Vitamin B Kompleks : Manfaat – Sumber Makanan – Efek Kekurangan dan Kelebihan

Vitamin B Kompleks adalah vitamin yang mudah larut di dalam air. Vitamin B Kompleks juga sangat berperan penting dalam metabolisme sel di dalam tubuh manusia. Vitamin B sendiri mempunyai komposisi kimia yang berbeda beda yang dikandung di dalam makanan. Dan jenis suplemen nya sendiri di bagi menjadi:

  • Vitamin B1 (Thiamin) dosis normal 1,5 mg per hari.
  • Vitamin B2 (Riboflavin) dosis normal 1,8 mg per hari.
  • Vitamin B3 (Niacin) dosis normal 15-20 mg per hari.
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat) dosis normal 10 mg per hari.
  • Vitamin B6 (Piridoksin) dosis normal 2,5 mg per hari.
  • Vitamin B7 dikenal juga vitamin H (Biotin) dosis normal 300 mcg per hari.
  • Vitamin B9 dikenal juga Asam Folat dosis normal 400 mcg per hari.
  • Vitamin B12 (Kobalamin) dosis normal 4-6 mcg per hari.

Dan Vitamin yang memiliki 8 suplemen inilah yang disebut dengan Vitamin B Kompleks. Vitamin ini juga memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1. Membantu Proses Metabolisme

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut di dalam air sehingga membantu pencernaan di dalam tubuh dan juga berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat di dalam tubuh. Vitamin ini juga sangat membantu proses pencernaan di dalam tubuh, karena jika anda kekurangan vitamin ini akan menyebabkan masalah pencernaan yang terganggu.

2. Menambah Energi

Kekurangan Vitamin B Kompleks dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak berdaya, karena vitamin ini juga berfungsi mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang berfungsi membuat tubuh menjadi optimal.

3. Membantu Sistem Saraf

Karena sifat vitamin ini yang larut dalam air, vitamin ini juga berfungsi untuk pemecahan lemak dan protein yang berpengaruh untuk mempertahankan fungsi sistem saraf. Seluruh fungsi sistem saraf diatur oleh vitamin B kompleks. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kecemasan yang tinggi, stress dan depresi. Anda juga dapat membaca penyebab stress.

4. Mencegah Penuaan Dini

Saat ini siapa yang ingin selalu tampil awet muda? anda semua pasti termasuk orang yang mendambakannya juga kan? Nah, jika begitu anda semua harus tetap mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin B Kompleks ya untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan Vitamin ini dapat menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku yang semuanya tergantung pada sistem RNA dan DNA yang terjadi setelah adanya vitamin B Kompleks.

5. Kehamilan yang Sehat

Vitamin B kompleks sangat berguna untuk melindungi ibu hamil dan bayinya dari bahaya kecacatan sejak dalam kandungan. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang terkandung dalam vitamin ini dengan jumlah yang cukup selama awal kehamilan karena akan membantu perkembangan DNA dalam tubuh janin yang nantinya akan mengoptimalkan pertumbuhan janin tersebut.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada berbagai macam cara menurunkan kolesterol tinggi dan salah satunya adalah dengan konsumsi vitamin B Kompleks. Kolesterol di dalam tubuh dibedakan menjadi 2, yaitu kolesterol yang baik untuk tubuh dan kolesterol jahat. Sedangkan Vitamin B kompleks ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh kita.


Sumber Makanan Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks juga terkandung dalam beberapa makanan yang dapat kita konsumsi setiap hari. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks dapat dibedakan lagi menjadi beberapa bagian menurut Vitamin B yang terkandung di dalamnya, diantaranya:

  • Vitamin B1 : Ikan Tuna, Daging, serta kacang-kacangan
  • Vitamin B2 : Keju dan Almond
  • Vitamin B3 : Seledri
  • Vitamin B5 : Sayur-sayuran seperti brokoli dan jamur
  • Vitamin B6 : Beras dan gandum
  • Vitamin B7 : Telur
  • Vitamin B9 : Asparagus, bit, alpukat dan bayam
  • Vitamin B12 : Kalkun

Sangat banyak sekali bukan makanan yang mengandung Vitamin B kompleks dan sangat mudah didapatkan. Jadi jangan meremehkan makanan-makanan tersebut ya.

