3 Cara Memasak Ikan Gabus Pasca Operasi Bantu Pemulihan Lebih Cepat

5451

Operasi merupakan suatu langkah pengobatan bedah yang dilakukan pihak medis pada seseorang dalam kondisi tertentu. Sebagian orang di dunia ini pernah menjalani operasi baik yang disebabkan oleh kecelakaan, kecacatan atau tidak normalnya fisik atau sebagainya. Salah satunya adalah wanita yang identik dengan masa persalinan, dimana mereka yang tidak bisa melahirkan secara normal terpaksa harus operasi.

Tentu bukan suatu hal yang mudah semua itu, karena seseorang harus menanggung luka setelahnya (bekas jahitan). Terkadang dokter menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum entah air putih atau es. Tujuan ini adalah untuk mempercepat pengeringan luka tersebut. Bicara soal operasi, artikel tentang cara memasak ikan gabus pasca operasi mungkin akan memberikan uraian tepat. Apa itu ikan gabus dan hubungannya dengan operasi?

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Mengapa harus ikan gabus? Hal itu dikarenakan kandungan protein pada ikan ini cukup tinggi dibutuhkan tubuh dalam proses pengeringan suatu luka. Karena protein inilah ikan gabus pada akhirnya mampu menghasilkan zat albumin yang sangat baik untuk seseorang yang usai mengalami operasi. Sebenarnya pun tidak hanya ikan gabus saja, masih ada makanan yang mengandung Albumin lainnya yang bisa Anda manfaatkan.

Adapun manfaat ikan gabus dalam mempercepat penyembuhan luka akibat operasi karena albumin tersebut. Peran yang sangat aktif dalam meregenerasi sel yang telah mati menjadikan albumin sangat penting. Terlebih lagi memperbaiki sel mati pasca melahirkan, dengan mengkonsumsi ikan gabus mampu mempercepat proses penyembuhan sel yang rusak akibat luka saat menjalani operasi penyakit atau persalinan.

Berbagai kandungan lain ikan gabus yang perlu Anda tahu selain albumin dan protein antara lain adalah:

  • Air
  • Vitamin B
  • Vitamin A
  • Lemak
  • Kalori
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Zat besi

Tidak banyak yang tahu akan manfaat albumin dari ikan gabus ini sebagai penyembuhan luka. Dalam daftar menu sehari-hari, ikan di anjurkan untuk di konsumsi sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna karena kandungan karbohidrat, vitamin dan protein sebanyak 16 – 20% sebagai salah satu sumber protein hewani. Protein dalam tubuh terdiri dari komponen seperti struktur sel, antibodi , hormon dan juga enzim. Protein inilah yang sangat diperlukan sel-sel untuk tumbuh dan berkembang serta menjaga membran sel. Protein yang di butuhkan sebagai fungsi plasma. Di dalam plasma darah manusia terdapat albumin dengan jumlah bervariasi yakni antara 3,5-5,5 g / dl.

Cara Memasak Ikan Gabus untuk Pemulihan setelah Operasi

1. Ikan Gabus Kukus

Memasak ikan gabus untuk obat pengering setelah operasi itu bervariasi dan tergantung selera. Tetapi saya membagikan resep di bawah ini karena lebih mudah diolah. Sebelum melakukan pengolahan pada ikan gabus, anda perlu menyiapkan dan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Siapkan ikan gabus kurang lebih sebanyak 2 kg yang masih segar, lalu bersihkan.
  • Kukus ikan gabus pada suhu panas antara 50 derajat celcius atau kurang lebih selama 30-40 menitan.
  • Siapkan rempah-rempah serta santan sambil menunggu kukusan usai.
  • Tumis rempah-rempah di atas wajan sampai harum, lalu masukkan ikan gabus yang telah di kukus selama 5 menit saja kemudian masukkan santan dan tunggu sampai panas dan jangan biarkan pecah.
  • Fillet ikan gabus untuk memisahkan dari tulangnya.
  • Blender daging ikan gabus.
  • Campur dan hancurkan ikan gabus dengan tepung dan tambahkan bumbu sesuai selera.
  • Kukus sampai mengembang dan matang.

2. Ikan Gabus Goreng

Selain itu, sebenarnya anda juga bisa dengan hanya menggoreng ikan gabus untuk lauk makan atau olahan mudah lainnya. Dengan cara persiapan yang sama seperti tips ikan gabus kukus di atas, Anda kemudian tak perlu mengukusnya tapi menggorengnya. Umumnya selama 5 sampai dengan 6 hari anda rutin mengkonsumsi ikan gabus satu kali dalam sehari atau dua kali untuk mendapatkan khasiat positif yang terkandung dalam ikan gabus goreng atau kukus

3. Sup Ikan Gabus

Ide lainnya yang bisa Anda lakukan dalam memasak ikan gabus adalah membuatnya menjadi sup. Berikut merupakan langkah-langkah penting dalam membuat sup ikan gabus nikmat berkhasiat.

  • Sediakan ikan gabus sebanyak 500 gram.
  • Potong lebih dulu dan tentu Anda perlu membersihkannya.
  • Sediakan pula bawang putih 2 siung, bawang merah 3 siung, lengkuas muda serta kunyit masing-masing 2 cm.
  • Seluruh rempah Anda bisa iris tipis seluruhnya.
  • Tak ketinggalan, 1 batang serai juga harus turut disediakan, begitu pula penyedap lainnya dan garam.
  • Panaskan air sampai mendidih, lalu seluruh rempah dimasukkan lebih dulu, barulah menyusul kemudian menambahkan ikan gabus.
  • Bila ingin, tak apa menambahkan irisan tomat, lalu biarkan dulu sampai matang. Aduk sesekali dan masukkan penyedap lain beserta garam.

Dengan adanya kajian tentang cara pengolahan ikan gabus setelah menjalani operasi pada artikel ini, Anda sudah tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk memperoleh khasiat ikan gabus. Bahkan, tidak hanya luka saja yang bisa cepat mengering, protein dan albumin dalam ikan gabus mampu meringankan luka bakar dan juga ginjal.

Selain itu, ikan gabus yang dikonsumsi ketika sedang hamil juga tidak menjadi masalah. Adanya vitamin di dalamnya sangat baik bagi perkembangan janin. Telah di uji dalam sebuah laboratorium yang mendapatkan hasil positif yaitu terdapat beberapa macam gizi. Daging ikan gabus sendiri mempunyai tekstur empuk dan lembut, sehingga tidak ada alasan menolak untuk mengkonsumsinya. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan betul bagaimana ciri ikan segar berformalin supaya tidak salah pilih dan malah mengakibatkan hal buruk saat Anda mengkonsumsinya.

Demikianlah cara memasak ikan gabus pasca operasi yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan olahan pas dan berbagai kandungan gizi yang ada di dalamnya bisa Anda dapatkan seutuhnya tanpa terkurangi karena proses pengolahan yang kurang tepat. Perlu diketahui juga bahwa ketika suatu saat Anda merasa telah keracunan suatu makanan, segeralah mengikuti cara mengatasi keracunan makanan berikut supaya kejadian tidak semakin parah.