Disebut Lebih Bergizi dari Salmon, Ini 6 Manfaat Bandeng untuk Kesehatan

145

Bandeng memang bukan jenis ikan yang asing untuk masyarakat di Indonesia karena nyatanya banyak orang pun suka mengonsumsinya. Otak-otak dari bandeng, lalu juga ada pindang dan bandeng presto tentunya adalah yang paling kerap dinikmati. Masalahnya, tak sedikit juga orang yang menghindarinya karena ikan ini memiliki duri cukup banyak.

Tapi tahukah kalau sebenarnya ikan bandeng itu ternyata kandungan gizinya malah lebih tinggi daripada ikan salmon? Vitamin serta mineral di dalam bandeng lebih besar ditambah adanya omega-3 yang kandungannya 6 kali lebih besar bila dibandingkan dengan ikan salmon menurut dr Nessa SpGK,seorang ahli gizi dilansir dari VIVA. Untuk lebih jauh, inilah sederet manfaat bandeng untuk kesehatan tubuh kita:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebagai sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi, bandeng dapat dinikmati sebagai penetralisir kadar kolesterol yang tinggi. ERA dan DHA bentuk turunan asam lemak omega-3 adalah yang bisa diandalkan dan sifat hipokolesterolemik tinggi pada ikan ini, kolesterol tinggi jadi dapat diatasi.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Koroner

Ketika kolesterol dalam darah melonjak apalagi sampai tak terkontrol, ini dapat menjadi pertanda pula bahwa pembuluh darah mengalami sumbatan akibat darah yang menggumpal dan menghambat peredaran darah menuju jantung. Jadi dengan makan ikan bandeng, kolesterol turun otomatis penyakit jantung koroner dan serangan jantung bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh alami, kita juga dapat memakan ikan bandeng seminggu 2-3 kali karena kandungan gizi di dalam ikan ini yang benar-benar lengkap dan penuh. Vitamin B kompleks, mineral zat besi, kalium, fosfor ditambah dengan kalori dan protein pada ikan bandeng cukup tinggi sehingga tubuh akan sangat ternutrisi saat mengonsumsinya rutin.

  1. Meningkatkan Fungsi Tulang dan Gigi

Bandeng pun termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi. Maka bagi penggemar ikan bandeng presto di mana tulangnya dapat ikut dinikmati dengan lebih mudah, kita bisa mendapatkan asupan kalsiumnya dari sana. Agar nutrisi tak hilang begitu saja, ikan bandeng presto kemasan bisa dikukus atau digoreng sebentar; makanan penguat tulang dan gigi ini bisa sangat bermanfaat jadinya.

  1. Baik untuk Kehamilan dan Perkembangan Janin

Untuk para wanita hamil, omega-3 pada ikan bandeng juga akan diserap oleh janin sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih sempurna. Untuk memaksimalkan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, khususnya dalam perkembangan otak janin, konsumsilah ikan bandeng tanpa berlebihan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Bandeng pun menawarkan vitamin B6 yang belum banyak orang tahu di mana vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Jadi ketika ingin merawat rambut dari dalam, asupan makan perlu lebih diperhatikan dengan salah satunya mengonsumsi ikan yang tepat seperti ikan bandeng.

Jadi, ikan bandeng tidak kalah bergizi lho dari ikan salmon, malah kandungan nutrisinya disebut lebih baik daripada salmon. Mulailah pilih asupan ikan yang tepat supaya kesehatan tubuh dapat terjaga, khususnya kebutuhan omega-3 yang tercukupi dengan baik.