Efek Kekurangan Vitamin B Kompleks

dan jangan sampai kita semua kekurangan vitamin ini ya, karena akan berdampak sangat buruk untuk tubuh kita diantaranya:

1. Dermatitis

Dermatitis adalah penyakit kulit kering dan pecah-pecah. Kekurangan Vitamin B kompleks sangat rentan terhadap kulit karena B Kompleks juga membantu meregenerasi kulit. Bukan hanya dermatitis, vitamin B kompleks juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sangat layu bahkan penuaan dini yang cenderung terjadinya keriput.

2. Cacat Sejak Lahir

Semua Ibu hamil tentu mendambakan seorang anak yang sehat dan cerdas bukan? Nah, hal itu perlu didasari dengan pola hidup yang sehat dan gizi yang seimbang. Tidak terkecuali dengan vitamin B Kompleks ya, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B Kompleks secara seimbang, hal ini dikarenakan vitamin B Kompleks mengandung zat yang disebut juga asam folat yang berfungsi membantu perkembangan tubuh janin secara optimal. Bayi yang kekurangan asam folat di dalam rahim ibunya, cenderung mengalami kecacatan begitu dia dilahirkan. Adapun kecacatan yang terjadi seperti bibir sumbing ataupun anggota tubuh yang tidak lengkap.

3. Kelelahan

Sebelumnya sudah kita ketahui jika vitamin B Kompleks sangat berguna untuk menambah energi dan stamina di dalam tubuh kita. Karena B Kompleks juga membantu mengubah glukosa menjadi karbohidrat, salah satu dampak yang ditimbulkan jika kekurangan vitamin ini adalah kelelahan yang berkepanjangan. Tubuh tidak mampu bekerja terlalu lama dan sangat mudah lelah, jika sudah seperti ini anda diharuskan untuk beristirahat dalam waktu yang cukup lama ya.

4. Anemia

Anemia disebut juga penyakit kekurangan darah. Orang yang menderita anemia cenderung merasa lemas dan pucat. Penyakit ini juga memiliki gejala mata sering berkunang-kunang dan sakit kepala yang berlebihan. Anemia sangat berdampak buruh untuk tubuh dikarenakan dapat merusak konsentrasi seseorang dan jika itu dialami ibu hamil dapat membuat janin lahir prematur atau keguguran. Penyakit Anemia juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B Kompleks di dalam tubuh.

5. Katarak

Katarak adalah penyakit yang ditimbulkan oleh organ mata yang tidak dapat berfungsi secara sempurna. Katarak juga berdampak mengalami kebutaan karena katarak menghalangi cahaya yang masuk kedalam retina dan retina tidak dapat mengirimkan sinyal ke bagian syaraf mata yang langsung terhubung ke otak. Penderita katarak juga biasanya paling banyak ditemukan pada orang yang sudah berusia lanjut. Kekurangan Vitamin B Kompleks diakibatkan oleh suplemen dalam B2 yang berfungsi sebagai perangsang kemampuan saraf pada mata dan membuat oksidasi zat pada makanan menjadi terhambat.

6. Penyakit Beri-Beri

 Akibat kekurangan Vitamin B Kompleks, Anda juga bisa terkena penyakit beri-beri yang terjadi karena kekurangan suplemen Vitamin B1 yang terkandung dalam Vitamin B Kompleks. Dimana vitamin B1 berfungsi sebagai penyeimbang air didalam tubuh juga berfungsi sebagai membantu penyerapan air dan lemak usus.

7. Hilang Konsentrasi

Anda sering merasa tidak fokus ataupun kebingungan? mungkin salah satu penyebabnya adalah anda kekurangan Vitamin B Kompleks. Vitamin B kompleks sangat membantu untuk meningkatkan daya fokus seseorang sehingga mencegah kebingungan serta kecemasan. Penyakit ini juga mengakibatkan alzheimer dalam jangka panjang.

