorang. Jadi mulai dari hidung, tenggookan, sampai dengan paru paru. Buruknya lagi adalah virus ini jika sudah di jangkit satu orang, bisa membahayakan orang lain. Pasalnya sifat dari virus ini bisa menyebar, bahkan melalui udara.

Sudah di jelaskan bahwa sifat dari virus influenza bisa menular. Misalnya melalui perantara udara yang sama, di mana di hirup dan di keluarkan dari penderita dan orang yang sehat. Namun udara yang di maksud ini sudah tercemar oleh virus.Jadi begini, penderita penyakit influenza mengalami bersin, batuk, dan lain sebagainya, yang mana ia mengeluarkan uap air atau air liur dari dalam mulutnya. Nah otomatis, virus yang ada di dalam  sini keluar, lalu bisa menular ke orang lain.

Kadang kala saat kita berada di dekat penderita, tidak tahu apakah sudah tertular atau belum. Untu itu, mesti kita cek ke dokter. Tapi ada cara lain yang bisa mengetahui apakah anda tertular virus atau tidak. Caranya adalah dengan mencermati ciri ciri penyakit influenza seperti berikut ini :

  1. Lebih cepat merasa lelah

Seseorang yang mulai terjangkit virus influenza, tubuhnya akan terasa lebih mudah lelah.  Apalagi di tambah musim yang sama sekali tidak mendukung untuk melakukan aktivitas harian anda. sudah mudah cepat lelah dan jantung berdebar, lesu, lemas, dan layu, akan menurunkan minat anda melakukan apapun. Yang ada malah penyebab sering mengantuk, dan hasrat ingin tidur anda meninggi.

  1. Tubuh terasa dingin sampai menggigil

Mereka yang sudah mulai terinfeksi virus influenza merasa tubuhnya terasa sangat kedinginan. Bahkan sampai menggigil. Meskipun cuaca terlihat mendung, tapi perasaan kedinginan hanya mutlak di rasakan oleh si penderita saja.

  1. Terasa nyeri di berbagai bagian tubuh

Selain merasa menggigil, penderita yang sudah terjangkiti Influenza juga merasakan nyeri di berbagai bagian tubuhnya. Misalnya di bagian kepala, tangan, dan kakinya. Tak salah jika penderita meminta orang lain yang ada di sekitarnya untuk memijat tubuhnya. Kadang ada pula yang hanya mengoleskan balsem pada bagian yang nyeri tadi.

  1. Batuk berdahak

Penderita yang terinfeksi virus influenza akan tampak terkena batuk batuk berdahak. Bahkan ketika batuk, penderita juga akan merasakan sesak di dalam dadanya. Memang gejala ini menjadi tanda tanda awal ia terserang flu, entah itu influenza atau bukan. Di tenggorokannya akan terasa ada lendirnya. Kadang kala, ketika terasa batuk, penderita berniat mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokannya tadi. Memang sakit, kadang juga jijik. Tapi memang untuk meredakan batuk, paling enak dengan mengeluarkan lendirnya dahulu

artikel yang brhubungan dengan batuk berdahak” state

  1. Tenggorokan terasa sakit

Efek dari batuk dan flu adalah tenggorokan. Sebab pada tahap ini, penderita akan terkena iritasi pada bagian tenggorokannya. Ini menjadi akibat dari flu yang mengenai dirinya. Selain sakit, tenggorokan juga akan terasa gatal. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminum teh hangat atau jahe hangat. Cara ini membantu untuk meredakan masalah gatal gatal, serta melegakan bagian tenggorokan anda.

  1. Demam

Tubuh penderita yang terserang influenza normalnya memang demam. Karena pada saat itu, penderita sedang terinfeksi virus. Kemudian tubuh berusaha untuk membuat benteng pertahanan diri, agar kondisi tubuh tidak drop dan semakin parah. Pada saat ini, tubuh akan mengalami masa demam, yakni masa dimana sistem imun sedang melawan virus. Jika menang sistem imun, maka demam akan segera turun. Tapi jika menang virus, maka demam bukan hanya sekedar penyebab demam tinggi, juga di tambah sakit pada bagian lainnya dan lama sembuhnya.

  1. Susah untuk bernafas

Meskipun tidak semua penderita influenza mengalami gejala ini, tapi pada beberapa kasus ada yang mengalaminya. Mereka mengaku kesulitan bernafas. Hal ini membuat dadanya sesak. Jika sampai terjadi hal yang membahayakan, keluarga biasanya tidak mau menunggu lama dan langsung membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

  1. Dehidrasi yang berat

Orang sakit memang susah sekali di ajak makan.entah nafsu makannya yang menurun cepat sekali. Padahal hal ini sangat berbahaya untuk dirinya. Selain makan, mereka juga susah untuk di suruh minum, entah air putih atau yang lainnya karena akan menyebabkan bahaya akibat kurang minum air putih. Hal ini bisa menyebabkan dirinya semakin sakit. Karena tubuh kekurangan energi dan tenaga untuk melawan virus. Jika sampai kalah, boleh jadi tubuh mengalami dehidrasi berat. bahkan jika di biarkan berlama lama, keadaannya bisa menjadi fatal. Sudah banyak kasus anak meninggal karena kekurangan cairan. Ini semua adalah terburuk dari dehidrasi.