Efek Kelebihan Vitamin B Kompleks

Sedangkan jika anda mengkonsumsi Vitamin B Kompleks secara berlebihan juga sangat tidak baik ya untuk tubuh. Karena akan memberikan dampak buruk diantaranya:

1. Alergi

Alergi dapat terjadi dikarenakan seseorang kelebihan Vitamin B1 (Thiamin). Alergi adalah kelainan kulit yang timbul dan ciri-ciri alergi yang terjadi biasanya timbul ruam ruam merah di permukaan kulit yang terasa sangat gatal. Bahkan jika alergi yang terjadi sudah termasuk dalam tipe yang parah, dapat menyebabkan sakit kepala, sempoyongan serta sesak nafas. Wahh, meskipun terlihat sangat sepele namun harus anda waspadai juga ya.

2. Air Seni Berwarna Kuning

Hal ini umum terjadi pada seseorang yang kelebihan mengkonsumsi Vitamin B2 (Riboflavin). Hal ini sebenarnya tidak berbahaya namun jika kelebihan dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan, dan hal itulah yang menyebabkan akan timbul penyakit penyakit yang lainnya.

3. Kesemutan

Kelebihan Vitamin B3 (Niacin) dapat menyebabkan kesemutan yang ditimbulkan oleh pembilasan kulit yang ditandai dengan berwarna merah pada kulit tersebut. Kekurangan Vitamin ini juga dapat menyebabkan mual, kepala sering pusing, diare dan muntah muntah. Kesemutan sebenarnya tidak akan berbahaya bagi tubuh, namun kesemutan juga dapat mengganggu dikarenakan area atau anggota tubuh yang mengalami kesemutan akan sangat sulit sekali di gerakkan. Dalam hal ini yang perlu anda tekankan adalah beberapa makanan yang ditimbulkan oleh Vitamin B3 ini, anda harus mengkonsumsinya secara cukup dan tidak berlebihan. Contoh makanan yang mengandung B3 (Niacin) adalah asparagus dan mangga.


4. Pembengkakan Pada Kulit

Akibat kelebihan asam pantotenat atau vitamin B5 dapat menyebabkan pembengkakan pada area kulit tertentu, meskipun hal ini juga tidak berbahaya namun jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang pasti akan sangat mengganggu bukan? Namun, hal ini sebenarnya sangat jarang dialami.

5. Serangan Jantung

Jika pada kasus kelebihan Vitamin B6 yang lainnya tidak akan menimbulkan penyakit yang begitu marah, namun hal ini berbeda jika anda kelebihan Vitamin B9. Kelebihan Vitamin ini dapat menimbulkan seseorang terkena serangan jantung. Namun biasanya, hal ini terjadi pada seseorang yang memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Gejala serangan jantung yang ditimbulkan biasanya diawali oleh dada yang terasa begitu nyeri dan ditandai juga oleh detak jantung yang lebih kencang dari biasanya. Jika penderita serangan jantung tidak mendapatkan pertolongan pertama, hal ini akan menyebabkan stroke atau kematian. Sungguh sangat menyeramkan sekali ya!

6. Kanker Paru-paru Dan Kanker Prostat

Salah satu penyebab prostat dan kanker paru-paru adalah kelebihan konsumsi Vitamin B9 (Asam Folat). Meskipun hanya sebagian kecil yang terjadi, namun sudah ada beberapa kasus yang timbul. Sebenarnya asam folat sangat berguna dan dibutuhkan untuk ibu hamil, namun jika mengkonsumsinya dalam dosis yang tinggi yang dapat menimbulkan efek samping. Adapun makanan yang mengandung Asam Folat ini adalah kacang-kacangan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sajikan mengenai Vitamin B Kompleks, berbagai macam jenis dan fungsinya, sumber makanan yang mengandung Vitamin B Kompleks, serta dampak buruknya mengenai kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi vitamin tersebut. Jadi, kita semua dianjurkan untuk mengkonsumsi nya secara seimbang ya karena jika berlebihan dan kekurangan pun akan memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh. Maka terapkanlah pola hidup sehat mulai dari sekarang, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sayur-sayuran, buah-buahan dan imbangi juga dengan serat yang cukup untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

, , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Vitamin